Saturday, April 12, 2014

MM 34 Tugas 2: Pimpinan yg Sukses

Berikan kontribusi tentang ciri-ciri pimpinan yang sukses menurut pengamatan Saudara.
Kumpulkan di sini sebagai COMMENT.
Paling lambat Jumat 18 April 2014 pukul 18.00.
Thanks
Mr.AP

28 comments:

  1. Menjadi contoh yg baik ( shadow of the leader ) bagi stafnya.
    Bersikap profesional dan objektif dalam bekerja.
    Mampu memadukan beberapa gaya kepemimpinan sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan kerja yg dihadapi.
    Menjadi motivator dan inspirator bagi rekan kerjanya maupun bawahan.

    ReplyDelete
  2. Hendi Pradana Adiputra
    P2CC013051

    Pimpinan yang sukses :
    1. Professional
    Pimpinan perusahaan harus bersifat professional, tahu posisi dalam organisasi / perusahaan dan mengetahui rule yang ada agar tidak menyimpang. Apabila pemimpin professional maka karyawan juga akan bersifat professional. Dalam hal ini pimpinan bisa menjadi contoh bagi karyawannya.

    2. Integritas
    Pimpinan harus menjunjung tinggi integritas. Apabila dalam suatu organisasi yang dipimpinnya menjunjung tinggi integritas maka semua kegiatan ataupun target organisasi berjalan lancar dan tercapai, antar karyawan saling percaya dan mengerti akan tugas dan tanggung jawab masing masing.

    3. Memimpin / bekerja dengan sepenuh hati
    Pimpinan bekerja bukan untuk mencari popularitas melainkan untuk mencapai perubahan positif bagi lingkuungan kerja nya. Pimpinan bekerja dengan sepenuh hati dengan lebih peduli kepada karyawannya agar belenggu dan tekanan karyawan perlahan – lahan terlepas dan karyawan akan bekerja dengan sepenuh hati juga.

    4. Berorientasi pada hasil (Result Based)
    Hasil penting untuk organisasi. Apabila pimpinan berorientasi pada hasil maka organisasi / perusahaan berjalan selaras dengan hasil yang akan dicapai. Hal tersebut dilaksanakan secara tepat waktu dan tepat guna.

    ReplyDelete
  3. Pimpinan yang sukses itu adalah pimpinan yang mendapatkan tempat di hati para karyawannya. Selalu memberikan rasa nyaman, mengayomi, selalu memberikan solusi yang terbaik untuk masalah yang dihadapi karyawannya. Mampu bersikap seperti sosok ayah yang melindungi dan tegas, sosok ibu yang lembut hati, sosok sahabat yang selalu mendengarkan keluh kesanya. Memiliki wibawa dan rasa penuh tanggung jawab. Profesionalime tinggi dan menjadi model yang baik bagi karyawannya. Selalu memberikan solusi yang tepat ketika terjadi masalah. Dan mau membaur dengan karyawannya tanpa ada rasa enggan atau canggung.

    ReplyDelete
  4. Yuri Ardiyanto P2CC13052April 14, 2014 at 3:06 AM

    Yuri Ardiyanto P2CC13052

    Pemimpin yang sukses itu:

    1. Percaya Diri
    Seorang Pemimpin harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Mampu menghadapi keadaan baik dan buruk, selalu tampil terlebih dahulu sehingga karyawan juga percaya akan kualitas seorang pemimpinnya.

    2. Mempunyai Visi
    Seorang pemimpin harus memiliki tujuan yang ingin dicapai oleh karyawannya. sehingga karyawan akan lebih bersemangat untuk mencapai tujuan yang ditetapkan pemimpin.

    3.Mementingkan Kesejahteraan Karyawan
    Dalam arti pemimpin mementingkan kenyamanan karyawan bekerja, mereka bekerja untuk menafkahi keluargany masing masing. Dan berani tidak gajian yang penting kewajiban karyawan sudah terpenuhi.

    4.Karakteristik kepemimpinan
    seorang pemimpin mempunyai karakteristik sendiri dalam memimpin karyawan karyawan nya, pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang menjadi dirinya sendiri dan tidak berusaha menjadi orang lain.

    5.Menjadi Motivator
    Seorang pemimpin harus menjadi penyemangat karyawannya di saat terdapat halangan dalam menyelesaikan pekerjaan atau masalah di luar pekerjaan.

    ReplyDelete
  5. sindhu winata p2cc13067

    menjadi pemimpin yang sukses tidak lah mudah
    1. pemimpin harus mempunyai jiwa besar, brani memutuskan dan brani menerima segala resiko yang dia telah putuskan.

    2. pemimpin yang bisa menciptakan suasana perkerjaan seperti keluarga. dalam artian menciptakan rasa saling peduli terhadap perusahaan.

    3. brani bermotivasi
    menciptkan ide kedepan,untuk kelangsungan suatu perusahaan.

    ReplyDelete
  6. Eti Putranti P2CC13058
    Pemimin yang sukses:
    1. Memiliki kematangan spiritual
    Seorang pemimpin haruslah memiliki keyakinan dan pendirian yg didasarkan pd pedoman hidupnya,yaitu agama dan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari.
    2. kematangan mental
    Setiap pemimpin dengan kematangan mental,dia memiliki kecerdasan dan ketrampilan yang cukup serta kemampuannya untuk menggunakan keahliannya,kecerdasan dan ketrampilannya itu.
    3 Kematangan sosial
    Seorang pemimpin yang ingin dapat berpartisipasi dengan baik dalam kelompoknya dan masyarakat,haruslah memiliki kesanggupan-kesanggupan sosial yg dpt diterapkannya dengan baik dalam kegiatannya sehari-hari.
    4.Kematangan emosi
    Seorang pemimpin harus mampu dan sanggup mengendalikan arus perasaannya yg kadang-kadang terangsang untuk meluap kearah yang merugikan dirinya dan kelompoknya.
    5.Kematangan fisik
    Faktor kematangan fisik ini sangat berhubungan erat dengan kewibawaan terhadap kelompok yg dipimpinnya ataupun dalam hubungannya dengan lingkungannya.
    6, Kewibawaan
    Kewibawaan sangat dibutuhkan oleh setiap pemimpin.
    7.Keuletan dan kerajinan
    keuletan dan kerajinan ini terutama untuk memberikan stimulan dan contoh teladan kepada anggota yg dipimpinnya dan akan merangsang kegiatan kelompoknya sebagai satu kesatuan.
    8.Kejujuran
    Pemimpin bila tidak disertai dengan kejujuran berarti akan membawa dirinya dan kelompoknya kepada kehancuran.
    9.Kesanggupan untuk berkomunikasi
    Seorang pemimpin yang sanggup berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun secara tulisan akan berhasil mencapai tujuan yang telah ditretapkan sebelumnya.
    10.Memiliki ketrampilan tekhnis,dalam bidang manajemen
    Seorang pemimpin akan berhasil baik apabila dia memiliki ketrampilan tekhnis untuk menyusun perencanaan,mengatur organisasi,mendelegasikan kekuasaan dan tanggung jawab,membimbing,menggerakan orang-orang,membuat keputusan yang cepat dan tepat dan mengawasi dan meneliti.
    11.Mempunyai keinginan untuk menjadi pemimpin
    Dorongan untuk bersedia menjadi pemimpin ini sangat diperlukan,bila dorongan ini tidak ada walaupun seribu kesempatan terbuka dan tersedia pasti ia tidak akan mau untuk menjadi pemimpin.Motivasi atau ambisi untuk menjadi pemimpin ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yg besar pada seseorang.
    12.Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi
    Seorang pemimpin itu harus mempunyai rasa tanggung jawab,bukan saja terhadap dirinya, akan tetapi terhadap kelompok dan orang-orang yang dipimpinnya.

    ReplyDelete
  7. KUNANGKUNANG PERMATA BULAN
    P2C13054

    PEMIMPIN SUKSES HARUS MEMILIKI SIKAP :
    1. DEKAT DENGAN TUHANNYA. Seorang pemimpin yang mempunyai spiritual yang tinggi senantiasa berbuat seperti yang diperintahkan Tuhan. Berbuat adil, jujur, amanah, tanggung jawab.
    2. MAMPU BERKOMUNIKASI. Menyampaikan visi misi tujuan dengan jelas, memberikan semangat yang dapat meningkatkan kinerja bawahan, perkataannya benar sehingga mendapat kepercayaan penuh dari bawahan.
    3. BERPENGARUH. Penuh kharisma, cerdas, menjadi teladan, bawahannya akan termotivasi untuk melakukan tindakan dengan ikhlas dan senang hati.

    ReplyDelete
  8. Chen Tao P2CC13044

    “Bagaimana menjadi pemimpin yang sukses?”

    Saya sendiri seorang management first line yang belum sukses. Saya juga sering bertanya: ”bagaimana menjadi pemimpin yang sukses?” Saya mendapat jawaban dari pengalaman dan dari membaca beberapa buku, namun saya juga tidak yakin apakah jawaban ini betul?
    Saya mengira menjadi pemimpin yang sukses ada dua kunci: Institutionalized managementt dan Humanity-based managementt. Tetapi banyak pemimpin yang belum memiliki dua kualitas itu.
    Institutionalized managementt sangat penting di dalam management. Di China ada satu pribahasa: ”没有规矩,不成方圆(mei you gui ju, bu cheng fang yuan)”, yang artinya jika tidak mendasarkan peraturan, semuanya tidak bisa berjalan.
    Tapi jika terlalu percaya peratuan mungkin juga tidak bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses. Karena manusia bukan mesin, tidak mungkin kerja tanpa perasaan dan pikiran. Jadi kunci kedua di dalam management adalah Humanity-based managementt. Tapi kunci ini lebih susah daripada yang pertamanya. Karena jika peratuan telah dibuat, kita tinggal menjalankan saja. Humanity-based managementt permasalahan perasaan manusia susah dijelaskan. Saya sendiri juga kurang paham mengenai hal ini, hanya saja seturut pengalaman pribadi adanya aturan belum bisa banyak menyelesaikan persoalan karena itu saya mengusulkan beberapa hal untuk Humanity-based managementt.
    Pertama, Pemimpin harus menjadi seorang pelayan dan bukan seorang penguasa. Kadang-kadang satu kali bersalaman, satu kali memberi perhatian bahkan satu kali tersenyum juga bisa menghangatkan tim kita. Jadi seorang pelayan juga harus lebih banyak berpikir dan peduli terhadap tim kita, karena hubungan mereka dan kita tidak hanya pemimpin dan anggota. Keluarga mereka, kehidupan mereka dan kesulitan mereka, kita harus tahu dan mencoba membantu mereka menyelesaikan kesulitan. Jika kita bisa membangun hubungan yang harmoni, kita sudah maju satu langkah.
    Kedua, kita harus belajar berkomunikasi. Kita butuh komunikasi karena kita memerlukan bantuan dari orang lain. Semua kerjaan kita tidak mungkin diselesaikan diri sendiri, jika bisa, itu namanya bukan pemimpin tapi superman. Jika kita butuh bantuan pasti kita butuh komunikasi untuk memimpin dan menggerakkan tim kita.
    Ketiga, seorang pemimpin harus bisa mengukur dan menghargai semua anggota dengan adil. Seperti di dalam sekolah, semua siswa berharap dipuji dan dihargai oleh guru. Sebenarnya tidak hanya siswa, semua orang juga butuh puji dan hargai. Jadi pemimpin jangan teralu pelit memberi pujian, tapi harus mudah memberi pujian sesuai kebenarannya.
    Jika pemimpin sudah menguasai 2 kunci yang atas, pasti bisa lebih mendekati kesuksesan. Saya sendiri juga belajar dan mempraktekkan dua kunci ini.

    ReplyDelete
  9. Moch. Fadarianto Dwi Agung Putra
    P2CC13047

    4 hal penting yang harus dimiliki oleh Pemimpin yang (akan) sukses :

    1. Tahu kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan
    orang lain.
    Untuk mencapai kesuksesan seseorang harus lebih mengenal dirinya terlebih dahulu, selanjutnya dia mengenal kelebihan dan kekurangan bawahannya. Sangat penting pengetahuan tentang kelebihan dan kelemahan para pebsinis lainnya yang bergerak di zona yang sama. Pengenalan ini akan sangat membantunya dalam memainkan strategi; kapan ia harus berbagi, berkoordinasi, kapan mulai persaingan secara diam-diam dan kapan mulai frontal, kapan berdamai kapan memata-matai dan kapan saat yang tepat untuk segera memenangi pertempuran dan peperangan bisnis yang ia hadapi.

    2. Tahu apa yang dibutuhkan oleh customernya
    Pemimpin sukses harus tahu apa yang dibutuhkan oleh customernya baik quantity, quality of produk yang dapat ia tawarkan. Customer seorang pemimpin adalah pelanggan dan calon pelanggannya, atasannya, bawahannya, keluarganya bahkan dirinyamempunyai hak untuk dilayani.

    3. Mampu memenuhi sebagian besar dari apa yang dibutuhkan oleh customernya.
    4. Tepat waktu dalam memenuhi kebutuhan customernya .




    ReplyDelete
  10. pimpinan yang sukses
    1. mempunyai wibawa dan disegani bawahan
    2. dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan bawahannya
    sudarto P2CC13059

    ReplyDelete
  11. Helena Purwitasari
    P2CC13065

    Setiap pemimpin memiliki gaya memimpin masing masing, dalam menjalankan entitas bisnisnya maupun mengatur organisasi yang ada dibawahnya atau organisasi yang telah dibentuk . Menurut pengamatan saya , ciri ciri pemimpin yang sukses adalah :

    1. Seorang pemimpin yang sukses adalah seseorang yang konsisten dalam beribadah . Dimana jika seseorang bertanggung jawab atas religi dalam beribadah . Berdasarkan Agama dan berpengang teguh atas nilai nilai suci , mulia dalam beragama .Menjalankan ibadah dengan Ikhlas , sadar betul bahwa sesuatu yang dikerjakan adalah nantinya akan dipertanggung jawabkan (baik atau buruk) . Maka pemimpin tersebut akan jauh lebih berhati hati dalam manjalankan aktivitas sebagai pemimpin . Sepanjang warta berita yang saya dengar dan baca , seorang yang konsiten adalah seseorang yang berhasil dan mencapai puncak dengan sukses.

    2. Pemimpin yang Amanah (Terpercaya)
    Hubungan antara pimpinan dan bawahan terkadang terbentur oleh situasi yang sifatnya saling percaya dan kurangnya sifat saling percaya. Seorang pemimpin hendaklah dapat dipercaya baik secara pribadi maupun secara pekerjaannya dan seorang pemimpin hendak menaruh kepercayaan ( tidak menaruh rasa curiga) kepada bawahannya yang bekerja turut serta membangun entitas bisnis mencapai tujuan perusahaan.

    ReplyDelete
  12. 3. Seorang pemimpin hendaknya seseorang yang cerdik, pandai memanfaatkan peluang (kesempatan) dalam mencapai tujuan dari perusahaan di arena persaingan bisnis. Seseorang yang cerdik pastilah pandai tetapi sesorang yang pandai belum tentu cerdik.
    Pimpinan haruslah luwes didalam adaptasi pergaulan sehari hari, pandai menangkap kesempatan untuk mencapai goal perusahaan , membidik pangsa pasar dengan tepat sasaran.

    4. Seorang pemimpin hendaknya memiliki kemampuan potensial yang cukup memadai. sisi akademisi yang menunjang serta berbagai pengalaman kerja yang sukses menuju tercapainya tujuan perusahaan.

    5. Pemimpin yang sukses dilihat dari pembawaan yang bersahaja , berwibawa namun disiplin membangun karakteristik kuat . saya jadi ingat di mesin Finger print di kantor bertuliskan disiplin adalah kunci utama kesuksesan. Disiplin dalam segala hal tentunya. dan hal pertama yang perlu di catat karena merupakan faktor penting dalam kesuksesan adalah disiplin waktu , mengelola waktu dengan tepat sehingga menghasilkan manfaat yang potensial . baik untuk diri sendiri maupun untuk perusahaan.

    6. Seorang pemimpin haruslah mampu membuat keputusan dan mampu menganalisa keputusan. Pengambilan keputusan (desicion making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Sebelum pilihan dijatuhkan, ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan. Tahapan tersebut bisa saja meliputi identifikasi masalah utama, menyusn alternatif yang akan dipilih dan sampai pada pengambilan keputusan yang terbaik.pengambilan keputusan (decision making) memegang peranan penting karena keputusan yang diambil oleh manajer merupakan hasil pemikiran akhir yang harus dilaksanakan oleh bawahannya atau organisasi yang yang ia pimpin.
    Keputusan manajer sangat penting karena menyagkut semua aspek .
    Kesalahan dalam mengambil keputusan bisa merugikan organisasi, mulai dari kerugian citra sampai pada kerugian uang. Maka dari itu seorang manager sebagai pengambil keputusan selalu fokus dan cermat.

    ReplyDelete
  13. 7.Menjadi Role model bagi bawahan . Contoh bagi bawahan . karena kita tidak mampu mengubah orang lain tanpa kita dulu yang berubah.

    8. Seseorang pimpinan yang sukses itu Memadukan beberapa gaya kepemimpinan .Meski memiliki ciri khas gaya kepemimpinan, sebaiknya seorang pemimpin juga bisa memadukan beberapa gaya kepemimpinan sekaligus dalam dirinya.
    Untuk bisa memadukan beberapa gaya kepemimpinan dengan tepat, identifikasi wilayah dan karyawan yang ada di bawah atasan, kemudian carilah gaya kepemimpinan yang tepat untuk dipadukan dengan gaya kepemimpinan yang menjadi ciri khasnya. Setelah itu, lihat hasilnya dan lakukan evaluasi jika hasilnya belum maksimal.

    9. Ciptakan tujuan

    Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, seseorang harus bisa mengomunikasikan tujuan, visi, dan misi yang ingin dicapai oleh timnya. Dengan mengomunikasikan, ini akan membuat bawahan merasa terpacu untuk mencapai target, dan atasan sang pemimpin juga bisa melihat bahwa pemimpin ini bisa membimbing anak buahnya.

    Untuk bisa menemukan tujuan dan visi yang tepat, pelajarilah semua hal yang terjadi di luar perusahaan. Setelah itu, tentukan tujuan, bangun kerja tim, dan gerakkan mereka semua untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

    ReplyDelete
  14. 10.Pemberi semangat
    Pemimpin yang terbaik adalah manusia karena manusia bisa memberikan semangat dan mampu memotivasi karyawannya. Pemimpin haruslah bisa menempatkan dirinya sebagai seorang motivator saat karyawannya menemui halangan. Seorang pemimpin harus bisa melihat potensi setiap karyawannya hingga tiap karyawan bisa memberikan yang terbaik bagi lembaganya atau perusahaan. Karena itulah, seorang pemimpin yang baik seharusnya selalu bertanya pada dirinya sendiri, ”apa yang bisa saya berikan pada tim saya hari ini?”

    11. Menjadi diri sendiri
    Tak ada yang lebih baik selain menjadi diri sendiri. Karena itulah, menjadi pemimpin yang sesuai dengan kepribadian kita, jangan berusaha untuk menjadi orang lain yang bukan diri kita.

    12.Evaluasi diri
    Agar mampu memberi contoh, lakukan evaluasi diri terlebih dahulu. Coba teliti diri , apakah tujuan kerja sudah jelas dan fokus? Seberapa besar komitmen terhadap rencana yang sudah ditetapkan? Apakah punya semangat yang tinggi untuk melakukannya?

    13. Seorang pemimpin hendaknya berorientasi pada profit perusahaan.
    14. Memiliki komunikasi yang baik dengan bawahan. dengan komunikasi yang baik dapat terwujud visi misi yang selaras .

    15.Seorang pemimpin yang sukses adalah seseorang yang memilik kompentensi loyalitas dan itegritas tinggi.

    Inilah pak dosen , pengamatan saya terhadap ciri ciri kepemimpinan yang sukses yang saya lihat di perusahaan saya, saya baca di warta dan buku buku yang saya baca tentang kesuksesan kepemimpinan.

    ReplyDelete
  15. Selim P2CC13048
    Cara menjadi pemimpin yang sukses
    1. Bisa memberikan keteladanan yang baik kepada bawahan dalam setiap perkataan, perbuatan dan tingkah laku kita sehari-hari.
    2. Pemimpin yang sukses biasanya mereka yang melalui proses dari bawah

    ReplyDelete
  16. David Ferdiansyah P2CC13055
    Bagaimana menjadi pemimpin yang baik, menurut saya :
    1. Memiliki Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ).
    - Seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang baik, karena sepatutnya memiliki pengetahuan yang cukup tentang bidang keilmuan dalam organisasi yang dipimpinnya, mampu melakukan analisis masalah dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
    - Dengan kecerdasan emosi (EQ) yang dimiliki, seorang pemimpin mampu mengenali perasaan diri sendiri (personal) dan orang lain (interpersonal). Manajemen adalah seni dalam mengatur orang lain, sehingga dengan memahami perasaan orang lain/bawahan akan meningkatkan motivasi dan etos kerja yang baik.
    - Kecerdasan spiritual (SQ) adalah kecerdasan yang berkaitan dengan memberi makna atas persoalan atau masalah yang terjadi. Dengan SQ seorang pemimpin akan memiliki ketenangan hati (EQ), dan dengan ketenangan hati tersebut seorang pemimpin mampu menggunakan kecerdasan intelektual/IQ nya untuk berpikir dan mengambil keputusan yang tepat.
    2. Memiliki Visi dan Misi yang jelas
    Seorang pemimpin yang baik harus mempunyai visi yang jelas atau harus mempunyai satu visi dengan suatu organisasi yang dipimpinnya. Seorang pemimpin juga harus mempunyai misi yang jelas yakni hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai visi tersebut. Misi dijalankan secara lebih rinci kedalam Standar operasional prosedur (SOP). Seorang pemimpin yang baik harus mampu menetapkan SOP yang harus dipatuhi oleh semua orang yang terlibat dalam organisasi yang dipimpinnya. Dengan SOP yang jelas semua pihak dapat bekerja secara professional, efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  17. Gita Ika Irsatika
    P2CC13061

    Cara menjadi pemimpin yang sukses:
    1. Melihat kehidupan dan komunitas secara keseluruhan, memandang pekerjaan sebagai amanat dan kehormatan bagi dirinya.
    2. Mempunyai keberanian untuk memimpin di baris paling depan guna menjadi seorang pembimbing, pengarang serta penasehat bagi anggotanya.
    3. Mampu memanfaatkan waktu dengan baik.
    4. Berpegang teguh pada visi dan misi.

    ReplyDelete
  18. Arfin Heri Indarto
    P2CC130062

    Pemimpin yang sukses

    Pimpinan yang sukses dan efektif harus mencakup kemampuan, motivasi dan kesempatan. Kemampuan yang hebat dan motivasi yang tinggi akan sia-sia jika tidak ada kesempatan, oleh karena itu ketiga komponen tersebut harus seimbang untuk mencapai pimpinan yang sukses dan dan efektif. Selain itu, pemimpin yang sukses harus bisa memimpin dirinya sendiri, anggota dan kelompoknya. Banyak pemimpin yang bisa memimpin anggota dan kelompoknya, namun tidak bisa memimpin dirinya sendiri, jadilah dia seorang pemimpin yang arogan, dictator dan sombong. Jika seorang pemimpin bisa memimpin dirinya sendiri nantinya dia menjadi seorang pemimpin yang arif dan bijaksana terhadap anggota dan kelompoknya.
    Seorang pemimpin yang sukses harus bisa :
    1. Menciptakan disiplin diri dan disiplin kelompok
    2. Memberi perintah, pengarahan dan perencanaan kegiatan kepada seluruh anggota dan kelompoknya.
    3. Menghibur anggota dan kelompok dikala sedih dan senang
    4. Menjadi pedoman bagi mereka yang di pimpin
    5. Adil dan tidak pilih kasih terhadap anggota dan kelompoknya
    6. Berani dan tuntas dalam menghadapi suatu masalah
    7. Mengerti kemampuan yang di pimpin
    8. Harus memiliki pandangan yang luas,jauh dan mendalam
    9. Melambangkan kesentosaan, kejujuran, dan realitas
    10. Mengontrol dan mengawasi anggota dan kelompoknya
    11. Peka terhadap saran-saran
    12. Memperkuat rasa kesatuan kelompok

    ReplyDelete
  19. Salman Faidul Mahasin
    P2CC13057

    Menjadi pemimpin yang sukses adalah hal yang menurut saya sangat membanggakan adapun cara ketika menjadi seorang pemimpin sukses adalah ketika pemimpin tersebut mempunyai ilmu manajerial yang baik bahkan bukan hanya itu namun pemimpin yang baik harus memiliki pengetahuan yang luas dengan apa yang dipimpin dengan tujuan dari sebuah organisasi tersebut. Ilmu manajemen dan pengetahuan akan bidang organisasi yang dimiliki dapat menciptakan sebuah pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki organisasi dani novasi terhadap keputusan-keputusan yang diambil oleh pemimpin walaupun itu di waktu yang krusial sekalipun. Pemimpin yang sukses dalamdunia music salah satunya adalah Ahmad dhani Prasetyo yang dikenal karena band DEWA19, di dalam buku “Manunggaling DEWA Ahmad Dhani hal;54-59” terdapat suatu keputusan –keputusan yang sangat krusial yang harus diambil oleh Ahmad Dhani dengan adanya konflik di internal bandnyaya itu dengan keluarnya Ari Laso dan Erwin yang pada saat itu harus merampungkan Albumnya yaitu Bintang Lima.Dengan masa sulit itu Ahmad Dhani dan Andra memutuskan untuk memperlambat proses album dan mencari cara agar nama mereka tetap terlihat dengan menggandeng pay, pongky dan bimo dengan band Ahmad band setelah berjalan mereka merampungkan album yang tertunda dengan masuknya once, tyo dan yuke, keputusan yang diambil adalah tepat sehingga namanya semakin disegani sampai saat ini dan muncul RCM ( RepublikCinta Management) dari kisah itu dapat kita simpulkan adanya pengambilan keputusan yang cepat dan tepat serta tidak meninggalkan musyawarah dalam sekumpulan atau organisasi.

    ReplyDelete
  20. Evarista Sukmawati / P2CC13053
    Ciri -ciri pemimpin yang sukses antara lain sbb :
    1. Membuat orang menjadi terinspirasi, terdorong, belajar dan mengikuti keteladanannya.
    2. Memiliki pribadi yang otentik yaitu kerendahan hati, dapat diminta pertangtungjawaban, integritas antara nilai dan gambar diri serta tampil sebagai manusia biasa dengan segala kelemahannya.
    3. Mempunyai moral yang baik, dan berani mengambil resiko dalam menegakkan prinsip dan etika.
    4. Memiliki visi dan mampu memberdayakan orang melalui sharing pengatahuan dan skill.
    5. Memiliki komitmen untuk menghasilkan proses pembelajaran. (commitment to the growth of peopoe)
    6. Melakukan komunikasi yang proaktif dan bersifat dua arah.
    7. Dapat hidup di tengah perbedaan pendapat.
    8. Kuat dalam empati.
    9. Mampu menyeimbangkan antara pemikiran konseptual dengan pendekatan fokus harian.
    10. Menyadari dan menghayati bahwa Ia melayani suatu hal yang lebih besar dari diri/organisasinya.

    ReplyDelete
  21. warren buffet, seorang investor tersukses abad ini, pernah mengatakan, "3 hal yang perlu anda pertimbangkan saat mempekerjakan seseorang adalah: integritas, intelijensia, dan energik! jika salah satu unsur tersebut tidak ada, maka unsur yang lain akan membunuhmu. jika kamu berpikir soal ini, ya! tentu ketiga hal tersebut adalah benar! bayangkan, jika kamu mempekerjakan seseorang tanpa integritas, maka mereka akan terlihat bodoh dan malas"

    unsur Integritas, Intelejensia, dan Enerjik merupakan modal utama pemimpin yang sukses.

    Unsur Integritas menjadi modal utama para leader sukses. Integritas pula lah yang membuat Bill Gates mampu bekerjasama dengan IBM untuk pertama kali dengan menggarap Windows sebagai OS pertama mereka yang dibuat untuk platform komputer rumah, dimana kerjasama tersebut sebenarnya sudah diawali saat Bill Gates menggarap BASIC untuk IBM. Integritas pula lah yang kemudian membuat Bill Gates mampu bangkit saat kerjasama dengan IBM berakhir, Bill Gates mampu membawa Microsoft menjadi leading market dengan Windows NT, Windows 95 yang menembus dominasi pasar. Sebagaimana yang dialami oleh Steve Job, dan mungkin para leader lainnya, modal Integritas merupakan modal yang wajib dimiliki. karena dari integritas tersebut mengandung unsur:
    1. Loyalitas
    2. Responsibility
    3. Kejujuran
    4. Konsisten terhadap pendirian
    5. Disiplin
    6. Berkualitas
    Keenam unsur tersebut sebenarnya mengarahkan ke apa yang kita sebut dengan Honesty. Kenapa harus ada Integritas di dalam diri baik itu leader maupun pekerjanya? karena Integritas menentukan kesuksesan seseorang! Amy Rees Anderson, seorang kontributor majalah Forbes pernah menulis, "Membangun Integritas itu membutuhkan waktu bertahun-tahun, namun dapat diruntuhkan seketika dalam waktu beberapa detik saja. Maka kita harus benar-benar menjaga integritas tersebut. Integritas adalah kepercayaan. Setiap orang yang mempercayai anda, mereka akan menyampaikan rasa kepercayaan tersebut kepada sekitar mereka. Hal ini bagaikan bara api yang liar! bagi perusahaan, kepercayaan dari konsumen akan meningkatkan bisnis mereka. Bagi seorang pekerja, kepercayaan dari Atasan akan meningkatkan peluang mereka dalam kesempatan berkarir yang lebih baik. Bagi anda, hal ini seperti memiliki pasukan yang akan rela berjalan bermil-mil jauhnya untuk merekomendasikan Anda kepada lingkungan mereka karena mereka paham, merekomendasikan Anda tidak akan menghancurkan reputasi mereka. Ya! tingkat kepercayaan dapat diukur karena hal ini akan membawa kepada kesempatan yang tak terbatas! Ada sebuah tulisan di dinding kantor saya yang berarti, Lakukan yang anda anggap benar, dan anda akan mendapatkan konsekuensi dari apa yang anda lakukan tersebut di kemudian hari. Bagi saya, hal tersebut bagaikan sebuah peringatan pada saya sendiri, bahwa kesuksesan mudah datang dan mudah pergi, namun integritas itu akan selamanya berada di diri kita"

    ReplyDelete
  22. Modal kedua, adalah Intelejensia. Intelejensia berarti kecakapan, kepandaian untuk beradaptasi, menurut Claparde dan Stern adalah kemampuan beradaptasi secara mental terhadap situasi dan kondisi yang baru. Sebagai seorang top leader, Steve Job membuktikan bahwa dia mampu beradaptasi pada lingkungannya yang old but renowned, tugas beliau adalah mengembalikan kejayaan Apple di tahun 1997. Steve job merupakan pebisnis ulung yang juga inovator cerdik. Ketika menggagas produk, dia selalu berprinsip "simpel, elegan, dan fancy/stylish" dan dapat dilihat dari produk-produk apple besutannya macam Mac, iPad, iPhone, iTab. Dan hanya membutuhkan waktu 10 tahun bagi Apple untuk mengalahkan pesaingnya sebagai world's second-largest information technology company dibawah Samsung, dan World's third-largest mobile phone maker dibawah Samsung dan Nokia pada tahun 2008. Sebagaimana Steve Job, Bill Gate pun melakukan hal yang serupa. Adaptasi yang cepat membuat Microsoft mampu menjadi dominator OS di jaman kejayaannya dengan Windows NT untuk networking and professional user dan Windows 95 untuk home dan business user. Main core bisnis Microsoft yang menjadi fokus Bill Gates saat itu adalah Windows sebagai OS dan Office sebagai perangkat lunak untuk dokumentasi dan pengolah data berbasis worksheet. Hingga sekarang, Microsoft mampu mengembangkan hingga delapan main core business mereka dan menjadi salah satu perusahaan dibidang teknologi informasi yang stabil.
    Terlepas dari kemampuan adaptasi, intelejensia juga berarti kecerdasan secara emosional sang leader. Dalam menyikapi permasalahan, kadang perusahaan senantiasa berada diambang keputusan yang krusial. Ketepatan dan kecermatan seorang manajer menjadi modal utama. Salah memutuskan, atau memutuskan dengan emosional, akan mempengaruhi keputusan selanjutnya dan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Salah satu contoh leader yang sukses dalam emotional intelligence adalah Jeff Bezos (pemilik Amazon.com) dan tentu sang maestro, Warren Buffet. Jeff Bezos terkenal karena mampu menghadirkan kedekatan intim dengan para pelanggan amazon.com. Warren Buffet mengatakan, "kesuksesan dalam berinvestasi tidak akan berkorelasi dengan IQ. Ketika anda memiliki IQ yang biasa saja, maka kemampuan untuk mengontrol temperamen kepentingan-kepentingan orang yang akan membawa anda ke dalam masalah di dalam investasi itu sendiri.". Jadi modal intelejensia kedua adalah penting bagi seorang calon leader yang akan sukses.

    Modal ketiga adalah enerjik! ya, enerjik berarti anda punya power, stamina yang cukup baik untuk merampungkan segala permasalahan anda. sebagai leader yang sukses, lincah dan sigap adalah modal yang penting. Kenapa perlu sekali menjadi leader yang enerjik? Kamran Akbarzadeh (penulis buku Leadership Soup) mengatakan, "pemimpin yang berenejik adalah seorang marketing yang baik. Dengan tingkat energi mereka yang tinggi, mereka akan memotivasi sekelilingnya untuk membeli ide mereka. Mereka menggunakan skill komunikasi yang efektif dan memotivasi mereka dengan kalimat-kalimat yang berenergi juga."

    Jadi lebih lanjut, Kamran Akbarzadeh menyimpulkan, " pemimpin yang berenerjik punya 7 ciri khas: dia itu punya pasion, entusias, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu tertawa, terlihat gembira, jasmani rohaninya sehat, dan mampu memotivasi orang-orang disekitarnya".
    Jadi Leader sukses memiliki 3 hal tersebut.

    yustiana rezki perwira
    P2CC13049

    ReplyDelete
  23. menjadi pemimpin yang sukases, Yaitu:
    1. dapat memberikan kontribusi atau memajukan perusahaan secara pesat dalam waktu singkat.
    2. dapat menjadi panutan dalam hal positif .
    3. mempunyai inovasi dan kreatifitas dalam memajukan perusahaan.
    4. memiliki sikap antusias terhadap setiap target yang telah di tetapkan perusahaan.
    5. bersemangat dan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.
    6. amanah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menjadi pemimpin yang sukases, Yaitu:
      1. dapat memberikan kontribusi atau memajukan perusahaan secara pesat dalam waktu singkat.
      2. dapat menjadi panutan dalam hal positif .
      3. mempunyai inovasi dan kreatifitas dalam memajukan perusahaan.
      4. memiliki sikap antusias terhadap setiap target yang telah di tetapkan perusahaan.
      5. bersemangat dan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.
      6. amanah.





      herdian farisi P2CC13060

      Delete
  24. Nidaul Khasanah P2CC13046

    Pemimpin yang sukses menurut saya adalah seorang oemimpin yang tegas, bijaksana, dan mampu memahami dan mengerti apa yang dialami bawahanya serta dapat selalu memotivasi bahwahan dalam kondisi apapun untuk lebih maju dan kreatif.

    ReplyDelete
  25. Bambang Widjonarko P2CC13050

    Ciri-ciri pemimpin yg sukses menurut saya adalah:
    1. Memiliki visi misi yang jelas
    2. Percaya diri
    3. Jujur
    4. Disiplin
    5. Komunikatif
    6. Peduli
    7. Bertanggung jawab

    ReplyDelete
  26. Ciri -ciri pemimpin yang sukses antara lain
    1. Membuat orang lain merasa aman untuk bicara

    Seringkali pemimpin mengintimidasi rekan mereka melalui kekuasaan. Pemimpin sukses, alihkan perhatian dari diri sendiri kepada orang lain untuk dorong mereka suarakan pendapat.

    Pemimpin sukses adalah seseorang yang ahli membuat orang merasa aman berbicara dan percaya diri dari berbagai perspektif dan sudut pandang mereka. Jabatan eksekutif mereka justru digunakan untuk bisa mendekat dengan lingkungan.

    2. Membuat keputusan

    Pemimpin sukses adalah seorang ahli pembuat keputusan. Mereka juga memfasilitasi dialog untuk memberdayakan rekan mereka untuk mencapai kesimpulan yang strategis atau mereka melakukannya sendiri.

    Mereka telah menguasai seni berpolitik dan dengan demikian tidak menyia-nyiakan waktu mereka pada isu-isu yang mengganggu momentum. Mereka tahu bagaimana membuat 30 keputusan dalam 30 menit.

    3. Komunikasikan harapan

    Pemimpin sukses adalah komunikator yang hebat, dan ini terutama terlihat ketika mereka mengingatkan rekan mereka dari nilai-nilai inti organisasi dan pernyataan misi ekspektasi kinerja. Memastikan bahwa visi mereka diterjemahkan dengan benar, dapat ditindaklanjuti dan eksekusi yang benar pula.

    4. Menantang orang berpikir

    Para pemimpin yang paling sukses memahami pola pikir rekan mereka, kemampuan dan area untuk perbaikan. Mereka menggunakan pengetahuan atau wawasan untuk menantang tim mereka untuk berpikir dan meregangkan mereka untuk meraih lebih.

    Jika Anda tidak berpikir, Anda tidak belajar hal-hal baru. Jika Anda tidak belajar, Anda tidak tumbuh - dan dari waktu ke waktu menjadi tidak relevan dalam pekerjaan Anda.

    5. Jadilah akuntabel bagi orang lain

    Pemimpin sukses memungkinkan rekan mereka untuk mengelolanya. Bukan berarti mereka membiarkan orang lain untuk mengendalikan mereka - melainkan memiliki tanggung jawab untuk memastikan mereka bersikap proaktif dengan kebutuhan rekan-rekan mereka.

    Sekedar mentoring dan mensponsori karyawan terpilih, yang bertanggung jawab kepada orang lain merupakan tanda bahwa pemimpin Anda lebih terfokus pada kesuksesan Anda daripada hanya kesuksesan diri mereka sendiri.

    6. Memberi contoh

    Memimpin dengan contoh kedengarannya mudah, namun beberapa pemimpin konsisten dengan yang satu ini. Pemimpin yang sukses mempraktekkan apa yang mereka khotbahkan dan sadar mereka harus lakukan itu.

    Mereka tahu semua orang melihat mereka dan oleh karena itu mereka punya intuisi gerak-geriknya akan banyak disorot orang lain, banyak diantaranya pengamat menunggu mendeteksi apa kekurangan kinerjanya.

    7. Ukur dan hargai kinerja

    Pemimpin besar selalu memiliki ukuran tertentu untuk menilai anak buahnya. Dia juga sangat menghargai hasi kerja keras bawahannya

    8. Menyediakan umpan balik berkelanjutan

    Karyawan ingin bos mereka tahu bahwa mereka sangat perhatian pada perusahaan, dan mereka menghargai wawasan setiap hari. Pemimpin sukses selalu memberikan umpanbalik secara resiprokal, sehingga menciptakan hubungan yang dapat dipercaya dengan rekan.

    Mereka memahami kekuatan perspektif dan telah belajar pentingnya umpan balik di awal karier mereka karena hal tersebut telah nyata menjadikan mereka aktif dalam kemajuan kerja.

    9. Benar-benar mengalokasikan dan menyebarkan bakat

    Para pemimpin yang sukses tahu bakat-bakat mereka dan bagaimana menggunakannya. Mereka adalah para ahli dalam mengaktivasi kemampuan rekan mereka dan tahu persis kapan harus diberdayakan

    ReplyDelete