Friday, October 11, 2013

MM33 Tugas 1: Pertanyaan tentang Bisnis & Manajemen



Saudara diminta untuk membaca buku dan artikel berkaitan dengan bisnis dan manajemen.  Setelah itu lakukan pengamatan disekitar kita bagaimana praktek yang ada. Setelah itu silakan Anda ajukan minimal satu pertanyaan disini. Pertanyaan agar diupload disini sebagai COMMENT. Pertanyaan pertama paling lambat tanggal 18 Oktober 2013 pukul 21.00.  Pertanyaan ke dua dan seterusnya dapat Saudara upload kapanpun.

Pertanyaan Saudara akan membantu dosen maupun peserta kuliah untuk lebih tepat didalam memberikan contoh tentang hal-hal yang berkaitan dengan bisnis dan manajemen.

Terimakasih.

Mr.AP

42 comments:

  1. Nama: Paryono
    NIM: P2CC13011
    Pertanyaan:
    1. bagaimana mengatasi karyawan yang selalu trouble handle Dan karyawan ini adalah senior Dan membuat karyawan lain juga mengikutinya?
    2. Bagaimana strategi mengatasi karyawan yang sulit untuk di pimpin, Tidak mengikuti kebijakan yang telah di sepakati bersama?

    ReplyDelete
  2. nama : Fajar Nur Shoimah
    Nim : P2CC13031

    faktor - faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi suksesnya seorang manajer dalam memimpin bawahan sehingga bawahan mau mengikuti dan melaksanakan perintah sesuai SOP?

    ReplyDelete
  3. nama : Rizka Apriliyana
    Nim : P2CC13022

    Apa saja yang dapat dilihat dari keberhasilan manajer dalam memberdayakan sumber daya manusia (SDM) ?

    ReplyDelete
  4. nama : Sri Mulyani
    Nim : P2CC13025

    Berkaitan dengan teori Henry Fayol bahwa keberhasilan seorang manajer tidak hanya ditentukan oleh mutu pribadinya tetapi karena penggunaan metoda manajemen yang tepat.
    1. apa saja kah metode manajemen ?
    2. metode manajemen apakah yang paling tepat untuk keberhasilan seorang manajer dan contoh nyatanya ?

    ReplyDelete
  5. nama : Gita Kartika Sari
    Nim : P2CC13013

    Bagaimana seorang karyawan dalam menghadapi sifat - sifat buruk seorang manajer ?

    ReplyDelete
  6. nama : Ibnu Fajar Prasetyo
    Nim : P2CC13028

    Menurut bapak manajemen yang efektif yang hierarkisnya pendek, tetapi bagaimana kalau yang berlaku dalam manajemen dunia kemiliteran apakah itu kurang efektif, ini kalau ditinjau dari manajemen modern apakah efektif ?

    ReplyDelete
  7. nama : RM Martanto Boediarto
    Nim : P2CC13037

    Saat ini yang lagi ngetrend adalah seorang manajer yang suka langsung turun ke bawah (suka blusukan ala jokowi), apakah kinerja manajer seperti itu bertentangan dengan sikap seorang manajer yang over manage ?

    ReplyDelete
  8. Salam Pendidikan Pak Agung
    Hari Prasetio P2CC13001

    Bagaimana Bisnis dan Manajemen bisa membantu Sekolah menjadi lebih maju ?

    ReplyDelete
  9. Kusuma Wardani - P2CC13017

    Apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan seorang leader untuk memanage dan membesarkan perusahaan yang bangkrut?

    ReplyDelete
  10. Nama : Amalia Deisi Istikharoh
    NIM : P2CC13024

    Dear Mr AP....
    Sering kali kita jumpai seorang bawahan akan bekerja dengan baik apabila dilihat/diawasi pimpinannya,namun apabila pimpinan tidak berada ditempat,mereka akan bekerja asal-asalan (maaf : bermental kuli),bagaimana cara manajer utk menghandle bawahannya agar mereka bekerja dengan penuh tanggung jawab bukan hanya untuk mencari muka pada atasan....?

    ReplyDelete
  11. Nama : Heri Kusnanto
    NIM : P2CC13004

    ilmu menejemen mengajarkan bahwa, memanfaatkan sumberdaya yang ada secara efektif dan efisien. pertanyaannya:
    1. bagaimana memanfaatkan sumberdaya berupa modal yang jumlahnya terbatas secara efisien pada perusahaan dagang?
    2. bagaimana cara mengontrol kinerja karyawan dengan efisien dan efektif yang jumlahnya sudah mencapai 30 orang pada perusahaan dagang

    ReplyDelete
  12. Diah Retno Kuswandani
    NIM : P2cc13018

    Bagaimanakah langkah-langkah manajemen seorang manajer untuk meningkatkan kinerja karyawannya/

    ReplyDelete
  13. Rohyani Tri Rahayu
    NIM: P2CC13029

    Bagaimanakah menghadapi karyawan yang bekerja semaunya sendiri, selalu telat mengerjakan laporan meskipun sudah di berikan batas waktu pengumpulan laporan?

    ReplyDelete
  14. Nama ; Sri Wahyuni
    NIM : P2CC13035

    Apakah yang di maksud dengan magister management?

    ReplyDelete
  15. Nama : Neng Eva Dewi Nurmala
    NIM : P2CC13010

    Keluhan customer merupakan hal yang sangat lumrah dalam sebuah perusahan, bahkan keluhan customer bisa muncul dimedia yang cenderung dapat merugikan perusahaan. Bagaimana implementasi manajemen komplen yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut?

    ReplyDelete
  16. Nama : Sri Purwitasari
    NIM : P2CC13023

    Untuk membangun sebuah organisasi yang baik,
    1. Bagaimana cara kita menghadapi seorang pemimpin yang tidak peka dan alergi terhadap kritik?
    2. Bagaimana strategi untuk membangun komitmen bersama dengan keterbatasan sarana prasarana, dan SDM yang heterogen?

    ReplyDelete
  17. BUDI IRIANTO, P2CC13005October 15, 2013 at 12:58 AM

    Menurut pandangan saya, tanpa dilandasi ilmu bisnis management yang muluk muluk pun, seseorang bisa sukses duniawi ( berduit dan atau memiliki jabatan yang tinggi), asal mampu mengasah dirinya menjadi orang yang memiliki pandangan, pendengaran, kemampuan analisa dan kepekaan bisnis yang tajam.
    Justru, ilmu bisnis management yang sekarang ada, kebanyakan mejadikan seseorang cenderung menjadi eksploratif berlebihan, kurang memperhatikan keseimbangan dan keharmonisan terhadap alam dan manusia.
    akibatnya, saat ini dan ke depan makin banyak persoalan yang timbul.
    pertanyaan saya untuk Mr AP :
    1. Apa pandangan Mr AP tentang pandangan saya tersebut ? Kalau pandangan saya dibenarkan Mr AP, tentu harus ada koreksi terhadap ilmu bisnis dan management yang saat ini diajarkan.
    2. Sebagian masyarakat berpandangan adanya insting bisnis yang kuat pada etnis tertentu.
    Bagaimana pandangan Mr AP terhadap hal tersebut ?
    3. Apakah dalam islam sebenarnya sudah ada ilmu bisnis dan management ? Mohon Mr AP berkenan memberikan contohnya

    ReplyDelete
  18. Nama : Tuty Alawiyah
    NIM : P2CC13008


    1. Bagaimana cara mengatasi pegawai yang tidak disiplin dan sering bolos, agar tidak mempengaruhi pegawai yang lain.?
    2. Bagaimana cara mengatur sebuah institusi dengan pegawai yang terbatas agar setara dengan institusi yang mempunyai pegawai yang lebih banyak.?
    3. Bagaimana sikap kita untuk menghadapi intervensi atasan yang menempatkan pegawai yang tidak sesuai bidang dan latar belakang pendidikanya.?

    ReplyDelete
  19. Nama : Farah Dinar Pawestri
    NIM : P2CC13002

    1. Salah satu peran terpenting seorang manajer adalah sebagai Decision Maker (pengambil keputusan). Pertanyaan saya, bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat dengan informasi/data yang terbatas dan waktu yang singkat dengan tetap mempertimbangkan nilai-nilai dan aturan yang berlaku, serta terlepas dari ego pribadi?
    2. Bagaimana cara menghadapi pemimpin yang arogan dan terlalu memimpin (kurang percaya akan kemampuan teamnya untuk untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya)?

    ReplyDelete
  20. Nama : Abdul Salam Jailani
    NIM : P2CC13033

    Mr. AP yang memotivasi saya, berikut pertanyaan terkait manajemen :
    1. Sebagai pengusaha membutuhkan karyawan yang handal dan produktiv. untuk mendapat karyawan yang seperti itu, dibutuhkan pelatihan atau pendidikan bagi karyawan. tetapi terkadang muncul kekhawatiran manakala karyawan tersebut sudah dilatih/disekolahkan dengan biaya perusahaan yang besar,memakan waktu dan sumberdaya perusahaan lainnya, tiba-tiba setelah disekolahkan, karena dia juga sudah tahu menjalankan bisnis, ternyata memutuskan keluar dan bahkan bisa jadi "Pesaing" bagi bisnis kita. apa yang perlu dilakukan mengatasi kekhawatiran ini, apakah tidak usah disekolahkan,atau dilatih seperlunya saja, ataukah ada alternatif lain yang lebih pas.
    2. sebagai Manajer Keuangan, apa yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi faktor eksternal perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap bisnis dan bahkan bisa jadi tidak dapat diprediksi sebelumnya seperti ; kenaikan BBM, kurs dollar yang tinggi,dan bunga bank yang naik.

    ReplyDelete
  21. 1. Berbagai kegiatan usaha/ bisnis yang dimanage hanya oleh 1 orang sering kali harus mengorbankan salah satu bisnis/ usaha yang digelutinya untuk mendongkrak usaha / bisnis lainnya. Yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya agar seseorang yang mempunyai lebih dari satu jenis usaha/ bisnis tapi bisa berjalan semuanya dengan baik.
    2. Bagaimana cara memotivasi karyawan yang sering menunda - nunda pekerjaan agar mereka bisa semangat tanpa harus ada penekanan?

    ReplyDelete
  22. Nama : Muhammad Ridwan
    NIM : P2CC13012

    Perubahan yg terjadi di segala bidang seperti teknologi, sosial budaya, hukum dan politik, ekonomi, sedikit banyak telah mempengaruhi pola hidup masyarakat serta karakter mereka di dalam memenuhi kebutuhan.

    Pertanyaan saya:
    1. Sebagai seorang manager, strategi apa yg dilakukan supaya kita dapat memahami perubahan yang dapat menciptakan kebutuhan dan peluang baru?

    2. Apa yang harus kita lakukan agar kita dapat memahami kekuatan perubahan yang dapat mempengaruhi perusahaan?

    ReplyDelete
  23. Drajat Adi Pamungkas, P2CC13026October 15, 2013 at 9:36 PM

    Dear Mr. AP
    Saat ini banyak sekali perusahaan misal dalam bidang otomotif dan perangkat telekomunikasi dengan pangsa pasar lintas negara. Agar sukses di tingkat global perusahaan-perusahaan tersebut tentunya membutuhkan pendekatan bisnis dan management yang berbeda karena dengan produk yang dihasilkan sama tetapi kondisi market yang dihadapi pastinya berbeda dari sisi karakter, budaya dan selera yang ada di masing-masing negara. Menurut saya selain management yang efektif dan efisien faktor inovasi memegang peranan yang penting untuk bisa memenangkan persaingan.
    Pertanyaan dari saya :
    1. Bagaimana caranya agar suatu produk yang sama dapat diterima di market global sementara kondisi target market sendiri mungkin sangat ekstrem berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain?
    2. Bagamaiana cara menumbuhkan budaya kerja dimana karyawan selalu memiliki ide dan kreativitas yang baru utk kemajuan perusahaan (pedekatan bottom up), dan apakah manajemen tradisional dimana perencanaan biasanya berasal dari atas masih relevan dengan kondisi tersebut?
    3. Ide baru kadang tercipta karena berpikir out of the box dari kondisi yang ada, dan mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Sebatas manakah perusaahan bisa menerima dan mengembangkan ide tersebut dan menyeimbangkan dengan sisi budget karena pasti membutuhkan biaya riset dan pengembangan yang besar untuk suatu produk yang belum tentu bisa diterima market ?
    4. Bagaimana agar tetap selalu menjadi market leader dengan kondisi yang umum terjadi bila suatu produk sukses pasti akan banyak bermunculan produk serupa, baik dengan kualitas yang sama ataupun kualitas di bawahnya akan tetapi harga yang ditawarkan jauh lebih murah?
    Terima kasih
    Salam

    Drajat Adi Pamungkas, P2CC13026

    ReplyDelete
  24. Sugiyono, P2CC13003

    Yth. Bpk Agung P.

    Dalam sebuah perusahaan terkadang kita melihat terjadi suatu penumpukan pekerjaan terhadap seseorang yang dianggap mampu dan di percaya oleh Direktur untuk menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan. Penumpukan pekerjaan ini akan di pikul oleh satu orang saja entah itu berat atau ringan ( pandangan dari boss akan efektif dan efisien ) sehingga terkadang ada kecemburuan teman kerja yang lain. Pada saat bawahan yang biasa menangani masalah ini berhalangan kerja, apabila ada tugas/perintah dari Direktur diserahkan kepada orang lain dan tidak selesai maka semua karyawan dianggap tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik ( baru terasa bahwa managemen tidak efektif dan efisien ).
    Pertanya-anya adalah
    1. Bagaimana sikap kita terhadap sistem yang ada dalam perusahaan tersebut untuk mengurai/membagi pekerjaan agar tidak terfokus hanya pada satu orang saja? Dalam System sebaiknya semua akan bekerja sesuai tempat, porsi dan wewenangnya sehingga akan lebih efektif dan efisien. ( Direktur adalah pemegang saham tunggal dlm perusahaan ini ).

    2. Apakah akan timbul konflik dalam penyelesaiannya ? atau apakah kita juga harus menganalisa managemen konflik?

    Tks.

    ReplyDelete
  25. Fika Rahmanita
    P2CC13014

    1. Dalam manajerial roles, salah satu bagian dari decisional roles adalah disturbance handler. Bagaimanakah caranya agar seorang manajer dapat memiliki kemampuan disturbance handler yang tajam?
    2. Manajer atau leader yang seperti apakah yang dikatakan berhasil?
    3. Dalam bukunya "The Art of Leader", William Cohen mengatakan, "Succes is acquired by playing hard, not by working hard." Kalimat tersebut dapat diartikan bahwa kerja keras tidak menentukan kesuksesan seseorang, melainkan dengan bermain keras. Jadi, menurut bapak, seberapa besar kontribusi teori yang kami dapatkan dalam perkuliahan terhadap kemampuan kami dalam berbisnis?

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wida pratama
      Nim: P2CC130...

      1. Bagaimana cara dalam memanagemen organisasi publik yg baik?
      2. Apakah Perbedaan manajemen perkantoran Pemerintah dengan manajemen perkantoran Swasta?

      ReplyDelete

      Delete
  27. Nama : Ade Juang Nirboyo
    NIM : P2CC13032

    Ijin mengajukan pertanyaan Bapak Agung,
    Pertanyaan yang aka saya ajukan yakni :

    Dalam suatu organisasi atau kelompok yang dikepalai seorang manajer yang memimpin para karyawan sebagai pekerja di lini bawah, pernah ditemukan bahwa bagi karyawan yang mampu mengerjakan tugasnya dengan cepat dan tepat sehingga dia mampu menstimulus karyawan lain menjadi cepat dan tepat pula dan otomatis berimbas pada tercapainya tujuan sesuai arahan manajer, maka karyawan tersebut akan mendapatkan reward atau semacam hadiah dari sang manajer.

    Apakah pemberian reward atau semacam hadiah oleh atasan pegawai negeri sipil tersebut yang didapat dari relasi di luar kantor kepada pegawai negeri sipil apabila pegawai tersebut mampu bekerja dengan efektif dan efisien yang tujuannya adalah pelayanan khusus kepada 1 subyek hukum yang tentunya tidak dibenarkan oleh undang -- undang, tidak bertentangan dengan hukum positif Indonesia ?

    Apakah pemberian tersebut tidak bertentangan dengan prinsip kesamaan semua subyek hukum harus diperlakukan sama tanpa diskriminasi oleh pegawai negeri sipil yang notabenenya adalah pelayan publik ?

    ReplyDelete
  28. Apsopela Sandivera
    P2CC13021

    Pertanyaan yang ingin saya ajukan sebagai berikut :
    1. Mengapa sistem pengendalian antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya bisa berbeda? apa yang membuat perbedaan tersebut?
    2. Dalam buku "Manajemen Fortofolio dan Penerapannya Dalam Investasi Saham" terdapat istilah "jangan menaruh telur dalam satu keranjang" Apa maksud dari istilah tersebut?
    3. Pada manajemen rumah sakit seringkali ditemui kendala dalam melakukan sistem manajemen, seperti manajemen dalam pencatatan data pasien atau rekam medik dengan sistem komputerisasi. Bagaimana cara penanggulangan sistem manajemen tersebut?

    ReplyDelete
  29. Nama : Mokhamad efendi
    NIM : P2CC13015

    Fungsi controlling / pengawasan merupakan fungsi manajemen yang tidak kalah pentingnya dalam suatu organisasi baik dalam perkantoran maupun perusahaan, karena dapat mengendalikan agar pelaksanaan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan memastikan apakah tujuan organisasi tersebut tercapai.
    Pertanyaan saya, bagaimanakah langka-langkah dan sikap yang harus diambil seorang pemimpin dalam melaksanakan tugas pengawasan agar tujuan organisasi tersebut tercapi secara efektif dan efisian?

    ReplyDelete
  30. Nama : Andika Khalifah Ardi D.A
    NIM : P2CC13...

    Pertanyaan yang saya ingin saya ajukan adalah :
    1. Apa yang harus dilakukan manager untuk menjaga stabilitas antar lini (divisi) dengan atasannya (menyoroti kebijakan yang dibuat)??
    2. Menurut Mr.AP, mengenai manager yang melakukan pendekatan interpersonal pada karyawannya itu apakah efektif/tidak?
    3. Apa yang perlu dilakukan manager(cara efektif dan efisien) untuk meningkatkan kinerja para karyawan (khususnya di negara indonesia ini, yang mayoritas mempunyai kepribadian tipe B)?

    ReplyDelete
  31. Nama : Egi Dwi Satria
    NIM : P2CC13.......

    a. Bagaimana cara merubah pandangan (mindset) seseorang, khususnya karyawan berpendidikan rendah mengenai etos kerja
    b. apakah ada perbedaan pada sistem manajerial karyawan berpendidikan tinggi dan rendah?

    ReplyDelete
  32. Selamat Pagi Bapak

    Nama : MAULANA RIZQI YUNIAR
    NIIM : P2CC13027

    Menurut saya Pegawai atau karyawan adalah bagian dari kesuksesan manajar atau atasannya. Pada perusahaan swasta tidak seorang menajer atau pemimpin tidak akan ambil pusing dengan regulasi yang berkaitan dengan kinerja karyawan atau bawahannya, namun di Instansi pemerintah ( negeri) kinerja atau kedisiplinan karyawan atau bawahan lebih susah dikendalikan, Bagaimana cara meningkatkan kedisiplinan dan kinerja bawahan atau karyawan terutama di Instansi pemerintah?


    ReplyDelete
  33. Zahra Ibadina Silmi
    P2CC13036

    1. Hal-hal apa yg menjadi tolak ukur kesuksesan bisnis? Apakah sama dengan tolak ukur kesuksesan sebuah manajemen?
    2. Jika manajemen memiliki andil dalam kesuksesan sebuah bisnis, apa andil bisnis dalam manajemen?
    3. Bagaimana mekanisme monitoring dan evaluasi yang baik dari manager untuk anggotanya agar antara manager dan anggota tetap merasa saling percaya dan dihargai, tidak merasa terkungkung maupun tertekan sehingga dpt tercipta kerja sama yg optimal dan harmonis?

    ReplyDelete
  34. Imam Suryono
    P2CC13019

    Dear All,
    Pertanyaan dibawah ini adalah realita keseharian jamak ditemui dalam dunia pemasaran(produk),

    1. Bagaimana cara/teknik memasarkan produk (dari sisi management) yg notabene produknya sama (merk maupun kemasan) tetapi harga kita lebih mahal dari harga kompetitor, dan harus terjual?

    2. Sebagai atasan kadang kita mendapati anak buah yg 'terlalu", dlm arti sdh tidak bisa kita selamatkan lagi secara pekerjaan, sdh kita coba pindah ke bagian manapun tetapi tetap tdk kompeten, diluar harapan, sdh coba kita coaching/training/bahkan SP, apa tindakan kita? (sy sdh mempunyai jawaban sendiri, hanya ingin compare dari sisi management)

    ReplyDelete
  35. nama:ibrahim adi nugroho
    NIM: P2CC13006

    Pertanyaan yang saya ingin ajukan adalah:
    1.Bagaimana cara paling baik dalam menilai kinerja karyawan ?

    2.bagaimana sistem distribusi yang paling baik?

    3.bagaimana kalo ada pemimpin yang suka membawa urusan pribadi ke urusan kantor?

    ReplyDelete
  36. Nama : Fransiskus Gentar Irianta
    Nim : P2CC13034

    1. Rencana strategi pasar apa yang cocok diterapkan pada komoditas kabel listrik (low voltage), dimana komoditas kabel listrik saat ini harus bersaing dengan produk-produk import yang tidak memiliki standarisasi tetapi memiliki keunggulan yaitu harga jual yang murah, sementara pengawasan dari pihak PLN dan lembaga standarisasi sangat lemah?

    2. Apakah investasi selalu dapat memperbaiki posisi suatu perusahaan di pasar ?

    ReplyDelete
  37. Nama : Rafiudin Musa
    NIM : P2CC13016

    1. Di lingkungan birokrasi Pemerintahan Managemen seringkali di abaikan, kerja atau tidak kerja, rajin atau tidak rajin, pintar atau tidak pintar semua mendapatkan gaji yg sama, tidak ada penghargaan buat mereka yg rajin, pintar dan berdedikasi tinggi.
    pertanyaannya strategi manajemen seperti apakah yang pas untuk di terapkan di lingkungan pemerintahan terutama PNS Pemda

    ReplyDelete
  38. Nama : Eka Puji Priadi
    NIM :

    1. melihat fenomena di media masa yang memberitakan adanya dinasti kekuasaan di republik indonesia, baik itu gubernur (dinasti Ratu Atut) sampai dengan dinasti presiden ( dinasti Cikeas) menunjukan adanya sistem kekauasaan yang berkuasa...dari cerita tersebut, sebenarnya apakah di dunia manajemen membolehkan adanya dinasti kepemimpinan apa tidak? dan klo ada solusi untuk mengendalikan agar dinasti kepemimpinan tidak muncul?

    ReplyDelete
  39. Nama : Nurjana
    NIM : P2CC13030

    Didalam menjalankan sebuah bisnis kita dituntut untuk gencar melakukan pemasaran supaya produk yang dihasilkan akan selalu bertahan atau meningkat dipasaran sehingga dapat tercapainya target penjualan. Akan tetapi dalam pemasaran tersebut diperlukan biaya yang cukup besar sedangkan dalam manajemen finansial atau keuangan dituntut untuk selalu hemat dalam mengeluarkan biaya (efisiensi). Dari fenomena tersebut manajemen pemasaran dengan manajemen finansial sangat bertolak belakang. Pertanyaan saya strategi apa yang harus ditempuh agar manajemen pemasaran dan manajemen finansial bisa sejalan demi tercapainya suatu target penjualan?

    ReplyDelete
  40. Nama : agus poniman
    NIM :

    Pertanyaan yang saya ajukan adalah
    1. bagaimana menciptakan brand dalam bidang pendidikan misalnya sekolah?
    2. bagaimana menghadapi karyawan yang suka menjatuhkan rekan kerja di depan atasan dan suka mengklaim ide2 orang lain?

    ReplyDelete
  41. Terimakasih atas pertanyaan yang diajukan.
    Disini adalah batas pertenyaan wajib untuk kelas ini. Siapapun masih diperkenankan mengajukan pertanyaan, sebagai pertanyaan sukarela.
    Thanks.

    Mr.AP

    ReplyDelete