Tuesday, May 13, 2014

Tugas 4 MM 34: Observasi Manajemen Operasional



Lakukan observasi bagaimana manajemen operasional diterapkan di suatu organisasi yang Saudara pilih. Kumpulkan di sini sebagai COMMENT. Paling lambat dikumpulkan pada hari Jumat 16 Mei 2014 pukul 18.00.

Jangan lupa tuliskan nama dan NIM. Apabila space untuk mengupload tugas Saudara tidak cukup, Saudara bisa hanya mengupload bagian depan dari tugas yang akan saudara kumpulkan, sedangkan versi lengkapnya bisa Saudara email ke elearningmrap@gmail.com.  Berikan keterangan bahwa versi lengkap telah diemail.

Terimakasih.

Mr.AP

28 comments:

  1. Nama: Eti Putranti.
    Nim : P2CC13058
    Observasi Manajemen Operasional Di Puskesmas Rawat Jalan:
    1.Pasien/pendaftar mengambil nomor antri periksa dan menunggu nomor antrian dipanggil petugas.
    2.Setelah nomor antri dipanggil petugas,pasien/pen-
    daftar menuju loket pendaftaran sambil menunjukan
    tanda pengenal KTP/Kartu BPJS/Kartu Cilacap Sehat.
    3. Setelah mendaftar pasien menunggu hingga dipanggil petugas pemeriksa,sesuai poliklinik yang dituju (Pengobatan Umum,KIA,Gigi dan Mulut,
    Laboratorium).
    4. Pasien menuju ruang pemeriksa.
    ada 4 ruangan tindakan:
    a.Pasien yg masuk ke Poli Umum diperiksa oleh Dokter/Petugas pemeriksa.Kalau pasien tidak dilakukan pemeriksaan penunjang (Laboratorium) langsung pasien diberi resep obat.
    b.Pasien yang masuk ke Poli Gigi dan Mulut dilaku-
    kan pemeriksaan/tindakan gigi oleh Dokter Gigi dan Mulut,setelah selesai pemeriksaan dan tindakan diberi resep obat.
    c.Pasien yang masuk ke Poli KIA dilakukan pemeriksaan oleh Dokter/Petugas pemeriksa,setelah selesai pasien diberi resep obat.
    d.Pasien yang masuk dari Poli Umum karena dilakukakn pemeriksaan penunjang (cek darah,cek urin),pasien di arahkan ke Laboratorium,setelah hasil laborat selesai,pasien kembali Poli Umum, hasil laborat di baca oleh Dokter/Petugas pemeriksa,baru pasien diberi resep obat.
    5.Pasien setelah menerima resep,kemudian kebagian pelayanan obat (Apotik) dan menunggu antrian.
    6. Setelah mendapatkan obat dan penjelasan cara minum obat,kemudian pasien pulang.

    ReplyDelete
  2. Nama: Hendi Pradana adiputra
    NIM : P2CC013051

    Hotel dan Mall Sapi
    Menggunakan Sistem SPG Cowgirl

    Lokasi Hotel dan Mal sapi berada Jalan Akses UI No 89 A Cimanggis. Kelapa Dua Depok. Dimana usaha ini dimiliki oleh H. Ramdoni. Pemilik memiliki dua tempat yang berbeda , satu lahan berdiri di atas lahan 3000 meter persegi dan lainnya berada di atas lahan 500 meter persegi.
    Di mall dijual sapi dimana dibagi empat kategori dan harga, yaitu :
    1. kelas middle berbobot 300-an kilogram (kg) dengan harga Rp10 juta sampai15 juta,
    2. kelas middle up berbobot 330-500 kg dipatok Rp16 juta sampai Rp30 juta,
    3. kelas premium berbobot 600 kg dengan harga Rp30 juta sampai Rp50 juta.
    4. Kelas Eksklusif sapi dengan berat 1 ton ke atas, yang dijual seharga Rp75-200 juta

    Konsep penjualan sapi dimana seperti hotel berbintang Mall yang menjual sapi. Hewan dirawat dengan teratur dan bersih. Setiap ruangan terdapat AC , atapnya pun diberi supaya terhindar dari matahari. Pemilik menjaga kebersihan dan kesehatan sapi yang dijual. Pemilik juga menyediakan ruang tunggu ber-AC untuk konsumen.
    Cara menjual sapi disini unik,menggunakan system SPG (Sales Promotion Girls) atau biasa disebut Ladies cowboy. Ide pemilik berawal dari pengalamannya menjadi importir ternak Indonesia-Australia sejak tahun 2000. Beliau melihat penjualan sapi di Australia tidak kotor dan kumuh seperti di Indonesia.
    SPG (Sales Promotion Girls) atau ladies cowboy disini selalu menggunakan seragam sama yaitu bertema cowboy, menggunakan topi cowboy dan baju layaknya cowboy. SPG dibekali I-pad dimana berisi data harga sapi dan jenisnya. Sistem penjualan yang digunakan pemilik unik dan mensiasati comsumen agar tertarik. SPG siap menjualkan dan menjelaskan sapi / produk yang tersedia untuk dijual kepada konsumen. Gaji SPG / Ladies cowboy Rp 300.000,00. Jam kerja dari jam 09.00 sampai 17.00. Selain itu para Ladies Cowboy mendapatkan bonus dalam setiap penjualan sapi.
    Operasional usaha H. Ramdoni Dengan sistem penjualan tersebut pemilik dalam 20 hari sebelum idhul adha 2012 menjual 4.700 ekor. Pencapaian tersebut melebihi target 2010 yang lalu menjual 2.200 ekor dalam 30 hari. Omzet yang didapat pemilik pada tahun 2012 mencapai lebih dari 60 Milyar. Pada tahun 2013 Omzet meningkat sekitar lebih dari 95 Milyar dengan penjualan 6.000 ekor.

    ReplyDelete
  3. Nama :Sindhu winata
    NIm :P2CC013066

    Kripik pedas maicih "For ICHIER WITH LOVE"

    Kripik tradisional dengan pemasaran unik via media online twitter

    Maicih adalah perusahaan keripik singkong pedas terbesar di Indonesia. Kantor pusatnya berada di Bandung, Jawa Barat. Perusahaan ini berdiri pada Juni 2010. Pada awal tahun 2011, industri rumah tangga ini diresmikan secara resmi dengan nama CV.Synergi.
    Reza Nurhilman mulai memasarkan secara Word-of-Mouth dan lewat jejaring sosial Twitter lewat akun pribadinya dengan penggunaan hashtag #maicih.Perusahaan ini meraih kesuksesan dan mulai dikenal masyarakat dengan merek dagang Maicih pada Februari 2011 dan diliput oleh salah satu acara di Trans TV di program Realita Bingkai. Selain pemasaran dengan via twiter pemasaran maicih pemasaran dengan “gentayangan” dalam arti menjual produk dengan berpindah –pindah, sehingga membuat “ichier”(penyebutan fans kripik maicih) penasaran.
    Produk –produk yang dijual:
    1. Keripik Singkong Level 3
    2.Keripik Singkong Level 5
    3.Keripik Singkong Level 10
    4. Baso Goreng
    5.Kerupuk Gurilem
    6.Seblak Original
    7.Seblak Keju Pedas

    Perkembangan Maicih :

    1. . Bekerja sama dengan Carrefour, Yogya swalayan, Cirkle K,lottemart.alfamart

    2. .merambah bisnis property: MAICIH PROPERTY: SARIWANGI SINERGY EXCLUSIVE RESIDENCE, MAICIH PROPERTY: SINERGY ASRI CIPAGERAN

    ReplyDelete
  4. Yustiana Rezki Perwira
    P2CC13049

    Pengamatan manajemen operasional pembukaan rekening di Bank BRI, BCA, Mandiri, dan Bank Danamon

    1. Proses pembukaan rekening di BRI
    - Calon nasabah datang ke bank BRI, disambut oleh satpam dan diarahkan untuk mengambil nomor antrian Customer Service.
    - Calon nasabah dipanggil petugas CS, petugas CS melakukan perkenalan dan probing, menawarkan produk yang sesuai kepada calon nasabah tsb.
    - Setelah dipilih produk yang sesuai, calon nasabah diminta mengisi data Customer Information File (CIF) pada formulir yang disediakan, dipandu oleh petugas CS. Untuk jenis identitas yang boleh dilayani adalah KTP, Passport, dan Kartu Pelajar. Nasabah dibawah usia 17 th atau belum mendapatkan KTP boleh dilayani menggunakan Kartu Pelajar dengan produk layanan TabunganKu. bila produk yang dipilih bukan TabunganKu, maka menggunakan QQ dan CQ dengan dilampiri fc KTP orang tua dan fc KK / fc akta lahir anak.
    - Setelah selesai, petugas CS menginput data tersebut di komputer.
    - Setelah data yang diinput sudah benar, CS memverifikasi data dan meminta tanda tangan calon nasabah di formulir, dan di buku tabungan menggunakan Spectroline dan ditutup dengan kertas overlay.
    -Calon nasabah menunggu dipanggil teller untuk penyetoran tabungan.
    -Setelah setor untuk setoran awal, calon nasabah kembali ke petugas CS untuk diaktifkan Kartu ATM dan produk E-Banking lainnya.
    - Setelah proses selesai, maka calon nasabah sudah menjadi nasabah bank BRI.

    2. Proses pembukaan rekening di BCA
    - Calon nasabah memasuki banking hall, disambut petugas satpam dan diberikan nomor antrian customer service.
    - Sambil menunggu, calon nasabah disambut petugas Guide banking hall, ditanyakan keperluannya, kemudian diinfokan persyaratan yang dibutuhkan. saat ini yang dibutuhkan untuk membuka tabungan adalah minimal 2 kartu identitas, atau 1 fc KTP dan 1 fc Kartu Keluarga.
    - Saat giliran maju, calon nasabah mendatangi petugas CS, perkenalan dan probing. Petugas CS menawarkan produk yang dipilih.
    -Setelah memilih produk, petugas CS memandu calon nasabah dalam penginputan data pada customer information file secara manual dan komputer. Setelah itu nasabah menandatangani buku tabungan dan menyetorkan setoran awal di petugas CS tsb.
    - Setelah setoran awal, petugas CS mengaktifkan fasilitas kartu ATM dan produk SMS Banking dan Internet banking BCA. untuk ATM aktif 1 hari setelah pembuatan. untuk pengaktifan Internet Banking BCA dipandu petugas guide banking hall.
    - Setelah proses selesai, maka calon nasabah sudah menjadi nasabah BCA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjutan
      3. Proses pembukaan rekening di Mandiri
      - Calon nasabah memasuki banking hall, disambut petugas satpam, diminta untuk mengisi data Customer Information File di formulir yang disediakan terlebih dahulu sesuai petunjuk yang ada dan contoh yang diberikan. setelah data lengkap kemudian diberikan nomor antrian untuk menunggu di ruang yang disediakan. kartu identitas yang digunakan adalah KTP, SIM, atau Passport.
      - Saat giliran, petugas CS menyambut calon nasabah dan melakukan perkenalan serta probing, menawarkan produk banking yang dibutuhkan calon nasabah.
      - Petugas CS kemudian menginput data di komputer, setelah jadi calon nasabah diminta untuk tanda tangan di atas materai 6rb, tanda tangan di buku tabungan.
      - Setelah selesai proses di CS, calon nasabah melakukan setor tunai di teller dan pengaktifan ATM di teller.
      - Calon nasabah resmi menjadi nasabah bank Mandiri.

      4. Proses pembukaan rekening di Danamon
      - Calon nasabah memasuki banking hall, disambut petugas satpam, mengambil nomor antrian.
      - Saat giliran, calon nasabah menghampiri petugas CS, Petugas CS menyambut, perkenalan, dan probing. kemudian menawarkan produk yang dibutuhkan calon nasabah.
      - Calon nasabah mengisi data Customer Information File pada manual dan dipandu petugas. Data diri yang digunakan bisa KTP, SIM, atau Passport. Setelah selesai, nasabah menandatangani buku tabungan dan setoran awal di petugas CS.
      - Setelah setoran awal, kemudian diaktifkan kartu ATM dan dipandu pengaktifan fasilitas E-banking danamon.
      - Calon nasabah resmi menjadi nasabah Danamon.

      Yustiana Rezki Perwira
      P2CC13049

      Delete
  5. Manajemen operasional di Kantor pelayanan samsat Kab. Banjarnegara
    Untuk melayani masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan bermotor maka dilakukan hal-hal sebagai berikut
    1. Bagian Pendaftaran, warga yang akan membayar pajak kendaraan bermotor harus melakukan pendaftaran di tempat yang telah ditentukan dengan menunjukkan syarat yang telah ditentukan (fc STNK, Fc KTP, BPKB)
    2. setelah selesai dari bagian pendaftaran , berkas kemudian dimasukkan dibagian verifikasi oleh petugas
    3. berkas yang sudah diverivikasi dan lengkap (fc dan asli STNK, Fc dan asli KTP, BPKB asli) kemudian petugas memberikan nomor antrian untuk membayar pajak
    wajib pajak dapat melihat jumlah pajak yang harus dibayarkan dilayar monitor yang disediakan.
    4. Petugas kasir penerima pajak kendaraan motor memanggil wajib pajak sesuai antrian dengan tanda panggilan nomor otomatis
    5. Wajib pajak membayar pajak kepada petugas, dan diberikan tanda bukti untuk pengambilan STNK, BPKB
    6. Petugas kasir menyerahkan berkas, bagi wajib pajak yang sudah membayar kepada petugas berikutnya
    7. Petugas memberikan berkas yang sudah jadi kepada wajib pajak (STNK asli, BPKB, dan KTP asli)
    8. Wajib pajak mengecek berkas yang sudah jadi diserahkan.
    Pelayanan pajak kendaraan bermotor yang mudah dan cepat sehingga wajib pajak/ masyarakat nyaman dalam membayar PKB

    Sudarto
    NIM P22C13059

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudarto
      NIM P2CC13059

      Delete
  6. REDIAN WICAKSONO P2CC13056

    PIA LEGONG

    Pia Legong merupakan salah satu buah tangan khas berupa kudapan dari Pulau Dewata, Bali.

    Berdiri pada tahun 2006, Pia Legong merupakan industri yg berkapasitas home industry.

    Beberapa karakteristik operasional dari Pia Legong adalah sebagai berikut :

    • Untuk mendapatkan sekotak Pia Legong, konsumen harus datang langsung ke tempat pembuatan sekaligus workshop. Tidak ada display seperti toko kue pada umumnya, karena Pia yang dijual adalah Pia yang baru matang dan berpindah tangan ke pembeli seketika itu juga. Proses pembuatan Pia adalah SETIAP HARI secara handmade (bukan mesin). Pia yang habis terjual dalam satu hari, baru akan dibuat kembali keesokan harinya.

    • Dibuat secara freshly made everyday (tanpa stock). Jumlah produski dibuat tepat sesuai kemampuan pembuatnya. Selain karena merupakan home industry, sistem penjualan yang tidak menggunakan sistem penyetokan menjadikan produksi Pia sangat terbatas. Untuk itu sistem reservasi/pemesanan melalui telepon sebelumnya menjadi opsi bagi konsumen.

    • Reservasi/pemesanan biasanya minimal 1 bulan sebelumnya. Apabila pada tanggal yang disepakati konsumen yang memesan tidak mengambil pesanannya, maka pesanan dapat berpindah tangan ke konsumen yang lain pada tanggal yang sama (pembelian secara langsung).

    • Untuk pembelian secara langsung, konsumen hanya dapat membeli maksimal 2 kotak Pia tanpa bisa memilih rasa dari Pia yang akan dibeli (tidak bisa request).

    • Tidak menggunakan bahan pengawet apapun, sehingga masa kadaluarsanya sangat terbatas. Masa kadaluarsa berkisar dari 7 hari sampai dengan 2 minggu tergantung dari rasa Pia.

    • Tidak memiliki cabang lain dimanapun, baik lokasi pembuatan maupun menjelma dengan nama merek pia lain di wilayah manapun di Bali. TIDAK MEMILIKI ikatan bisnis, hubungan darah, maupun jalinan kerjasama dengan pihak manapun terkait dengan banyaknya merek pia khas Bali yang beredar di pasaran yang mengaku secara tidak bertanggung jawab memiliki hubungan kekerabatan dengan Pia Legong.

    Sumber : www.pialegong.com

    ReplyDelete
  7. Nama : Evarista Sukmawati
    NIM. : P2CC13053

    Manajemen Operasional yang diterapkan oleh Kantor Pos Indonesia pada tahun 2013 yang semula "POSTAL COMPANY" menjadi "NETWORK COMPANY" adalah sebagai berikut :
    1. Dibentuknya Unit Pelaksana Operasi yang terpisah dari Kantor Pos, sehingga dapat lebih fokus dalam menjaga kualitas dan efektifitas dan efisiensi sistem operasi untuk layanan Mail dan Parcel.
    2. Implementasi Sistem Kontrol Operasi (Operation Control System / OCS ) sehingga semua transaksi dalam setiap tahapan proses operasi dapat terkendali secara harian (day to day) sesuai dengan standar ketetapan waktu (COT) yang ditetapkan pada setiap Unit Pelayanan Teknis(UPT).
    3. Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT Merpati Nusantara Airlines tentang kerjasama pengoprasian Pos Indonesia Air Cargo oleh Merpati Nusantara Airlines.
    4. Pengembangan agen pos adalah konsep pengembangan jaringan melalui kerjasama kemitraan memberikan pelayanan pos secara lebih luas. Posisi Nopember 2012 terdapat sekitar 1.380 Agen pos yang terdaftar dan 426 yang aktif melakukan transaksi memberikan layanan jasa kurir dan hampir 6.000 Agen pos yang memberikan layanan jasa keuangan dari PT Pos Indonesia dengan kontribusi pendapatan sebesar Rp78,6 Milyar.
    5. Implementasi loket terpadu yang saat ini masih piloting dilaksanakan 5 Kantor pos Pemeriksa yang berdampak pada peningkatan kapasitas pelayanan sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja pelayanan.
    6. Revitalisasi Kantor Pos melalui Standarisasi brand Kantor Pos (brand name), tidak hanya untuk meningkatkan customer awarness tetapi diharapkan akan meningkatkan brand equity produk dan korporat. Standarisasi ini diharapkan dapat tuntas pada tahun 2013.

    Apabila sebagai Postal Company perhatian Perusahaan lebih fokus, pada hanya menangani kegiatan usaha kiriman, yakni kirim surat/dokumen, uang dan barang, maka sebagai Network Company yang menjadi core business perusahaan adalah jaringan yang dimiliki, yakni jaringan fisik dan virtual. Sebagai perusahaan jaringan, disamping akan memperluas bisnis kiriman tersebut diatas, juga tingkat kemanfaatan aset perusahaan akan menjadi lebih efektif. Bisnis properti, retail dan teknologi informasi akan dapat dikembangkan menjadi kegiatan bisnis utama.

    Sumber : www.postindonesia.co.id

    ReplyDelete
  8. paisal ekayadi P2CC13063
    Manajemen operasional adalah bentuk pengelolaan secara menyeluruh dan optimal pada masalah tenaga kerja, barang-barang seperti mesin, peralatan, bahan-bahan mentah, atau produk apa saja yang sekiranya bisa dijadikan sebuah produk barang dan jasa yang biasa dijualbelikan.
    Sesuai dengan definisinya sendiri, manajeman yang berasal dari kata manage yang berarti mengatur penggunaan. Jika disandingkan dengan kata operasional, artinya dalah pengaturan pada masalah produksi atau operasional baik dalam bidang barang atau jasa.
    Perusahaan Susu Sapi
    Saat ini sangat banyak sekali kasus kasus tentang gizi buruk di negeri kita, daerah daerah yang terpencil dan masih jauh dari jangkauan pemerintah sangat banyak yang mengalami kasus tersebut, untuk itu. Kami ingin memberikan suatu inovasi baru tentang pembuatan susu segar yang salah satunya adalah upaya untuk pencegahan dan pengurangan adanya kasus Gizi buruk.
    Kami memiliki ide ini karena terbukti bahwa kebutuhan gizi di Indonesia masih kurang, terbukti dengan adanya kasus kasus gizi buruk di Indonesia, kami beranggapan bahwa langkah ini sangat tepat untuk sebuah pengembangan usaha kami. Dengan menawarkan produk yang baik dan dengan harga yang sangat terjangkau untuk mendapatkan suatu simbiosis mutualisme.
    Di dalam usaha industry peternakan ini, kita dapat memiliki beberapa manfaat lain, yaitu penggunaan kotoran sapi yang nantinya digunakan untuk pupuk kompos sebagai bahan industry tanaman holtikultural, dimana tanah yang digunakan menggunakan campuran kotoran sapi sebagai pupuk alami yang tidak merusak kandungan unsure hara dari tanah.
    Beberapa strategi yang kami gunakan di sini adalah..
    Perencanaan
    Produksi Pupuk Kompos dan Produksi Susu Sapi segar
    - Strategi
    1. Pembelian sapi dengan harga miring dan memilih sapi yang terbaik dengan harga yang murah
    2. Memberikan harga yang sesuai bagi masyarakat
    3. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat
    4. Pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan limbah kotoran peternakan sapi
    5. Pemasaran kepada produk Hidroponik dan Holtikultural sebagai perusahaan yang sangat
    membutuhkan pupuk kompos
    6. Penyuluhan terhadap petani untuk menggunakan bahan alami sehingga tidak merusak tanah
    dengan adanya bahan kimia
    7. Menjual produk dengan harga bersaing
    8. Memilih lokasi wilayah kota yang memiliki lahan kecil dan membutuhkan penghijauan
    9. Mencari bahan dengan peternakan sapi dari masyarakat sehingga limbah dari sapi dapat diolah
    dengan baik
    - Kebijaksanaan
    1. Mencari sapi perah yang terbaik dengan produksi susu yang terbaik
    2. Memilih tempat yang jauh dari pemukiman agar tidak mengganggu masyarakat
    3. Memberikan harga yang sesuai dengan produk yang tersedia
    4. Mempromosikan dengan penyuluhan terhadap masyarakat tentang pentingnya produk tanaman
    organic, yang dimana produk organik lebih laku untuk menuju pasar internasional
    - Progam Kerja
    1. Mengumpulkan anggota untuk mempersiapkan pendirian badan usaha
    2. Merekrut dan mempersiapkan susunan organisasi dam pemilihan kepengurusan
    3. Mempersiapkan tugas yang dilakukan untuk pendirian badan usaha dan setoran awal sebagai
    modal awal perusahaan
    4. Mempersiapkan surat surat dan izin untuk pendirian badan usaha
    5. Mendirikan peternakan sapi perah untuk mendapatkan bahan baku Susu dan pupuk kompos
    6. Membeli mesin untuk pengolahan susu sapi dan pengolahan pupuk kompos
    7. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat sebagai tindakan awal untuk promosi dan
    pemasaran
    8. Memberikan penyuluhan tentang pentingnya gizi bagi masyarakat dan penggunaan pupuk
    organik bagi tanaman untuk merawat unsur hara yang terdapat pada tanah yang kini sedikit
    menipis karena pengaruh pestisidat
    9. Memberikan penyuluhan fungsi tanah agar merawat dan menjaga zat penting yang terkandung
    dalam tanah
    10.Memasarkan produk kepada perusahaan-perusahaan yang menggunakan pertanian hidroponik
    dan hortikultura
    11.Mendekati masyarakat perkotaan yang memiliki lahan sempit dan memberikan pengarahan tentang penghijauan di daerah perkotaan
    SUMBER : http://eddybong.blog.binusian.org

    ReplyDelete
  9. Gita Ika IrsatikaMay 15, 2014 at 2:56 AM

    Gita Ika Irsatika
    P2CC13061

    Manajemen Operasional Perpustakaan “ Sanggar Pustaka “ SMA N 2 Pemalang

    Pengorganisasian dan pendayagunaan bahan pustaka:
    A. Pengembangan bahan pustaka
    Dengan semakin meningkatnya perkembangan informasi dan pengetahuan yang begitu pesat menyebabkan semakin meningkat pula kebutuhan masyarakat terutama dalam dunia pendidikan akan informasi dan pengetahuan yang lebih mutakhir pula. Perpustakaan sebagai lembaga yang menawarkan jasa layanan informasi juga harus sering meng-up to date / pemutakhiran bahan pustaka yang dimilikinya. Kegiatan pemutakhiran bahan pustaka biasanya dilakukan setiap tahunnya berdasarkan anggaran yang diberikan oleh pihak sekolah terhadap perpustakaan. Dalam kegiatan pengembangan bahan pustaka, perpustakaan tidak sembarang dalam pengadaan bahan pustaka melainkan menggunakan beberapa acuan untuk pengadaannya. Acuan tersebut adalah:
    a. Kebutuhan siswa dan guru akan informasi yang diinginkan.
    b. Kebutuhan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar.
    c. Kebutuhan staff tata usaha akan informasi yang diinginkan.

    Versi lengkap telah di email elearningmrap@gmail.com

    ReplyDelete
  10. ARFIN HERI INDARTO
    P2CC13062

    Manajemen operasional poliklinik rehabilitasi medik di RSUD Sungai Lilin
    Pokok-pokok yang terkait dengan kegiatan operasional poliklinik rehabilitasi medik di RSUD Sungai Lilin
    diantaranya :
    1. ketenagaan/ sumber daya manusia
    Untuk operasional poli RM, poli RM merekrut sumber daya manusia yang terdiri dari dokter spesialis rehabilitasi medik, fisoterapis, okupasi terapis, dan terapis wicara.
    2. Sarana, prasarana dan peralatan
    3. pelayanan kesehatan prima
    a. Bentuk pelayanan kesehatan rehabilitasi medic
    Poliklinik rehabilitasi medic RSUD Sungai Lilin merupakan suatu tim dalam memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi dokter spesialis rehabilitasi medic, fisioterapi, okupasi terapi, terapi wicara dan ortotik prostetik.
    b. Jadwal konsul dokter dan pelayanan poliklinik rehabilitasi medik

    Alur pelayanan kesehatan
    1. pendaftaran
    Pendaftaran di lakukan di loket pendaftaran rumah sakit. Jika pasien baru pasien terlebih dahulu membuat kartu berobat, ini di perlukan agar rumah sakit dan poli RM dapatmembuatkan rekam medic untuk mencatat dan memantau perkembangan pasien. Bila pasien lama maka langsung mendapatkan nomor pendaftaran lalu menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan.
    2. pelayanan kesehatan
    Setelah mendaftar pasien kemudian masuk ke ruangan terapi, di sini pasien akan diberikan terapi-terapi yang dibutuhkan oleh pasien sesuai dengan standar prosedur yang berlaku. Bagi pasien baru / rujukan terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis agar dokter mengetahui kondisi pasien untuk kemudian membuat progam yang akan diberikan kepada pasien. Selanjutnya akan memberitahukan kapan saja waktu melakukan terapi dan kapan untuk konsul kembali ke dokter spesialis untuk melihat sejauh mana perkembangan pasien.
    3. pembayaran biaya pelayanan kesehatan
    Setelah mendapatkan terapi maka pasien akan mendapatkan struk untuk diberikan pada loket pembayaran rumah sakit sebagai bukti bahwa pasien sudah mendapatkan pelayanan medik. Dan pasien membayar sesuai terapi yang diberikan.
    4. pasien menerima bukti pembayaran untuk mengambil obat

    ReplyDelete
  11. KUNANGKUNANG PERMATA BULAN
    P2CC13054

    Kartu Single Trip KRL diganti dengan Tiket Harian Berjamin

    Hilangnya sekitar 800 Ribu tiket Kereta Rel Listrik (KRL) sekali jalan atau yang dikenal dengan Kartu Single Trip selama E-ticketing diterapkan menjadi fokus penting pada evaluasi yang dilakukan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek. Selain terus melakukan penertiban dan menguatkan pengamanan di stasiun, PT KCJ juga akan menerapkan sistem uang jaminan sebesar Rp 5.000,- pada kartu sekali jalan tersebut. Kartu Single Trip untuk satu kali perjalanan akan diganti menjadi Tiket Harian Berjaminan (THB) mulai 20 Agustus 2013.
    Pada prinsipnya untuk mendapatkan THB seluruh penumpang tetap harus ke loket setiap akan melakukan perjalanan, namun ada dua biaya yang harus dibayarkan yakni harga tarif sesuai jumlah stasiun yang akan dilewati dan Uang Jaminan sebesar Rp 5.000,- (lima ribu rupiah). Uang jaminan tersebut tidak hilang atau hangus selama pengguna mengembalikan tiket tersebut (melakukan Refund) atau pembelian rute perjalanan berikutnya atau perjalanan baru di loket Stasiun sesuai aturan yang berlaku. Pada Tiket Harian Berjaminan, jika tidak dikembalikan pada hari yang sama maka penumpang akan diberi masa tenggang selama 7 hari setelah hari pembelian terakhir, namun jika melewati masa 7 hari tersebut maka uang jaminan pada tiket hangus dan tidak dapat digunakan lagi untuk pembelian rute perjalanan berikutnya. Selain melewati masa tenggang, uang jaminan pada tiket harian berjaminan juga akan hangus jika penumpang tidak melakukan tapping out pada perangkat E-Ticketing di gate out (keluar tidak melalui pintu resmi). Tata cara penggunaan Tiket Harian Berjaminan di Gate out (Stasiun tujuan) juga berbeda dengan Kartu Single Trip. Saat ini di Stasiun tujuan kartu single trip harus dimasukkan pada Card Slot Gate out, namun pada Tiket Harian Berjaminan di Stasiun tujuan penumpang hanya cukup melakukan tapping kembali pada perangkat gate out.
    Diharapkan penerapan Tiket Harian Berjaminan ini dapat menjadi cara yang efektif pada penerapan E-Ticketing sehingga sirkulasi kartu dapat terjaga dengan baik.

    ReplyDelete
  12. DAVID FERDIANSYAH
    P2CC13055
    Alur penanganan pasien Instalasi Gawat darurat (IGD) RSU Wiradadi Husada -Sokaraja-BMS
    1. Pasien yang dibawa ke instalasi Gawat Darurat ditempatkan sesuai dengan ruang triase, apakah ditempatkan di tempat bedah, non bedah atau observasi/pengawasan.Setelah memberikan inform consent kepada pasien dan keluarga, pasien kemudian diperiksa oleh dokter dan mendapatkan penanganan medis sesuai indikasi yang ada.
    2. Keluarga pasien atau pihak yang bertanggung jawab terhadap pasien melakukan pendaftaran di loket pendaftaran.
    3. Bagian pendaftaran menanyakan apakah pasien akan dirawat sebagai pasien umum, BPJS, atau asuransi lain yang bekerjasama dengan pihak RS, yakni : Inhealth dan PT KAI.
    4. Pasien kecelakaan lalu lintas yang tidak terindikasi sedang mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang dapat dimotivasi untuk menggunakan asuransi jasa raharja.
    5. Pasien yang belum terdaftar BPJS dapat dirawat sebagai pasien BPJS dengan syarat keluarga mendaftarkan pasien ke kantor BPJS. Pihak rumah sakit memberi jangka waktu maksimal 3 hari setelah pendaftaran untuk mendaftarkan pasien ke kantor BPJS (hari libur : sabtu, minggu dan tanggal merah tidak dihitung). Apabila dalam jangka waktu tersebut pasien belum juga terdaftar, maka pasien akan dirawat sebagai pasien umum.
    6. Setelah pasien diperiksa oleh dokter dan diputuskan harus rawat inap. Untuk pasien umum ditawarkan untuk dirawat di kelas 3, 2, 1 atau VIP. Sementara untuk BPJS atau asuransi lainnya ditawarkan apakah akan naik kelas atau tidak dari jatah kelas yang ditanggung asuransi tersebut.
    7. Setelah proses administrasi selesai, maka pasien dikirim ke bangsal rawat inap sesuai dengan kelasnya.
    8. Pasien mendapatkan pelayanan medis, diantaranya pengobatan medikamentosa, visite dokter spesialis dan dokter umum, pemeriksaan laboratorium dan penunjang lain, tindakan operasi, diet yang sesuai, fisioterapi dan tindakan lain-lain sesuai indikasi. Apabila ada indikasi menggunakan pengobatan, pemeriksaan penunjang atau tindakan medis yang tidak tercover oleh asuransi yang digunakan dan tidak tersedia alternative lain, maka akan dilakukan inform consent terhadap pasien.
    9. Setelah pasien selesai menjalani perawatan dan dinyatakan boleh pulang, keluarga pasien mengurus administrasi ke bagian kasir untuk membayar semua biaya perawatan untuk pasien umum, membayar selisih biaya yang tidak ditanggung oleh BPJS atau asuransi lain karena pasien naik kelas, membayar biaya obat, pemeriksaan penunjang atau tindakan medis yang tidak tercover oleh asuransi yang digunakan, serta menandatangani berkas-berkas keterangan pasien pulang,
    10. Setelah proses administrasi pasien pulang selesai, maka pasien dapat segera pulang dengan mendapatkan obat oral untuk beberapa hari guna membantu proses recovery setelah pasien pulang serta mendapat kartu kontrol berisi keterangan medis pasien dan jadwal kontrol pasien ke poliklinik.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Nama: Helena Purwitasari
    NIM : P2CC13065

    PEMBAYARAN PIHAK III RAWAT INAP DI RS. PERTAMINA CILACAP
    I. TUJUAN
    A. Sebagai alat pembuatan keputusan, memudahkan pihak perusahaan untuk menentukan keputusan sehingga keputusan yang dibuat tidak meleset dikarenakan sudah ada data yang menunjang dalam membuat keputusan, terutama dalam hal penentuan realisasi pembayaran
    B. Sebagai alat control dan monitoring, untuk mengawasi transaksi yang sekiranya tidak atau belum layak untuk direalisasi, sebuah transaksi dapat lebih terpantau baik dari segi keuangan maupun anggaran
    C. Untuk Tertib administrasi yang akan menciptakan suatu sistem yang terstruktur

    II. METODE / TEKNIK / ALAT
    A. Metode : Verifikasi perincian rawat inap pasien P.III bayar cash
    B. Teknik : Pelaksanaan sesuai dengan instruksi kerja dan pengisian data sesuai informasi
    C. Alat : Data perincian pasien rawat inap

    III. PENGERTIAN
    Melakukan verifikasi data perincian rawat inap pasien yang akan membayar secara cash di bagian kasir Hospital Cilacap


    IV. KUALIFIKASI PELAKSANA
    Pekerjabagian Financial Hospital Cilacap

    V. INSTRUKSI KERJA
    A. Menerima data perincian pasien rawat inap P.III yang akan keluar hospital dari unit layanan yang dibawa oleh petugas administrasi unit layanan tersebut
    B. Petugas verifikasi bagian keuangan mencatat waktu menerima data perincian dari unit layanan pada dokumen perincian dan menulis pada buku penerimaan perincian data pasien, no billing , jam datang yang ditanda tangani oleh petugas / pengantar perincian
    C. Verifikasi data perincian antara hard copy dengan data billing sistem
    D. Cek untuk kesamaan antara billing system dan hard copy. Apakah semua tindakan yang tercatat pada perincian sama dengan yang ada pada billing sytem. (bila sesuai, petugas keuangan akan menambahkan biaya administrasi dan materai pada perincian dan pada billing system)
    E. Apabila perincian perawatan tidak lengkap, maka dikembalikan ke perawatan kembali untuk dikoreksi ulang dengan tidak lupa mencatat kembali jam kembali perincian.
    F. Perincian lengkap. Verifikasi sudah sesuai dengan billing system maka perincian dikirim ke kasir dengan ditulis jam selesai verifikasi. Untuk selanjutnya dilakukan pembayaran oleh pasien di kasir.


    ReplyDelete
  15. CAHYONO

    P2CC13045

    SOTO GEBRAK CAK ANTON

    Mengapa dinamakan Soto Gebraak? Apa sensasi unik saat makan di sini?
    Dinamakan Soto Gebraak karena gebrakan akan sering didengar selama bersantap di sini. Gebrakan berasal dari botol besar yang dibanting pada kayu yang dilakukan peracik soto. Ini dilakukan bukan karena peracik soto sedang marah, tetapi itulah keunikannya yang membuat tempat ini terkenal. Suara gebrakan ini dapat mengagetkan pengunjung baru. Bahkan, bila ada pengunjung yang latah dapat membuat kehebohan karena suara gebrakan botol yang tiba-tiba dan mengagetkan.
    Rumah makan ini terbilang sederhana, tapi ini tidak memadamkan kekuatan dari Soto Gebraak Cak Anton untuk menarik pengunjung. Memasuki tempat makan, kita dapat memandang ke foto-foto yang dipampang. Foto-foto tersebut adalah foto antara pemilik "Soto Gebraak", yaitu Cak Anton, dengan para artis. Pada salah satu foto juga tampak Cak Anton sedang beraksi di televisi, dengan keahliannya yang mencoba meracik soto. Ada pula, slogan di tempat ini yang berbunyi "Senyum Boleh, Marah Jangan". Mungkin maksudnya agar pengunjung tidak marah mendengar suara gebrakan yang mengagetkan. Memang suara gebrakan ini dibuat sebagai ciri khas dari tempat makan ini.

    MENU
    Pada menu makanan yang diletakkan tiap meja, kita dapat memilih jenis soto yang diinginkan. Ada soto daging, soto ayam, soto campur jeroaan, soto combi daging ayam (maksudnya campuran antara daging sapi dengan daging ayam). Sebagai pelengkap soto, ada pula berbagai jenis gorengan yang tersaji di atas meja makan, misalnya ada sate usus, sate telur, sate empal, telur asin, perkedel, emping. Untuk minuman, pilihannya adalah sofdrink, teh, aqua dan es jeruk.
    Saat diantar oleh pelayan, kita dapat melihat kuah soto yang berwarna kuning dan tidak menggunakan santan, merupakan ciri dari soto daerah Jawa Timur, tampaknya pemilik memang ingin menunjukkan budaya dan makanan khas nusantara asalnya. Kuah soto terasa bumbu-bumbunya dan juga menciptakan rasa kaldu yang kuat. Dagingnya empuk dan sangat cocok disantap bersama gorengan yang tersedia. Cak Anton juga memperhatikan keinginan pengunjung untuk menyantap soto dengan rasa yang nikmat, bukan hanya menawarkan sensasi.

    LOKASI

    Berkat kreatifitasnya dalam proses menyajikan soto yang unik. Soto Gebraak yang berpusat di Taman Setiabudi Depan SMA 3 Jakarta Selatan ini,sudah memiliki beberapa caban diantaranya, yaitu: Cabang Tebet Utara I No.54 C Jakarta Selatan Telp: (021) 8379 5494, Cabang Kalibata Raya No.4 (Dewi Sartika) Jakarta Timur Margonda Raya No.572 E Depok, dan Cabang Ruko Versailles Blok FB.03 Sektor 1.6 BSD, Tangerang

    Sumber: http://kumpulan.info/kuliner/wisata-kuliner/210-soto-gebraak.html

    ReplyDelete
  16. CHEN TAO
    P2CC13044

    OBSERVASI MANAJEMEN OPERASIONAL DI DALAM UJIAN HSK

    Ujian HSK adalah ujian bahasa Mandarin internasional yang diadakan oleh organisasi pemerintah RRT (Republik Rakyat Tiongkok) yang membidangi Bahasa Mandarin di seluruh dunia. Ujian HSK diakui di seluruh Negara. Seperti halnya Ujian TOEFL dalam bahasa Inggris.
    Ujian ini pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 2004. Sekarang di Indonesia sudah ada 12 tempat ujian. Sekolah Putera Harapan menjadi tempat ujian mulai tahun 2011. Tahun 2013 peserta ujian di sekolah Putera Harapan peserta mencapai 430 orang.
    Beberapa hal tentang manajemen operasional ujian HSK adalah sebagai berikut :
    1.Mendapatkan informasi tentang waktu pelaksanaan ujian dari pusat.
    2.Membentuk panitia ujian dan menentukan tugas masing-masing.
    3.Publikasi dan promosi
    a.Presentasi untuk siswa dan orang tua sekolah Putera Harapan.
    b.Presentasi untuk guru Mandarin sekolah dan tempat kursus lain.
    c.Presentasi untuk luar kota. Biasanya kami ada instansi kerjasama di kota sedaerahnya.
    d.Mempublikasikan berita dan iklan di surat kabar.
    4.Pendaftaran.
    Peserta dapat mendaftar langsung di tempat ujian (sekolah Putera Harapan) atau di cabang tempat pendaftaran di wilayah Purwokerto yaitu Unsoed, sekolah Susteran atau di luar kota yaitu Cilacap, Tegal, Purbalingga, Ajibarang. Mulai tahun 2013 sudah dibuka pendaftaran online.
    5.Persiapan ujian.
    a.Persiapan tempat dan alat untuk ujian.
    b.Latihan pengawas ujian.
    c.Pengambilan kartu ujian di tempat pendaftaran.
    d.Terima soal dari pusat sebelum 1 hari ujian.
    6.Pelaksanaan ujian.
    a.Peserta ujian datang ke tempat ujian.
    b.Daftar ulang di tempat dengan menunjukkan syarat yang telah ditentukan (kartu ujian, tanda pengenal berfoto asli)
    c.Peserta menunggu di ruang tunggu.
    d.Peserta masuk ruangan ujian dipimpin pengawas kursus.
    e.Peserta menempati tempat yang telah ditentukan.
    f. Mulai ujian.
    g.Ujian selesai, peserta segera meninggalkan tempat ujian.
    7.Semua soal ujian akan langsung dihancurkan setelah ujian.
    8.Lembar jawaban dan rakaman (untuk ujian percakapan) langsung dikirim ke pusat.
    9.Pengumuman hasil ujian di website ujian HSK dan sertifikat akan diambil di tempat ujian setelah dua bulan. (Ujian dinilai dan sertifikat dibuat langsung di RRT)
    10.Peserta ujian yang mendapat nilai bagus dapat mengajukan beasiswa kuliah di universitas RRT.

    ReplyDelete
  17. Nama : Salman Faidul Mahasin
    Nim : P2CC13057

    Observasi manajemen operasional.
    saya akan memaparkan tentang operasional dari sebuah kedai kopi "coffe corner" yang berada di Randudongkal kab. Pemalang.
    Kedai tersebut menjual aneka macam minuman sperti capucchino, moccachino, chocolate dan masih banyak yang lainya serta aneka makanan seperti, Ropang, Pisang panggang, mie dan masih banyak lainya dengan operasional yang cukup unik yaitu tempat lesehan didepan ruko dan buka pada malam hari serta yang lebih unik dan efisien yaitu tempat membuat aneka makanan dan minumanya (gerai) hanya berdiameter seperti pedagang rokok pinggir jalan sekitar P.2.5mtr dan L 1.5mtr sehingga efisien dalam menyajikanya serta pertama saya melihat adalah mengira itu hanya penjual ice biasa yg tidak banyak pilihan makananya dengan harga dari 3000-10.000 dan memiliki fasilitas hospot dengan kondisi yang menurut saya efisien operasionalnya kedai tersebut yang dimiliki oleh dua orang kaka adik lulusan Universitas Bandung serta dengan kesan yang sederhana sangat menarik para pelanggan dibandingkan kompetitornya bernama kedai ono yang berkisar 50mtr dengan konsep yang mewah.

    ReplyDelete
  18. NIDAUL KHASANAH
    P2CC13046

    Observasi MAnagemen Operasional pada PT.Arumbai Kasembadan Banyumas yang memproduksi papan kayu Albasia untuk di ekxpor ke Jepang dan Korea.
    Perusahaan tersebut memproduksi papan kayu dari kayu albasia menjadi papan Laminated Board dan Bare Core dari kayu albasia gelonggongan. Pemilihan kayu menjadi faktor utama dalam produksi. Untuk Laminated Board lebih mahal karena menggunakan kayu albasia dengan kualitas yg lebih bagus dibanding dengan Bare Core.Karena untuk Bare Core lebih menggunakan kayu-kayu albasia sisaan. Berikut proses produksinya :
    a. Saw Mill
    Setelah memperoleh bahan baku utama (log), maka proses pertama yang dilakukan adalah melakukan pemisahan kayu berdasarkan standar kualitas yang sudah ditentukan. Peralatan utama yang dipergunakan dalam proses ini adalah mesin Band Saw yang disini terdapat lima mesin untuk gergajian papan. Kayu dipotong menjadi papan dengan tebal 18 sampai 19 mm, sedangkan panjang dan lebar tergantung ukuran kayu. Hasil gergajian berbentuk lurus dan rata. Sisa kayu dari penggergajian digunakan sebagai bahan bakar dalam proses pengovenan. Papan yang masih basah kemudian disusun berdiri berjajar dengan jarak kurang lebih tiga cm untuk mendapatkan pengeringan yang sempurna dan kadar air bisa berkurang 8 sampai 12 persen. Biasanya penjemuran berlangsung kurang lebih dua sampai tiga hari tergantung suhu udara.
    b. Kiln Dry
    Kiln dry merupakan kegiatan pengovenan atau pengeringan papan dan balok sehingga kadar air dalam kayu dapat menyusut, kayu lebih kering dan ringan. Daya panas untuk menurunkan kadar air yang masih tersisa adalah 50 sampai 60˚C dengan waktu pengovenan untuk papan kurang lebih lima hari. Pengovenan dilakukan menggunakan kipas angin dan secara alaminya dengan penguapan dengan bahan bakar dari sisa-sisa kayu. Pada laminated boards terdapat enam chamber (ruang untuk pengovenan papan), sedangkan bare core terdapat empat chamber (ruang untuk pengovenan balok).
    c. Wood Working
    Proses wood working terdiri dari beberapa proses dengan berbagai mesin, yaitu :
    1) Mesin Double Planer
    Mesin ini hanya ada satu yang berfungsi untuk mempertipis ketebalan papan dengan meratakan bagian kanan dan kiri sehingga papan lurus dan tidak bengkok.
    2) Mesin Reepsaw
    Mesin ini terdapat empat buah yang digunakan untuk mempertipis ukuran kayu agar sesuai pesanan. Tebal papan pesanan dilebihi empat sampai enam mm dari ukuran pesanan.
    3) Mesin Crosscut
    Mesin ini terdapat empat buah yang digunakan untuk memotong kayu yang terdapat kerusakan atau cacat, misalnya terdapat mata kayu, pinggul, atau lubang kecil.
    4) Pengeleman hasil gergajian atau potongan kayu
    Hasil dari gergajian kayu kemudian dilem disisi kanan dan kirinya lalu disusun. Pada proses ini juga memperhatikan, menyeleksi dan menyamakan warna kayu sebelum dilem dan disusun.
    5) Meja Side Board
    Mesin ini terdapat dua buah yang digunakan untuk menyusun kayu yang sudah dilem kemudian kayu yang sudah disusun tersebut di press agar hasilnya sesuai dengan panjang yang diinginkan dan pembentukan laminated boards.
    6) Mesin Double Sizer
    Mesin ini terdapat satu buah yang digunakan untuk merapikan hasil kayu dengan cara memotong bagian atas dan bawah yang panjangnya tidak sama sehingga menghasilkan kayu yang halus dan rata.
    7) Mesin Sanding
    Mesin ini terdapat dua buah, digunakan untuk menghaluskan hasil kayu yang sudah berbentuk laminated boards sehingga kay menjadi halus.
    8) Finishing
    Proses terakhir adalah finishing, dimana kayu dicek bilamana ada kerusakan dan disusun untuk siap dipaking.
    9) Packing
    Packing atau pengepakan merupakan proses akhir dari kayu olahan ini. Pada proses ini setelah kayu diolah kemudian diperiksa, diukur, dipisahkan, dan dinilai serta dibungkus dalam peti. Packing biasa menggunakan plasik dengan bagian bawah dialasi papan penyangga agar tidak rusak lalu diberi label.

    ReplyDelete
  19. SELIM
    P2CC13048

    PELAYANAN RADIOLOGI DI RSU NIRMALA PURBALINGGA

    Standart Operating Prosedur Pelayanan Radiologi di RSU Nirmala adalah sebagai berikut :
    1. Pasien Rawat Jalan
    a. Pasien mendaftar di tempat pendaftaran pasien untuk Rontgen/USG dengan menunjukan surat pengantar Rontgen/USG dari dokter pengirm.
    b. Setelah di daftar pasien membawa surat permintaan rontgen/USG dari dokter ke Instalasi Radiologi
    c. Di Instalasi Radiologi pasien menandatangani persetujuan dilakukan tindakan rontgen/USG
    d. Setelah menandatangani persetujuan tindakan dilakukan tindakan Rontgen/USG sesuai dengan permintaan dokter pengirim.
    e. Setelah selesai Rontgen/USG pasien/keluarga pasien melakukan pembayaran di kasir sesuai dengan tagihan yang diberikan oleh petugas di Instalasi Radiologi.
    f. Bukti pembayaran dari kasir di serahkan ke petugas Instalasi Radiologi untuk mengambil hasil Rontgen/USG setelah di bacakan oleh dokter Spesialis Radiologi
    g. Pasien pulang dengan membawa hasil Rontgen/USG untuk di tunjukan kepada dokter pengirim.

    2. Pasien Rawat Inap
    a. Dokter yang merawat menulis surat permintaan pemeriksaan Rontgen/USG yang diperlukan sesuai dengan indikasi medis
    b. Setelah ada surat permintaan pemeriksaan rontgen/USG dari dokter yang merawat pasien diantar oleh perawat yang jaga di bangsal tersebut ke Instalasi Radiologi
    c. Pasien/keluarga pasien menandatangani surat persetujuan tindakan
    d. Dilakukan tindakan rontgenn oleh petugas di Instalasi Radiologi
    e. Jika dilakukan USG maka yang melakukan tindakan adalah dokter Spesialis
    f. Setelah selesai dilakukan tindakan pasien di bawa kembali keruangan tempat asal perawatan
    g. Pertugas Instalasi Radiologi menulis biaya yang harus dibayar di daftar pemakaian barang & obat.
    h. Jumlah tagihan masuk dalam semua tagihan rawat inap.
    i. Hasil rontgen/USG di ambil oleh perawat bangsal untuk di tunjukan ke dokter yang merawat

    ReplyDelete
  20. Yuri Ardiyanto P2CC13052May 16, 2014 at 1:38 AM

    YURI ARDIYANTO P2CC13052

    OBSERVASI MANAJEMEN OPERASIONAL DI LEMBAGA SERTIFIKASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008
    DELTA PAS International adalah perusahaan yang profesional dan independen yang memberikan pelatihan, penilaian, dan layanan sistem manajemen sertifikasi. Kami berkomitmen dalam kualitas, lingkungan, keselamatan, pendidikan, dan bidang lainnya yang muncul relevan dengan meningkatnya kompetisi di pasar global. Tim kami yang profesional memiliki pengalaman dalam berbagai bidang dapat membantu perusahaan atau lembaga untuk mencapai keberhasilan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pasar global telah mengakibatkan persaingan yang semakin ketat di antara para pelaku bisnis. Dikarenakan situasi ini tidak dapat dihindari, oleh karena itu segala sesuatu harus dipenuhi untuk meningkatkan kinerja dalam segala aspek kegiatan bisnis.
    Proses – proses atau alur sertifikasi untuk institusi yang hendak menerapkan ISO 9001 : 2008 di Delta Pas Internasional
    1. Proses yang pertama yaitu institusi mengisi formulir aplikasi pendaftaran
    2. Proses yang kedua yaitu lembaga sertifikasi meninjau dokumen sistem mutu institusi seperti manual mutu dan prosedur mutu institusi untuk memastikan apakah persyaratan ISO 9001 : 2008 sudah terpenuhi.
    3. Proses yang ketiga yaitu lembaga sertifikasi menawarkan pre-audit jika institusi membutuhkan, namun dengan biaya yang berbeda. Pre-audit sendiri latihan audit dan jika nantinya ada temuan akan di berikan saran saran perbaikan.
    4. Proses yang keempat yaitu pelaksanaan audit eksternal dimana auditor akan mencari kesesuaian sistem dan pelaksanaan begitu juga sebaliknya apakah pelakasanaan berjalan sesuai dengan sistem.
    5. Proses yang kelima yaitu Delta Pas berhak memberikan keputusan apakah institusi berhak menerima sertifikat atau tidak.
    6. Proses yang keenam yaitu penerimaan sertifikat kepada insititusi dan sertifikat ini berlaku selama 3 tahun. Dimana pada tahun ke 2 dan ke 3 akan ada kunjungan surveillance.
    7. Proses yang ketujuh yaitu audit surveillance dimana insitusi akan di audit kembali untuk memantau apakah implementasi sistem berjalan efektif.
    8. Proses yang terakhir yaitu Renewal atau Resertifikasi dimana sertifikat sudah memasuki tahun keempat dan institusi di haruskan kembali di audit seperti pada saat tahun pertama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuri Ardiyanto P2CC13052May 16, 2014 at 1:40 AM

      YURI ARDIYANTO P2CC13052

      OBSERVASI MANAJEMEN OPERASIONAL TELA – TELA
      Tela Tela berawal dari sebuah gerobak kecil, di Tambakbayan, sebuah desa kecil dipinggiran kota Yogyakarta, beroperasi pertama kali pada tanggal 24 September 2005 dengan menjual jajanan dengan berbahan dasar singkong mirip dengan frenchfries, yang sering juga disebut jogjafries, respon yang sangat baik akan hadirnya produk unik, enak dan terjangkau menjadikan Tela Tela menjadi makanan favourit di Yogyakarta pada tahun 2006. Setelah mencermati prospek bisnis sederhana namun sangat profitable ini maka para pendiri mencoba membuka dua outlet lagi di Jalan Wonocatur No 31, dan di RukoBabarsari Plaza. Pertengahan tahun 2006 banyak sekali para peminat usaha ini untuk bergabung, karena Yogyakarta adalah kota yang sangat plural, maka perkembangan Tela Telapun merambah seluruh nusantara..dan terus berkembang hingga sekarang..hingga menjadi sebuah waralaba yang sangat prospek untuk dikembangkan.
      Visi :
      Menciptakan keuntungan jangka panjang untuk semua stakeholder.

      Misi :
      Menghadirkan produk makanan ketela yang enak dan inovatif kepada masyarakat dan Membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan serta lapangan usaha.

      Investasi Tela Tela All in one sistem mitra investor
      10 keunggulan sistem ini :
      1. Passive income untuk mitra disertai laporan bulanan yang bisa di evaluasi
      2. Outlet tela tela dikelola manajemen tela tela Indonesia
      3. Keuntungan terjamin dengan tingkat resiko yang sangat kecil.
      4. Sistem profit sharing 50% antara mitra dengan manajemen.
      5. Bukan 3 produk yang dijual tetapi 3 brand yang sudah mengakar kuat hingga 7 tahun lamanya dengan hampir 30 varian produk yang di jual.
      6. Karyawan telah memiliki sertifikasi dalam menjalankan outlet tela tela
      7. Outlet khusus tersebut akan berada di kota kota yang berada dalam jangkauan kantor pusat tela tela
      8. Jumlah mitra investor akan di batasi untuk mempermudah sistem pengelolaan yang kami lakukan (25 outlet saja)
      9. Apabila terjadi kerugian, mitra tidak akan dikenakan biaya kerugian sedikit pun, tetapi akan di tanggung sepenuhnya oleh kantor pusat tela tela Indonesia.
      10. Untuk mitra investor tidak akan dikenakan biaya royalty fee seperti pada mitra mandiri apabila tidak memenuhi target omzet.

      Ketentuan pokok sistem mitra investor

      1. Sistem kerjasama adalah 5 tahun, setelah kontrak kerja selesai outlet akan dikembalikan kepada mitra investor atau bisa di perpanjang dengan membayarkan franchise fee untuk 5 tahun berikutnya.
      2. Keuntungan sebesar 50% adalah keuntungan bersih dengan perhitungan : Total omzet dikurangi biaya operasional outlet kemudian dibagi dua antara mitra manajemen tela tela
      3. Gaji operasional outlet meliputi :
      > Gaji karyawan
      > Sewa lokasi & listrik
      > Belanja bahan baku
      > Transportasi
      > Biaya renovasi outlet dan segala penyusutannya.

      Delete
  21. Bambang Widjonarko P2CC13050

    Manajemen Operasional pada Perusahaan Interior Design

    A. Mengenai Perusahaan
    CV. Alam Jaya Profil merupakan perusahaan yang menggeluti bidang Kontraktor Interior. CV. ini menerima berbagai pesanan interior ruangan, gedung, rumah, dan lain sebagainya. Konsumen dapat pula hanya memesan gypsum, list, atau aksesoris interior lainnya saja, namun itu jarang terjadi. Pelayanan yang diberikan perusahaan ini adalah:
     Gypsum Ceiling Product.
     Gypsum Ceiling Contractor & Consultant.
     Gypsum Powder & Building Material Supplier.
    dst...via email

    ReplyDelete
  22. Sutarto Murti Utomo
    P2CC13064
    TACO BELL

    TACO BELL
    Menggunakan Produktivitas untuk mengurangi biaya

    Taco Bell yang didirikan pada tahun 1962 oleh Glenn Bell, berusaha mendapatkan keunggulan kompetitif melalui biaya yang murah. sebagiamana banyak perusahaan jasa lainnya. Taco Bell semakin bergantung pada fungsi operasinya untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya.

    Pertama, Taco Bell memperbaiki menu dan merancang makanan yang mudah disiapkan. Selanjutnya mengalihkan sebagian persiapan makanan kepada pemasok yang bisa memproses makanan secara lebih efisien daripada restoran yang Menyiapkan segala sesuatunya sendiri. Daging cincang dimasak terlebih dahulu sebelum datang, dan kemudian dipanaskan ulang, juga piring dimasukkan dalam kantung plastik dan direbus sebagai cara pembasmian kuman yang mudah. begitu juga, tortilla datang sudah dalam keadaan digoreng, dan bawang bombay dalam keadaan dicincang. Tata letak yang efisien dan proses otomatis mengurangi waktu yang diperlukan untuk Menyiapkan taco dan burrito sebanyak delapan detik, kemajuan ini dikombinasikan dengan pelatihan dan pemberdayaan untuk meningkatkan efisiensi dari suatu pengawasan untuk lima restoran menjadi satu pengawas untuk tiga puluh atau lebih restoran.

    manager operasi di Taco Bell berpendapat bahwa mereka telah mengurangi pekerja di toko sebanyak 15 hingga 50 %. hasilnya adalah sebuah toko yang bisa melayani dua kali lipat jumlah sebelumnya dengan sumber daya yang hanya separuhnya. menajemen efektif yang mengakibatkan produktifitas meningkat, yang mendukung strategi biaya rendah pada Taco Bell.

    Taco Bell sekarang merupakan pemimpin produksi makanan cepat saji biaya rendah yang memiliki 73% sahan di pasar makanan cepat saji di Mexico.

    Sumber, Nation’s Restaurant News (15 Januari 2001): 57 dan Interface (Januari-Februari 1998):75-!9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sutarto Murti Utomo
      P2CC13064

      Manajemen Operasional Pada Perusahaan Aerovox Inc.dan Dana Corp

      PANDANGAN GLOBAL MEMBERIKAN KEUNGGULAN BERSAING

      Aerovox Inc., yang berpusat di New Bedford, Massachusetts, berada diambang kebangkrutan saat memindahkan 300 dari 700 pekerjaannya ke Juarez, Meksiko. kapasitor seharga $ 2 yang dibuat Aerovox di New Bedford berfungsi menyimpan aliran listrik untuk peralatan elektronik seperti kulkas, Aerovox merubah usaha kapasitor yang memiliki margin rendah dan tidak menguntungkan menjadi usaha yang menguntungkan dengan memindahkan usahanya ke Juarez. Hasil dari penerapan usaha ini membuat perusahaan dapat menjalankan dua akuisisi, yang satu di Huntsville, Alabama dan yang satunya di Inggris. akuisisi ini menyebabkan Aerovox dapat mengembangkan barang yang lebih baik sekaligus melengkapi peralatan produksinya. Karyawan Aerovox di Amerika Serikat sekarang dapat membuat komponen yang dirancang khusus untuk defibrillator yang dapat dipindahkan. komponen ini dijual seharga $ 30 hingga $ 5000 per buah. sekarang, Aerovox memiliki 1.600 karyawan di seluruh dunia dan penjualan yang lebih dari dua kali lipat sebelumnya.

      dengan pendekatan global yang sedikit berbeda, Dana Corp., yang bermarkas di Toledo, Ohio, bekerja sama dengan Cerdanes S.A. untuk memproduksi transmisi truk di Queretaro, Meksiko. Kemudian Dana memindahkan 288 karyawannya di Amerika Serikat yang berada di Johnesboro, Arkansas, dari pabrik yang memproduksi transmisi truk yang pas-pasan, menjadi produsen as roda yang menguntungkan. Produktivitas meningkat di Jonesboro dan kerja sama dengan orang Meksiko menghasilkan uang. Saat ini, karyawan di Jonesboro dan Queretaro, juga pemegang saham, bergairah kembali.

      organisasi yang potensial seperti aerovox dan Dana menggunakan pandangan global untuk menjadi lebih efisien, sehingga mereka dapat mengembangkan produk baru, melatih ulang karyawan, dan melakukan investasi pada pabrik dan peralatan baru.

      Sumber : The Wall Street Journal (15 November 1999):A28; Quality Progress (September 2001): 51-61; dan www.dana.com/news/

      Delete
  23. MOCHAMAD. FADARIANTO DAP
    P2CC13047
    MANAJEMEN OPERASIONAL KLINIK
    Selintas tidak ada perbedaan yang mencolok antara Klinik Satu ini dengan klinik lainnya dalam hal pelayanan kepada pasien-pasiennya. Namun saat penulis mencoba mendapatkan informasi lebih lanjut, maka ada beberapa hal yang bisa penulis dapatkan sebagai berikut ;;
    1. Perjanjian berobat pasien dimulai via sms / atau telpon kepada bagian umum untuk memastikan ada tidaknya dokter praktek.
    2. Pasien rawat jalan biasanya hanya meminta obat yang sudah ia dapatkan, sehingga asisten perawat dapat melayani pasien meskipun dokter sedang tidak ada di tempat
    3. Bila dokter ada, belum tentu dokter bersedia praktek, bahkan sering menolak jika dalam kondisi sibuk kegiatan lain-lain, bahkan menyarankan agar pasien berobat saja ke tempat lainnya..
    4. Dokter melayani kunjungan / visite ke pasien 24 jam jika memungkinkan dan dokter tidak dalam kesibukan-kesibukan lainnya.
    5. Pembayaran administrasi, layanan, obat dll dapat kontan maupun terhutang.
    6. One day care merupakan pelayanan yang ditekankan dan jika pasien didiagnosis membutuhkan rawat lanjutan, pasien akan dirujuk ke tempat lainnya.
    Yang terakhir...alasan yang menjadikan dokter sering menolak pasien adalah kesibukan dokter yang diakibatkan sang dokter sedang menempuh pendidikan dual degree di salah satu universitas negeri., Wow Pantesan... smpe sy kirim tugas ini selesai hari ini, ftks

    ReplyDelete