Saturday, March 26, 2011

Tugas 1 BM 28 (2011): Pemimpin Sukses





Saudara diminta memberikan kontribusi kepada dunia, memberikan pendapat tentang bagaimana menjadi pemimpin yang sukses.
Pendapat Saudara bisa dari pengalaman, dan bisa pula dari referensi-referensi yang Saudara baca.

Kumpulkan di sini sebagai "comment"

Paling lambat dikumpulkan pada tanggal 4 April 2011 (mudah diingat: 4-4-2011).

Do the best.

Mr.AP

27 comments:

  1. Tugas Kuliah : 1. BM 28 (2011).
    Dosen : Mr. AP
    Oleh : Haidar Alatas. (P2CC10047), MM UNSOED Angkatan 28
    BAGAIMANA MENJADI PEMIMPIN YANG SUKSES
    Menjadi pemimpin yang sukses itu tergantung dari dua hal yakni dari dalam organisasinya dan dari diri pemimpinnya itu sendiri. Yang terpenting justru dari diri pemimpin itu sendiri yang harus mempunyai sifat-sifat kepemimpinan yang baik, yaitu :

    •1. Mental Kepemimpinan.
    - Memiliki keahlian dalam membuat perhitungan / prediksi kejadian kedepan.
    - Berani mengambil risiko.
    - memiliki inisiatif sendiri dan inovatif.
    - Kreatif.

    •2. Hubungan dengan orang lain.
    - Bersedia menerima pendapat orang lain.
    - Bersikap positif dan terbuka.
    - Semangat juang yang kuat.
    - Pandai berkomunikasi.

    •3. Moral
    - Disiplin diri tinggi.
    - Adil, jujur, tenang, sabar,, percaya diri.
    - Agamis.

    Selain hal-hal diatas seorang pemimpin yang sukses haruslah memiliki sifat:
     Empati.
     Menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya.
     Pandai menilai secara obyektif permasalahan anggota.

    Seorang pemimpin yang sukses juga harus belajar hal-hal berikut:
    o Bersedia untuk belajar dari siapapun juga.
    o Berani memberi jawaban dengan tegas.
    o Memudahkan semua pekerjaan (kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit).
    o Hubungan baik dengan siapapun.
    o Pandai membahagiakan semua orang.
    o Tidak mudah patah semangat.
    o Mau berbincang-bincang dengan bawahan.
    o Mempunyai banyak pengetahuan dan pengalaman.
    o Pandai mengembangkan pekerjaan bawahan.
    o Tidak sekali-kali menyerah bila menghadapi kesulitan.

    MATUR NUWUN (Pwt, Senin 28 Maret 2011)

    ReplyDelete
  2. Tugas Kuliah : 1 BM 28 ( 2011)
    Dosen : Mr AP
    Oleh : Miftachu Rochman
    NIM : P2CC10042


    Pemimpinyang sukses adalah seorang pemimpin yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

    1.Pemimpin yang mempunyai Visi yang jelas dan kuat
    Visi harus dimilikioleh seorang pemimpin.Pemimpin harus bisa membuat visinya jelas,mudah dipahami dan dimengerti. Sehingga semua anggota organisasi jelas,mau kemana organisasi akan di bawa di periode short time,medium dan long time. Visi akan membantu anggota organisasi membayangkan akan masa depan.

    2.Pemimpin yang bisa menyemangati team / menjadi good coach bagi teamnya dan tidak pernah menyerah
    Melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab organisasi tidaklah mudah dan gampang. Sering anggota organisasi mengalami banyak masalah dari internal dan eksternal organisasi,terkadang sampai kehabisan jalan keluar dan membuat frustasi dan putus asa serta menyerah. Pemimpin yang sukses hadir semangat baru dan mampu membangkitkan semangat anggota organisasi, mampu membimbing mencari peluang solusi dan alternatifnya , serta mampu menciptakan ajakan untuk tetap semangat dan pantang menyerah. Ayo…kamu pasti bisa….ayo sedikit lagi…Ayo kita buktika kita team yang tangguh..dll.

    3.Pemimpin yang bisa membuat target yang SMART (Spesifik,Measure,Achieveble,Rasional and Timeable)
    Target adalah sesuatu yang akan dicapai oleh organisasi.target ini harus jelas,terukur, tercapai,masuk akan dan jelas batas waktunya. Target ini harus dipahamioleh semua anggota organisasi. Kepahaman ini harus sama antara yang dimau oleh managemen dan organisasi serta anggota. Dengan target yang SMART,akan membantu anggota organisasi menentukan target yang harus dan akan di capai di masa yang akan dating.

    4.Pemimpin yang bisa mengukur tingkat pencapaian Vs Target
    Pemimpin harus bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja organisasi. Dengan evaluasi ini akan di ketahui perfomance kinerjanya,baik dari sisi manufacturing, sisi keuangan, sisi enviroment dan sisi yang lainnya. Dengan mengukur secara periodik,akan diketahui perfomance sebuah organisasi, apakah di bawah standat, bisa diteria / sesuai target ataukah diatas target. Dengan evaluasi ini akan bisa dijadikan referensi untuk memberikan bonus jika pencapaian diatas target sebagai penambah semangat atau memberikan punishment jika target tidak tercapai.

    5.Pemimpin yang bisa mendorong dan merangsang anggota untuk kreatif dan inovatif mencari inisiatif2 baru
    Ketika menghadapi banyak masalah dan target-target belum tercapai,maka pemimpin yang sukses harus bisa merangsang dan mendorong semua anggota untuk bisa berpikir kreatif dan inovatif, mencari terobosan-terobosan yang mampu membantu memperbaiki kinerja agar target tercapai.


    6.Pemimpin yang berani mengambil tantangan dan percaya diri
    Pemimpin yang sukses harus berani menerima tantangan dan percaya diri. Bahwa dengan semua sumber daya dan kemampuan yang ada bisa dan mampu melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab organisasi.

    7.Pemimpin yang terbuka menerima feedback / kritikan dan masukan
    Pemimpin yang sukses adalah tetap manusia biasa,dimana tetap berpeluang berbuat salah. Dengan sifat terbuka terhadap kritikan dan masukan anggota organisasi,maka dia akan mendapatkan banyak masukan untuk memperbaiki diri.

    8. Pemimpin yang jujur,amanah dan profesional
    Tugas kepemimpinan adalah sebuah tugas mulia dan berpahala,namun juga sangat beresiko. Bahwa semua perilaku akan dimintai pertanggungjawaban di akherat. Dalam menjalankan tugasnya ,dia harus jujur artinya semua perbuatannya tidak bertentangan denga hati nurani, undang-undang, ADART organisasi, norma-norma agama dan masyarakat. Disamping itu harus amanah, tidak memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi dan keluarga, Juga profesional artinya mengerjakan segala tugas dan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh.


    Selamat,sukses,dan salam semoga anda bisa menjadi pemimpin yang sukses

    ReplyDelete
  3. Tugas Kuliah : 1. BM 28 (2011).
    Dosen : Mr.AP
    Oleh : Ageng Triono, MM UNSOED Angkatan 28.
    Bagaimana menjadi pemimpin yang sukses ?
    Seorang pemimpin yang sukses adalah bila pemimpin tersebut bisa memimpin diri sendiri, memberi keteladanan pada oarang lain kepada bawahannya atau karyawannya, bisa mempengaruhi orang lain, dan punya pengaruh walaupun orangnya sudah mati.
    Seorang pemimpin yang sukses bila pemimpin tersebut dapat merencanakan, melaksanakan program-prgram yang telah direncanakan kemudian dapat mengontrol, mengevaluasi dan dapat memberikan solusi masalah yang dihadapi dalam mejalankan program-program yang telah direncanakan.
    Seorang pemimpin yang sukses apabila dapat melaksanakan 4 hal yaitu :
    1. Shidik, yaitu jujur, berkata benar, tidak pernah dusta.
    2. Amanah, seorang pemimpin dapat dipercaya
    3. Tabligh, selalu memnyampaikan apa yang benar dan yang salah tidak ditutup-tutupi.
    4. Fathonah, seorang pemimpin memiliki kecerdas dan cepat tanggap dalam menghadapi masalah dan dapat segera menyelesaikannya.

    ReplyDelete
  4. Tugas Kuliah : 1 BM 28 ( 2011)
    Dosen : Mr AP
    Oleh : Mega Maharani
    NIM : P2CC10058

    Untuk menjadi pemimpin yang sukses adalah harus mempunyai berbagai macam karakteristik sebagai berikut :
    1. Berlaku rasional. Bersikap rasional berarti memadukan harapan dan kebutuhan dengan harapan dan kebutuhan orang lain dan organisasi. Dimana pemimpin harus terbuka terhadap umpan balik dan kritik , berperilaku etis, mengambil pendekatan pemecahan masalah dan merasa nyaman dengan diri anda sendiri. Seluruh kualitas ini biasanya ada pada pemimpin yang efektif.
    2. Pemimpin itu harus mempunyai VISI. Seorang pemimpin harus mempunyai visi, tanpa visi seorang pemimpin saama halnya nahkoda yang mengendalikan perahunya ditengah lautan tanpa tahu dermaga mana tempat ia bersandar.
    3. Harus bias memikirkan ide ide kemudian mengkomunikasikannya. Pemimpin yang efektif menghabiskan banyak waktu untuk berpikir dan kemudian menyampaikan hasilnya secara jelas dan persuasif. Tiga ketrampilan penting dari aspek kepemimpinan ini adalah kapasitas untuk menganalisa dan memikirkan tuntas situasi yang kompleks,kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan keberanian untuk mendorong tercapainya hasil yang baik.
    4. Menerima perubahan yang berkelanjutan. Harus dapat menerima perubahan-perubahan yang ada kedepannya. Seharusnya dapat melakukan perubahan kecil tiap hari, terus-menerus dan berhubungan satu dengan yang lain.
    5. Memimpin dengan memberi contoh. Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang dekat dengan mereka yang dipimpinnya. Sebelum menuntut bawahan, tuntutlah diri sendiri untuk melakukan hal tersebut dan tunjukkan bahwa diri sendiri berhasil melakukannya
    6. Belajar mendengarkan bawahan serta membumi. Tak ada salahnya seorang pemimpin untuk mendengarkan masukan dari bawahan. Sehingga pemimpin bisa membuat keputusan yang paling bijak. Selain itu seorang pemimpin bukan berarti harus bersikap angkuh dan sombong. Semakin banyak mengenal bawahan, akan semakin baik, semakin mengenal bawahan secara personal sehingga lebih mudah dalam hal komunikasi.
    7. Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Bawahan. Sebagai pemimpin, harus mengenali potensi dan kekurangan bawahan. Hal itu bertujuan agar bisa menyusun jadwal pelatihan bagi tiap-tiap bawahan untuk mendongkrak potensinya. Ini juga bisa membantu untuk membentuk sebuah tim kerja menurut potensi tiap-tiap karyawan.
    8. Evaluasi diri, pemimpin harus bias memahami diri sendiri, maka semakin mampu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Selain itupun akan lebih siap menghadapi rintangan saat melakukan perubahan tersebut. Selain itu harus bisa mengakui kekurangannya, namun menonjolkan kelebihannya. Tak ada orang yang sempurna dan sepenuhnya benar walaupun telah menjadi seorang pemimpin.
    9. Belajar dari kesalahan, Pemimpin yang baik adalah harus mau belajhar dari kesalahan, Belajar berarti harus siap menerima kenyataan bahwa bisa saja melakukan kesalahan dan kesalahan tersebut harus melahirkan sebuah pelajaran yang baru.

    ReplyDelete
  5. Know-How: 8 Keterampilan yang Menjadi Ciri Pemimpin Sukses
    Dalam bukunya Know How ini, Ram Charan mengemukakan teori besar mengenai kepemimpinan, yaitu keahlian yang dimiliki oleh orang-orang yang mengetahui persis apa yang mereka lakukan.

    Secara garis besar, kedelapan butir "know-how” adalah:

    1. Positioning (dan bila perlu, repositioning) bisnis dengan fokus pada ide utama yang memenuhi unsur apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan apa yang menghasilkan uang.
    2. Menyimpulkan dengan mengidentifikasi pola perubahan eksternal selangkah di depan dari orang lain.
    3. Membentuk budaya kerja dengan cara menjadi pemimpin dalam sistem sosial perusahaan.
    4. Memberi penilaian terhadap orang lain dengan cara mengenal keseluruhan dari dirinya atau kepribadiannya.
    5. Membentuk orang-orang yang berenergi tinggi, berpengaruh dan berego besar menjadi sebuah tim kerja pemimpin dimana nilai mereka lebih tinggi dibandingkan jumlah keseluruhan mereka
    6. Tahu akan arah bisnis yang ingin dituju dengan mengembangkan tujuan yang menyeimbangkan potensi bisnis dengan pencapaian nyatanya.
    7. Menetapkan prioritas utama dan jelas sebagai road map dalam mencapai tujuan bisnis.
    8. Menangani tekanan sosial yang timbul melampaui kegiatan ekonomi perusahaan dengan cara positif dan kreatif.

    ReplyDelete
  6. Tugas 1 BM 28 (2011)
    Dosen : Mr AP
    Sodiq H Pidekso


    Know-How: 8 Keterampilan yang Menjadi Ciri Pemimpin Sukses
    Dalam bukunya Know How ini, Ram Charan mengemukakan teori besar mengenai kepemimpinan, yaitu keahlian yang dimiliki oleh orang-orang yang mengetahui persis apa yang mereka lakukan.

    Secara garis besar, kedelapan butir "know-how” adalah:

    1. Positioning (dan bila perlu, repositioning) bisnis dengan fokus pada ide utama yang memenuhi unsur apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan apa yang menghasilkan uang.
    2. Menyimpulkan dengan mengidentifikasi pola perubahan eksternal selangkah di depan dari orang lain.
    3. Membentuk budaya kerja dengan cara menjadi pemimpin dalam sistem sosial perusahaan.
    4. Memberi penilaian terhadap orang lain dengan cara mengenal keseluruhan dari dirinya atau kepribadiannya.
    5. Membentuk orang-orang yang berenergi tinggi, berpengaruh dan berego besar menjadi sebuah tim kerja pemimpin dimana nilai mereka lebih tinggi dibandingkan jumlah keseluruhan mereka
    6. Tahu akan arah bisnis yang ingin dituju dengan mengembangkan tujuan yang menyeimbangkan potensi bisnis dengan pencapaian nyatanya.
    7. Menetapkan prioritas utama dan jelas sebagai road map dalam mencapai tujuan bisnis.
    8. Menangani tekanan sosial yang timbul melampaui kegiatan ekonomi perusahaan dengan cara positif dan kreatif.

    ReplyDelete
  7. Tugas Kuliah : 1. BM 28 (2011).
    Dosen : Mr. AP
    0leh : Sri Primawati Indraswari
    NIM : P2CC10043 MM UNSOED Angkatan 28

    Menjadi pemimpin yang sukses dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu attitude, knowledge dan skill yang saling berkaitan satu dengan lainnya.
    1. Attitude /sikap
    Attitude yang baik merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan seorang pemimpin. Seorang pemimpin akan menjadi contoh bagi setiap orang yang dipimpinnya.
    Sikap keteladanan seorang pemimpin antara lain :
    a. Memiliki rasa tanggung jawab
    Kesalahan yang dilakukan bawahan menjadi tanggung jawab pemimpin.
    b. Mengesampingkan kepentingan pribadi
    c. Memiliki sikap melayani
    Makin tinggi jabatan seseorang, makin banyak pula orang yang harus dipimpinnya, karena itu seorang pemimpin yang baik harus memiliki sikap rendah hati serta jiwa melayani yang lebih baik.
    d. Kesetiaan
    Jika seorang pemimpin mengharapkan loyalitas dari orang yang dipimpinnya, maka dirinya sendiri harus terlebih dahulu memiliki kesabaran dan kesetiaan untuk memimpin,
    e. Memiliki keseimbangan antara intuisi (perasaan ) dan nalar ( pikiran )
    Pemimpin yang baik juga tidak bersifat kaku dan arogan.
    f. Banyak bekerja , sedikit bicara
    g. Menjadi motivator yang baik
    Seorang pemimpin yang baik harus bisa memotivasi dan meningkatkan gairah dan optimisme anak buahnya,
    h. Bekerja sama dengan orang lain. Anak buah adalah rekan kerja dalam tim , bukan semata – mata sebagai bawahan, karena bagaimanapun seorang pemimpin tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain, termasuk anak buahnya.
    i. memiliki sikap-sikap positif lainnya yaitu penampilan tenang dan berwibawa, bersikap sopan, bertutur kata santun, adil, bijaksana, disiplin, percaya diri, selalu bersemangat dan jujur.

    2. Knowledge/pengetahuan
    Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan yang baik tentang kepemimpinan dan ilmu tentang ruang lingkup kerja profesinya yang terdiri dari pengetahuan kognitif maupun skill/keterampilan. Seorang pemimpin akan dihadapkan pada situasi tertentu dimana dia harus mengambil keputusan yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat adalah pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki. Seorang pemimpin dituntut untuk dapat mengetahui permasalahan dalam institusi yang dipimpinnya, oleh karena itu seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan yang luas, ilmunya harus merata di semua bidang, walaupun tidak secara mendalam.

    3. Skill / Ketrampilan
    Selain attitude yang baik, pengetahuan yang luas, kesuksesan seorang pemimpin juga ditentukan oleh skill yang baik juga. Ketrampilan atau skill yang baik memerlukan suatu proses. Ketrampilan yang diperlukan oleh seorang pemimpin antara lain meliputi kemampuan berbicara/berkomunikasi, kemampuan dalam mengambil keputusan, kemampuan dalam berpenampilan, pandai membawa diri, dapat mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri, dapat mengenali kelebihan dan kekurangan bawahan, siap menghadapi tantangan dan mampu menyelesaikan masalah, dapat menerima kritik, dapat mendelegasikan tanggung jawab, mampu sebagai motivator, dan dapat mendengarkan bawahannya Seorang pemimpin perlu menyempurnakan ketrampilan dan kepemimpinannya agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.

    ReplyDelete
  8. Tugas Kuliah : 1 BM 28 (2011).
    Dosen : Mr. AP
    Oleh : Abdul Syukur, SE.
    NIM : MM UNSOED Angkatan 28

    PEMIMPIN YANG SUKSES
    Perlu disadari dalam memilih pemipin ada tanggung jawab yang akan dipikul terhadap pilihan kita. Disinilah pentingnya seorang pemilih mengenal calon pemimpinnya. Adapun pemimpin ideal yang dapat membuat kesuksesan / keberkahan adalah yang mempunyai karakteristik sebagai berikut :
    1. Mempunyai Jiwa yang bersih
    Hal ini dimaksudkan seorang pemimpin harus mempunyai NIAT yang baik dan tulus dalam memajukan organisasi untuk kebaikan bersama / semua pihak.
    2. Cerdas
    Seorang pemimpin harus mempunyai wawasan yang luas (cerdas). Ia harus pandai mengatur organisasi dengan selalu memperhatikan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki serta memanfaatkan peluang yang ada serta mempunyai jiwa kreatif dan inovatif. Setiap langkahnya berpedoman pada prinsip-prinsip manajemen.
    3. Bertanggung Jawab
    Seorang pemimpin harus melaksanakan tugas sesuai aturan yang ada dan berani mengambil resiko.
    4. Jujur
    Seorang pemimpin harus tegas yang benar katakan benar dan yang salah katakan salah.
    5. Menyampaikan
    Seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, dapat memotivasi bawahannya dan menjadi contoh taula dan serta mempunyai sikap simpati dan empati.
    6. Adil
    Seorang pemimpin dalam menerapkan aturan tidak pilih kasih (subyektif) dan memberikan sanksi bagi yang salah serta memberikan penghargaan bagi yang berprestasi.
    7. Sabar / ulet
    Tidak mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan dan kegagalan serta fokus dalam mencapai tujuan/goal.
    8. Positif Thinking
    Segala sesuatu yang terjadi atas kehendak yang kuasa itu ada hikmahnya sehingga semangat kerja tetap tinggi.
    9. Siap untuk dikritik / dicemooh
    Setiap kebijakan secara tidak sengaja kadang-kadang mempunyai dampak ada pihak yang diuntungkan dan tidak diuntungkan. Maka dari itu seorang pemimpin harus dapat menyikapi dengan bijak atas kritik/cemooh dari pihak yang tidak diuntungkan tersebut.

    KESALAHAN PEMIMPIN
    Kemunduran atau kegagalan suatu organisasi biasanya diakibatkan oleh kesalahan pemimpin. Adapun kesalahan pemimpin tersebut diakibatkan oleh :
    1. Banyak pemimpin yang kurang mengetahui kelemahan dan kelebihan organisasinya dan pihak lain (terutama pesaingnya) sehingga dalam membuat kebijakan kurang tepat.
    2. Banyak pemimpin yang mengutamakan kepentingan pribadi dari pada kepentingan organisasi.
    3. Banyak pemimpin yang mempunyai sifat NATO (No Action Talk Only). Mereka sering mengeluarkan wacana yang muluk-muluk sehingga dalam membuat planning terlalu tinggi yang berakibat sulit untuk direalisasikan. Dengan demikian output dari kebijakannya hanya sekedar konsep.
    4. Banyak orang menjadi pemimpin organisasi dengan melalui cara dadakan/instant. Biasanya pemimpin seperti ini tercipta karena jalur keluarga sehingga mereka mempunyai mental dan wawasan yang kurang matang dalam memimpin suatu organisasi.
    5. Banyak pemimpin yang hanya mementingkan keuntungan organisasinya saja dan tidak mementingkan keuntungan pihak lain (tidak menerapkan win-win solution).
    6. Banyak pemimpin yang kurang kreatif dan inovatif sehingga tidak bisa mengikuti perkembangan jaman.
    7. Banyak pemimpin yang lebih mengutamakan pencitraan pribadinya dibandingkan hasil karyanya (out put).
    8. Banyak pemimpin organisasi (perusahaan) yang hanya mengandalkan pada pendekatan pada koneksinya yang menjadi penguasa. Sehingga apabila koneksinya sudah tidak berkuasa bangkrutlah organisasinya.
    9. Banyak pemimpin yang kurang cerdas dalam membuat visi dan misi organisasinya sehingga dalam pencapaian kurang memperhatikan tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

    ReplyDelete
  9. TUGAS BM 1 (28)
    DOSEN : Mr. Agung Praptapa
    OLEH : AZIEZ ISMUNANDAR
    P2CC10051

    Pemimpin yang sukses, adalah pemimpin yang cerdas dalam hal :
    1. Mempunyai planning dan tujuan yang jelas, mempunyai visi misi yang jelas. Apa yang diinginkan apa yang dicita – citakan harus jelas. Dia harus bisa menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tercapai tujuannya. Dalam mencapai hasil yang diinginkan modal juga harus menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan, butuh berapa modal yang diperlukan dan berapa lama modal itu kembali. Berapa jumlah “bawahan” atau karyawan yang diperlukan serta latar belakang pendidikan apa yang dibutuhkan untuk mengisi pekerjaan tersebut juga harus direncanakan. Dalam pemilihan “bawahan” harus berdasarkan “Skill, Knowledge dan Attitude”, karena “bawahan” adalah salah satu resource untuk menuju tujuan yang diharapkan.
    2. Mampu mengorganisasikan “resources” yang ada. Bisa mengelola dan mengendalikan modal yang kita miliki, dengan menjalankan sikap efektif dan efisien, effisien di sini bukan berarti pelit, tapi menghemat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu juga harus mampu mengorganisasikan ”bawahan” sesuai dengan skill dan competencenya (Right man on the right place). Dengan mengorganisasikan resources yang ada, apa yang dicita – citakan akan terwujud.
    3. Mampu mengarahkan”bawahan” untuk bertindak sesuai dengan job description nya masing – masing. Mampu mengarahkan ”bawahan” sesuai dengan standart opertional procedure yang telah ada. Selain itu pemimpin yang baik harus menjadi motivator untuk ”bawahan” dan lingkungannya. Sehingga dari motivasi itu terjadi perubahan pada masing – masing individu untuk berbuat yang lebih baik sehingga apa yang diharapkan terwujud. Buatlah ”bawahan” kita segan karena wibawa kita, karena motivasi kita, karena contoh baik kita, bukan karena kita galak atau keras kepala. Dalam kata lain jadilah Panutan yang baik bagi ”bawahan” kita.
    4. Mampu melakukan kontrol yang baik atas segala hal yang terjadi dan mampu memecahkan jika terjadi masalah. Dalam hal ini komunikasi sangat penting, karena dengan komunikasi yang baik, pemberian tugas, petunjuk dan pedoman akan tepat sasaran. Selain itu pemimpin yang baik harus membuat skala prioritas sehingga tidak semua hal dianggap urgent dan berani mengambil keputusan, karena semakin tinggi kedudukan semakin besar tanggung jawab yang dipikul dan semakin besar resikonya. Dalam pengambilan keputusan harus dipelajari dulu masalah yang ada, kemudian diperhitungkan dengan teliti dan seksama baru diputuskan.

    Sekian, salam sukses dan SELAMAT PAGI...!!!!

    ReplyDelete
  10. TUGAS BM 1 MM ANGKATAN (28)
    DOSEN : Mr. Agung Praptapa
    OLEH : ZUHROTUL LAYLIYAH

    PEMIMPIN YG SUKSES
    1.Mempunyai visi dan misi yg jelas.
    Barangkali tidak banyak pemimpin yang tak tahu tentang visi organisasi itu apa dan bagaimana cara mewujudkan visi itu.bahkan banyak pula yang tidak mengetahui visi dan misi.dengan adanya pemimpin yang bertanggungjawab berusaha mengetahui visi oragnisasinya,jika belum ada akan merumuskannya dengan melibatkan semua pihak yg berkepentingan.visi itu kemudian disosialisasikan sehingga menjadi cita-cita bersama. Selanjutnya ia akan secara konsisten untuk mewujudkan visi itu.

    2.Mempunyai integritas.
    Integritas adalah ketaatan pada nilai-nilai moral yang diyakini seseorang dan membentuk perilaku sebagai manusia yang berbakat dan bermartabat.
    Dalam integritas ada poin – poin penting:
    a. Dapat dipercaya
    b. Komitmen
    c. Komit
    d. Bertanggungjawab
    e. Secara emosional terkendali
    3.Kompetensi
    Seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan atau kecakapan yang diperlihatkan seseorang ketika melakukan sesuatu.
    Memahami visi dan misi serta memiliki integritas yang baik belum cukup. Agar berhasil,pemimpin harus memiliki kompetensi yang disyaratkan untuk dapat mengemban tanggungjawabnya dengan baik dan benar.

    Pemimpin untuk menuju kesuksesan selain hal di atas,juga perlu memperhatikan hal-hal berikut:
    a. Bersedia ,mengambil resiko
    b. Selalu ingin perubahan
    c. Berusaha mengurus/mengatur
    d. Punya harapan tinggi
    e. Selalu berada di muka

    ReplyDelete
  11. TUGAS BM (28)
    DOSEN : Mr. Agung Praptapa
    OLEH : DIMAS PRASETYO W
    P2CC10046

    PEMIMPIN YANG SUKSES
    1. Memiliki Visi
    Ini adalah yang terpenting. Dalam bahasa yang lebih mudah, Anda harus mempunyai tujuan dalam setiap apa yang Anda & tim Anda kerjakan. Jika tim Anda bertanya, “Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?”, Anda harus selalu bisa menjawabnya dengan lugas & jelas.
    2. Bersikap Adil
    Jangan pernah pilih kasih terhadap anggota tim Anda. Sengaja atau tidak sengaja, terkadang kita pernah melakukannya. Jika hal itu terjadi, segera perbaiki dan beri perhatian lebih kepada anggota tim yang Anda rasa kurang dalam memberinya perhatian.
    3. Bersikap Tegas
    Jika tim Anda melakukan kesalahan, beritahu atau tegur dia dengan kasih. Namun untuk teguran, sebelumnya melakukannya Anda harus dengan jujur melontarkan pertanyaan ini terhadap diri Anda sendiri, “Apakah saya akan menegur tim saya dengan tujuan membangun dia..?”. Jangan sekali-kali menegur hanya untuk memuaskan amarah Anda.
    4. Jangan pernah panik
    Jika terjadi masalah di tim Anda, usahakan selalu tetap tenang dan jangan pernah panik. Paling tidak, jangan pernah tunjukkan wajah panik Anda terhadap tim Anda. Jika seorang pemimpin telah panik, bisakah Anda bayangkan seberapa panik anggota timnya? Ketenangan akan membawa kepada solusi, kepanikan hanya akan membawa kita kepada masalah yang lebih besar.
    5. Menjaga kesatuan
    Jangan pernah menjelekkan salah seorang anggota tim Anda di hadapan anggota tim Anda yang lain, karena hal ini adalah cara tercepat memecah pada tim Anda sendiri!
    6. Beri pujian
    Jika salah seorang anggota tim Anda berhasil mencapai sesuatu, sekecil apapun itu, berikan dia pujian. Pujian tidak harus selalu berupa kata-kata yang manis, sesekali beberapa kata sederhana seperti, “terimakasih ya”, “sip”, “wow”, memiliki energi yang sangat besar.
    7. Tim adalah segalanya
    Jika tim Anda melakukan kesalahan, di hadapan orang lain Anda harus berani berkata, “Saya yang salah”. Namun sebaliknya jika tim Anda mencapai suatu keberhasilan, Anda harus berkata, “Bukan karena saya, namun karena tim saya”

    ReplyDelete
  12. Tugas 1 BM (28)
    Dosen : Mr. Agung Praptapa
    Oleh : Galih Nusa Hakim (P2CC10061)


    Pada dasarnya setiap orang bisa menjadi seorang pemimpin,tapi tidak semuanya bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses. Berikut ini adalah beberapa faktor bagaimana seseorang bisa menjadi pemimpin yang sukses :

    1. Menciptakan tujuan

    Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus bisa menciptakan tujuan yang jelas sesuai dengan visi dan misi yang ingin dicapai oleh tim nya. Dalam menciptakan suatu tujuan, seorang pemimpin mampu memacu bawahannya untuk bisa target yang ingin dicapai. Dalam hal ini, pemimpin tersebut harus bisa membimbing anak buahnya untuk bisa mencapai tujuan tersebut.

    2. Pintar padukan beberapa gaya kepemimpinan

    Sebagai seorang pemimpin yang memiliki ciri kepemimpinan tersendiri, sebaiknya seorang leader juga bisa memadukan beberapa gaya kepemimpinan. Para pemimpin yang hanya melaksanakan satu gaya kepemimpinan tidak pernah cukup dalam menyikapi atau mengatasi masalah yang banyak. Misalnya, saat berinteraksi dengan karyawan tertentu did bisa mengguanakan pendekatan yang halus dan lemah lembut. Tetapi di saat tertentu juga bisa menggunakan gaya kepemimpinan yang tegas.

    3. Komunikator yag handal

    Dalam suatu organisasi, seorang pemimpin mampu dan handal dalam membangun komunikasidengan bawahannya. Selain memberikan arahan dan motivasi yang baik, pemimpin tersebut juga harus bisa jadi pendengar yang baik dari bawahannya amupun yang berhubungan dengan pihak eksternal di luar organisasi. Dirinya juga sanggup dan bisa menempatkan diri ketika karyawannya menemui kendala. Dan pada akhirnya, dia sanggup berkomunikasi dengan semua pihak yang terkait untuk mewujudkan tujuan organisasi itu sendiri.

    4. Terus berkembang

    Sesuai dengan semakin pesatnya perkembangan jaman, seorang pemimpin harus bisa mengembangkan dan berinvestasi diri untuk menghadapi pesatnya sesuai dengan dengan perkembangan jaman. Dia juga mampu untuk mendorong seluruh karyawannya untuk terus bisa berinovasi dan menguasai teknologi yang sedang berkembang.

    5. Matang

    Idealnya seorang pemimpin juga harus matang jiwanya tetapinya bagaimana cara dia memimpin., tingkat intelektualitasnya, dan juga spiritualnya. Pemimpin mampu memiliki kemampuan dalam mengelola emosinya dengan sangat baik. Pemimpin yang kurang matang akan selalu mengedepankan emosinya apabila dalam menghadapi suatu masalah. Secara spiritual, dia juga bisa menjadi imam bagi para bawahannya. Ketaatannya ataupun nilai moral yang dimiliki seorang pemimpin yang tingkat spiritualnya baik akan memberikan teladan dan inspirasi bagi para pengikutnya.

    ReplyDelete
  13. Tugas Kuliah : BM (28, 2011)
    Dosen : Mr Agung Praptapa
    Oleh : Titi Cahyani
    NIM : P2CC10041

    KIAT MENJADI PEMIMPIN YANG SUKSES
    1. Harus memiliki tujuan
    2. Memiliki karakter yang kuat
    3. Sigap dan selalu fokus
    4. Kenali kelebihan dan kekurangan tim
    5. Rendah hati
    6. Murahan hati
    7. Terbuka dan suka berterus terang
    8. Akuntabilitas
    Selain hal yang disebutkan di atas, seorang pemimpin yang sukses harus memiliki terutama tujuan yang jelas dan tujuan tersebut wajib disampaikan kepada seluruh anggota, memiliki karakter yang kuat dalam arti selalu berani mengambil tantangan dan yakin bahwa risiko yang diambil akan memberikan keuntungan bagi timnya. Disamping itu seorang pemimpin juga harus selalu sigap dan fokus dengan selalu cepat bertindak dalam segala hal baik dalam situasi normal maupun mendesak. Hal yang tidak kalah penting harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah selalu bersikap rendah hati dan selalu memberi teladan yang baik serta banyak mempunyai ide atau inisiatif. Seorang pemimpin juga harus mau mendengar dan memberi pengakuan bagi anggota tim dengan menghargai kerja keras mereka, selalu menjalin keterbukaan dan keterusterangan agar selalu tumbuh rasa saling pengertian yang pada akhirnya dapat meningkatkan semangat kerja tanpa keterpaksaan untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan.
    KESALAHAN PEMIMPIN
    Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang pemimpin diantaranya adalah:
    1. Mengabaikan karyawan.
    2. Tidak bisa menghadapi kritik
    3. Tidak dapat mendelegasikan tanggung jawab
    4. Merasa tahu segalanya
    5. Sering menunda segala sesuatu sampai besok padahal bisa dikerjakan hari ini.
    6. Kurang fokus
    7. Takut untuk berubah
    Disamping hal-hal di atas, kesalahan tang sering dilakukan oleh pemimpin adalah kurang bisa memberi teladan yang baik bagi anggota tim seperti : 1) tidak tepat waktu; 2) tidak disiplin; 3) sering mengingkari janji dengan bawahan yang mengakibatkan suasana kerja tidak kondusif dan menjadikan terhambatnya pekerjaan

    ReplyDelete
  14. TUGAS BM (28)
    DOSEN : Mr. Agung Praptapa
    OLEH : Irwanda Hendri P
    P2CC10054


    Seorang pemimpin harus mempunyai tujuan hidup yang jelas dan mempunyai minat yang besar untuk memimpin anggota dan organisasinya sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk menjadi pemimpin yang sukses, seseorang harus memiliki motivasi yang besar dalam dirinya, memiliki tujuan hidup yang jelas, dapat dipahami, diinginkan, dan diperjuangkan sehingga banyak orang akan mendukungnya secara sukarela atau termotivasi untuk mengikutinya pula.
    Selain itu pemimpin yang sukses juga harus konsisten dalam berorganisasi sehingga dapat terus berkembang dan maju ke level yang lebih tinggi. Dalam hal ini pemimpin yang sukses seharusnya sudah melewati proses yang cukup panjang dari level terbawah dan cakupannya kecil sampai menjadi besar dan terus berkembang, semakin maju, dan dipercaya banyak orang. Pada tahap akhir pemimpin tersebut akan mencapai puncak kepemimpinannya, memiliki pengaruh yang besar terhadap bawahannya maupun rekan kerjanya, dan mencapai sukses dalam bidang usahanya.

    Selain yang tersebut diatas karakter pemimpin yang baik antara lain sebagai berikut :
    1.Pemimpin akan mengakui kesalahan yang telah dilakukannya, dia tidak akan mudah menyalahkan bawahannya maupun orang lain.
    2.Pemimpin tidak akan cepat puas terhadap hasil kerjanya maupun kerja timnya, dia selalu mencari cara baru untuk mencapai kesuksesan.
    3.Pemimpin tidak malu untuk belajar atau menambah ilmu dari orang lain, termasuk berbagi pengalaman bersama bawahannya.
    4.Pemimpin rela berkorban dan bertanggung jawab terhadap hal-hal yang dilakukannya,. Keputusan yang dibuatnya, dan juga mengayomi anak buahnya.
    5.Pemimpin tidak akan mudah menyerah jika menghadai masalah, pemimpin akan selalu memecahkan masalah bersama anggotanya.
    6.Pemimpin selalu mempunyai rencana untuk masa depan organisasinya, dia akan berpikir jauh ke depan demi kesuksesan organisasinya.

    ReplyDelete
  15. TUGAS BM (28)
    DOSEN : Mr. AP
    OLEH : Eva Puspitasari
    P2CC10049
    Setiap manusia dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin, tidak hanya untuk memimpin orang lain tetapi juga memimpin dirinya sendiri. Oleh karenanya, setiap individu nantinya akan dimintai pertanggungjawaban kepemimpinannya. Agar sukses dalam pertanggungjawabannya, seorang pemimpin harus memiliki 4 sifat utama yakni :
    1.Amanah
    Yakni seorang pemimpin harus dapat memegang kepercayaan orang-orang yang dipimpinnya dengan mengutamakan kepentingan organisasi yang dipimpinnya diatas kepentingan pribadi, dan tidak menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan selain organisasi.contohnya tidak korupsi, kolusi dan nepotisme.
    2.Siddiq
    Yakni seorang pemimpin harus menjunjung tinggi kebenaran dan senantiasa bersikap obyektif. Penjabaran dari sifat ini adalah adil.
    3.Fathonah
    Artinya seorang pemimpin harus cerdas dan bijaksana. Berikut ini adalah contoh dari sifat fathonah :
    a.Mempunyai visi dan misi yang jelas
    b.Kerendahan Hati
    c.Bijaksana
    d.Memberikan inspirasi dan motivasi
    e.Mempunyai daya analisa situasi yang baik
    f.Menjadi orang yang kreatif dan inovatif
    g.Membuat orang lain merasa dirinya penting
    4.Tabligh
    Yaitu pandai berkomunikasi dan menyampaikan hal-hal yang benar tanpa menutup-nutupinya. Contoh dari sifat ini antara lain
    a.Membiasakan diri bermusyawarah dengan para pembantunya/bawahannya sebelum mengambil keputusan penting.
    b.Menjadi komunikator yang baik.
    c.Selalu melibatkan anggotanya dalam perbaikan secara terus menerus.

    ReplyDelete
  16. Tugas Kuliah : 1. BM 28 (2011).
    Dosen : Mr. AP
    Nama : Mimik Supriyatin
    NIM : P2CC10056
    TUGAS 1
    Bagaimana menjadi pemimipin yang sukses?
    Disaring dari buku “Teori Dan Praktek Kepemimpinan” karangan Prof Dr Sondang P Siagian MPA
    Untuk menjadi pemimpin yang sukses perlu memperhatikan beberapa aspek, diantaranya adalah:
    1. Asal usul
    Yang dimaksud asal usul disini adalah bahwa seorang pemimpin akan efektif kepemimpinananya apabila:
    a. seseorang secara genetik telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan, ini merupakan modal yang diperolehnya sejak lahir
    b. memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakatnya dengan mendapatkan kesempatan menduduki jabatan pimpinan
    c. selalu memupuk dan mengembangkan pengetahuannya tentang kepemimpinan dengan mengikuti pendidikan atau latihan kepemimpinan

    2. Mutu Kepemimpinan
    Seorang pemimpin yang ingin sukses, hendaknya selalu meningkatkan mutu kepemimpinannya. Mutu kepemimpinan ini dapat terlihat dari kemampuannya untuk:
    a. Memahami sepenuhnya berbagai factor yang merupakan kekuatan organisasi.
    b. Mengenal secara tepat berbagai bentuk kelemahan yang terdapat dalam organisasi.
    c. Memanfaatkan peluang yang mungkin timbul.
    d. Menghilangkan berbagai ancaman yang dapat menjadi penghalang bagi keberhasilan organisasi.
    e. Memiliki sifat yang proaktif dan antisipatif terhadap perubahan yang selalu terjadi, baik intern maupun ekstern (ilmu dan tekhnologi)
    f. Mendorong rekan kerja untuk senantiasa bekerja secara erfektif, efisien untuk mencapai produktifitas yang maksimal
    g. Menciptakan cara dan iklim kerja yang mendukung wawasan kebersamaan.

    3. Gaya kepemimpinan
    Gaya kepemimpinan yang tepat bagi seorang pemimpin untuk saat ini adalah gaya kepemimpinan yang situasional (contingency theory). Artinya, seorang pemimpin harus pandai membaca “situasi” organisasinya . Jadi pemimpin dapat menggabungkan berbagai gaya kepemimpinan (otokratik, demokaratik,dan laissez faire) tergantung situasinya.

    ReplyDelete
  17. Tugas Kuliah : 1. BM 28 (2011).
    Dosen : Mr. AP
    Oleh : Rangga Bagus Irawan (P2CC10050), MM UNSOED Angkatan 28

    Pemimpin yang sukses memiliki ciri:
    1. Kesadaran diri sendiri (self awareness) jujur terhadap diri sendiri dan terhadap oranglain, jujur terhadap kekuatan diri, kelemahan dan usaha yang tulus untuk memperbaikinya.
    2. Dasarnya seseorang pemimpin cenderung memperlakukan orang lain dalam organisasi atas dasar persamaan derajad, tanpa harus menjilat keatas menyikut kesamping dan menindas ke bawah. Diingatkan oleh Deepak Sethi agar pemimpin berempati terhadap bawahannya secara tulus.
    3. Memiliki rasa ingin tahu dan dapat didekati sehingga orang lain merasa aman dalam menyampaikan umpan balik dan gagasan-gagasan baru secara jujur, lugas dan penuh rasa hormat kepada pemimpinnya.
    4. Bersikap transparan dan mampu menghormati pesaing ( lawan politik ) atau musuh, dan belajar dari mereka dalam situasi kepemimpinan ataupun kondisi bisnis pada umumnya.
    5. Memiliki kecerdasan, cermat dan tangguh sehingga mampu bekerja secara professional keilmuan dalam jabatannya. Hasil pekerjaanya berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
    6. Memiliki rasa kehormatan diri ( a sense of personal honour and personal dignity ) dan berdisiplin pribadi, sehingga mampu dan mempunyai rasa tanggungjawab pribadi atas perilaku pribadinya. Tidak seperti saat ini para pemimpin saling lempar ucapan pedas terhadap rekan sejawatnya yang berbeda aliran politiknya.
    7. Memiliki kemampuan berkomunikasi, semangat ” team work “, kreatif, percaya diri, inovatif dan mobilitas.

    ReplyDelete
  18. Tugas Kuliah : 1. BM 28 (2011).
    Dosen : Mr. AP
    Oleh : Karsukmia Nandja (P2CC10055), MM UNSOED Angkatan 28
    Setiap orang sebenarnyatercipta untuk menjadi seorang pemimpin, minimal menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri. Contohnya adalah apabila kita membiarkan pikiran kita untuk selalu berhanda-handai ataupun melakukan kebiasaan yang kurang baik berarti kita belum bisa mengatur atau memimpin diri kita sendiri, Tetapi apabila kita bisa mengendalikan pikiran maupun tindakan kita ke arah positif berarti kita sudah bisa memimpin diri kita sendiri, Perubahan dari sesuatu yang bersifat negatif ke positif pada diri kita harus dilakukan dengan segala kemauan, kemampuan, dan berusaha untuk terus maju dan menjadi yang terbaik.
    Untuk mempin diri sendiri saja harus dilakukandengan kemauan dan usaha yang keras, apalagi jika kita harus menjadi pemimpin untuk orang lain. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses, antara lain :
    1. Pemimpin harus menguasai visinya
    Seorang pemimpin harus mengetahui/menguasai apa yang menjadi tujuannya, sehingga mampu bekerja dimana dan kapan saja, dengan segala kondisi yang ada. Termasuk seorang pemimpin harus menguasai dengan adanya perubahan yang diakibatkan pleh perkembangan jaman maupun perkembangan teknologi.
    2. Pemimpin selalu penuh rasa ingin tahu
    Menurut Mary Jean Thornton, semua perkembangan didasari oleh kemauan berpikir, Karena itu, di perusahaannya, ia selalu membiasakan diri dan anak buahnya untuk selalu berpikir kreatif dan menantang untu membangun masa depan.
    Hal ini dapat diambil hikmahnya bahwa seorang pemimpin jangan cepat merasa puas, tetapi harus selalu mendorong dirinya untuk selalu menggali semua informasi yang terbaru dan selalu melakukan pengembangan yang berkelanjutan terhadap ilmu pengetahuan,
    3. Pemimpin harus bisa mendengar dari dua sisi
    Maksudnya adalah seorang pemimpin harus bisa menjadi pendengar yang baik, tetapi selain mendengar pemimpin juga harus mendapatkan informasi dari semua sisi. Sehingga bisa melakukan tindakan ataupun keputusan dengan lebih obyektif.
    4. Pemimpin harus mendengarkan dulu, baru mengambil keputusan
    Steven Covey pernah mengatakan bahwa, Tuhan menciptakan manusia dengan dua telinga dan satu mulut. Hal ini berarti kita sebenarnya diperintahkan untuk lebih banyak mendengar dari pada berkata-kata.
    Seorang pemimpin yang baik kan mendengarkan saran, pendapat, maupun sanggahan dari beberapa pihak sebelum mengambil keputusan. Sehingga seorang pemimpin harus memahami keinginan orang lain lebih dulu, daripada keinginan untuk dipahami oleh orang lain.
    5. Pemimpin dapat bersahabat dengan semua kalangan
    Pemimpin adalah sebuah figur yang sekaligus dapat dijadikan sebagai contoh oleh karyawan kekeluargaan dengan semua unsur didalamnya, sehingga terjalin suatu suasana yang menyenangkan. Dengan demikian apabila ada masalah maka pemimpin dapat melakukan dialog atau diskusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.
    6. Pemimpin harus tulus dan rendah hati
    Makin diatas bukannya malah harus selalu dilayani dan dihargai, tetapi seorang pemimpin justru harus menunjukkan ketulusan dan kerendahan hati dalam melayani. Seperti ilmu padi, semakin berisi, semakin merunduk.

    ReplyDelete
  19. IDA SUSILOWATI (MM angkatan 28)
    NIM :P2CC10060

    Tugas 1 : Berikan kontribusi kepada dunia “ Bagaimana menjadi pemimpin yang sukses”

    Jawab :
    Untuk menjadi pemimpin yang dapat memimpin organisasinya secara efektif dan efisien, maka pemimpin harus dapat mengamalkan 3 kunci sukses seorang pemimpin, apa saja 3 kunci sukses tersebut ?
    1) Seorang pemimpin harus memiliki integritas yang tinggi, mampu melihat mana yang benar dan mana yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk untuk anggotanya maupun untuk organisasinya.
    Integritas merupakan bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukan ini. Dengan kata lain, “satunya kata dengan perbuatan”. Mengkomunikasikan maksud, ide dan perasaan secara terbuka, jujur dan langsung sekalipun dalam negosiasi yang sulit dengan pihak lain.
    contohnya :
    • mampu menindak lanjuti segala kesalahan yang terjadi dalam organisasi, baik yang dilakukan oleh anggotanya, maupun yang dilakukan oleh dirinya sendiri. Baik itu secara terbuka mengakui telah melakukan kesalahan, serta menerima sanksi yang telah disepakati, maupun memberikan sanksi setimpal kepada anggota yang melakukan kesalahan.
    • Jujur dalam menggunakan dan mengelola sumber daya di dalam lingkup organisasi tersebut.
    • Bersedia untuk mundur atau menarik produk/jasa karena praktek bisnis yang tidak etis.
    2) Seorang pemimpin harus memiliki keberanian, keberanian untuk memperjuangkan kebenaran dan kebaikan melalui kecerdikan (kreativitas), kesabaran, ketelatenan, dan ketangguhan.
    Contoh : Berani mengambil keputusan terhadap langkah yang akan diambil untuk masa depan organisasinya, serta terhadap hal-hal penting yang berkaitan dengan organisasi.
    3) Seorang pemimpin harus memiliki karakter, yaitu CARA BERPIKIR, CARA BERTINDAK, CARA MERASA.
    Contoh :
    • seorang pemimpin harus memiliki karekter yang sesuai dengan visi organisasi yang dipimpinya , sehingga cara berpikir, bertindak dan merasa sesuai dengan visi, tujuan,dan budaya organisasinya , bukan sekedar atas kemauannya sendiri (kemauan pribadi)
    • Bertangung jawab atas jabatan kepemimpinannya, melakukan segala kewajibannya sebagai pemimpin , termasuk mengecek semua kinerja anggotanya.
    Sumber : TPers.NET. Pengantar Organisasi Belajar .

    NAMA: MUHAJIR (MM angkatan 28)
    NIM : P2CC10064

    Tugas 1 : Berikan kontribusi kepada dunia “ Bagaimana menjadi pemimpin yang sukses”
    Jawab :
    Pemimpin yang sukses adalah seseorang yang telah bisa mempengaruhi orang lain dan segala argumentasinya dan inspirasinya bisa dilakukan oleh orang banyak dan hasil kepemimpinannya bisa dirasakan oleh yang dipimpinnya. Pemimpin yang sukses juga seseorang yang mempunyai nilai lebih dalam arti mempunyai sosial capital yang bisa dirindukan oleh orang lain dan bisa dikatakan sukses jika banyak orang yang menyebutnya ”publik figur”

    ReplyDelete
  20. Nama : Rosa Indiarto
    NIM : P2CC10052
    Dosen: Mr. AP
    Tugas: 1 (BM 28)
    MM Unsoed Angkatan 28

    Pemimpin Sukses

    Saya pernah membaca beberapa buku mengenai Leadership,namun yang berkesan adalah Buku Developing The Leader Within You karangan John C. Maxwell dan The 8th Habit Stephen Covey. John C. Maxwell berpendapat bahwa kepemimpinan adalah masalah pengaruh. Pemimpin adalah orang yang memiliki pengaruh bagi lingkungan di sekitarnya. Makin besar pengaruhnya, maka makin besar pula wilayah kepemimpinannya. Dalam leadershipskill, ia sepatutnya menguasai beberapa ketrampilan yaitu :
    1.Mempengaruhi orang.
    2.Memprioritaskan agenda kepemimpinan.
    3.Membangun integritas.
    4.Membuat perubahan positif (positive change oriented)
    5.Mengatasi masalah (problem solving oriented)
    6.Attitude yang baik (keteladanan)
    7.Trampil mengelola orang dan bekerja sama (team work oriented)
    8.Memiliki visi (vision oriented)
    9.Memiliki disiplin tinggi.
    10.Selalu mengembangkan staf/tim kerjanya(learning organization oriented)
    Ke-10 hal tersebut membedakan antara seorang pemimpin dengan hanya sekedar manajer.

    Namun Covey lebih ringkas dan padat menjelaskan, bahwa kepemimpinan itu adalah masalah pola pikir, emosi, fisik dan nurani. Keempatnya bahkan dapat memisahkan antara mana yang pemimpin baik dan mana yang pemimpin buruk.
    Seseorang bisa saja memimpin dengan pola pikir yang cerdas; memiliki konsep, visi, misi dan strategi yang jelas-jelas efektif dan efisien.
    Seorang pemimpin bisa saja memiliki emosi yang cerdas; mampu berpengaruh, kreatif, selalu membuat semangat anak buahnya dan memimpin dengan cinta.
    Seorang pemimpin bisa saja memiliki kepemimpinan fisik yang prima; disiplin keras dan well organized.
    Tetapi satu hal yang menurut saya menjadi power terbesar bagi seorang pemimpin adalah kepemimpinan yang berpusat pada nurani yang bersih. Pengalaman menunjukkan kepada saya bahwa kesulitan terbesar seorang pemimpin adalah membangun keteladanan dan integritas. Jika keseluruhan elemen skill seorang pemimpin sudah terpenuhi, namun ia tidak mampu menjaga integritasnya, maka ia akan ditinggalkan oleh asetnya yang paling berharga : Orang-orang di sekelilingnya.

    Dan itulah kekuatan-kekuatan utama seorang pemimpin yang sukses dengan yang tidak.

    Tak ada teori yang mampu membuktikannya, Namun sepengetahuan saya, banyak pemimpin hebat, yang ketika meninggal dunia tidak banyak diingat orang. Pemimpin tersukses adalah yang berpengaruh mulai dari masa hidupnya hingga liang lahat. Pemikiran dan pengaruhnya terus menjadi warisan atas peradaban. Demikian menurut saya pribadi.

    Wallohu alam
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  21. Untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses, seseorang diharapkan memiliki sifat sebagai berikut:
    1. Mempunyai visi yang jelas, sehingga organisasi yang dipimpinnya berjalan ke arah yang tepat menuju tujuan bersama.
    2. Mampu menyusun misi yang menunjang visi organisasi, tujuan bersama dapat tercapai.
    3. Memiliki kharisma untuk memotivasi anggota organisasi yang lain sehingga semua anggota organisasi tidak merasa tertekan dalam bekerja.
    4. Mengerti dengan baik standard operational procedure semua jajaran di organisasi.
    5. Bekerja efektif dan efisien, mampu mencapai tujuan organisasi dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya.
    6. Mampu berkomunikasi baik dengan semua anggota organisasi, diharapkan komunikasi mampu menciptakan kondisi kerja yang menyenangkan bagi semua anggota organisasi tanpa mengurangi produktivitas.
    7. Menerapkan system reward and punishment dalam bekerja, efek yang diharapkan adalah mampu memotivasi dan mengawasi organisasi dalam mencapai tujuan organisasi.

    ReplyDelete
  22. Untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses, seseorang diharapkan memiliki sifat sebagai berikut:
    1. Mempunyai visi yang jelas, sehingga organisasi yang dipimpinnya berjalan ke arah yang tepat menuju tujuan bersama.
    2. Mampu menyusun misi yang menunjang visi organisasi, tujuan bersama dapat tercapai.
    3. Memiliki kharisma untuk memotivasi anggota organisasi yang lain sehingga semua anggota organisasi tidak merasa tertekan dalam bekerja.
    4. Mengerti dengan baik standard operational procedure semua jajaran di organisasi.
    5. Bekerja efektif dan efisien, mampu mencapai tujuan organisasi dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya.
    6. Mampu berkomunikasi baik dengan semua anggota organisasi, diharapkan komunikasi mampu menciptakan kondisi kerja yang menyenangkan bagi semua anggota organisasi tanpa mengurangi produktivitas.
    7. Menerapkan system reward and punishment dalam bekerja, efek yang diharapkan adalah mampu memotivasi dan mengawasi organisasi dalam mencapai tujuan organisasi.

    Azizul Hanif
    P2CC10044

    ReplyDelete
  23. Nama : Noorul Fatimah (MM Unsoed Angk. 28)
    NIM : P2CC10053
    Dosen : Mr. AP
    Tugas : 1 (BM 28)


    Pemimpin Sukses

    Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang berhasil untuk mengajak, membimbing dan mengarahkan orang-orang yang menjadi kerabat kerja/pengikut/keluarga untuk berperilaku seperti yang dikehendaki oleh sang pemimpin yaitu untuk mencapai tujuan yang telah diharapkan.
    Kunci pemimpin yang sukses :
    1. Jujur
    2. Rendah hati
    3. Suka bekerja sama
    4. Memiliki rasa tanggung jawab

    ReplyDelete
  24. Untuk menjadi pemimpin yang sukses , seorang pemimpin harus mampu dalam hal-hal diantaranya sebagai berikut :
    1.Mampu mendengarkan orang lain.
    Seorang pemimpin yang sukses mampu bertanggung jawab untuk semua orang dan mampu mendengarkan sehingga mereka akan mendapatkan rasa hormat dan ingin menjadi rekan atau mitra bisnis anda.
    2.Mampu mengakui dan mengikuti perubahan
    Seorang pemimpin dapat menerima masukan dari pelanggan,mendengarkan lalu mengakui dan membuat perubahan untuk dapat menyediakan pelayanan yang lebih baik kepada mitra bisnis.
    3.Mampu membentuk hubungan.
    Seorang pemimpin harus mampu mengembangkan hubungan percaya diri dengan para mitra bisnis/pelanggan sehingga mereka tetap setia dan akan mengembangkan persahabatan yang tahan lama.
    4.Mampu berfikir positif
    Seorang pemimpin harus mampu berfikir positif untuk mencoba dan mampu membuat perubahan menjadi lebih baik.
    5.Memiliki sikap optimisme dan keyakinan.
    Seorang pemimpin harus percaya diri dan tidak takut akan kegagalan. Menganggap dan melihat setiap hambatan sebagai batu loncatan untuk keberhasilan dan mampu mengubah tantangan menjadi motivator dan keuntungan. Dengan rasa percaya diri akan mendorong semangat kerja yang tinggi sehingga semua orang akan bekerja lebih keras dan lebih cerdas bersama dalam rangka mencapai tujuan.

    ReplyDelete
  25. Tugas BM1 (28)
    Dosen Mr. AP
    Dari : Arief Hidayat
    NIM. P2CC10059

    Untuk menjadi pemimpin yang sukses , seorang pemimpin harus mampu dalam hal-hal diantaranya sebagai berikut :
    1.Mampu mendengarkan orang lain.
    Seorang pemimpin yang sukses mampu bertanggung jawab untuk semua orang dan mampu mendengarkan sehingga mereka akan mendapatkan rasa hormat dan ingin menjadi rekan atau mitra bisnis anda.
    2.Mampu mengakui dan mengikuti perubahan
    Seorang pemimpin dapat menerima masukan dari pelanggan,mendengarkan lalu mengakui dan membuat perubahan untuk dapat menyediakan pelayanan yang lebih baik kepada mitra bisnis.
    3.Mampu membentuk hubungan.
    Seorang pemimpin harus mampu mengembangkan hubungan percaya diri dengan para mitra bisnis/pelanggan sehingga mereka tetap setia dan akan mengembangkan persahabatan yang tahan lama.
    4.Mampu berfikir positif
    Seorang pemimpin harus mampu berfikir positif untuk mencoba dan mampu membuat perubahan menjadi lebih baik.
    5.Memiliki sikap optimisme dan keyakinan.
    Seorang pemimpin harus percaya diri dan tidak takut akan kegagalan. Menganggap dan melihat setiap hambatan sebagai batu loncatan untuk keberhasilan dan mampu mengubah tantangan menjadi motivator dan keuntungan. Dengan rasa percaya diri akan mendorong semangat kerja yang tinggi sehingga semua orang akan bekerja lebih keras dan lebih cerdas bersama dalam rangka mencapai tujuan.

    ReplyDelete
  26. Menurut hemat saya pemimpin akan berhasil dalam membawa organisasinya apabila melakukan hal-hal sebagai berikut :

    1.Jelaskan visi dan misi organisasi dan yakinkan pada semua orang dalam organisasi
    2. Kenalilah semua potensi dari sumber daya yang ada dalam organisasi
    3. Tempatan setiap orang sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya yang dibutuhkan organisasi
    3.Berdayakan seluruh sumberdaya secara optimal untuk mencapai tujuan organisasi
    4. Berusaha menjadi pemimpin yang bisa diteladani yang didasari nilai moral yang tinggi
    5. Dengarkan semua pemikiran bawahan untuk mengembangkan semangat kerja sama dan inovasi yang dinamis
    6. Visioner dan bertindak sebagai agen perubahan dalam organisasi dengan memberikan contoh bagaimana menggagas dan melaksanakan suatu perubahan
    7. Doronglah semua staf untuk maju dan berkembang
    8. Supervisi dan control secara berkala dan teratur setiap target
    9. Segera ambil langkah konkret apabila terjadi penyimpangan arah dan prosedur
    10. Terapkan reward dan punishment secara konsekuen
    ( Pendapat saya ini berdasarkan dari pengalaman lapangan dalam melaksanakan tugas sehari-hari )

    HERBISONO
    NO. P2CC10065
    MM UNSOED ANGKATAN 28

    ReplyDelete
  27. SITI NAZILAH ( P2CC10063 ) MM UNSOED
    Angktan ke 28
    DOSEN : Drs.AGUNG PRAPTAPA,M.BA
    PEMIMPIN YANG SUKSES

    Kepemimpinan menurut Dwight Eisenhower ( Presiden Amerika Serikat ke 34 ) adalah : seni untuk membuat orang lain melakukan sesuatu yang anda inginkan, dan membuatnya merasa ingin melakukan hal itu tanpa keterpaksaan.
    Keberhasilan suatu perusahaan, organisasi atau departemen sangat dipengaruhui oleh keberadaan seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang sukses dapat mengantarkan perusahaan, organisasi atau departemen ke arah keberhasilan dan kemajuan.
    Berikut ini adalah cara bagaimana seorang pemimpin dapat berhasil dengan kepemimpinannya ;
    1.Seorang pemimpin seharusnya menjadi teladan bagi yang dipimpinnya
    Keteladanan adalah cara yang efektif agar anak buahnya meniru hal baik yang yang dilakukan seorang pemimpin ( mengacu pada sifat Rosululloh yaitu : sidik, amanah, tablih ,fatonah ).

    2.Seorang pemimpin harus perpegang pada norma , aturan , nilai – nilai kepatuhan, loyalitas, dan kecintaan sepenuhnya kepada lembaga. Ketulusan dan integritas harus berhasil ditunjukkan.
    Memberi pemahaman kepada anak buahnya untuk bersikap mulia dan selalu bersyukur, untuk itu binalah kekuatan rohani, tanamkan kejujuran dan kegigihan dalam bekerja.

    3.Mengajak bawahan untuk ikut mensukseskan programnya dengan menggunakan aturan sebagai penuntun dan selalu menanamkan sasaran dan program organisasi dalam pikiran karyawan

    4.Gunakan komunikasi sebagai pembangkit semangat pengikutnya. Dengan komunikasi yang efektif maka kendala – kendala yang dihadapi perusahaan /instansi dapat di dicarikan solusinya

    5.Seorang pemimpin yang sukses harus dapat bekerja sama dengan teamnya. Keberhasilan perusahaan,instansi, organisasi adalah kerja team. Seorang pemimpin tidak akan berhasil bila dalam organisasi yang dipimpinnya mengbaikan pentingnya kerja team.

    6. Pemimpin harus mengasah pengetahuannya tentang mendiagnosa suatu masalah dan mencari solusinya.

    7.Pemimpin yang efektif harus memberi waktu kepada anak buahnya untuk mengembangkan pengetahuannya untuk memajukan perusahaan, organisasi atau departemen

    8.Berikan penghargaan kepada karyawan yang melaksanakan pekerjaan / tugas dengan baik ( dengan pujian, bonus atau kenaikan tingkat dsb ), dan beri teguran pada karyawan yang tidak melaksanakan pekerjaan dengan baik dan tanyakan barangkali ada kesulitan serta bantu mencari solusinya
    Demikian beberapa kiat untuk menjadi pemimpin yang sukses, semoga bermanfaat

    TERIMA KASIH

    ReplyDelete