Monday, November 3, 2014

Tugas 2 MM Angkatan 35: Operation Management yang Inspiratif


Setelah kita bahas Kasus Air Asia dan sistem manajemen operasinya yang inspiratif, sekarang giliran para mahasiswa untuk melakukan studi ataupun pengamatan tentang manajemen operasi yang inspiratif. Saudara bisa membahas kasus yang ada di perusahaan-perusahaan terkenal (yang bisa saudara search melalui internet atau media lain) ataupun dari perusahaan atau organisasi di sekitar Anda bekerja.

Paling lambat dikumpulkan pada hari SENIN, tanggal 10 November 2014.
Silakan kumpulkan disini sebagai COMMENT. Apa bila tidak cukup dalam satu comment, Saudara bisa pecah tulisan Anda ke dalam beberapa comment.

Selamat mengerjakan.


Mr. AP

82 comments:

  1. NAMA : SHERLY DYAH PERMANASARI/ MM.35
    NIM : P2CC14001

    "UNILEVER INDONESIA"
    Unilever Indonesia menduduki posisi ke-4 perusahaan paling inovatif di dunia tahun 2014 versi majalah Forbes. Dimananapun Kita berada di seluruh dunia, besar kemungkinan kita familiar dan menggunakan produk-produk dari Unilever dalam kehidupan kita sehari – hari. Sejak didirikan pada 5 Desember 1933, Unilever Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan terdepan untuk produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia.
    Saham perseroan Unilever Indonesia pertamakali ditawarkan kepada masyarakat pada tahun 1981 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 11 Januari 1982. Pada akhir tahun 2011, saham perseroan menempati peringkat keenam kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia. Per Desember 2013, laba perseroan dari Unilever Indonesia naik 10,6% dari Rp 4,83 triliun menjadi Rp 5,35 triliun dari tahun sebelumnya. Kenaikan laba ini merupakan hasil dari penjualan bersih sebesar Rp 30,74 triliun.
    Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas bagi Unilever, adalah pusat dari seluruh aktivitas perseroan. Dalam meningkatkan sumberdaya manusia Unilever memberikan prioritas pada mereka dalam pengembangan profesionalisme, keseimbangan kehidupan, dan kemampuan mereka untuk berkontribusi pada perusahaan.
    Perseroan mengelola dan mengembangkan bisnis perseroan secara bertanggung jawab dan berkesinambungan. Nilai-nilai dan standar yang Perseroan terapkan terangkum dalam Prinsip Bisnis Unilever. Perseroan juga membagi standar dan nilai-nilai tersebut dengan mitra usaha termasuk para pemasok dan distributor Unilever. Produk-produk Perseroan berjumlah sekitar 43 brand utama dan 1,000 SKU, dipasarkan melalui jaringan yang melibatkan sekitar 500 distributor independen yang menjangkau ratusan ribu toko yang tersebar di seluruh Indoneisa. Produk-produk tersebut didistribusikan melalui pusat distribusi milik sendiri, gudang tambahan, depot dan fasilitas distribusi lainnya.
    Dalam menjalankan tanggung jawab sosial Unilever Indonesia menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang luas. Keempat pilar program kami adalah Lingkungan, Nutrisi, Higiene dan Pertanian Berkelanjutan. Program CSR termasuk antara lain kampanye Cuci Tangan dengan sabun (Lifebuoy), program Edukasi kesehatan Gigi dan Mulut (Pepsodent), program Pelestarian Makanan Tradisional (Bango) serta program Memerangi Kelaparan untuk membantu anak Indonesia yang kekurangan gizi (Blue Band).
    Di tengah persaingan global, inovasi memang menjadi tulang punggung sebuah perusahaan untuk berkembang. Unilever Indonesia menduduki posisi ke-4 perusahaan paling dinovatif di dunia setelah Salesforce.com (US), Alexion Pharmaceuticals (US), dan ARM Holdings (UK).
    Ini berarti Unilever Indonesia bisa dikatakan menjadi perusahaan paling inovatif di Asia.
    Unilever Indonesia berhasil mengalahkan Amazon.com yang merupakan pusat belanja online dari United Staes (US) yang menduduki posisi ke-6. Bahkan, perusahaan asal Belanda ini juga berhasil mengalahkan perusahaan besar dunia seperti Starbucks (urutan ke-33) dan Coca-Cola (urutan ke-72).
    Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini memiliki inovasi premium sebesar 65,1%, kenaikan penjualan 12%, dan total return lima tahunan mencapai 26,6%. Angka ini membuat Unilever Indonesia menduduki posisi ke-4 perusahaan paling inovatif di dunia. Peringkat perusahaan paling inovatif ini disusun berdasarkan nilai inovasi premium. Nilai diukur berdasarkan besar bursa saham dan gagasan segar untuk menghasilkan pendapatan besar. Inovasi juga dilihat dari seberapa gagasan tersebut bertahan dan berkembang.
    Inovasi yang dilakukan Unilever Indonesia sehingga bisa mengalahkan berbagai perusahaan besar lainnya antara lain dengan menyediakan kemasan sachet, botol, dan kemasan tekan dalam beragam produknya dengan kualitas yang sama namun dengan harga yang lebih terjangkau.

    ReplyDelete
  2. Nama : Arif Muhayat
    NIM : P2CC14043

    Manajemen operasi di Park Hotel Jakarta
    Park Hotel Jakarta yang didirikan sejak tahun 2008, sekarang ini berstatus hotel berbintang tiga, lokasi yang sangat strategis di tengah kota Jakarta sehingga akses ke tempat-tempat penting sangat mudah dan dalam waktu singkat. Lokasi Park Hotel tepatnya di Jl. D.I Pandjaitan Kav 5, Jakarta Timur 13340, Telp. +62 21 2998 2000 \ Fax. +62 21 2998 2005. Kita ketahui bahwa Hotel dapat didefinisikan sebagai sebuah bangunan yang dikelola secara komersial dengan memberikan fasilitas penginapan untuk umum dengan fasilitas pelayanan sebagai berikut: pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan fasilitas/perabotan dan menikmati hiasan-hiasan yang ada didalamnya Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa hotel adalah:
    a. Menggunakan bangunan fisik.
    b. Menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa lainnya
    c. Diperuntukkan bagi umum
    d. Dikelola secara komersial
    Park Hotel Jakarta selain memberikan fasilitas pelayanan yang tersebut di atas juga memberikan fasilitas informasi yang sangat mudah diperoleh para pengunjung atau konsumen. Informasi tersebut ada pada information book yang terdapat di meja di setiap kamanya, juga melalui chanel 1 di layar televisi disetiap kamar. Informasi yang diberikan meliputi :
    1. Informasi Darurat/Emergency Information
    Terdapat informasi apabila kita membutuhkan Ambulan, Dokter, bantuan khusus untuk orang yang memiliki keterbatasan fisik, serta informasi apabila terjadi kondisi darurat, misal kebakaran. Bagaimana tindakan/prosedur kita apabila hal ini terjadi dan bagaimana melakukan tindakan preventif untuk menghindari terjadinya kebakaran.
    2. Sarana hotel dan layanan tamu/ Hotel and guest services
    Fasilitas sarana hotel yang dibutuhkan pengunjung seperti area bebas rokok/area merokok, cuci kering, kolam renang, konsier, kursi roda, layanan pijat, layanan seterika, penjahit, arah kiblat, sarana pertemuan, taxi, waktu membangunkan dll.
    3. Pusat layanan bisnis/ Business center
    Fasilitas layanan bisnis yang bisa didapatkan antara lain; alat tulis, benda pos, foto kopi, layanan faximili, penterjemah, internet dll.
    4. Restauran, bar dan makan/Restaurant, bar and dinning
    Fasilitas ini menyediakan makanan dan minuman dengan berbagai jenis menu baik menu local, domestic dan internasional. Restaurant dapat menampung + 150 orang. Buka selama 24 jam dengan diiringi music hidup (live music). Selain itu juga para pelayan juga memiliki sopan santun dan sangat ramah dalam memberikan pelayanan.
    5. Layanan dalam kamar/ room service
    Layanan dalam kamar meliputi makan pagi, makan siang, snack, minuman dll.
    6. Layanan telepon/ telephone service
    Layanan telepon Negara asal, telepon internasional yang memuat kode Negara, kode wilayah dll.
    7. Layanan kehilangan dan kerusakan
    Informasi ini memberikan daftar harga barang apabila ada kehilangan fasilitas yang ada dalam kamar hotel, yang nantinya akan muncul dalam tagihan apabila pengunjung akan cek out di front office. Selain itu pihak hotelpun akan siap apabila ada complain kehilangan dari pengunjung.
    8. Layanan kemudahan pesanan/boxing kamar melalui internet, selain itu dengan berkunjung ke websitenya kita bisa memberikan testimony tentang apa yang ingin disampaikan baik kritik, saran, pesan dan kesan. Dengan ini akuntabilitas public akan semakin terjaga.
    Dan tentunya masih banyak layanan informasi yang bisa dapat dengan langsung menanyakan guest asisten melalui telepon kamar, “Please dial “0” .
    Demikian informasi yang menurut saya termasuk salah satu dalam manajemen operasional yang berupa services/layanan konsumen di Park hotel Jakarta yang kami peroleh melalui observasi langsung di hotel tesebut.

    ReplyDelete
  3. Nama: Fetty Siti Nuzuliyah, S. KG
    NIM : P2CC14023

    "Otsuka Pharmaceutical"
    Otsuka Pharmaceutical didirikan di Tokushima, Jepang. Otsuka Pharmaceutical adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan terutama di bidang produsen cairan infus yang banyak digunakan di berbagai rumah sakit di berbagai negara termasuk di Indonesia. Produk andalan Otsuka Pharmaceutical lainnya adalah obat oles Oronine H dan minuman Oronamin C. Perusahaan ini mencapai kesuksesannya dengan produk andalan mereka yaitu Pocari Sweat ditangan generasi ketiga keluarga Otsuka, yaitu Akihiko Otsuka. Akihiko merupakan anak dari Masahito Otsuka yang merupakan anak dari pendiri Otsuka Pharmaceutical.
    Ide dari minuman Pocari Sweat sebagai minuman pengganti ion tubuh muncul dari pengalaman Rokuro Harima, salah seorang staf Otsuka Pharmaceutical yang bertanggung jawab dalam pengembangan minuman andalan saat itu yaitu Oronamin C. Rokuro Harima yang pernah mengalami diare saat berkunjung ke Meksiko akibat dari kualitas air minum di sana yang buruk kemudian dirawat oleh seorang dokter yang menganjurkan dia minum obat menggunakan air soda. Dari kejadian itu mengingatkan Harima akan kebiasaan dokter-dokter bedah yang meminum cairan infus untuk mencegah dehidrasi saat melakukan operasi berjam-jam. Harima mengusulkan idenya kepada Akihiko Otsuka untuk mengembangkan produk cairan infus menjadi minuman yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat secara luas. Ide tersebut baru mulai dikembangkan pada tahun 1976 karena saat itu trend jogging di masyarakat Jepang sedang populer.

    ReplyDelete
  4. Nama: Fetty Siti Nuzuliyah, S.KG
    NIM: P2CC14023
    "Otsuka Pharmaceutical PART II"
    Proyek ini mulai dilakukan eksperimen oleh Rokuro Harima dan Akihisa Takaisci. Konsep dari minuman ini untuk menggantikan ion tubuh yang keluar melalui keringat saat aktivitas sehari-hari maupun aktivitas berolahraga yang selain bermanfaat bagi kesehatan juga rasanya enak untuk diminum sehari-hari. Singkat cerita proses eksperimen ini berhasil menciptakan ramuan Pocari Sweat. Pada tahun 1980, Pocari Sweat mulai diproduksi dan dipasarkan di wilayah Jepang. Pada awal pemasaran Pocari Sweat mengalami kesulitan dan penolakan dari masyarakat karena rasanya yang dianggap masih tidak lazim dan pada saat itu minuman ion belum dikenal masyarakat. Staf marketing Otsuka Pharmaceutical mengalami penolakan dari kios-kios dan masyarakat.
    Tim marketing mulai melakukan cara pemasaran lain yaitu membuat kios di berbagai event dan menawarkan Pocari Sweat langsung ke masyarakat. Cara ini pun tetap mendapat penolakan. Presiden Direktur Akihiko tetap bersikeras dan berkeyakinan bahwa produk ini akan laris di pasaran kemudian hari. Keyakinan akan hal ini dijadikan dasar dalam tetap memproduksi Pocari Sweat dan memasarkannya. Cara pemasaran kemudian dipilih dengan membagikan gratis produk-produk Pocari Sweat kepada masyarakat secara terus menerus. Pocari Sweat dibagikan secara gratis di tempat-tempat ramai seperti sarana olahraga.
    Hasil dari cara marketing seperti ini tentu saja tidak membawa laba bagi perusahaan Otsuka Pharmaceutical, bahkan saat itu dikabarkan perusahaan tersebut mengalami kerugian hingga setara dengan 400milyar rupiah dan Otsuka Pharmaceutical terancam bangkrut. Namun Akihiko Otsuka bersikeras untuk tetap membagikan Pocari Sweat secara gratis sepanjang sisa tahun 1980 tanpa memperdulikan laba-rugi untuk sementara waktu. Titik balik terjadi ketika musim panas tahun 1981, permintaan akan Pocari Sweat datang dari penjuru Jepang. Karena cara pemasaran Pocari Sweat secara gratis telah mampu memberi pengertian akan manfaat dan rasa dari Pocari Sweat yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Konsep produk yang telah dimengerti masyarakat mengantarkan perusahaan Otsuka Pharmaceutical mendapatkan keuntungan hingga 3 kali lipat dari sekitar 900milyar rupiah (pada tahun 1980) menjadi sekitar 2,6 trilyun rupian di tahun 1981.
    Dari awal peluncuran produk Pocari Sweat masyarakat belum memahami secara jelas konsep dari minuman ini sebagai minuman isotonik pengganti cairan tubuh, pada saat awal dipasarkan produk yang sedang digemari saat itu adalah minuman manis yang memiliki kadar gula tinggi. Dengan manajemen operasi yang tepat, menggunakan taktik pemasaran produk secara cuma-cuma kepada masyarakat mampu menyampaikan konsep produk ini secara tepat karena produk ini merupakan pioner minuman isotonik pada masanya.
    (Sumber: @PocariId dan https://www.youtube.com/watch?v=Ye5iHnmz5XU )

    ReplyDelete
  5. Bernadetta Eka Noviati
    P2CC14037

    "MANAJEMEN SUSI AIR"
    Susi air merupakan maskapai penerbangan Indonesia yang dioperasikan oleh PT ASI Pujiastuti Aviation dengan penerbangan berjadwal dan charter. Berkantor-pusat di Pangandaran, Jawa Barat. Susi air didirikan pada akhir 2004 oleh Susi Pudjiastuti.
    Susi Air pertama kali terbang pada tahun 2004. Sebelumnya Susi Pujiastuti bersama dengan Christian Von Strombeck telah menyusun rencana bisnisnya pada tahun 2000, tetapi ketika itu belum ada bank yang mau meminjamkan dana untuk membeli pesawat. Baru pada tahun 2004, Bank Mandiri meminjamkan dana sebesar USD 4,7juta sehingga Susi dapat memulai bisnis penerbangannya.
    Pada awalnya Susi Air didirikan untuk mengantarkan muatan perikanan milik perusahaan Susi yang lain, yaitu PT ASI Pudjiastuti. Penerbangan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengangkut Lobster dari pangandaran ke Jakarta sehingga lobster-lobster sehingga masih dalam keadaan hidup sampai di tempat. Tujuan penjualan lobster-lobster tersebut diantaranya adalah Jakarta, Jepang dan Amerika
    Bencana tsunami di Aceh yang terjadi pada tahun 2004, tepatnya dua bulan selepas penerbangan perdana Susi Air sempat menghambat laju Susi Air. Saat itu Susi sang pemilik memilih mengoperasikan pesawatnya guna mengirim makanan dan obat-obatan untuk para korban bencana tsunami. Karena rasa kemanusiaan tersebut, dia hampir tidak mempedulikan kerugian yang dideritanya karena pesawatnya tidak bisa beroperasi dan otomatis tidak ada penghasilan untuk saat itu. Tetapi ternyata kebaikannya berbuah manis. Saat Susi Air hendak kembali ke Cilacap, lembaga swadaya masyarakat asing berniat menyewa pesawat tersebut untuk mengirim bantuan ke Aceh. Uang penyewaan pesawat itupun bisa digunakan untuk membayar cicilan kepada bank.
    Susi Air mengambil rute penerbangan dengan 146 kota tujuan. Susi air dikembangkan untuk mengantar pelanggannya ke kota-kota kecil yang tidak terjangkau oleh rute penerbangan besar. Dengan banyak merekrut pilot dan kopilot asing, susi air memiliki kelebihan, yang ternyata para awak asing ini dapat bersikap lebih ramah dari pada warga negara kita sendiri. Dengan pesawat-pesawat kecil yang dioperasionalkan, susi air hanya menyediakan 2 awak pesawat yakni pilot dan kopilot yang juga merangkap sebagai porter. Pilot dan kopilot juga yang membantu menaik-turunkan bawaan penumpang, dan bahkan terkadang juga merangkap sebagai pemandu wisata.
    Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan 80 pilot. Pesawat yang dioperasionalkan dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing. Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.
    PT. ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air), pengelola maskapai penerbangan Susi Air, menargetkan pertumbuhan pendapatan sepanjang 2014 bisa mencapai 20%. Setahun sebelumnya, maskapai perintis ini mampu membukukan pendapatan hingga US$ 40 juta.
    Pendapatan tersebut sebagian besar berasal dari penjualan tiket penerbangan reguler komersil dan kargo. Sisanya disumbang dari bisnis penyewaan pesawat.
    Nurani bisa menuntun pada jalan bisnis baru (Susi Pudjiastuti dalam 50 Great Business Ideas from Indonesia, karya M. Ma'ruf)

    (disarikan dari berbagai sumber)

    ReplyDelete
  6. NAMA : BERLINA KARTIKARINI
    NIM : P2CC14009
    Part 1
    United Balimuda Persada Corp adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yang saat ini memiliki lahan sekitar 80ribu hektare yang tersebar di Kalimantan Timur dan beberapa wilayah di Sumatera. Dengan nilai investasi sekitar 4 triliun rupiah, perusahaan ini masih terus akan tumbuh memperluas lahan kelapa sawitnya. United Balimuda Persada dibawah komando Heppy Trenggono pernah mengalami keterpurukan yang luarbiasa. Berawal dari bisnis alat berat, yang justru meninggalkan kebangkrutan dan menyisakan utang Rp 62 miliar, namun dari sinilah yang menjadi titik balik kebangkitannya merintis bisnis baru yang sekarang sudah berkembang menjadi 12 perusahaan dan memiliki 3.000 karyawan. Heppy Trenggono yang adalah mantan Direktur Teknik Lativi (sekarang Tv One) menceritakan, mula-mula Balimuda menangani proyek pembukaan lahan (land clearing) perkebunan sawit, yaitu menjadi subkontraktor beberapa perusahaan, seperti Pradiksi dari Malaysia. Adapun proyek pertama bukan-subkontraktor adalah proyek dari Gudang Garam yang ingin membuka lahan di Kalimantan Timur pada akhir 2002. Proyek itu didapat dengan susah payah. Kebetulan, intuisi bisnis Heppy tajam, sehingga dia mampu mencium peluang dari perusahaan rokok itu yang hendak buka lahan sawit. Dia pun jemput bola dengan mendatangi kantor Gudang Garam dari pagi hingga sore.Untuk menjalankan proyek Balimuda kala itu, tidak dibutuhkan dana besar. Dia hanya memutar uang untuk menggarap proyek dari klien. Kemudahan dalam menjalankan bisnis membuatnya lepas kendali. Waktu itu, dia betul-betul terlena dengan pinjaman usaha dan tak mampu mengontrol diri. Ekspansinya kebablasan dengan menambah banyak alat berat, sehingga dia tidak mampu bayar utang. Bahkan, semua hartanya terkuras habis. Karyawan sebanyak 400 orang pun bubar, sebelum dilakukan pemecatan. Saat itu karyawan sampai pergi membawa aset perusahaan yang ada. Dia mengaku tidak bisa berbuat apa-apa lantaran tak mampu menggaji pegawainya. Yang bisa dia lakukan saat itu cuma memohon perpanjangan tempo pembayaran utang kepada para kreditor. Heppy mengaku memetik pelajaran berharga dari pengalaman buruknya. Dia mulai sadar bahwa nafsu untuk kelihatan sukses justru akan membuat diri sendiri terpuruk. Pascajatuh, Heppy tidak berlarut-larut meratapi diri. Berawal dari kebangkrutan, dia ingin membuktikan bisa bangkit dan melesat kembali. Lantas, apa yang dia lakukan.
    Langkah pertama yang diayunnya adalah mengubah haluan bisnis. Dia kapok menggumuli bisnis alat berat. Agar tetap bisa menghidupi keluarganya, Heppy tidak malu menjadi broker bagi perusahaan yang akan terjun ke bisnis kelapa sawit. Menurutnya pekerjaan inilah yang paling memungkinkan dan risikonya kecil. Saat menjadi broker, Heppy mengandalkan jaringan lama yang masih percaya pada dirinya. Dia juga memperluas pergaulan hingga ke mancanegara. Sebagai perantara, tugasnya hanya mencarikan lahan sawit bagi investor. Atau, mempertemukan investor dan pengusaha yang bergerak di bidang sawit. Perlahan tetapi pasti, Heppy mampu membeli lahan sawit sembari melunasi tumpukan utangnya.

    ReplyDelete
  7. NAMA : BERLINA KARTIKARINI
    NIM : P2CC14009
    Part 2
    Makin lama bisnis broker kelapa sawit Heppy kian bersinar, perusahaan mendapat banyak mitra dari investor asing. Saat ini, Balimuda bersinergi bisnis dengan IGM Corp, Bless Resource, plus NBC. Yang jelas, anak perusahaan perkebunan itu antara lain PT Sinergi Agro Industri, PT Indonesia Plantation Synergi, PT Prima Alumga, PT Borneo Indo Subur, PT Prasetia Utama dan PT Buana Mudantara. Heppy mengaku, model bisnis kelapa sawitnya belum sampai ke tahap pengolahan. Malah, boleh dibilang, tidak sampai ke tahap panen. Kegiatan bisnisnya cenderung membeli lahan, baik yang masih kosong, siap tanam, maupun sudah ditanami. Kemudian, lahan tersebut dia kelola melalui berbagai anak perusahaan. Setelah itu, lahan dijual lagi pada umur tertentu. Profit didapat dari selisih harga jual tersebut, karena lahan sawit itu, makin tua kian mahal. Apalagi jika bibitnya bagus, sehingga umur tiga tahun bisa memetik hasilnya, Yang pasti, bisnis perkebunan itu memberi kontribusi pendapatan terbesar di Grup Balimuda.
    Tidak puas hanya menggenggam bisnis perkebunan, selanjutnya bidang produk konsumer pun disergap Heppy. Bisnis baru ini dipayungi Heppyfoods yang membawahkan PT Balimuda Food dan PT Industri Pangan Indonesia yang didirikan tahun 2006. Meski belum setenar perusahaan produk konsumer besar, produk Heppyfoods yang pabriknya berada di BSD City Tangerang mampu menyeruak di pasaran. Salah satu produknya adalah bubur instan berbahan kentang dengan merek Potayo. Dia mengklaim, produk ini menjadi pionir dan pemimpin pasar. Betul, secara brand awareness, Potayo belum terkenal karena Heppy sengaja tidak membuka jalur promosi, apalagi beriklan di media massa. Pasalnya, strategi penjualan yang dilancarkan langsung ke end user. Kendati demikian, jangan anggap enteng distribusi Potayo. Heppy justru langsung mengambil jalur modern channel seperti Carrefour dan Hero. Jadi, meski iklannya belum nongol di televisi, produk Potayo sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Selain Potayo, belakangan dia juga memproduksi health coffee dengan merek Cordova. Produk anyar ini baru dirilis ke pasar dengan menyasar konsumen langsung, alias belum memakai jalur distributor.
    Handito Hadi Joewono, Chief Strategy Consultant & President Arrbey memberikan aplaus terhadap inovasi Potayo. Heppyfoods punya peluang menjadi penguasa di pasar yang diciptakannya tersebut. Tapi, kalau tidak mau promosi gara-gara takut persaingan, itu berbahaya. Sebab, justru persaingan inilah potensi untuk tumbuh besar. Kuncinya, grow or die. Kalau tidak mau persaingan, justru nanti mati sendiri. Menurutnya, jangan takut membangunkan macan tidur. Kalau tidak, malah bisnisnya akan kecil terus. Untuk mengantisipasinya, dia menyarankan strategi menahan pertumbuhan kompetitor dengan menguasai daerah-daerah tertentu, jadi bukan head-on.

    ReplyDelete
  8. NAMA : BERLINA KARTIKARINI
    NIM : P2CC14009
    Part 3
    Sekarang, di bawah United Balimuda Corp ada 12 perusahaan milik Heppy. Ini adalah buah dari kerja keras dan kegigihannya dalam berbisnis.Heppy mempekerjakan lebih dari 3.000 orang dengan sistem kekeluargaan. Dia cenderung ingin membangun karakter karyawan ketimbang menerapkan target yang muluk-muluk. Target itu penting. Tapi, saya tidak pernah marah jika target tidak tercapai, kata Presiden Direktur United Balimuda Corp ini tentang alasan sistem pengelolaan karyawannya. Yang bisa menyulut kemarahan Heppy justru ketika karyawan tidak bisa menerapkan falsafah “Inspiring and giving the world”. Prinsip inilah yang terus ditanamkan pada karyawan Balimuda. Dan perwujudannya, membentuk karyawan yang berkarakter dan berintegritas tinggi. Gaya leadership Heppy adalah keteladanan. Dia ingin menunjukkan bagaimana hidup secara benar kepada bawahan. Misalnya, soal kejujuran, dia selalu terbuka soal pengeluaran perusahaan. Ini dimaksudkan agar karyawan tidak berlaku culas ketika diberi tanggung jawab. Contoh lain, untuk mewujudkan perusahaan yang menginspirasi, secara berkala dia melibatkan masyarakat sekitar kantor yang berada di Jl. Mampang Prapatan XIV/99, Jakarta Selatan, untuk beraktivitas. Heppy pun tiap hari memberikan sarapan kepada kaum dhuafa di sekitar rumahnya di Jl. Mampang Prapatan X. Prinsipnya kita jangan sejahtera sendirian, tapi juga lingkungan sekitarKeteladanan Heppy dibenarkan oleh karyawannya. Selain itu, nilai moral yang diajarkan Heppy dan sangat melekat di hati karyawan adalah tradisi untuk menyisihkan 10% penghasilan buat kegiatan amal.
    Seiring dengan semangat menginspirasi, Heppy juga membentuk komunitas Indonesian Islamic Business Forum. Ini merupakan komunitas yang beranggotakan pengusaha dan calon pengusaha. Kegiatannya, mulai dari berbagi pengalaman hingga pendampingan bisnis para anggota. Belakangan, Heppy juga menggagas lahirnya gerakan Beli Indonesia yang dicetuskan pada 27 Februari 2011 bersama 504 pengusaha dari 42 kota di Indonesia. Beli Indonesia adalah gerakan membangun karakter bangsa yang membela bangsanya sendiri, yaitu sikap untuk membeli produk bukan dengan alasan lebih baik atau lebih murah, tetapi karena milik bangsa sendiri. Pasalnya, dia prihatin dengan kondisi perekonomian Indonesia yang justru banyak dijajah produk asing.
    Sumber: http://swa.co.id/entrepreneur/titik-balik-mantan-debitor-kakap

    ReplyDelete
  9. Eko Sulissetyaningsih, SE
    NIM : P2CC14018
    PROGRAM STUDI MANAJEMEN
    ANGKATAN 35
    Tugas ke-3




    LAPORAN OBSERVASI

    A. UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

    Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto berdiri sejak tahun 1963 sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 195 tanggal 25 September 1963 dan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 153 tanggal 12 November 1963. Jadi saat ini sudah berusia 51 Tahun. Dalam Kurun Waktu 51 Tahun ini UNSOED sudah seharusnya mempunyai banyak keunggulan dan prestasi yang di dapat. Namun kenyataan saat ini UNSOED masih dalam tahap berkembang.
    Saat ini UNSOED sudah terakreditasi B dari BAN-PT. Sejak berdirinya baru dilaksanakan sekali mengajukan Akreditasi Institusi. Ini merupakan salah satu tantangan besar yang harus segera dibenahi oleh segenap civitas akademika UNSOED terutama Rektor baru UNSOED. Begitu pula masalah Manajemen Sumber Daya Manusia dan Struktur Organisasi harus segera ditangani secara professional oleh para ahli-ahli dibidangnya. Sudah seharusnya satu bidang pekerjaan ditangani sesuai dengan keahlian dan bidangnya.
    Struktur Organisasi juga sudah seharusnya menggambarkan tugas dan fungsi masing-masing bagian secara jelas sehingga tidak terjadi saling merebut lahan orang atau berebutan pekerjaan karena belum dibuat satu aturan yang jelas tentang Tugas dan Fungsi Seluruh unit di UNSOED. Misalnya di UNSOED ada UPT Puskom dan Bagian Sistem Informasi itu harus jelas apa yang menjadi wewenang dan tanggung jawab masing-masing bagian tersebut sehingga diharapkan lebih efektif dan efisien dalam menangani permasalahan atau kebutuhan-kebutuahan teknologi UNSOED.
    Satu hal yang perlu ditingkatkan lagi adalah kekompakan dan koordinasi antara semua civitas akadmeika dari Rektor, Wakil Rektor, Biro, Kepala Bagian dan Pegawai tidak ada yang berniat untuk menjatuhkan satu dengan yang lain tapi mempunyai semangat kebersamaan untuk saling menjaga nama baik UNSOED dan memajukan UNSOED bersama-sama. Sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman dan kondusif yang dapat meningkatkan kinerja UNSOED.
    Saat ini UNSOED memiliki 8 Fakultas dan 50 Program Studi baik program diploma, sarjana maupun program pasca sarjana. Universitas Jenderal Soedirman, akan terus mengepakan sayapnya dengan melakukan pengembangan-pengembangan di berbagai sektor guna meraih cita-cita Universitas Jenderal Soedirman sebagai "World Class Civic University".

    ReplyDelete
  10. B. UNIVERSITAS AIRLANGGA
    Sejarah Universitas Airlangga berawal dari cikal-bakal lembaga pendidikan Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT), masing-masing didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1913 dan 1928. Setelah masa pergolakan kemerdekaan sempat terganggu kelancarannya, pada tahun 1948 pemerintah pendudukan Belanda mendirikan Tandheelkunding Instituut yang merupakan cabang Universiteit van Indonesie Jakarta dan membuka kembali NIAS dengan nama Faculteit der Geneeskunde yang juga sebagai cabang Universiteit Van Indonesie Jakarta.
    Pemerintah Republik Indonesia baru resmi membuka Universitas Airlangga Surabaya yang merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia – pada tahun 1954. Peresmian Universitas Airlangga dilakukan oleh Presiden RI pertama, Dr. Ir. Soekarno, yang bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan yang ke-9, tanggal 10 November 1954. Secara legal pendiriannya ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah No. 57/1954.
    Saat ini Universitas Airlangga memiliki 13 Fakultas dan 1 Program Pasca Sarjana dan memiliki 127 program studi baik akademik,vokasi, dan spesialis. Universitas Airlangga mempunyai Visi yaitu Excellence With Morality. Secara Manajemen ada keunggulan Universitas Airlangga disbanding UNSOED yaitu diantaranya didukung oleh beberapa Direktorat yaitu :
    Direktorat Pendidikan
    Profil Singkat
    Direktorat Pendidikan merupakan unsur penunjang Universitas yang membantu pimpinan Universitas dalam melaksanakan manajemen penyelenggaraan pendidikan.
    Direktorat ini berada di bawah Rektor.
    Direktur Akademik : Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Dra., M.Si
    E-Mail: dir_ak@unair.ac.id
    Direktorat Kemahasiswaan
    Profil Singkat
    Direktorat Kemahasiswaan merupakan unsur penunjang Universitas yang membantu pimpinan Universitas dalam melaksanakan manajemen penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan.
    Direktorat ini berada di bawah Rektor.
    Direktur Kemahasiswaan : Drs. Eko Supeno, M.Si
    E-Mail: dir_km@unair.ac.id
    Direktorat Sumberdaya
    Profil Singkat
    Direktorat Sumberdaya merupakan unsur penunjang Universitas yang membantu pimpinan Universitas dalam melaksanakan manajemen penyelenggaraan sumberdaya.
    Direktorat Suberdaya membawahi tiga Sub Dit Universitas, yakni Sub Dit Sumber Daya Manusia, Sub Dit Sarana dan Prasarana, dan Sub Dit Pengadaan.
    Direktur Sumberdaya : Drs. Koko Srimulyo, M.Si
    E-Mail: dir_sd@unair.ac.id
    Direktorat Keuangan
    Profil Singkat
    Direktorat Keuangan merupakan unsur penunjang Universitas yang membantu pimpinan Universitas dalam melaksanakan manajemen penyelenggaraan keuangan.
    Tiga Sub Dit yang berada di bawa Direktorat ini adalah Sub Dit Perbendaharaan, Sub Dit Akuntansi, dan Sub Dit Anggaran.
    Direktur Keuangan : Dr. Muhammad Madyan, SE.,M.Si.,M.Fin
    E-Mail: dir_keu@unair.ac.id
    Direktorat Sistem Informasi
    Profil Singkat
    Direktorat Sistem Informasi merupakan unsur penunjang Universitas yang membantu pimpinan Universitas dalam melaksanakan manajemen penyelenggaraan sistem informasi.
    Direktorat ini sebagai pusat pengembangan teknologi informasi Universitas yang membawahi dua Sub Dit, yakni Sub Dit Pengolahan Data dan Sub Dit Pengembangan Sistem.
    Direktur Sistem Informasi : Dr. H. Soegianto Soelistiono, Ir., M.Si.
    E-Mail: dir_si@unair.ac.id
    Sekretaris Universitas
    Profil Singkat
    Sekretaris Universitas Airlangga bertanggung jawab secara langsung kepada Rektor, guna menjalankan fungsi kesekretariatan Universitas.
    Sekretarias Universitas membawahi empat bidang, yakni Bidang Administrasi, Bidang Hukum, Bidang Humas dan Protokol, serta Bidang Kemitraan & Hubungan Internasional.
    Sekretaris Unair : Dr. M. Hadi Shubhan, SH., MH., CN.
    E-Mail: sekretaris_ua@unair.ac.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eko Sulissetyaningsih, SE
      NIM : P2CC14018
      PROGRAM STUDI MANAJEMEN
      ANGKATAN 35
      Tugas ke-3
      Beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh Universitas Airlangga :
      1. Merupakan Perguruan Tinggi Negeri terbaik ke-3 Se-Indonesia
      2. Mendapat gelar dari ISO
      3. Terakritasi A dengan nilai 371,2 ini termasuk Akreditasi terbaik ke-2 Se-Indonesia.
      4. Mempunyai system informasi yang terintegrasi seluruh Universitas yang dinamakan Universitas Airlangga Cyber Campus
      5. Kekompakan system manajemen dimana saling menjaga nama baik satu sama lain civitas akademik
      6. Jika Ada Inovasi akan didukung secara materil maupun non materil oleh pimpinan dan seluruh stakeholder Universitas Airlangga.

      Terima kasih.

      Delete
  11. MEYDY FAUZIRIDWAN
    NIM : P2CC14016
    PROGRAM STUDI MANAJEMEN
    ANGKATAN 35
    TUGAS KE 3

    “Starbucks PART I”

    Starbucks Corporation adalah sebuah jaringan kedai kopi dari Amerika Serikat yang bermarkas di Seattle, Washington. Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia, dengan 15.012 kedai di 44 negara. Strabucks menjual kopi, minuman panas berbasis espresso, minuman dingin dan panas lainnya, makanan ringan, serta cangkir dan bijih kopi. Melalui divisi Starbucks Entertainment dengan merek Hear Music, perusahaan ini juga memasarkan buku, musik, dan film. Sejarah Starbucks dimulai dari Seattle pada tahun 1971. Tiga orang sahabat, Jerry Baldwin, Zev Siegl, dan Gordon Bowker, yang semua memiliki passion pada kopi, membuka sebuah toko kecil dan mulai menjual biji kopi yang telah dipanggang, kopi bubuk dan alat-alat pemanggangan. Perusahaan ini berjalan dengan baik, tetapi berbagai hal mulai berubah di tahun 80-an.
    Pertama-tama, Zev Siegl menjual habis sahamnya pada tahun 1980. Pada waktu itu, Starbucks adalah perusahaan roasting kopi yang terbesar di Washington dengan enam toko pengecer. Pada tahun 1981 seorang salesman perlengkapan plastik mengamati banyaknya termos plastik yang dibeli Starbucks dari Hammarplast, perusahaan tempatnya bekerja, yaitu Howard Shultz. Disini Shultz melakukan apa yang Ray Kroc telah lakukan di MDonald’s, seorang salesman yang mampu melihat produk hebat dengan suatu peluang yang besar.
    Pada 1982 Schultz dikirim oleh atasannya yang bernama Baldwin ke Italy untuk menghadiri pameran perabotan internasional di Itali. Saat ini lah Schultz jatuh hati pada kultur kopi Itali, dan dari situ lah Schultz puny ide mengapa tidak meniptakan tempat gathering komunitas-komunitas seperti kedai kopi itu di amerika serikat. Pada tahun 1983 manejer pemasaran itu mempunyai suatu visi untuk menciptaan kembali sihir dan romansa di balik kedai kopi Italia, dan ingin menguji konsep penjualan espresso di luar Italia. Meski demikian, gagasan Schultz tidak berjalan baik dengan Baldwin. Baldwin tidak siap untuk memasuki bisnis rumah makan, tidak ada suatu hal pun yang mengalihkan perhatiannya dari rencana awal untuk menjual biji kopi utuh. Tetapi ia membiarkan Schultz mencoba membuka kedai espresso kecil di sudut salah satu tokonya.
    Ketika Starbucks Coffee membuka tokonya yang keenam di pusat kota Seattle, toko kopi itu menjadi sebuah hit. Suatu pencapaian sukses yang cepat. Schultz, di samping itu, mengembangkan bisnisnya sendiri dan membuka sebuah kedai kopi yang dinamai beerdasarkan surat kabar Italia yang paling besar, Daily, atau Il Giornale. Dua bulan kemudian, toko yang baru itu sudah melayani lebih dari 700 pelanggan dalam satu hari, dan penjualannya melebihi 300 persen dari lokasi-lokasi Starbucks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. “Starbucks PART II”

      Pada tahun 1987 pemilik Starbucks Coffee Company memutuskan untuk menjual bisnis kopi mereka, beserta nama, pada suatu kelompok investor lokal dengan angka $37 juta. Schultz mengumpulkan dana dengan meyakinkan investor-investor itu dengan visinya bahwa mereka bisa membuka 125 outlet dalam lima tahun berikutnya. Ia juga mengubah logo Il Giornale, gambar putri duyung telanjang dada, menjadi suatu figur yang lebih bisa diterima secara umum. Nama perusahaan juga diubah dari Il Giornale ke Starbucks, dan akhirnya ia mengkonversi enam toko pemanggangan (roasting) Starbucks menjadi kedai-kedai kopi yang rapi dan nyaman.
      Sejarah Starbucks Coffee barulah memulai bentuknya. Dengan awalnya dimulai dari 17 toko pada tahun 1987, perusahaan berekspansi dengan cepat menuju kota-kota yang lain: Vancouver, Portland, dan Chicago. Pada tahun 1991 Starbucks juga telah memperluas bisnis mereka melalui pesanan katalog lewat pos dan mendapatkan lisensi membuka toko di airport dan berekspansi lebih lanjut ke negara bagian California. Pada tahun 1992 perusahaan masuk ke bursa, dan setelah penawaran saham perdana, Starbucks melanjutkan pertumbuhan dengan kecepatan phenomenal yang tidak seorang pun pernah melihatnya di dunia perkopian sebelumnya. Pada tahun 1997 jumlah Starbucks Coffee tumbuh sepuluh kali lipat, di Amerika Serikat, Jepang, dan Singapura.

      Tidak cukup hanya sebagai kedai kopi, Starbucks memulai beberapa perluasan produk dan merek yang lain
      - Menawarkan kopi Starbucks di penerbangan United Airlines.
      - Menjual teh premium melalui Tazo Tea Company yang dimiliki Starbucks.
      - Menggunakan Internet untuk penawaran langsung sebagai pilihan untuk membeli kopi Starbucks secara online.
      - Mendistribusikan biji utuh dan kopi bubuk melalui supermarket.
      - Memproduksi es krim kopi premium bersama Dreyer's.
      - Menjual CD di toko eceran Starbucks.
      Sukses Starbucks sebagian besar dicapai melalui pengiklanan dari mulut ke mulut, dan hal ini membuat namanya menjadi kata yang populer. Pada tahun fiskal 2004, Starbucks meraih catatan 1,344 toko di seluruh dunia. Sejarah Starbucks menunjukkan bagaimana sebuah toko roasting kopi regional berskala kecil, penjual biji kopi, menjadi sebuah perusahaan internasional dengan lebih dari 9.000 lokasi di 34 negara yang melayani 20 juta pelanggan lebih dalam waktu seminggu.
      Disarikan dari berbagai sumber

      Delete
  12. Siapa yg gak kenal Aqua???
    Yang mana setiap pergi ke warung-warung untuk beli air minum dalam kemasan pasti selalu bilangnya “bang beli aqua gelas/botol” yang belum tentu sama si abang warung di kasih yang merek Aqua.

    PRAMITA SETYANA
    P2CC14015

    AQUA

    PART I

    SEJARAH AWAL PENDIRIAN

    Aqua Group didirikan oleh Almarhum Tirto Utomo, warga asli Wonosobo pada tahun 1973. Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai pegawai pertamina pada awal tahun 1970-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan.
    Awalnya orang sinis dengan ide Tirto Utomo untuk menjual air minum kemasan botol yang harga per botol awalnya sama dengan harga 1 liter bensin Premium. Namun Tirto Utomo yakin, pada masa yang akan datang Indonesia akan kekurangan air bersih yang siap untuk diminum, sehingga idenya ini terus dia lanjutkan dan tidak memikirkan komentar sinis orang. Pada awalnya market Aqua adalah orang-orang asing yang ada di Indonesia, karena mereka yakin air kemasan lebih steril dan aman daripada air tanah dan air PDAM.

    ReplyDelete
  13. PART II

    PERKEMBANGAN & AKUISISI OLEH DANONE

    Pada tahun 1982, Aqua mengganti bahan baku (air) yang semula berasal dari sumur bor ke mata air pegunungan yang mengalir sendiri (self-flowing spring) karena dianggap mengandung komposisi mineral alami yang kaya nutrisi seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan sodium
    Willy Sidharta, sales dan perakit mesin pabrik pertama Aqua, merupakan orang pertama yang memperbaiki sistem distribusi Aqua. Ia memulai dengan menciptakan konsep delivery door to door khusus yang menjadi cikal bakal sistem pengiriman langsung Aqua. Konsep pengiriman menggunakan kardus-kardus dan galon-galon menggunakan armada yang didesain khusus membuat penjualan Aqua Secara konsisten menanjak hingga akhirnya angka penjualan Aqua mencapai dua triliun rupiah pada tahun 1985.
    Pada tahun 1984, Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan, Jawa Timur sebagai upaya mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut. Setahun kemudian, terjadi pengembangan produk Aqua dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk Aqua menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi.
    Pada tahun 1995, Aqua menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in-line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi, sehingga proses produksi menjadi lebih higienis.
    Pada tahun 1998, karena ketatnya persaingan dan munculnya pesaing-pesaing baru, Lisa Tirto sebagai pemilik Aqua Golden Mississipi sepeninggal suaminya Tirto Utomo, menjual sahamnya kepada Grup Danone pada 4 September 1998. Akusisi tersebut dianggap tepat setelah beberapa cara pengembangan tidak cukup kuat menyelamatkan Aqua dari ancaman pesaing baru. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia. Pada tahun 2000, bertepatan dengan pergantian milenium, Aqua meluncurkan produk berlabel Danone-Aqua.


    Beberapa Produk dari Aqua :
    • Mizone
    • Aqua Reflection

    Kesuksesan Aqua, menarik beberapa perusahaan lain untuk membuat nama di air mineralnya dengan nama Aqua. Bahkan jika kita berniat membeli air mineral kemasan botol, selalu menyebut dengan mau membeli Aqua, padahal yang diberikan kadangkala bukan merek Aqua, tetapi itulah Aqua sudah menjadi brand image yang baik di mata konsumen.

    Beberapa pesaing utama Aqua adalah :
    • PT. Parmargha dengan Ades.
    • PT. Santa Rosa dengan Oasis.
    PT. Coca Cola Amatil Indonesia dengan Bonaqa.
    • PT. ABC Central Food dengan Pure ABC.
    • dll.

    ReplyDelete
  14. Nama: Yoga Purwa Satwa
    NIM : P2CC14007
    Mahasiswa MM Angkatan 35

    eCommerce ALIBABA.COM : JACK MA
    Chapter 1

    Jack Ma
    Ma lahir di Hangzhou, China merupakan tokoh paling berpengaruh di China (2008). Meskipun gagal dua kali, Ma merupakan tipe pekerja keras, dan benar saja, ia berhasil masuk Hangzhou's Teaching Institute (Hangzhou Normal University) setelah beberapa kali tes masuk universitas. Lulus tahun 1988, Ma menjadi sarjana pendidikan jurusan bahasa Inggris. Dia kemudian menjadi guru di English International Trade, Hangzhou Dianzi University.

    "Di 1992, pendukung bisnis semakin maju. Saya mendaftar banyak perkejaan, tapi tidak ada yang mau menerima!, saya ditolak untuk mengisi sekertaris atau manajer dari Kentucky Fried Chiken," ucapnya mengingat masa sulitnya. Sebuah titik balik, ketika Ma mulai mencoba Yahoo, bersama temanya kala itu ketika Yahoo masih raja di China. Mereka mencoba mencari kata beer di Yahoo dan tak ada data untuk negara China. Ma memutuskan membuat usaha online dan mencantumkan nama untuk China di Global.

    Pertama dengan Internet
    Jack Ma pada awalnya adalah seorang guru Bahasa Inggris biasa di sebuah universitas di China, dengan gaji yang hanya $12 per bulan. Dia bersama beberapa orang temannya juga membuka jasa penerjemah Bahasa Inggris. Meskipun tidak memberikan uang besar, suatu hari ada proyek terjemahan yang membawa kesempatan Jack untuk pergi ke Amerika. Ketika tinggal di rumah saudaranya di Seattle, untuk pertama kalinya Jack Ma bersentuhan dengan internet. Baginya, pada tahun 1995, internet adalah sebuah keajaiban.

    “Pertama kali Saya melakukannya, Saudara Saya berkata: Jack, ini adalah internet, kamu bisa menemukan apapun di Internet. Saya berkata oh ya? Jadi Saya coba masukkan kata bir. Saya menemukan bir Amerika, Jerman, tapi tidak ada bir China. Saya penasaran, langsung Saya ketik China. Ternyata tidak ada data sama sekali soal China. Saya bertanya pada Saudara, bisakah kita membuat web China dan memasukkannya ke internet? Saya pun membuat web untuk jasa penerjemah di internet, sangat jelek tampilannya. Saya masukkan jam 9.30, namun jam 12 Saya sudah menerima 5 email, 3 dari Amerika, 1 dari Jepang, 1 dari Jerman. Saya sangat senang, ini adalah hal yang sangat menarik!” Ungkap Jack Ma ketika ditanya tentang sentuhan pertamanya dengan internet.

    Tidak hanya sekedar tertarik dengan internet, Jack merasa internet mempunyai peluang yang sangat besar di China. Jadi, sepulangnya dari Amerika, Jack langsung mendirikan perusahaan internet pertama di China. Dia menamainya China Pages, persis seperti Yellow Pages untuk China. Jack bersemangat dan merasa China Pages akan membantu banyak bisnis lain di China berkembang melalui internet.

    Jack Ma sadar bahwa untuk bisa berhasil, China Pages harus mendapatkan dukungan dari pemerintah. Jack pergi ke Beijing dan mendatangi berbagai kantor pemerintahan. Namun, di Negara seperti China pada tahun 1995, ketika keterbukaan informasi masih sangat diatur dan tidak banyak orang pernah memakai internet, ide China Pages benar-benar ditolak oleh pemerintah. Meskipun niatnya baik, untuk membuat pengusaha China dikenal oleh bangsa barat, tetap saja ide ini tiba sebelum waktunya.

    “Saya berpikir sangat penting untuk memasuki pasar internasional. Apabila suatu hari kita menyalakan komputer dan semua di dalamnya punya orang asing, maka semuanya akan terlambat dan kita akan menyesal. Tidak masalah kalau Saya gagal, setidaknya Saya sudah memberikan konsep ke orang lain. Meskipun Saya gagal, seseorang akan sukses. Tapi Saya harap orang China bisa segera sukses, tidak terlalu lama,” ujar Jack Ma seperti yang dikutip dari sebuah rekaman dokumentasi tahun 1995.

    Saat itu, Jack menyadari bahwa tahun 1995 terlalu awal bagi bisnis internet di China. Pelanggan belum siap, pemerintah belum siap, dan bahkan mungkin Jack Ma juga belum siap. Tidak lama kemudian, dia menutup China Pages, dan mimpinya untuk mengembangkan internet di China masih harus menunggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eCommerce ALIBABA.COM : JACK MA
      Chapter 2

      Bisnis eCommerce
      Di 1995, Ma menemukan China Yellowpages, dikenal sebagai perusahaan pertama berbasis Internet di China. Sekitar 5 tahun kemudian, seorang general manajer dari China Telecom menawarkan $185.000 untuk join venture. Hasilnya, Ma tidak berhasil meyakinkan dengan bisnis internetnya. Dia tetap bersemangat melalui ideologinya membangun bisnis online. Di 1999, melalui kerja keras akhinya Alibaba.com dapat diterima menjadi bisnis eCommerce pertama.

      Pada tahun 1999, demam internet melanda Amerika. Banyak sekali perusahaan internet, terutama eCommerce, sukses besar. eBay dan Amazon menjadi primadona di bursa saham Amerika. Jack, yang saat itu bekerja untuk kementrian eCommerce China, mengumpulkan 17 teman di apartmentnya, membuat rencana untuk bersaing dengan raksasa internet Amerika. Saat itu, bisnis kecil di China mulai terhubung dengan internet, Jack merasa itu adalah waktu yang tepat untuk memulai lagi perusahaan internet. Mereka menamainya Alibaba.com, sebuah pasar bisnis global, dengan harapan bisnis kecil bisa menggunakan website tersebut sebagai jendela perdagangan global.

      Dari situs globalnya, Alibaba berhasil menjaring setidaknya 79 juta member aktif. Member itu merupakan usaha di bidang ekspor dan impor, mereka diseleksi secara profesional. Di dirikan di Hangzhou di timur China, Alibaba memiliki pasar kuat. Mereka para member menjual produk baik sedikit maupun besar menjual secara whole seller.

      "Suatu hari saya ada di sebuah coffe shop tepatnya di Francisco, dan berpikir Alibaba nama yang bagus. Dan kemudian pelayan datang, saya bertanya tentang Alibaba dan menjawab "Alibaba dan 40 penyamun". Dan saya berkata benar, ini nama yang bagus! kemudian di jalan saya bertanya kepada setidaknya 30 orang dan bertanya. Anda tau Alibaba? mereka dari India, Jerman, Tokyo, China, mereka menjawab tau tentang Alibaba. Alibaba dan open sesame. Alibaba baik hati, entrepreneur sejati, dan membantu rakyat desa. Jadi, itu juga mudah dieja hingga diketahui secara global. Alibaba membuka bisnis untuk entrepreneur besar dan kecil. Kami juga mencatat nama Alimama, siapa tau ada yang akan melamar kami!.", kata Jack Ma.

      Alibaba berjalan sangat lancar. Banyak sekali bisnis kecil menengah di China menggunakan Alibaba sebagai tempat mereka berjualan online. Masyarakat China saat itu mulai terkoneksi dengan internet, membuka cakrawala dunia baru untuk mereka. Namun ternyata keberuntungan tidak berpihak ke Jack Ma. Tidak lama berselang setelah peluncuran Alibaba, dunia mengalami krisis internet bubble! Semua saham perusahaan teknologi dunia turun drastis dan perekonomian perusahaan internet hancur total. Tak pelak, banyak sekali perusahaan teknologi yang hancur lebur dan menutup usahanya.

      Dampak dari internet bubble ini juga dirasakan oleh Jack Ma dan Alibaba. Media barat banyak yang menyudutkan mereka. Menganggap Alibaba hanya mempunyai klaim besar tanpa aksi yang memadai. Saat itu, Alibaba dianggap hanya bisa membakar uang investor, tanpa tahu bagaimana cara menghasilkan uang. Dalam kondisi serba sulit, Jack Ma membuat keputusan besar. Untuk menekankan posisi Alibaba sebagai web kelas dunia, dia memindahkan operasional Alibaba ke Amerika!

      Keputusan Jack Ma tersebut ternyata menjadi keputusan yang buruk. Tim di Amerika dan di China bersaing memperebutkan kekuasaan. Bukannya membaik, kondisi Alibaba malah memburuk, memaksa Jack melakukan PHK massal, memecat semua tim di Amerika. Meskipun sangat tertekan dan depresi, Jack harus mengambil keputusan tersebut untuk menyelamatkan Alibaba. Ini adalah masa-masa terberat Alibaba. Kondisi internal perusahaan sangat tidak stabil. Sampai akhirnya Jack Ma membawa Savio Kwan untuk menempati posisi Chief Operating Officer.

      Delete
    2. eCommerce ALIBABA.COM : JACK MA
      Chapter 3

      The Strategy
      Savio Kwan menciptakan berbagai program pelatihan untuk karyawan dan menekankan pentingnya mencari uang untuk membuat perusahaan bertahan. Setelah itu, Alibaba meluncurkan fitur berbayar. Untuk member yang ingin produknya tampil lebih atas di hasil pencarian, harus membayar $5000 per tahun. Tidak disangka, tawaran ini disambut sangat positif oleh pengguna Alibaba. Jack Ma, yang saat itu sudah mulai terkenal di China, melakukan tur keliling China, memberikan ceramah tentang bisnis sekaligus menjual fitur premium Alibaba. Satu tahun setelah melaksanakan strategi itu, Jack Ma dengan bangga mengumumkan bahwa Alibaba berhasil mendapatkan keuntungan pertamanya, tidak hanya 1 Yuan (mata uang China), tapi langsung 500 ribu Yuan.

      Namun, Jack Ma tidak mendapatkan kesempatan untuk bersantai. Meg Whitman, CEO eBay ketika itu, memutuskan untuk membeli saham pesaing Alibaba, Eachnet, dan memasuki pasar China. Selaku pesaing ketat dari Alibaba.com di tahun 2002, Jack Ma tidak gentar. Ia bahkan menganggap ini adalah sebuah tantangan baru dalam bisnis. Jack Ma punya sebuah ungkapan. Yaitu:

      “eBay may be a shark in the ocean, but I am a crocodile in the Yangtze River. If we fight in the ocean, we lose—but if we fight in the river, we win.”

      Ketika itu, eBay adalah perusahaan internet terbesar di dunia, mempunyai sumber daya yang tidak terbatas. Kehadiran eBay di China membuat Jack Ma kawatir. Dia memutuskan untuk mengumpulkan tim khusus dan membuat sebuah fighting brand untuk mengalahkan eBay, Taobao. Di 10 Mei 2003, Alibaba meluncurkan bisnis lain yaitu Taobao.com. Berbeda dengan Alibaba, situs ini lebih mirip dengan eBay.com, atau consumer to consumer bisnis. Taobao memfasilitasi tiap perngusaha membuka tokonya sendiri melalui online. Taobao lebih banyak digunakan oleh pengguna mainland China, Hongkong, Macau, dan Taiwan. Penjual bisa menjual dan memposting produk di Taobao melalui harga atau bahkan lelang. Paling banyak, Taobao digunakan untuk menjual secara langsung, sedangkan lelang hanyalah sedikit dari persentase.

      Taobao juga menggunakan cara escrow atau penghubung buyer- saller langsung, Alipay, membuat situs semakin terkenal. Hasilnya, Taobao menjadi bisnis terpercaya hingga menguasai pasar sekitar 8% melonjak 59%. Di antara 2003- 2006, Taobao berhasil menjual lebih dari eBay China sekitar 79%-36%. Ini bahkan memaksa eBay untuk menutup usahnya di China. Jack Ma memberikan fasilitas yang ada di Taobao.com sepenuhnya secara gratis selama tiga tahun. Hal ini jelas dapat membuat Taobao.com merangkul konsumen lebih banyak dan dapat mengalahkan eBay. Ketika eBay mulai kesulitan untuk mendominasi pasar eCommerce di Cina, Jack Ma membuat sebuah gebrakan dahsyat yang memaksa eBay untuk segera menutup layanan mereka di Cina. Yaitu, memberikan tambahan layanan gratis selama tiga tahun hingga total enam tahun pada Taobao.com di tahun 2005. Jack Ma menganggap eBay tidak mengerti kebiasaan konsumen di Cina yang pada saat itu tidak siap dengan konsep bisnis yang dimiliki eBay. Yaitu, dengan membebankan fee terhadap member.

      Taobao dengan cepat melakukan penambahan fitur dan mempercantik tampilan. Selain itu, mereka meningkatkan rasa ketertarikan terhadap pengguna internet di Cina. Taobao menambahkan pula fasilitas online chatting yang dapat menghubungkan penjual dan pembeli. Mereka juga mengimplimentasikan fasilitas pembayaran online yang disebut Alipay. Tampilan pun dibuat lebih feminim untuk menarik konsumen dari kalangan wanita.

      Di Juni 2006, Jack Ma selaku CEO Alibaba Group mengumumkan Taobao akan dipisah menjadi dua bisnis berbeda. Taobao akan dipisah menjadi TMall.com untuk market place, dan eTao sebagai search engine. Taobao menjual (termasuk Tmall) mencapai transaksi satu juta yuan (160 juta dollar) di 2012. November 11, 2012, perusahaan menyabet gelar aktifitas terpadat jual beli menghasilkan 9.1 juta yuan transaksi. Jika di dollarkan, itu akan sekitar 3,07 juta dollar Amerika.

      Delete
    3. eCommerce ALIBABA.COM : JACK MA
      Chapter 3

      The Strategy (lanjutan...)
      Di tahun 2008, Taobao terus mendominasi market share Cina hingga 86%. Namun, eBay hanya 7%. Tidak lama kemudian, pangsa pasar TaoBao terus naik, mencapai lebih dari 90%. Dengan tekanan berat dari investor WallStreet, Meg Whitman mengundang Jack Ma ke kantor eBay, membicarakan kemungkinan eBay membeli saham Alibaba. Tawaran itu ditolak mentah-mentah oleh Jack Ma. Meskipun dia suka dengan Meg Whitman secara personal, tapi dia merasa eBay hanya ingin membeli pasar China untuk menyenangkan investor WallStreet, bukan untuk kemajuan rakyat China.

      Saat-saat yang tak terduga pun akhirnya tiba. Meg Whitman mengumumkan bahwa eBay mundur dari China. Tekanan dari investor WallStreet yang terlalu besar membuat eBay memilih fokus di pasar lainnya. Ketika ditanya seorang reporter bagaimana bisa perusahaan sekecil Alibaba bisa mengalahkan eBay, Jack Ma menjawab, “eBay tidak mau mendengarkan rakyat China. Mereka memaksakan konsepnya sendiri. Alibaba dan Taobao mendengarkan rakyat China, menyesuaikan dengan model China, itu saja rahasianya.”

      Kemenangan Taobao atas eBay semakin mengukuhkan dominasi Alibaba dalam bisnis eCommerce dunia. Dengan tumbuhnya pengguna internet di China dan di dunia, maka semakin banyak pula pengguna Alibaba dan Taobao, membuat Alibaba kini bernilai lebih dari $67 Milliar Dollar, menjadi perusahaan eCommerce terbesar di dunia, lebih besar daripada eBay dan Amazon ditambahkan sekalipun. Dari seorang guru Bahasa Inggris, Jack Ma telah tumbuh menjadi pemimpin bisnis eCommerce terbesar di dunia dan pahlawan China di dunia internet.


      sumber :
      http://ysatwa.blogspot.com/2014/11/strategy-dan-sukses-ecommerce.html

      Delete
  15. Nama : Maya Dewi Rahmaningsih, ST
    NIM : P2CC14008

    PT Kereta Api Indonesia

    PT Kereta Api Indonesia merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang penyediaan jasa transportasi kereta api. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, PT KAI menyediakan jasa angkutan penumpang, angkutan barang (batu bara, BBM, Peti kemas, barang ekspedisi, semen, barang cepat, CPO/ hasil perkebunan sawit, dan Pulp/ bubur kayu), dan pengurusan aset-aset KAI, serta memiliki beberapa anak perusahaan.

    Selama 68 tahun, PT KAI mengalami transformasi baik dari status perusahaan maupun kegiatan operasionalnya. Di bawah kepemimpinan Ignatius Johan, pada tahun 2009 hingga 2014 PT KAI mengalami keajuan pesat. Berbagai inovasi dan perbaikan dari segi layanan hingga manajemen operasional perusahaan dilakukan. Kebijakan diatur untuk perbaikan dari sisi internal dan eksternal.

    Transformasi internal perusahaan menetapkan kebijakan yang tegas terhadap karyawan. Budaya perusahaan dibuat dengan sistem kerja yang disiplin dan memberikan kompensasi berupa peningkatan kesejahteraan karyawan.

    Dari sisi eksternal, pelayanan terhadap konsumen ditingkatkan. Sistem operasional baru ditetapkan demi kenyamanan dan ketertiban, antara lain diberlakukannya sistem boarding, daya tampung penumpang maksimal 100 %, tidak diperkenankan merokok di stasiun dan kereta api, memfasilitasi sarana prasarana di stasiun, serta sistem penjualan tiket secara online dan bekerja sama dengan pihak-pihak lain. Transformasi yang dilakukan oleh PT KAI berhasil dilakukan dengan kerja sama, komitmen, dan kerja keras pegawai PT KAI untuk kesempurnaan operasional PT KAI.

    Keberhasilan PT KAI dalam manajemen operasionalnya dibuktikan dengan diraihnya sebanyak 62 penghargaan dari 2011 hingga 2012, antara lain: Best of The Best BUMN Inovatif Terbaik 2012 dan Juara 1 dalam kategori Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik.

    Jadi untuk menjadi perusahaan dengan manajemen operasional yang inspiratif seperti Transformasi yang dilakukan PT KAI haruslah mempunyai Input untuk membuat “inovasi-inovasi” berupa:
    1. Kepemimpinan yang tegas dan memberikan contoh seperti yang dilakukan oleh Ignatius Johan,
    2. Tenaga kerja handal yang berkomitmen untuk mendukung transformasi perusahaan,
    3. Kerjasama tim dari atasan hingga bawahan,
    4. Sistem dan manajerial yang jelas, dan
    5. Fokus kepada tujuan seperti yang dilakukan oleh KAI untuk peningkatan dari sisi internal dan eksternal.

    Sumber: http://www.kereta-api.co.id

    ReplyDelete
  16. NAMA: ARDIAN ABI NOVIANTO
    NIM P2CC14035

    J.CO DONUTS & COFFEE
    J.CO dimiliki oleh Johnny Andrean, seorang pemilik jaringan BreadTalk di Indonesia. J.CO diilhami dari donat USA. Johnny yang sering melakukan perjalanan bisnis ke USA, mendapatkan kesempatan menikmati berbagai jenis donat dengan rasa dan keunikan yang berbeda. Pada mulanya, ia ingin membeli waralaba suatu jaringan pemasaran donat USA, tetapi ia mendapatkan beberapa keterbatasan pada produknya. Keterbatasan itu ada pada bahan baku dan kelemahan dalam pengendalian kualitas.

    Jadi, dengan demikian Johnny memutuskan untuk mengembangkan produksi donatnya sendiri tanpa harus membeli francise donat dari USA. Ia memilih untuk menghasilkan bentuk dan rasa donat yang sempurna sebagaimana yang pernah ia coba di USA, dengan memfokuskan secara khusus pada mutu bahan baku dan proses produksi.

    Sekembali ke Indonesia, ia kemudian mengembangkan sebuah gerai toko donat dengan konsep, bentuk dan rasa yang mirip dengan gerai donat USA. Johnny sejauh ini telah mengamati bahwa tidak ada satu pun gerai donat di Indonesia yang mempunyai konsep dapur terbuka, karenanya ia memulainya di J.CO. Maka, selain mempunyai rasa yang berbeda, konsep toko juga dibuat sebagai dapur terbuka sehingga konsumen-konsumen dapat melihat berbagai atraksi dalam pembuatan donat, dari mencampurkan bahan-bahan sampai menjadi donat siap dijual.
    Donat J.Co dibuat menggunakan mesin-mesin, baik saat mencampurkan bahan-bahan, memasak dan membuat topping donat. Satu-satunya tenaga manusia yang dilibatkan hanya pada saat pencetakan donat. Yang juga menggunakan alat bantu cetakan.

    Semua mesin yang digunakan sepenuhnya diimpor dari USA. Begitu juga dengan bahan-bahan dasar, lebih dari 50% diimpor dari luar negeri. Seperti cokelat yang diimpor dari Belgia dan susu dari Selandia Baru. Juga, untuk minuman, bahan-bahannya kebanyakan diimpor pula. Sebagian kopi bubuk diimpor dari Italia dan Costa Rica. Berdasarkan semua inilah, J.CO diposisikan sebagai produk bermutu premium di pasaran donat Indonesia. Sebagian pihak mungkin berpendapat bahwa logo J.CO memiliki kemiripan dengan logo Starbucks, tetapi jika diperhatikan dengan teliti, itu berbeda. Bentuk bulatnya boleh jadi sama, tapi itu bukanlah sebuah trademark.

    J.CO Donuts & Coffee menggunakan simbol burung merak pada logo mereka. Merak ini menyimbolkan keindahan, kerapian, kelembutan dan keabadian.

    Johnny membutuhkan tiga tahun sebelum meluncurkan J.CO Donuts & Coffee ke pasar Indonesia. Tiga tahun digunakannya untuk mempersiapkan standar dan prosedur produksi, pemilihan bahan baku, memperbaiki mutu dan proses produksi produk, serta operasional bisnis.

    Jika dilihat dari kemajuan yang dicapai J.CO saat ini, Johny Andrean mengambil keputusan tepat dengan mengembangkan gerainya sendiri. Pengamatan pada perusahaan sejenis terdahulu membuatnya jeli dalam melihat peluang dan inovasi pada produk yang dikembangkannya. Secara kualitas, Produk J.CO mengungguli produk sebelumnya. Johny melakukan pengamatan, meniru dan memodifikasi produknya sehingga produknya menjadi lebih baik. Walaupun belum setenar Dunkin Donuts, perlahan tapi pasti Johny mulai merambah dunia internasional. Terbukti dengan dibukanya gerai J.CO di Singapura yang menjadi titik awal Go International perusahaanya.


    ReplyDelete
  17. NAMA : EKO PURWANTO
    NIM : P2CC14005

    BIOSKOP RAJAWALI THEATRE PURWOKERTO
    Bioskop Rajawali Theatre Purwokerto yang berlamat di Jl. Jend. S. Parman No, 69 Purwokerto adalah sebuah bioskop lokal yang berada di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas, dan merupakan satu-satunya bioskop yang masih beroperasi di Kota Purwokerto. Bioskop independent setara cinema 21 ini berdiri sekitar tahun 1980-an dan mengalami masa kejayaan pada tahun 1985-1990.
    Pada awalnya, Bioskop Rajawali Theatre Purwokerto hanya punya satu studio berkapasitas 1.000 lebih penonton. Satu ruangan besar tersebut kemudian dibagi jadi dua studio. Dengan bertambahnya persaingan gedung bioskop di Purwokerto, seperti Srimaya Theatre, Kamandaka Theatre, President Theatre, Nusantara Theatre, Garuda Theatre, dan Dinasty Theatre, kemudian Bioskop Rajawali Theatre Purwokerto menambah dua ruangan lagi dengan memperbesar lahan bangunan di bagian kiri gedung.
    Bersamaan dengan matinya produk film-film nasional yang berkualitas, munculnya teknologi digital (kepingan VCD dan DVD), dan merebaknya televisi swasta, bisnis bioskop di kota Purwokerto dan kota-kota kecil lain di Indonesia mengalami penurunan. Banyak yang akhirnya gulung tikar. Sampai saat ini, di Purwokerto hanya tersisa bioskop Rajawali Theatre. Secara kasat mata, bisnis bioskop Rajawali sudah tak mampu dipertahankan. Sedikitnya penonton setiap hari jelas tak akan mampu menutup biaya operasional. Namun karena kecintaan pemiliknya pada bisnis filmlah yang menjadikan Bioskop Rajawali Purwokerto tetap ada.
    Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, Bioskop Rajawali Theatre Purwokerto menjadikan Pemiliknya mengerti apa yang diinginkan oleh customer-nya. Efisiensi dan efektivitas yang tinggi bagi masyarakat di jaman yang serba modern, tentunya menginginkan suatu pemikiran dan tindakan yang praktis untuk hal yang penting. Untuk mewujudkan hal tersebut, Bisokop Rajawali Theatre Purwokerto tidak hanya memutar film-film yang berkualitas saja, namun juga terus mengikuti perkembangan teknologi untuk memberikan layanan-layanan yang semakin baik kedepannya. Manajemen operasi yang inspiratif yang dilakukan oleh Pemilik Bioskop Rajawali Theatre Purwokerto antara lain sebagai berikut :
    1. Memperbaiki interior gedung (mengganti kursi penonton dengan yang lebih baik, menambah kualitas AC dan Speaker);
    2. Menyediakan ruang tunggu yang bersih dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman;
    3. Kamar kecil yang bersih;
    4. Meningkatkan kualitas film ke 2D (digital);
    5. Film-film yang ditayangkan merupakan film box office dan update (diputer serentak dengan bioskop yang ada di kota-kota besar di Indonesia bahkan luar negeri);
    6. Untuk mengurangi biaya operasional promosi dan menjangkau konsumen kalangan remaja (moviegoer), promosi dilakukan melalui sosial media (facebook, twitter dan BBM);
    7. Komputerisasi tiket dan dapat dipesan sebelum film ditayangkan (tidak perlu mengantri);
    8. Tempat duduk dapat dipesan dan sesuai dengan yang tertera di tiket (tidak berebutan kursi);
    9. Untuk mengurangi kebosanan ketika mengantri pembelian tiket, loket tiket atau kasir dilengkapi dengan LCD tembok yang menayangkan berbagai thriller film baru;
    10. Masuk ke dalam ruangan bioskop di setiap tangga terdapat lampu penunjuk jalan;
    11. Ketika film selesai diputar dan penonton keluar ruangan, ruangan langsung dibersihkan oleh cleaning service;
    12. Setelah menonton film dan memasuki lorong jalan keluar langsung disuguhi poster-poster filem-film terbaru.

    ReplyDelete
  18. TUGAS PENGANTAR BISNIS MANAJEMEN II

    NAMA : SUPRIYANTI
    NIM : P2CC14004

    Saya akan membahas manajemen operasional yang menurut saya inspiratif di perusahaan saya bekerja :

    PT. BIO TAKARA
    PT. Bio Takara adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri pengolahan rambut palsu (bulumata palsu, wig, toupee, hair extension) dan garment yang awal mula berdirinya di dasari dari kesadaran akan rasa keperdulian terhadap para tenaga kerja daerah yang sebagian besar terserap di perusahaan asing, sedangkan kerajinan rambut sendiri adalah warisan nenek moyang Indonesia yang sudah di pakai sejak dahulu kala yaitu rambut sanggul. Tahun 2009 di dirikanlah PT. Bio Takara dengan jumlah karyawan sekitar 55 orang dan masih beralamat di Jalan S. Parman 69 A Purwokerto (sebelah bioskop Rajawali) dan kemudian tahun 2013 dengan jumlah karyawan 500 orang berpindah alamat di Jalan Gerilya Timur 289 - Purwokerto di atas tanah seluas : 22.957 m2 dan bangunan : 13.248 m2 serta mampu menampung kurang lebih 3.000 orang karyawan. Selain di dua lokasi tersebut juga terdapat PT. Bio Takara cabang di Purbalingga. Total karyawan kurang lebih mencapai 800 orang.
    PT. Bio Takara merupakan perusahaan industri untuk pemenuhan kebutuhan pasar lokal dan juga eksport, sehingga hasil produksi yang dihasilkan 90% merupakan barang eksport dan 10% merupakan barang lokal. Sasaran pasarnya adalah pasar Internasional, negara yang sudah terjangkau adalah USA, Mexico, Brazil, Nigeria, UK, China, Hongkong, Australia, dll. Selain itu untuk pemenuhan bahan baku yang dibutuhkan hanya 20% barang import sedangkan 80% sisanya berasal dari dalam negeri.
    Dengan kurun waktu hanya kurang lebih 5 tahun, manajemen PT. Bio Takara terus berusaha memperbaiki kualitas yang ada pada perusahaan, beberapa hal yang di hasilkan atas pencapaian manajemen operasional yang efektif adalah sebagai berikut :
    1. World Class Facility
    Bangunan PT. Bio Takara dibuat tidak seperti umumnya pabrik biasa, namun di buat dengan kokoh, modern, bertingkat lantai 3, seperti bangunan apartemen yang di lengkapi fasilitas2 untuk karyawan, sehingga menciptakan kenyamanan untuk karyawan dalam bekerja.
    2. World Class Artisan
    Sebagian besar produk yang di hasilkan adalah handmade, maka perusahaan harus memiliki karyawan yang berkemampuan tinggi sehingga menghasilkan produk berkualitas super. Pada awal berdiri, jumlah karyawan hanya 55 orang, sekarang hampir 1.000 orang (terbagi di 4 lokasi pabrik)
    3. Sertifikat ISO 9001:2008
    PT. Bio Takara mengedepankan standar kualitas managemen mutu, dan berhasil mendapatkan sertifikat tersebut pada akhir tahun 2013.
    4. Serifikat ISO 14001:2004
    PT. Bio Takara juga perduli menjaga kualitas lingkungan, dan berhasil mendapatkan sertifikat tersebut bersamaan dengan sertifikat ISO 9001:2008 di akhir tahun 2013.
    5. Nilai eksport
    Nilai yang sangat fantastis dalam perkembangan usaha PT. Bio Takara dapat di buktikan dalam pencapaian eksport selama kurun waktu 5th :
    - 2009 belum mampu eksport
    - 2010 nilai eksport kurang lebih 300jt
    - 2010 nilai eksport kurang lebih 4M
    - 2011 nilai eksport kurang lebih 5M
    - 2013 nilai eksport kurang lebih 15M
    6. Penghargaan Primaniyarta
    Ajang bergengsi di dapatkan oleh PT. Bio Takara pada penyerahan penghargaan Primaniyarta 2014 kategori potensi ekportir terbaik yang di berikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI di Jakarta.
    Sampai sekarang managemen PT. Bio Takara terus berusaha mengembangkan perusahaan untuk mencapai visi misi yang di miliki.

    Terimakasih
    Purwokerto, 5 November 2014

    ReplyDelete
  19. Riskiyanto
    P2CC14047

    Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.

    Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam rangka meningkatkan kepuasan nasabah khususnya nasabah simpanan untuk mempercepat pelayanan dalam melakukan transaksi baik penyetoran dan penarikan simpanan adalah masalah antrian nasabaah. Saat ini pelayanan nasabah khususnya antrian sudah mulai membaik hal ini dikarenakan adanya motivasi untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap nasabah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan mesin antrian, dimana nasabah cukup dengan menekan tombol pada mesin antrian dan mendapatkan nomer antrian sesuai dengan kedatangannya dan duduk di ruang tunggu yang disediakan dan menunggu untuk dipanggil oleh teler ataupun customer service sesuai dengan keperluannya sehingga nasabah tidak perlu menunggu telalu lama dan berdiri untuk dilayani.

    Sehingga salah satu aspek operasional yang saat ini sedang ditingkatkan adalah penyelesaian masalah antrian pada Bank BRI dimana untuk perbaikan ini Bank BRI telah menyediakan mesin antrian yang memudahkan nasabah untuk mendapatkan nomor antrian sehingga nasabah tidak perlu menunggu transaksi dengan berdiri dan cukup menunggu untuk dipanggil, serta selalu memberikan pelatihan secara berkala bagi petugas teller dan custumer service untuk meningkatan pelayanan kepada nasabah dan juga meningkatkan jaringan IT dalam rangka mempercepat transaksi baik di teller maupun customer service. Dan Bank BRI selalu terbuka kepada nasabah untuk memberikan saran dan masukan dengan meyediakan kotak saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah.

    ReplyDelete
  20. TASK 2 :
    By MUNJARI P2CC14029 MM UNSOED
    Date : 2014-11-03
    OPERASIONAL MANAGEMENT: THE RESULT OF OBSERVATING IN A HOSPTAL: VIEWING JOGJA INTERNATINAL HOSPITAL ( J.I.H )
    THE EXCELLENCE LECTURER : Mr. AGUNG PRATAPA, Drs.,MBA
    Sebagai pelaku operasional rumah sakit yang selalu mengedepankan Quality Improvement tentu saya lebih tertarik menyajikan pandangan saya tentang rumah sakit yang memang menjadi lahan penanaman pengabdian dan kekaryaan saya. Sadarilah kerja di RS adalah ladangnya pahala dibandingkan di tempat kerja lain,mau cari pahala lebih banyak..? ya bantu orang sakit, tentu di rumah sakit salah satunya, asal ikhlas dengan tujuan meraih ridlo Allah SWT.
    Berikut saya sajikan hasil pengamatan operasional mangement di rumah sakit JIH. Ini hasil pengamatan selama satu hari pada awal Januari 2014. Menurut saya, menarik untuk referensi bagi RS lainnya. Bolehlah jika tulisan ini merupakan bagian dari domino effect dari pelanggan atas kepuasan pelanggan.
    Bila dilihat dari berbagai aspek:
    1. Managing Quality
    Manajemen kualitas pelayanan dikelola dengan tujuan pengelolaan pelayanan kesehatan yang syariah, ini terobosan baru merupakan satu-satunya RS yang berlabel syariah. Kenapa belum ada RS lain yang berani mencantumkan secara tersurat tujuan pelayanannya syariah layaknya bank syariah yang memang sedang booming dan jadi pusat perhatian masyarakat muslim maupun non muslim tak hanya di Indonesia tapi di seluruh Dunia. Karena ternyata bank syariah lebih eksis dibandingkan bank konvensional ketika menghadapi krisis ekonomi dunia. JIH mencoba demikian ingin eksis selama dunia walau krisis ekonomi melanda dunia perumahsakitan. Saya berpendapat ini terobosan bagus dengan quality improvemennya yang terus inovatif dan berbasis patient safety.
    Telah menjalani akreditasi JCIA (joint comission international on accreditation )
    2. Designs of goods and services
    Goods : semua peralatan lengkap dan berkelas dunia, canggih dan terkalibrasi dengan baik dan banyaknya beberapa kuliner di area pengunjung didesigns agar tak berkesan RS tapi berkesan akrab sebagai rumah sehat menghilangkan stres.
    Services : begitu masuk loby pengunjung disambut oleh among tamu berblangkon jawa yang ramah, disebelahnya petugas security yang rmah pula memberikan arah kemana kita akan melangkah, diruangan loby pengunjung sambil menunggu diiringi gendingan jawi oleh 2 petugas berblangkon beserta gamelannya memberikan nuansa kesejukan dan penyambutan berbau adat kebudayaan jawa. Ini daya tarik tersendiri yang belum ada di rumah sakit lain.
    3. Process and capacity designs
    Proses dengan standarisasi respon time yang tidak berbelit dan kemampuan personil dan bertindak memberikan jaminan kepastian pelayanan. Pelayanan lebih terukur dan berkualitas. Nunggu tak terlalu lama adalah impian setiap pasien. Capasitas IGD yang besar menampung kasus emergency dari segala kejaian baik kecelakaan masal ataupun KLB

    ReplyDelete
  21. TASK 2 :
    By MUNJARI P2CC14029 MM UNSOED
    Date : 2014-11-03
    OPERASIONAL MANAGEMENT: THE RESULT OF OBSERVATING IN A HOSPTAL: VIEWING JOGJA INTERNATINAL HOSPITAL ( J.I.H )
    THE EXCELLENCE LECTURER : Mr. AGUNG PRATAPA, Drs.,MBA
    lanjutanya....
    4. Lay out designs
    Setting tempat loby yang bernuansa mall dengan berbagai janjanan yang ada. Dan ruang rawat inap yang didesign sedemikian rupa membuat RS JIH bernuansa mall ataupun hotel. Nuansa dan dsigns semacam ini sudah bisa mengurangi tinkat stress atau nyeri bagi pasien maupun pengunjung/ pelanggan baik pelanggan internal maupun external.
    5. Human resourches
    Kesiap siagaan HR menjadi perhatian utama dalam kaitannya respon time terhadap suatu kasus yang disesuakan dengan kebutuhan pelanggan. Cukup banyak ketersediaan dokter ahli baik spesialis maupun sub spesialis yang siap setiap saat. Sehingga banyak pelanggan/ pasien dari mancanegarapun menggunakan fasilitas RS JIH ini yang memang didesigns sebagai RS International. Kemampuan bahasa asing menjadi perhatian utama. Inilah inovasi yang belum dimiliki oleh RS lain.
    6. Location strategy
    Jl. Ring Road Utara Condong Catur Sleman, sangat strategis. Sebenarnya untuk mengukur strategis tidaknya adalah 1 km jarak dari rumah sakit berdekatan dengan pusat perbelanjaan, pendidikan berskala nasional maupun internasional dan pusat bisnis lainya, sehingga jarak tempuh ketika sewaktu-waktu dapat diakses segera.
    7. Supply chain management
    KSO dan networking bagi setiap rumah sakit sudah menjadi salah satu pilihan akan kecukupan kelengkapan alat. JIH menerapkan konsep ini bahkan menjalin juga kerjasama dengan universitas ternama seperti UII fak kedokteran sebagai mitra kerjanya yang selalu memberikan dampak positip. Kerjasama ini masih cukup jarang dilakukan oleh RS lain setingkat sewasta.
    8. Inventory management
    Mengapa RS JIH ini mempunyai instalasi logistik dimana telah terpetakan antara barang inventory dan non inventory dengan baik? Hal ini penting agar diketahui seberapa banyak barang yang dibutuhkan dan sudah sejauh mana harus diganti.
    9. Schedulling
    Jadwal dokter dan jadwal operasi maupun pemeriksaan lainnya dapat diakses melalui web yang sewaktu-waktu dapat dilihat sehingga pelanggan mau periksa ke bagian atau dokter siapa dapat segera melihat dan mendaftar via web atau telephon.
    10. Maintenance
    JIH mempunya instalasi pemeliharaan sarana dan prasarana. Semua alat medis maupun non medis terstandar baik spesifikasi maupun keakuratan alat tersebut melalui lembaga dibawah pengawan langsung kementrian kesehatan kalibrasi. Sehingga jaminan keamanan dan keakuratan terjamin.
    Thanks alot to Mr. Agung and others...munjari

    ReplyDelete
  22. NAMA : RULI PASAWATI
    NIM : P2CC14032

    Samsung
    Performa Samsung Electronics dalam 2 dekade terakhir ini begitu mencorong. Samsung Electronics adalah perusahaan elektronik dan teknologi informasi multinasional yang berkantor pusat di Samsung Town, Seoul, Korea Selatan, dan merupakan subsidiary dari Grup Samsung. Samsung Electronics memiliki pabrik perakitan dan jaringan penjualan di 60 negara di seluruh dunia dengan jumlah karyawan mencapai 200.000 orang lebih. Samsung Electronics, untuk selanjutnya hanya akan disebut sebagai Samsung saja, adalah pemimpin pangsa pasar di dunia untuk lebih dari 60 produk, diantaranya adalah : Semikonduktor (DRAM, SDRAM, Flash Memory, Hard Drive), Penampil/ layar Digital (LCD, Plasma, OLED), Perangkat elektronik (TV, Pemutar DVD, Pemutar Blu-ray, Home cinema, set-top box, Proyektor), Perangkat bergerak (Handphone, Pemutar MP3, Kamera Digital, Camcorder), Perangkat komputer (Monitor, Laptop, UMPC, Drive CD dan DVD, Printer laser, Faksimil), Perangkat rumah tangga (Kulkas, Mesin cuci, Microwave, Oven, Penyedot debu, Pendingin ruangan). Dalam 5 tahun terakhir, Samsung bisa dibilang telah menjadi raja baru di dunia elektronik dunia. Dalam satu dekade terakhir ini, perkembangan dunia elektronika dunia seakan makin menggila dan makin berkembang dengan pesat. Tidak hanya teknologinya namun juga peredarannya. Bagaimana Samsung meraih semua keunggulannya ini, memang ada banyak faktor yang menunjang performa hebat Samsung ini yaitu dengan melakukan sinergi antara nilai-nilai budaya nasional bangsa Korea, dimana perusahaan berasal ke dalam budaya organisasi perusahaan dan struktur organisasi yang menunjangnya sebagai strategic management merupakan salah satu faktor kunci bagaimana Samsung memiliki kecepatan mengimplementasikan keputusan maupun strategi yang pada akhirnya mendorong performa perusahaan. Para pemimpin Samsung, yang masih keluarga pendiri dari generasi ke generasi telah menanamkan dan membentuk struktur dan budaya organisasi yang membuat Samsung menjadi seperti sekarang ini. Jika di dunia barat Weberian jamak dengan Protestant values-nya, demikian halnya yang terjadi di beberapa perusahan di Korea Selatan, termasuk Samsung ini. Dengan Confusian values, organisasi dan budaya perusahaan dibangun dan dikembangkan. Confusian values yang dimaksud diantaranya adalah paternalistic leadership, hierarchical structure, dan collectivism. Ketiganya ditambah dengan nilai budaya Korea lainnya seperti disiplin, senioritas, menghargai yang lebih tua serta loyalitas yang tinggi mampu menyokong struktur organisasi perusahaan Samsung yang berbentuk Top-Down management dan kebutuhan akan kecepatan. Terlihat bahwa Samsung memang memiliki manajemen yang bersifat Top-Down. Dan budaya organisasi Samsung yang menghargai senioritas, kepemimpinan yang paternalistik sehingga tidak mempertanyakan perintah atasan, membantu mempercepat eksekusi, implementasi strategi yang telah dirancang di tingkat atas dengan segera dan pada kecepatan yang tidak dapat dibandingkan. Model ini tidak terjadi begitu saja, namun lebih kepada by design, atau disengaja untuk dibuat demikian. Semenjak pendiriannya, Lee Byung-Chull telah menamkan budaya perusahaan yang menitikberatkan pada integrasi dan efisiensi dengan karyawan berbakat dan berorientasi pada pelaksanaan. Dan semenjak dimulainya kepemimpinan Lee Kun-He menggantikan pendiri perusahaan yang juga ayah kandungnya, dengan memproklamasikan ‘pendirian kedua’ yang dikenal dengan New Management Movement, dan berusaha menanamkan kepekaan untuk bertindak cepat (sense of urgency). Bahkan sejak awal penerimaan karyawan sekalipun, telah dilakukan pelatihan-pelatihan dengan menitikberatkan pada loyalitas dan kepatuhan yang mampu menunjang kecepatan tersebut. Sementara untuk tingkat para manajer tetap sama hanya ditambahkan semangat can do, yang tentu saja dalam upayanya menunjang kecepatan pelaksanaan tugas.

    ReplyDelete
  23. PT. NESTLE INDONESIA
    NAMA: AISHA MUTIARA
    NESTLE PART 1

    Nestlé merupakan suatu perusahaan ternama di dunia yang memproduksi air mineral, kopi, produk susu dan makanan bayi lebih dari 10 juta/tahunnya. Slogan dari perusahaan ini ialah “Good Food, Good Life‟ yaitu sebagai tanda bahwa adanya kepedulian terhadap aspek kesehatan umat manusia sehingga mendorong Nestlé menghasilkan suatu produk yang dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Implementasi dari slogan tersebut antara lain memproduksi makanan yang sehat, bermutu, aman, berkualitas, bergizi, dan menyenangkan untuk dikonsumsi demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
    Nestlé selalu yakin bahwa pusat kesehatan dan kesejahteraan ialah pada makanan yang baik sehingga perusahaan ini selalu bertekad menjadi pemimpin dalam aspek gizi, kesehatan dan kesejahteraan.
    Strategi perusahaan yang dilakukan Pt. Nestle untuk menghadapi ancaman dan memanfaatkan kesempatan dengan memaksilkan kekuatan perusahaan serta meminimalisir kelemahan perusahaan. Berikut beberapa strategi perusahaan yang dilakukan:
    1. Pengembangkan model bisnis Popularly Positioned Products (PPPs) yang merupakan strategi persaingan biaya, dengan:
    a. Memahami karakter pasar yaitu dengan menjadikan konsumen berenghailan rendah sebagai sasaran.
    b. Mempertahankan kandungan dan kualitias gizi khususnya pada dua produk yaitu Susu Nestle Ideal dan Sereal Koko Krunch. Pendapatan total penjualan produk Nestle Indonesia tersebut berkontribusi cukup besar terhadap total penjualan sluruh produk Nestle di negara-negara berkembang (US$ 33 miliar atau sekitar Rp 297 triliun).

    ReplyDelete
  24. NAMA: AISHA MUTIARA (NESTLE PART 2)
    2. Strategi operasional yang diterapkan diberbagai produk Nestle selain dua produk PPPs, antara lain:
    a. NESCAFE ialah salah satu produk kopi dan minuman Nestle yang terkenal di Indonesia. Produksi kopi terletak di kota Panjang Factory, Lampung sebagai kota degan komoditi kopi terbaikdi Indonesia. Inovasi baru yang diterapkan pada produk ini ialah dengan sistem (Enhanced Recovery Aroma). Sistem teknologi ini dipatenkan dan dikembangkan oleh pusat pengembangan produk Nestlé di Swiss. Seorang pakar Teknologi Pangan IPB menyatakan bahwa aroma suatu hal yang mempunyai pengaruh besar pada rasa kopi.
    Perbedaan dengan produk lain yang tidak menggunakan sistem ini ialah aroma kopi yang hanya dihasilkan sesaat oleh biji kopi akan menghilang selama proses pengolahan sedangkan apabila menggunakan teknologi ERA, aroma kopi tetap signifikan bertahan. Aroma kopi bertahan karena teknologi ini dapat menyimpan aroma kopi sebelum biji kopi mengalami proses pengolahan yang nantinya akan dikeluarkan kembali setelah kopi siap dikemas untuk dijual (kopi bubuk).
    b. “DANCOW” ialah salah satu produk susu yang memberikan profit terbesar pada perushaan ini memilih Pasuruan, Jawa Timur, Kejayan Factory sebagai lokasi produksi yang dikenal dengan kehandalan petani susunya. Produksi dancow bervariasi sesuai permintaan pasar (bayi, balita, anak-anak, remaja, dan ibu menyusui). Strategi operasional yang dipakai ialah straight line extension agar produk ini terus berkembang dan tetap menjadi market leader. Langkah awalnya yaitu mengamati ketepatan perluasan lini dengan citra produk Dancow ( sebagai expertdi bidang nutrisi melalui produk susu dan berepran sebagai partner orang tua). Pengamatan pada opportunity selanjutnya dilakukan,kemudian dilanjutkan dengan observasi selera rasa susu masyarakat Indonesia. Strategi operasional selanjutnya dilakukan pada aspek harga, packaging, dan marketing sesuai dengan segmentasi yang dituju. Nestle DANCOW melakukan strategi line extension agar dapat terus berkembang dan untuk terus memberikan apa yang konsumen inginkan. Beberapa contoh strategi operasional di aspek marketing ialah dengan pengadaan kompetisi jingle, pengadaan caravan gizi Dancow hingga ke posyandu tergantung dengan segmentasi yang dituju . strategi operasional yang dilakukan Nestle selalu berbeda antar sub-brandnya, karena adanya perbedaan segmentasi yan dituju.
    Strategi lainnya ialah melakukan peningkatan investasi dan memperluas pabrik di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia, sehingga membuat Nestle menguasi pasar pasokan susu di beberapa kota di Indonesia.
    c. Cerelac ialah salah satu produk makanan pendamping ASI favorit konsumen Indonesia.
    d. Koko Crunch menjadi salah satu produk makanan yang mendapat perhatian besar konsumen Indonesia.
    e. Milo ialah salah satu produk minuman siap minum nestle yang mendapat perhatian masyarakat.
    f. Produk-produk kesehatan maupun perawatan seperti Nutren Diabetes, Nutren Optimum, Nutren Fibre, Nutren Junior, Nestle Peptamen, dan Nestle peptamen Junior.

    ReplyDelete
  25. 3. Strategi proses yang digunakan Nestle ialah strategi fokus mass customization yaitu strategi pembuatan produk dan jasa untuk menghadapi tantangan perubahan pasar keinginan konsumen yang relatif dinamis akhir-akhir ini, srategi ini dilakukan secara cepat, dan tidak menguras dana yang banyak.
    4. Strategi manajemen kontrol sistem: terdesentralisasi, pendelegasian otoritas pengambilan keputusan pada masing-masing unit bisnis, dan menggunakan system teknologi informasi untuk mengkoordinasikan seluruh unit bisnis di seluruh dunia.
    Teknologi informasi yang digunakan dalam bentuk software bernama Nestle Intranet Kit Assistant, email (electronic mail) sebagai sarana interaksi antar departemen, dan proyek Global Business Excellence (GLOBE) sebagai suatu sistem enterprise resource planning (ERP) dengan bantuan software SAP yang dilakukan secara bertahap. Implementasi proyek GLOBE meliputi Workplace, SAP R/3, BW, APO, CRM, EBP dan Knowledge Warehouse dengan kegiatan pokonya, antara lain Business Excellence, Data Standard & Data Management, Information Technology, dan Global Template.
    5. Penyesuaian kapasitas produksi dengan permintaan pasar antara lain:
    a. Strategi rekrutmen Nestle ialah "candidate relationship management" yaitu memastikan para kandidat yang ingin bergabung setia menunggu, hingga tahun berikutnya ketika lowongan pada berbagai posisi telah tersedia. Strategi tersebut berhasil mengurangi biaya proses rekrutmen tenaga kerja.
    b. Penyesuaian peralatan yang dipakai dengan proses
    c. Perbaikan metode untuk meningkatkan hasil produksi
    d. Mendesain ulang produk untuk meningkatkan hasil produksi
    6. Strategi Lokasi antara lain meminimalkan biaya untuk sewa lokasi industri, dan memaksimalkan pendapatan untuk lokasi bisnis eceran dan jasa professional. Implementasi stategi lokasinya natara lain lokasi Panjang Factory (Nescafe) di Lampung sebagai lokasi komoditi kopi terbaik di Indonesia, dan Kejayan factory (Dancow) di Pasuruan sebagai lokasi kualitas susu terbaik di Indonesia. Pengurangan biaya operasional berupa biaya angkut bahan baku dapat didapatkan dari penerapan strategi lokasi tersebut.

    ReplyDelete
  26. Nama : Sugeng Albahtiar, S.Pd
    NIM : P2CC14039

    PART 1
    Kutipan ini saya ambil dari http://www.ciputra-uceo.net/blog/2013/11/11/kisah-seorang-tukang-sapu-yang-sukses-menjadi-pengusaha
    Pengusaha Sukses yang satu ini dulunya adalah seorang tukang sapu. Tri Sumono nama aslinya. Seorang pria kelahiran Gunung Kidul 7 Mei 1973 dan ia hanyalah seorang lulusan SMA tanpa keahlian. Pada tahun 1993 ia nekad merantau ke Kota Jakarta meskipun hanya berbekal tas berisi kaos dan ijazah SMA yang baru diperolehnya. Sesampai di Jakarta Tri Sumono mulai mencari pekerjaan apa saja tanpa memilih-milih. Hal ini ia lakukan untuk bertahan hidup.
    Pekerjaan pertama yang ia dapat adalah menjadi buruh bangunan di Ciledug – Jakarta Selatan. Selang beberapa bulan ia akhirnya dapat tawaran untuk jadi tukang sapu di sebuah kantor di Palmerah – Jakarta Barat.
    Tawaran untuk jadi tukang sapu langsung diambilnya tanpa pikir panjang. Dengan anggapan bahwa menjadi tukang sapu akan lebih mudah dibanding jadi kuli bangunan. Dari tukang sapu kemudian diangkat menjadi office boy. Hal ini ia dapat lantaran kinerjanya yang sangat baik.
    Dari office boy, ia kembali mendapat tawaran menjadi tenaga pemasar hingga karirnya menajak sampai menjadi penanggung jawab gudang.
    Selama bekerja di kantor, Tri Sumono juga coba-coba mencari penghasilan tambahan. Pada saat libur kantor atau setiap hari Sabtu dan minggu ia berjualan pernak pernik aksesori seperti jepit rambut, kalung dan lain-lain di Stadion Gelora Bung Karno. Usahanya ini ia lakoni selama 4 tahun dengan modal 100 ribu rupiah.
    Dari pengalaman jualan ini kemudian ia berpikir, bahwa usaha sendiri ternyata lebih menjanjikan daripada jadi karyawan dengan gaji pas-pasan. Pada tahun 1997 ia nekad mundur dari pekerjaan kantor dan menekuni jualan aksesorinya hingga memiliki kios di Mall Graha Cijantung.
    Tahun 1999, ia membeli rumah di Perumahan Pondok Ungu Bekasi Utara hasil dari penjualan kios di Mall Graha Cijantung karena ditawar orang dengan harga mahal. Di tempat baru inilah, perjalanan bisnis Tri dimulai.
    Saat itu, ia langsung membuka toko sembako. Menurutnya bisnis ini lumayan menjanjikan karena ke depan, Perumahan Pondok Ungu tempatnya bermukim itu bakal berkembang dan menjadi ramai.
    Pada saat itu Pondok Ungu masih terbilang sepi. Demi meramaikan kawasan tempatnya tinggal, ia kemudian membangun sebanyak 10 rumah kontrakan yang di pasarkan dengan harga miring. Rumah kontrakan ini kebanyakan disewa oleh pedagang keliling, seperti penjual bakso,dan gorengan.

    ReplyDelete
  27. part 2

    Cerdas sekali Tri Sumono, selain mendapat hasil dari rumah kontrakan, para pedagang itu juga meramaikan toko sembako miliknya. Melihat took sembako Tri mulai ramai, banyak warga di luar tempat tinggalnya mulai mengenal tokonya.
    Seiring waktu berjalan, naluri usahanya semakin menjadi. Pada tahun 2006, Tri mulai tertarik dengan bisnis pembuatan sari kelapa. Dari beberapa kabar yang diperolehnya diketahui bahwa untuk membuat sari kelapa adalah proses dari fermentasi air kelapa murni dengan bantuan bakteri Acetobacter xylium.
    Tapi Tri tidak patah semangat, ia terus belajar bagaimana untuk menghasilkan sari kelapa yang baik dan berkualitas standar yang ditetapkan perusahaan. Seorang dosen di IPB ditemuinya dengan maksud untuk belajar fermentasi. Sang dosen awalnya enggan mengajari mengingat Tri yang hanya lulusan SMA pasti akan kesulitan menerima penjelasannya.
    Keseriusan Tri untuk belajar dan kecerdikannya merayu, Pak dosen pun akhirnya mau mengajarinya selama dua bulan. Setelah banyak mengantongi ilmu, Tri pun memulai kembali produksi sari kelapanya.
    Setelah produk sari kelapanya lumayan memuaskan, ia langsung memproduksi 10.000 nampan dan bisa lolos ke perusahaan. Produksi pertamanya ini senilai Rp 70 juta. Sekarang terbalik, beberapa perusahaan antri mengambil olahan sari kelapanya. Nah … sejak saat itulah perjalanan bisnis Tri Sumono terus maju dan berkembang.
    Melalui Perusahaannya CV 3 Jaya, Tri Sumono mengelola banyak cabang usaha, antara lain, produksi kopi jahe sachet merek Hootri, toko sembako, peternakan burung, serta pertanian padi dan jahe. Bisnis lainnya, penyediaan jasa pengadaan alat tulis kantor (ATK) ke berbagai perusahaan, serta menjadi franchise produk Ice Cream Campina. “Saya juga aktif jual beli properti,” katanya.

    Banyak inspirasi yang dapat kita ambil, diantaranya :
    1. Prinsip beliau yang mengatakan bahwa usaha sendiri ternyata lebih menjanjikan daripada jadi karyawan dengan gaji pas-pasan.
    2. Meskipun lulusan SMA tidak malu untuk belajar kepada seorang dosen
    3. Usaha beliau dalam meramaikan kawasan tempat tinggalnya dengan membangun sebanyak 10 rumah kontrakan yang di pasarkan dengan harga miring. Rumah kontrakan ini kebanyakan disewa oleh pedagang keliling, seperti penjual bakso,dan gorengan
    4. Bekerja tidak hanya pada satu bidang saja.

    ReplyDelete
  28. Nama : Radita Ikapratiwi
    NIM : P2CC14022
    ORIFLAME

    Oriflame adalah salah satu produk kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia. Di Indonesia, Oriflame dapat menjangkau ke seluruh lini masyarakat di berbagai wilayah, bahkan di wilayah terpencil sekalipun. Kesuksesan Oriflame Indonesia dalam menjangkau wilayah terpencil tidak terlepas dari strategi penjualannya yang unik dan berbeda dengan sistem retail pada umumnya. Produk Oriflame ditawarkan melalui sistem Direct Selling (Penjualan Langsung) dan Multi Level Marketing. Oriflame menawarkan kesempatan kepada masyarakat luas dengan menjadi member Oriflame atau disebut sebagai Independent Sales Consultant. Sistem penjualan pribadi memungkinkan pelanggan untuk memperoleh nasehat dan inspirasi dari orang yang mereka kenal dan mereka percaya. Pembelian secara langsung dapat diandalkan dan sangat menyenangkan.
    Seorang konsultan Oriflame memiliki kesempatan untuk menggunakan atau menjual produk Oriflame dengan harga member, sehingga konsultan tersebut dapat memperoleh keuntungan langsung berupa selisih antara harga produk di katalog dan harga khusus member. Selain itu, seorang konsultan dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar berupa Bonus Performance, yaitu kompensasi yang diberikan Oriflame kepada konsultan yang berhasil mengembangkan jaringan dan meningkatkan penjualan produk Oriflame. Konsultan Oriflame adalah ujung tombak penjualan Oriflame Indonesia.

    Sejarah Oriflame
    Oriflame pertama kali didirikan di Swedia oleh dua orang bersaudara Robert dan Jonas af Jochnick dan rekan mereka, Bengt Hellsten, pada tahun 1967. Semuanya berawal dari sebuah ruang kantor sederhana di pusat kota Stockholm. Robert dan Jonas af Jochnick bermimpi ingin memberi banyak orang kesempatan untuk memperoleh manfaat dari perawatan kulit yang baik dan kosmetika berkualitas tinggi yang terinspirasi oleh keindahan alam Swedia. Bisnis berkembang dengan baik dan pada tahun 1972, perusahaan induk bernama Oriflame International didirikan di Luxembourg, dan sepuluh tahun kemudian melakukan IPO di bursa efek London.

    ReplyDelete
  29. Terobosan luar biasa yang dilakukan oleh dua bersaudara af Jochnick adalah memindahkan mata rantai bisnis Oriflame ke rumah konsumen. Segera saja, Oriflame memiliki konsultan penjualan di seluruh negeri, dan masing-masing dan setiap satu dari mereka memiliki hati dan ambisi dari seorang pengusaha. Mereka ingin menjadi bagian dari bisnis baru yang revolusioner dan mendapatkan uang dari perawatan kulit alami. Produk itu didistribusikan ke rumah mereka, dan sejak hari pertama mereka memiliki jaringan pelanggan potensial di teman-teman, kolega, dan tetangga, dan saat itu juga bisnis Oriflame mereka mulai berkembang. Hingga saat ini Oriflame global memiliki:
     Penjualan tahunan 1.5 Miliar Euro
     Sekitar 3.600.000 Consultant
     7900 karyawan
     Sekitar 1000 jenis produk
     Co-founder World Childhood Foundation.
     Global R & D Center dengan lebih dari 100 ilmuwan
     5 unit produksi sendiri di Swedia, Polandia, Cina, Rusia dan India
     Terdaftar di Nasdaq OMX Bursa sejak Maret 2004
     Produk berdasarkan bahan-bahan alami, tidak pernah diuji pada hewan
     Operasi di lebih dari 60 negara yang mana 13 diantaranya adalah franchise

    Direct Selling dan Multi Level Marketing Oriflame
    Menurut WFDSA (World Federation of Direct Selling Association), penjualan langsung didefinisikan sebagai pemasaran produk tatap muka dan pelayanan langsung kepada konsumen bukan di lokasi ritel yang tetap. Independent Sales Consultant yang tidak digaji mewakili perusahaan dan membuat komisi berdasarkan volume penjualan. Para consultant penjualan sering membangun organisasi mereka sendiri dengan merekrut downline distributor independen lain yang melakukan hal yang sama, sehingga terbentuk dan berkembanglah organisasi tersebut.
    Network marketing atau Multi Level Marketing (MLM) adalah sebuah konsep bisnis dimana tingkat perusahaan MLM yang utama dapat memasarkan dan mendistribusikan produk mereka dan/atau pelayanan secara langsung ke konsumen dengan menjual langsung dan berdasarkan referensi hubungan. MLM yang murni merupakan direct selling dan ciri-ciri bisnis MLM murni yaitu ada produk yang dijual dan pendapatan utamanya adalah dari penjualan/pembelian produk, bukan dari rekrutmen member.
    Oriflame adalah anggota organisasi perdagangan Direct Selling Association (DSA) yang sangat dihormati di negara-negara beroperasi dan juga merupakan anggota World Federation of Direct Selling Associatios (WFDSA). Sebagai anggota WFDSA, janji Oriflame setiap tahunnya adalah untuk mematuhi Kode Etik yang digariskan oleh Federasi. Kode etik adalah seperangkat pedoman yang memastikan bahwa perusahaan yang beroperasi dalam industri penjualan langsung memperlakukan tenaga penjualan mereka dan pelanggan secara etis dan adil.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Strategi Bisnis Perusahaan
    Strategi-strategi yang diterapkan oleh Oriflame Indonesia adalah fokus pada kekuatannya yaitu:
    • People and Culture
    - Memperkerjakan orang-orang yang qualified pada pekerjaan yang tepat. Faktor-faktor yang diperhatikan antara lain skill dan attitude yang baik.
    - Menanamkan corporate culture yang kuat agar dapat diresapi oleh seluruh karyawan. Budaya perusahaan Oriflame Indonesia adalah Togetherness, Spirit dan Passion. Togetherness adalah rasa kebersamaan diantara para karyawan. Spirit adalah bagaimana para karyawan dapat termotivasi dalam melakukan pekerjaan, sementara Passion adalah bagaimana agar para karyawan mencintai pekerjaan mereka. Untuk dapat menciptakan budaya perusahaan seperti yang diharapkan ini, hal-hal yang dilakukan antara lain adalah menciptakan suasana kerja yang kondusif, memupuk rasa kebersamaan antar karyawan, memberikan penghargaan-penghargaan yang pantas bagi karyawan yang berprestasi agar mereka merasa termotivasi untuk bekerja lebih baik.
    • Brand and Product
    - Menciptakan persepsi yang positif mengenai produk Orilame. Persepsi yang ingin ditampilkan antara lain adalah produk yang berkualitas baik dengan harga terjangkau serta ramah terhadap lingkungan. Produk Oriflame berkualitas karena dibuat hampir 100% alami, tidak diujicobakan pada hewan, tetapi pada sukarelawan dengan menjamin keamanan, kecocokan serta efektifitas termasuk kulit yang sensitif.
    - Membuat diferensiasi produk yang terbagi atas 4 kategori yaitu fragrance, toiletteries, colour, dan skin care.
    - Menyediakan produk-produk yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Antara lain wanita, pria, remaja anak-anak dan bahkan bayi.
    - Menetapkan harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat.
    - Menjual produk-produk berkualitas dengan bahan alami.
    • Network Marketing
    - Oriflame Indonesia adalah perusahaan yang menggunakan Direct Selling sebagai strategi marketingnya. Dalam Direct Selling ini, para anggotanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari penjualan dan juga membangun network marketing. Dengan cara memberikan harga khusus bagi para member (sebutan untuk anggota Oriflame Indonesia), Oriflame Indonesia menciptakan kesempatan financial jika membernya menjual produk Oriflame Indonesia kepada orang lain dengan harga di katalog. Selain itu, Oriflame Indonesia juga memberikan bonus dan berbagai macam hadiah yang didapat dari akumulasi poin tiap bulan. Poin tersebut didapat dari pembelian dan dari jaringan yang dibangun oleh anggota.
    - Oriflame menyediakan dukungan bagi semua consultant independentnya, mulai dari training tentang sistem sampai beauty class. Disamping itu terdapat juga dukungan dari upline/sponsor.
    • World Class Service
    - Oriflame Indonesia juga menekankan pentingnya pelayanan. Pelayanan yang diberikan kepada member antara lain kemudahan dalam mendaftar, membeli produk dan proses pembayaran. Untuk mendapatkan produk, tersedia jasa antar dan juga pembelian langsung di kantor Oriflame Indonesia dan dilayani oleh para karyawan dengan ramah dan profesional. Dalam proses pembayaran Oriflame Indonesia juga memberikan kemudahan yaitu dengan bekerjasama dengan beberapa bank untuk proses pembayaran baik menggunakan kartu debet maupun kredit. Selain itu, Oriflame Indonesia juga memberikan fasilitas bagi anggota level tertentu yaitu dapat melakukan pembelian barang dengan pembayaran yang ditangguhkan (berhutang).

    ReplyDelete
  32. Strategi perusahaan yang dilakukan Oriflame Indonesia sebagian besar didominasi oleh strategi yang terkait dengan sistem direct selling dan network marketing. Oriflame memiliki sistem direct selling terbesar di Indonesia. Oriflame dikenal tidak hanya sebatas melakukan penawaran dan penjualan produk, namun juga pembinaan tenaga penjualnya (member Oriflame) agar mendekati prospek konsumen dengan cara yang “halus”. Mereka dididik untuk tidak menjual dengan cara mendesak konsumen membeli produk, konsumen juga diberikan analisa kulit secara gratis sekaligus nasihat personal mengenai permasalahan kulit yang dihadapi, dan setelah pembelian, member juga didorong memberikan pelayanan after sales secara gratis.
    Dengan pencapaian Oriflame Indonesia sebagai perusahaan direct selling nomor 1 di Indonesia dan nomor 2 di dunia, perusahaan tetap memerlukan strategi yang tepat untuk menjaga kelangsungan hidup Oriflame Indonesia. Strategi yang tepat juga diperlukan untuk pencapaian Oriflame Indonesia yang lebih baik.

    ReplyDelete
  33. AL AUVA MAMBA’ATUL KHUSNA
    P2CC14017
    Angkatan 35
    PERTAMINA
    Insan Mutu Pertamina berhasil menciptakan value creation bagi perusahaan senilai Rp 7,6 triliun dalam ajang berbagi pengetahuan dan penciptaan inovasi berkelanjutan untuk mendukung kinerja perusahaan, Annual Pertamina Quality (APQ) Awards 2014.

    APQ Awards, merupakan ajang tahunan kompetisi inovasi dancontinuous improvement program, yang memperebutkan 12 kategori penghargaan.

    Plt. Direktur Utama Pertamina Muhamad Husen mengatakan kegaitan Annual Pertamina Quality Awards, sangat mendukung upaya perusahaan dalam menghadapi persaingan global. Karena itu keberadaan manajemen pengetahuan Pertamina agar lebih dioptimalkan, sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan, menciptakan inovasi serta terobosan yang berorientasi pada penciptaan nilai (value creation).

    "Kami berharap para insan mutu Pertamina terus menciptakan inovasi-inovasi yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan baik berupa peluang bisnis baru, maupun penghematan biaya secara optimal yang dapat mendukung upaya perusahaan mencapai aspirasi Pertamina 2025," kata Husen, di Jakarta, Rabu (5/11/2014).

    Husen menambahkan, kegiatan APQ Award dapat mendorong pengembangan budaya berbagai pengetahuan, serta menyelesaikan masalah pekerjaan dan menuangkan ide inovasi dengan metodecontinuous improvement program.

    VP Quality, System & Management Pertamina, Faisal Yusra menambahkan, secara berkelanjutan APQ Awards terus menghasilkan pencipataan nilai yang signifikan bagi perusahaan. Pada 2010, APQ Award menghasilkan penciptaan nilai sebesar Rp 986 miliar.

    Sementara 2011 dengan menciptakan nilai bagi perusahaan sebesar Rp1,29 triliun dan pada tahun 2012 insan mutu Pertamina memberikan penciptaan nilai sebesar Rp1,85 triliun.
    "Tahun lalu (2013) APQ Awards penciptaan nilai bagi perusahaan meningkat menjadi 2,71 triliun

    ReplyDelete
  34. CITA MELASARI, S.Pi
    NIM : P2CC14034

    PT STANDARDPEN INDUSTRIES
    (PULPEN Standard)

    Pulpen..
    Setiap produk, apalagi produk yang intensitas pemakaiannya tinggi dan menjadi kebutuhan sehari-hari akan memiliki Customer life value. Salah satu contohnya Pulpen. Jika kita menghitung anak sekolah mulai menulis sejak kelas 3 SD dan tingkat pendidikan minimal yang dicapai hingga kelas 3 SMA, berarti selama 3 tahun pulpen menjadi kebutuhan seorang siswa.

    Katakanlah sebatang pulpen rata-rata habis dalam 2 bulan, maka dalam setahun minimal ia membutuhkan 6 batang pulpen. Kalikan 10 tahun, maka hasil yang diperoleh 60 batang pulpen. Tanpa memperhitungkan kenaikan harga, jika sebatang pulpen dihargai Rp. 3.000 maka seorang siswa dari 3 SD hingga 3 SMU minimal mengeluarkan uang Rp.180.000 untuk membeli pulpen. Jadi nilai seumur hidup pelanggan yang mungkin dicapai sebuah merk pulpen dari segmen anak sekolah sebesar Rp. 180.000.

    Ditambah ukuran pasar yang besar, dari hitung hitungan kasar tersebut, sebuah merk pulpen berpeluang bertahan dalam jangka panjang seperti “ Standard” bisa bertahan selama 45 tahun. Sekarang pulpen Standard dipimpin oleh generasi kedua. Sebagaimana dikatakan Megusdyan Susanto, CEO PT Standardpen Industries, awalnya Standardpen memproduksi isi pena, namun ketika ia meneruskan estafet kepemimpinan pada tahun 1986, Standardpen mulai memproduksi pulpen secara utuh.
    Pabrik Standardpen berlokasi di Bitung, Tangerang. Dengan kapasitas terpasang mencapai 120 juta batang pulpen dalam sebulan,dari pabrik ini diproduksi sekitar 40 varian produk standardpen.

    Mengapa Standardpen bisa bertahan?

    ReplyDelete
  35. Lanjutan..

    Mengapa Standardpen bisa bertahan? Hal ini dikarenakan setia pada core business dan memperhatikan kualitas.

    Seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat dan munculnya kelas menengah, pulpen disposable (sekali pakai buang) giliran mendominasi pasar. Seperti produk lainnya, pulpen juga tidak imun dari serbuan produk Tiongkok. Bahkan yang dihadapi bukan hanya produk Tiongkok, namun juga produk dari India. Produk pulpen kedua negara ini mulai menyerbu pasar sejak tahun 1998. Persaingan menjadi sengit dikarenakan mereka datang dengan menawarkan harga yang sangat murah yang mengakibatkan omzet Standardpen sempat anjlok 50%.

    Hingga saat ini loyalitas merk di pasar pulpen tetap bisa diraih, meskipun penggunaan pulpen sudah mengarah ke pola konsumsi consumer good dan ada banyak merk yang menjadi kompetitor. Standarpen ini menikmati booming penjualan sekali dalam setahun, yaitu saat tahun ajaran baru. Pada peak season seperti itu omzet penjualan Standardpen bisa melonjak 50%.

    Dengan kualitas pulpen yang unggul maka Standardpen bisa menembus pasar ekspor ke negara Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Berbekal pengalaman menembus pasar ekspor dan fokus pada kualitas, membuat Standardpen optimis mampu bersaing ketika pasar bebas MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang diberlakukan pada tahun 2015.

    -Sumber dari Majalah Marketing Edisi 10/XIV/Oktober 2014-

    ReplyDelete
  36. Nama : Eko Wibowo
    NIM : P2CC14019

    Komitmen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam Pengelolaan Lingkungan untuk mencapai operasional perusahaan yang efisien.

    PT Semen Indonesia Tbk, melakukan sejumlah inovasi dalam operasional perusahaan terutama dengan melakukan pengelolaan lingkungan dalam rangka mencapai effisiensi operasional perusahaan. Adapun beberapa inovasi dalam operasional perusahaan yang dilakukan PT. Semen Indonesia Tbk, tersebut antara lain:
    1. Penggunaan teknologi konservasi Energi dan Teknologi Penurunan Gas CO2 melalui pemanfaatan biomass dan limbah B3 sebagai bahan bakar alternative. Salah satu program utama perusahaan dalam hal efisiensi energi adalah penggunaan energi terbarukan biomass. Biomass sebagai bahan bakar alternatif telah digunakan sebanyak 61.356 ton atau setara dengan 12,14 persen pemakaian batubara. Efisiensi energi juga dilakukan dalam langkah nyata seperti pengelolaan limbah B3 dan non-B3 dengan prinsip 3 R (reduce, reuse, recycle). Langkah kecil tapi nyata dilakukan dengan melakukan recycle tumpahan material reject untuk dikembalikan ke proses produksi. Bahkan, kaus tangan yang terkontaminasi oli atau minyak juga bisa digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Dari hasil kajian tim independen, perusahaan menggunakan limbah B3 dalam proses produksi dan sebagai bahan bakar alternatif sebesar 37,3 kilogram per ton semen (2012) dengan persentasi recycle dapat mencapai 99 persen. Nilai ini termasuk yang terbaik dalam skala nasional maupun dunia, upaya yang menunjukkan adanya pengelolaan limbah B3 yang baik di lingkup usaha perusahaan, termasuk untuk bahan bakar alternatif.
    2. Pemanfaatan limbah industri seperti Cooper Slag, Fly Ash, Cement Retarder menjadi bahan baku substitusi menggantikan pasir besi, pasir silika, dan gipsum alam. Dengan pemanfaatan limbah industri sebagai substitusi bahan baku yang umumnya selama ini dipakai dapat lebih menghemat pengeluaran perusahaan untuk bahan baku pembuatan semen.
    3. Perusahaan juga mengubah wilayah bekas tambangnya untuk dijadikan lahan produksi tanaman yang bisa menjadi bahan bakar alternatif bagi proses produksi. Dari lahan bekas tambang itu, Semen Indonesia bisa mendapat suplai bahan bakar alternatif untuk menunjang proses produksi.
    4. Penggunaan energy alternative seperti mengubah sampah kota untuk diolah menjadi refuse derived fuel (RFD) untuk menggantikan bahan bakar batubara yang selama ini dipakai perusahaan. Sejak tahun 2009, perusahaan sudah menggunakan limbah pertanian berupa sekam padi, cocopeat, serbuk gergaji, dan limbah tembakau sebagai bahan bakar alternatif untuk menggantikan sebagian dari batubara.
    5. Mengembangkan aplikasi Manajemen Inovasi Semen Indonesia (MI-SI) dengan membangun dan mengintegrasikan aplikasi Semen Indonesia Quality Convention (SIQC) yang dilakukan perusahaan untuk mendukung kegiatan Incremental Innovation. Dengan mengembangkan Innovation management System (IMS) maka perusahaan dapat mendokumentasikan inovasi-inovasi yang berguna bagi perusahaan dan juga dapat membaginya ke segenap pegawai untuk diterapkan. Dengan demikian inovasi-inovasi tersebut akan dapat memberikan dampak pada perusahaan secara keseluruhan.
    Dengan effisiensi yang dilakukan oleh perusahaan melalui pengelolaan lingkungan yang selama ini dilakukan PT. Semen Indonesia berhasil melakukan penghematan hinggaRp 300 miliar pertahun.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Mega Andhika Paskawati, S.E
    P2CC14030

    "PT. Pos Indonesia (Persero)"

    Kantorpos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.
    Setelah Kantorpos Batavia didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantorpos Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan pos kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.

    Pos Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone). Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik. Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

    Dengan berjalannya waktu, Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat. Hal ini berfungsi sebagai strategi bisnis agar bisa berkompetisi dengan industri sejenis, misalnya jasa pengiriman paket dan telekomunikasi lainnya.

    ReplyDelete
  39. PT. Pos Indonesia (persero), lanjutan.....

    Selain itu Pos Indonesia juga meningkatkan produknya yang semula hanya jasa surat dan paket kini merambah ke jasa keuangan antara lain:
    1. Pospay, melayani pembayaran Rekening Telepon, Seluler, Listrik (PLN), Air Minum (PDAM), Pajak, Asuransi, Angsuran Kredit (Finance), Kartu Kredit dan Personal Loan, Pengisian Pulsa, Zakat, Sodakoh, Infak, dan lain-lain.
    2. Weselpos, merupakan layanan penerimaan dan pengiriman uang yang memberikan solusi terhadap kecepatan, ketepatan dan keamanan kiriman uang Anda, secara domestik (Nasional) maupun Internasional. Layanan Domestik berupa : Weselpos Instan, Weselpos Prima dan Weselpos Korporat atau Kemitraan, dengan fitur yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kesepakatan. Sedangkan untuk penerimaan dan pengiriman uang ke Luar Negeri (Internasional) tersedia layanan: Western Union, International Express Money Order (IEMO), International Money Order (IMO), BNI Wesel PIN, Fire Cash/Wesel Instan BCA dan Wesel Instan Mandiri di setiap Kantor Pos.
    3. Giropos, sebagai sarana transaksi antar rekening, dari satu rekening ke satu rekening lainnya atau dari satu rekening ke banyak rekening. Pengambilan uang tunai dengan Cekpos dan atau slip penarikan serta penerimaan setoran tunai ke dalam rekening.
    4. Fund Distribution, merupakan layanan penyaluran dana dari perusahaan dan atau lembaga untuk masyarakat (many to one) secara account to cash atau account to account. Layanan ini meliputi pembayaran pensiun PNS dan ABRI, serta penyaluran dana program-program dana pemerintah/lembaga
    5. Bank Channeling, merupakan layanan perbankan yang ada di Kantor Pos, meliputi tabungan (saving) dan kredit.

    Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan CEO Inovatif untuk Negeri dari Gatra Eksekutif Forum 2013. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi terhadap inovasi para CEO yang berhasil mengembangkan dan memberikan kemajuan untuk perusahaan dan bangsa Indonesia.

    sumber:
    www.posindonesia.co.id

    ReplyDelete
  40. Nama : Dwi Mariyanti
    NIM : P2CC14003

    Part I
    GARUDA INDONESIA
    Garuda Indonesia telah menjadi ikon maskapai penerbangan dengan pelayanan terbaik di Tanah Air. Siapa pun yang menginginkan jadwal penerbangan yang tepat waktu dengan pelayanan hiburan dan kudapan yang memadai pasti akan memilih Garuda Indonesia. Harga tiket yang sedikit mahal tak menjadi soal. Bagi kalangan profesional, waktu benar-benar identik dengan uang. Ketepatan waktu dan kenyamanan dianggap jauh lebih penting dari sekadar hitung-hitungan soal harga tiket.

    Sejarah Garuda Indonesia sebagai bagian dari sejarah industri penerbangan komersial di Indonesia dimulai ketika bangsa yang muda ini berjuang untuk kemerdekaannya.
    Pada tahun 1984: Garuda Indonesia merupakan armada penerbangan terbesar kedua setelah Japan Airline (JAL). Dengan armada pesawat sebanyak 79 buah, dana tunai sebesar 108 juta dolar dan keuntungan bersih per tahun berkisar 200 miliar rupiah menjadikan Garuda Indonesia patut untuk disegani di dunia penerbangan Asia. Tetapi dengan perjalanan waktu kejayaan Garuda Indonesia tergerogoti.
    Pada dekade 90-an hingga memasuki awal tahun 2000: kondisi Garuda Indonesia bisa dibilang awut-awutan (utang mencapai 1,2 M, rute-rute penerbangan terbatas, jumlah karyawan terlalu besar 13000 orang, rute tidak produktif terus dibuka dan masalah pelayanan karena sering delay tanpa pemberitahuan). Hal ini terjadi karena sejak pemimpin Garuda Indonesia yaitu Bapak Wiweko menyerahkan jabatannya ke Bapak Lumenta pada 1984, Garuda Indonesia tidak pernah di urus secara profesional. Pengangkatan pimpinan Garuda tidak berdasarkan skill manajerial, melainkan karena faktor like and dislike. Keputusan-keputusan strategis jarang diputuskan oleh direksi, melainkan di ambil oleh pihak-pihak lain seperti Keluarga Cendana, BPPT, Menteri Perhubungan, bahkan Menteri Keuangan.. Lalu adanya conflict of interest pada jajaran direksi.. Kepercayaan dari pelanggan dan karyawan juga sudah hilang, karyawan resah, pilot hengkang dan tak ada cerita beli pesawat baru. Kontroversi merebak, apakah Garuda dilikuidasi, dijual ke asing atau diselamatkan lewat restrukturisasi. Total utang Garuda pada saat itu mencapai US$740 juta diantaranya utang kepada Export Credit Agency US$400 juta, PT Bank Mandiri Tbk US$100 juta berupa obligasi konversi dan sisanya US$130 juta dalam bentuk promisionary notes. Belum lagi utang kepada PT Angkasa Pura I, dan Angkasa Pura II.

    ReplyDelete
  41. Part II
    Pada Juni 1998. Seorang mantan bankir ditunjuk pemerintah untuk menjadi CEO Garuda Indonesia yaitu Robby Djohan dengan mission nyaris impossible yaitu menyehatkan kembali Garuda Indonesia dan menerbangkannya lagi. Misi ini dirasa sulit karena Robby Djohan sama sekali buta tentang dunia penerbangan. Satu-satunya pengalamannya di dunia penerbangan adalah menjadi penumpang, lain itu dia tidak mengerti. Pertama kali menjabat pun Robby Djohan mendapat pertentangan dari karyawan Garuda.
    - Ujian datang dari orang-orang dalam Garuda Indonesia yang menamakan dirinya sebagai Tim Reformasi. Tetapi Robby Djohan dengan tegas mengatakan bahwa di Garuda Indonesia hanya ada satu manajemen yaitu direksi dan manajemen yang dia angkat, orang-orang di Tim Reformasi tidak boleh ikut dalam proses manajemen. Dan sebaiknya Tim Reformasi bubar saja, bila ada masalah yang berkaitan dengan kesejahteraan karyawan akan diselesaikan bersama. Tapi soal manajemen Tim Reformasi atau Serikat Pekerja tidak boleh ikut campur.
    - Tantangan selanjutnya berasal dari pihak eksternal yaitu kreditur Garuda Indonesia. Karena berlatar belakang bankir maka Robby Djohan bersama Direktur Keuangannya Emir Sattar, mereka berdua terbang ke London untuk bernegosiasi dengan Bank Exim negara-negara Eropa. Dan mereka berdua langsung mendapat intimidasi dan ancaman akan menyita pesawat Airbus A330 yang disewa. Tetapi dengan enteng Robby Djohan menyatakan masalah utama adalah kenapa ECA (European Credit Agency) mau memberikan pinjaman kepada Garuda yang sebenarnya mereka tahu bahwa Garuda tidak bakal mampu membayar kewajibannya. Robby dan Emir bersikeras hanya mau membayar pinjaman dalam tempo 16 tahun dengan bunga 1% di atas SIBOR .
    Robby Djohan di Garuda Indonesia hanya sebentar, 5 bulan setelah dilantik menjadi CEO Garuda Indonesia. Robby Djohan ditarik oleh pemerintah untuk mengelola bank-bank yang dimerger, kemudian Emirsyah Satar ditunjuk untuk menggantikan Robby Djohan sebagai COE Garuda Indonesia. Emir masih terus bergulat dengan restrukturisasi utang besar yang belum kelar.
    Diakui atau tidak, di bawah kepemimpinan Emirsyah Satar, Garuda berada pada performa yang terbaik. Inovasi-inovasi yang ditempuhnya antara lain :
    - Menjunjung tinggi komitmen pelayanan, zero tolerance untuk keterlambatan/penundaan (kecuali karena alasan keamanan)
    - Percepatan penambahan armada
    - Ekspansi rutenya benar-benar menjadikan Garuda sebagai penerbangan first class di Tanah Air.

    ReplyDelete
  42. NAMA: RIZQI NURFAIZAH
    NIM : P2CC14014

    PART I
    Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang terkenal melalui mesin pencariannya yang juga bernama Google. Google memiliki latar belakang sejarah yang unik. Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda pada tahun 1995, Larry Page dan Sergey Brin. Larry Page adalah alumnus Universitas Michigan, sedangkan Sergey Brin merupakan seorang murid yang mendapat tugas untuk mengatar keliling Lary. Dalam pertemuan tanpa disengaja tersebut, duo pendiri Google ini sering terlibat diskusi panjang. Januari 1996, Larry dan Sergey melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian nama BackRub menyebar ke penjuru kampus. Kemudian mereka mendapat suntikan dana dari Andy Bechtolsheim pendiri Sun Microsystems.Namun suntikan dana yang diberikan Andy diberikan untuk perusahaan dengan nama Google, padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry. Hal ini pun menyebabkan duo pendiri Google ini tidak mungkin mencairkan cek tanpa ada lembaga legal bernama Google, sehingga mereka harus mencari suntikan dana lain dari keluarga, teman dan saudara hingga terkumpul 1 juta dolar. Google pun dapat didirikan secara resmi pada 7 September 1998 di Menlo Park, California.

    ReplyDelete
  43. PART II

    Google mempunyai misi "untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna". Mesin pencarian Google merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%). Google sendiri memiliki suasana budaya perusahaan yang santai seperti filosofinya, yaitu "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan" dan "Don't be Evil". Budaya kerja santai Google dapat dilihat dari logo Google yang bervariasi pada hari-hari tertentu. Selain itu Google juga memberikan tunjangan serta fasilitas kerja yang membuat betah karyawannya. Googleplex (Kantor Google) didekorasi dengan piano, lampu lava, kumpulan server lama, dan proyeksi tanda tanya di dinding. Lorongnya penuh dengan bola dan sepeda latihan. Setiap karyawan memiliki akses menuju pusat hiburan termasuk sebuah gimnasium dengan alat-alat olahraga, ruang loker, kamar mandi, ruang pijat, permainan video, meja bilyar, dan ping pong. Menuju ruang rekreasi terdapat ruang makan berisi berbagai sereal, permen beruang, gula-gula, permen hitam, kacang mede, yogurt, wortel, buah-buahan segar, dan lusinan minuman. Tampaknya Google menyadari bahwa karyawan adalah asset yang berharga bagi perusahaan, sehingga Google memberikan kondisi yang senyaman mungkin agar karyawan dapat bekerja dengan baik.

    ReplyDelete
  44. PART III

    Sejak didirikan Google telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Google juga beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Google juga mendapat penghargaaan dari Business Insider sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai.
    (Sumber: http://id.wikipedia.org, http://tekno.kompas.com, http://www.tahupedia.com, http://www.catatansejarah.com)

    ReplyDelete
  45. Nama : PRADIPTANA UNGGUL SANTOSA
    Nim : P2CC14033
    PT. Gudang Garam merupakan produsen rokok kretek terbesar di Indonesia, dilihat dari asset yang dimiliki, nilai penjualan, pembayaran pita cukai dan pajak kepada pemerintah Indonesia, ditambah lagi dengan jumlah karyawan. Perkembangan gudang garam mampu memadukan manajemen unik, yaitu konsep padat karya dan padat modal. PT. Gudang Garam masih mempekerjakan karyawan yang banyak dengan peralatan tradisional. Untuk memproduksi rokok yang berkualitas tinggi PT Gudang Garam Tbk harus menggunakan peralatan dan mesin yang canggih, yang membutuhkan pengadaan dengan modal besar. Disisi lain perusahaan mempunyai komitmen besar terhadap pemberdayaan sumber daya manusia.
    Perusahaan ini didirikan tanggal 26 Juni 1958 oleh Suryo Winowidjojo, yang merupakan pemimpin produksi rokok kretek. Suryo Winowidjojo merupakan seorang pengusaha Indonesia yang merupakan pendiri Gudang Garam. Sebelum mendirikan Gudang Garam, beliau sempat bekerja di pabrik rokok 1993 milik pamannya. Suryo Winowidjojo kemudian keluar dari pabrik rokok 1993 dan pada usia 35 tahun mendirikan perusahaan sendiri yaitu pabrik rokok Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur. Diawali dengan memproduksi rokok kretek dari klobot dan berkembang pesat dengan jumlah karyawan mencapai 500.000 orang yang menghasilkan 50 juta batang kretek setiap bulannya. Pada tahun 1958, gudang Garam telah tercatat sebagai pabrik kretek terbesar di Indonesia.
    Produk Gudang Garam antara lain Gudang Garam International, Surya 12, Surya 16, Surya Slims, Surya Signature, Surya Profesional, Surya Pro Mild, Gudang Garam Nusantara, Gudang Garam Mild, Gudang Garam Merah, Gudang Garam Djaja, Nusa, Taman Swedari dan Sigaret Kretek Klobot.
    Berawal dari rokok kretek kelobot merek Inghwie. Setelah dua tahun berjalan Surya Wonowidjojo mengganti nama perusahaannya menjadi Pabrik Rokok Tjap Gudang Garam. Perusahaan memiliki perkebunan tembakau sebesar 514 hektar di Kediri, Jawa Timur. Perusahan tersebut dikenal dikalangan masyarakat saat ini dengan nama PT. Gudang Garam Tbk. PT.Gudang Garam tidak berdiri sendiri, melainkan menaungi beberapa anak perusahan yang melakukan tugas dalam bidang pendistribusian produk. Salah satu anak perusahaan antara lain PT. Surya Madistrindo di kota Bandung. PT Surya Madistrindo (SM) adalah suatu unit usaha PT. Gudang GaramTbk. yang bergerak dibidang pendistribusian dan penjualan semua produk-produk PT. Gudang Garam Tbk. ke seluruh wilayah di Indonesia.
    Persaingan pasar yang ketat sepanjang 2013, PT.Gudang garam mengeluarkan tiga produk baru dan memperbarui kemasan pada beberapa produk yang telah ada. Dalam rangka peluncuran produk baru, melakukan kegiatan promosi yang intensif dengan berbagai macam dukungan di sisi ritel misalnya penempatan peraga promosi di warung pinggir jalan dan di jaringan ritel moderen. Produk sigaret kretek rendah tar rendah nikotin, yang dikenal umum sebagai rokok light dan mild telah meraih kinerja yang bagus dan merupakan segmen dengan pertumbuhan terpesat dalam produk.
    Produksi dan kegiatan operasional harga beli cengkeh telah menurun dari titik tertinggi sekitar Rp 200.000 per kg saat terjadinya kelangkaan pasokan di tahun 2011-2012. Tahun 2013 pasokan cengkeh tetap terbatas dan harganya berkisar Rp 140.000-180.000 per kilogram. Persediaan meningkat 13,5% pada tahun 2013 diakibatkan dari harga cengkeh yang masih tinggi dan kenaikan harga tembakau pada skala yang lebih kecil. Hasil panen tembakau sesuai perkiraan. Belanja modal di tahun 2013 mencapai Rp 5,7 triliun, dan 68% digunakan untuk pembelian mesin produksi baru dan sisanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur logistik guna meningkatan sistem pengelolaan persediaan, penambahan gedung serta armada kendaraan untuk menunjang aktivitas pemasaran dan distribusi. Dana diinvestasikan sesuai visi jangka menengah dan jangka panjang, meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pasar saat ini, maupun di masa mendatang.
    Sumber : http://www.gudanggaramtbk.com/assets/docs/GGRM_AR%202013.pdf

    ReplyDelete
  46. RODIN
    P2CC14012
    PT, Tri Dharma Wisesa merupakan salahsatuperushaanmanufaktur yang memasok brake system untuk pelanggan – pelanggan seperti Yamaha, Toyota, Daihatsu baik didalam maupunluar negeri. Sa1ah satuliniproduksi yang adaadalahliniproduksi disc brake untukkonsumen tunggalyaitu Yamaha. Pada sistemsekarang, liniinimasihmenggunakan push system dan menghadapi Production Planning & Control yang besar, ketidakcocokanrencana danproduksiaktual, kurangadaptifterhadap perubahanpermintan.rnekanisme informasi yang kurangbaik dan inventori yang menumpuk. Tindakan yang diusulkan untukmenjawabpermasalahan tersebutadalah merancangsistemproduksi JIT (Justin Time) untuk menggantikansistem produksisekarang. Perancangan yang dilakukan dibagi .menjadi
    4 tahap.yaitu (1) perhitunganalokasi MPS (Master Production schedule ) ke tiap stasiunkerja yang ada dibagian – bagian produksi, ( 2 ) perhitungan jumlahkanban di bagian – bagian produksi, ( 3 ) penerapan kanban suplier dan (4) penjadwalan produksi dengan mixed scheduling. Masalah yang dihadapi adalahbagaimana AlgoritmaDistribusi Beban Kerjauntukstasiun-stasiunkerja, rencana masalah - masalah seperti volume kegiatanDepartemenproduksi ditiap stasiunkeja yang ada, jumlahkanban di bagianproduksi dan kanban supplier, model rancangansistem produksi JIT besertaaliran material daninformasi, dan algotitma perencanansistemproduksi JIT Dalarnalokasi MPS kestasiunkerjatidak digunakan proporsi historis, melainkandilakukan perhitungandengan AlgoritmaDistribusiBebanKerja yang diusulkan agar tiapstasiunkerjamenerima beban yang lebihberimbang. Kanban dgunakansebagaialat yang sahuntukmelakukanpenarikan ataupun produksisuatuproduk.Kanban supplier diterapkanuntuksernuakomponenpenyusun disc brake tiap tipedan raw material dari supplier. Penjadwalan dilakukandengan mixed scheduling agar dapat lebih adaptifterhadap fluktuasipermintaan. Dari hasilpenelitiantersebutsistem perancangan baru( berdasarkan JIT) layakditerapkan karenapenggunaan biayadankuantitas persediaan yang lebihkecil dibandingkan dengansistem yang sekarang dipakai perusahaan. Mengapa pendekatan dilakukan mengunakan JIT ( Just In Time ) ini dikarenakan bahwa pendekatan JIT ( Just In Time) diusulkan kepadaperusahaanuntukrnengatasipermasalahanselamaini. Hasilpenelitian yang dlperoleh adalah algoritrnaperencanaanSisternProdukal JIT denganmenggunakenkebutuhanaktual( sebenarnya) sehinggalebihefisien dansesuaidengankondisinyata. Hasil ini akan dapatmereduksi biaya (dalam hal ini holding cost ). Untuk kebijakan dalam pengendalian persediaan maupun permintaan membutuhkan Re-Order Point ( ROP ) untuk memperlancar produksi. Dalam perencanaan dan penjadwalan membutuhkan Lead Time ( LT ) sebagai acuan dasar dalam menentukan kapasitas dan waktu penyelesaian produk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. RODIN
      NIM : P2CC14012PT, Tri Dharma Wisesa merupakan salah satu perushaan manufaktur yang memasok brake system untuk pelanggan – pelanggan seperti Yamaha, Toyota, Daihatsu baik didalam maupun luar negeri. Salah satu lini produksi yang ada adalah lini produksi disc brake untuk konsumen tunggal yaitu Yamaha. Pada sistem sekarang, lini ini masih menggunakan push system dan menghadapi Production Planning & Control yang besar, ketidakcocokan rencana dan produksi aktual, kurang adaptif terhadap perubahan permintan.rnekanisme informasi yang kurang baik dan inventori yang menumpuk. Tindakan yang diusulkan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah merancang sistem produksi JIT ( Just In Time) untuk menggantikan sistem produksi sekarang. Perancangan yang dilakukan dibagi .menjadi
      4 tahap.yaitu (1) perhitungan alokasi MPS ( Master Production Schedule ) ke tiap stasiun kerja yang ada dibagian – bagian produksi, ( 2 ) perhitungan jumlah kanban di bagian – bagian produksi, ( 3 ) penerapan kanban suplier dan (4) penjadwalan produksi dengan mixed scheduling. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana Algoritma Distribusi Beban Kerja untuk stasiun - stasiun kerja, rencana masalah - masalah seperti volume kegiatan Departemen produksi ditiap stasiun keja yang ada, jumlah kanban di bagian produksi dan kanban supplier, model rancangan sistem produksi JIT beserta aliran material dan informasi, dan algotitma perencanaan system produksi JIT Dalarn alokasi MPS ke stasiun kerja tidak digunakan proporsi historis, melainkan dilakukan perhitungan dengan Algoritma Distribusi Beban Kerja yang diusulkan agar tiap stasiun kerja menerima beban yang lebih berimbang. Kanban digunakan sebagai alat yang sah untuk melakukan penarikan ataupun produksi suatu produk.Kanban supplier diterapkan untuk sernua komponen penyusun disc brake tiap tipe dan raw material dari supplier. Penjadwalan dilakukandengan mixed scheduling agar dapat lebih adaptif terhadap fluktuasi permintaan. Dari hasil penelitian tersebut sistem perancangan baru
      ( berdasarkan JIT) layak diterapkan karena penggunaan biaya dan kuantitas persediaan yang lebih kecil dibandingkan dengan sistem yang sekarang dipakai perusahaan. Mengapa pendekatan dilakukan mengunakan JIT ( Just In Time ) ini dikarenakan bahwa pendekatan JIT ( Just In Time) diusulkan kepada perusahaan untuk mengatasi permasalahan selamaini. Hasil penelitian yang dlperoleh adalah algoritrna perencanaan Sistern Produkal JIT dengan menggunakan kebutuhan actual ( sebenarnya ) sehingga lebih efisien dan sesuai dengan kondisi nyata. Hasil ini akan dapatmereduksi biaya (dalam hal ini holding cost ). Untuk kebijakan dalam pengendalian persediaan maupun permintaan membutuhkan Re-Order Point ( ROP ) untuk memperlancar produksi. Dalam perencanaan dan penjadwalan membutuhkan Lead Time ( LT ) sebagai acuan dasar dalam menentukan kapasitas dan waktu penyelesaian produk.

      Delete
  47. DIAN ISTIQOMAH
    P2CC14046

    PRINGSEWU RESTORAN GROUP
    Saya sangat tertarik dengan pringsewu management restoran setelah mendengar cerita dari teman saya yang bekerja di pringsewu managemen group . Pringsewu restaurant group masuk kandidat penerima Padmamitra Award 2014, bersama 16 perusahaan raksasa nasional antara lain, Pt. Krakatau Steel , Pt. Pertamina, Pt. HM Sampoerna , dan Pt. Freeport .

    PRINGSEWU CEMERLANG, PT – Perusahaan Induk dari : Pringsewu, Pringjajar, Pringgading, Kabayan, Oemah Daun, Tahu Kupat & Mie Pasar Baru yang tersebar di banyak kota di Indonesia managementnya berpusat di :
    Jl. DI. Panjaitan No.116 Purwokerto
    Banyumas – Jawa Tengah, Indonesia
    Telp.: (0281) 638231
    Facs.: (0281) 632507

    Tak mudah mengembangkan sebuah bisnis kuliner menjadi besar. Berawal dari bisnis keluarga, Pringsewu menjadi sebuah grup perusahaan. Apa saja resep pengembangannya?
    Kalau Anda melakukan perjalanan lintas Pantai Utara Jawa, katakanlah Anda mau ke Semarang atau Solo, Anda tentu banyak menjumpai restoran di sepanjang lintasan itu. Dari sekian banyak restoran yang berderet sepanjang jalur Pantura itu, ada sebuah restoran yang sudah dikenal banyak orang, yaitu Pringsewu. Restoran ini ramai dikunjungi orang, apalagi saat musim liburan tiba, selalu penuh pengunjung.
    Pringsewu adalah restoran di bawah naungan Pringsewu Group. Salah satu ciri khas rumah makan Pringsewu adalah lokasinya yang sebagian besar tersebar di jalur Pantura dan beberapa di jalur Pantai Selatan. Passing guest sangat luar biasa perkembangannya. Jalur-jalur itu mempunyai potensi yang luar biasa. Sekitar 80 persen pelanggan Pringsewu berasal dari passing guest.

    Strategi marketing yang sangat tepat adalah dengan menciptakan sign board yang di lingkungan Pringsewu lebih dikenal dengan road sign. Road sign ini berfungsi sebagai pemberi info jarak rumah makan Pringsewu terdekat, pengingat, dan petunjuk arah. Khasmir Koto, Marketing Director Pringsewu Group, mengatakan bahwa ide road sign merupakan strategi marketing, promosi, dan informasi yang sangat efektif.
    Pringsewu memiliki sejarah perjalanan yang cukup unik. Berawal ketika Agus Hardyanto, pendiri, pemilik, sekaligus komisaris PT Pringsewu Cemerlang (Pringsewu Group), pada tahun 1987 memutuskan untuk mendirikan restoran di atas tanah kosong seluas 1.600 m2 miliknya. Restoran pertama yang didirikan ini diberi nama “Taman Pringgading”, berlokasi di Purwokerto.

    Agus melihat bisnis kuliner dalam bentuk restoran mempunyai prospek yang sangat bagus. Tak ingin menyia-nyiakan peluang, ia pun mendirikan sebuah rumah makan dengan konsep restoran taman. Agus tak ingin membuat rumah makan biasa seperti yang lain. Dia ingin mendirikan rumah makan dengan taman sebagai nilai tambah, di mana pengunjung bisa menikmati makan mereka dengan rileks dan nyaman. Maka itu, restoran ini dibuat di tempat yang luas.
    Tak dinyana, restoran Taman Pringgading ini ramai dikunjungi. Melihat restoran pertamanya laris manis, Agus menjadi bersemangat untuk membuka cabang kedua dengan nama Pringkembar, yang kelak menjadi Pringsewu di Tegal. Restoran kedua ini pun sukses sebagai restoran yang banyak dikunjungi di lintasan Pantura. Tidak puas dengan hanya dua restoran, Agus terus mengembangkan bisnisnya hingga besar seperti sekarang.

    ReplyDelete
  48. DIAN ISTIQOMAH
    P2CC14046

    PRINGSEWU Part II
    Sebagai seorang entrepreneur, dalam membangun sebuah usaha, Agus Hardyanto selalu berpegang pada kebenaran dan kejujuran. Menurutnya, dengan berpegang pada dua hal itu, usahanya bisa berkembang sampai saat ini. Dengan berbekal pada truth dan honest, Agus bisa membuat banyak orang tertarik untuk bergabung dengan Pringsewu Group. “Kami mengimplementasikan truth dan honest ini dalam setiap pekerjaan. Sebagai contoh adalah dengan sistem keuangan yang transparan, bagus, jujur, dan tulus,” terang Agus.
    Tak hanya itu, Agus mengatakan bahwa totalitas sangat penting dalam mengembangkan Pringsewu. Selama satu hari, 24 jam, dia selalu mencurahkan pikiran dan perhatiannya pada Pringsewu. “Saking totalnya, saya sampai memikirkan hal-hal detail untuk Pringsewu karena ini sangat penting seperti kebersihan, kerapian, dan kualitas makanan. Itu selalu kami jaga,” ungkap Agus.
    Perkembangan usaha Agus yang pesat ini membuat dirinya cukup kewalahan. Manajemen waktu itu tak dapat mengimbangi pesatnya perkembangan Pringsewu. Sejak berdirinya Pringgading sampai Pringsewu Baturaden, Agus mengelola sendiri usahanya. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk menyerahkan manajemen Pringsewu kepada para profesional agar bisa dikelola lebih baik. Kemudian, bersama dengan Bambang Riyadi sebagai President Director Pringsewu Group, mereka membenahi manajemen Pringsewu menjadi lebih tertata dan efisien.

    ReplyDelete
  49. DIAN ISTIQOMAH
    P2CC14046

    PRINGSEWU Part III

    Dalam mengelola Pringsewu Group, sumber daya manusia menjadi kunci utama berkembangnya perusahaan ini. Pringsewu merangkul para karyawan sebagai rekan kerja untuk meraih profit yang tak hanya untuk investor, tetapi bisa dinikmati bersama-sama. Ini menjadi komitmen Pringsewu. “Pringsewu adalah perusahaan yang memimpin dengan hati. Kami menghargai semua karyawan melalui gaji yang pantas, penghargaan, karier, dan kebanggaan bahwa mereka bekerja di Pringsewu, perusahaan dengan brand yang bagus,” tutur Agus.
    Menurutnya, menjadi entrepreneur sangatlah penting untuk bisa melihat jauh ke depan serta mempunyai insting yang tajam. Entrepreneur harus punya keyakinan dan totalitas, di samping adanya kemauan dan nekat. Dikatakan olehnya, kegagalan pasti ada, tapi kita harus bisa bangun dan belajar. Agus berpendapat uang tak menjadi satu-satunya modal, tapi truth dan honest menjadi modal utama yang lebih penting. “Karena ini yang menjadikan kita bisa dipercaya oleh orang lain,” ujar Agus.
    Internal Quality Service
    Manajemen Pringsewu menyadari bisnis restoran tidak hanya bermodal pada menu makanan yang enak saja. Tapi, layanan yang bagus akan meningkatkan kelanggengan usaha mereka. Layanan yang bagus akan menciptakan kepuasan konsumen yang berujung pada munculnya loyalitas konsumen. Dalam konsep kepuasan konsumen, mereka melihat kepuasan konsumen sangat ditentukan oleh kepuasan dan kualitas sumber daya manusia. Itu yang menjadi dasar mereka menerapkan internal quality service (IQS) dalam rangka menciptakan kepuasan konsumen. “Kami melihat, SDM yang puas akan menyalurkan rasa puasnya itu kepada konsumen. Maka itu, perusahaan punya tanggung jawab untuk memuaskan karyawan,” kata Bambang Riyadi, President Director Pringsewu Group.
    Pringsewu bercita-cita menjadi sebuah perusahaan yang integral, tak hanya menuai profit yang besar, tapi juga mempunyai compassion tinggi terhadap karyawan. Menurut Bambang, setiap pimpinan harus mempunyai rasa empati terhadap karyawannya. Oleh karena itu, Pringsewu sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan. Tak hanya itu, Pringsewu juga mengembangkan kualitas SDM. Bambang mengatakan, “Kita me-manage manusia yang juga bekerja secara profesional dan berkarya di bidangnya secara total. Maka, Pringsewu sendiri tidak menomorsatukan uang. Hati nurani lebih penting.”
    Agus menambahkan bahwa Pringsewu adalah perusahaan yang memimpin dengan hati. Tak hanya memikirkan kepentingan investor, tapi juga mementingkan situasi dan kondisi karyawan. Kesejahteraan karyawan bukan suatu hal yang bersifat kontradiktif dengan pemasukan dan laba, tapi saling mendukung satu sama lain. “Kami selalu menekankan kepada manajemen untuk punya komitmen dengan IQS,” kata Agus.
    Bagi Agus, bisnis ini tidak dikembangkan oleh satu individu saja, tapi juga dikembangkan oleh tim yang merupakan para profesional. Setiap tahun bisnis ini selalu berkembang, baik dari segi profit maupun kualitas karena adanya inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para profesional itu. Inovasi-inovasi ini didukung karena adanya sistem komunikasi bottom up dari para karyawan ke jajaran manajemen.
    Sampai sekarang, Pringsewu Group sudah mempunyai 15 jaringan restoran yang tersebar di beberapa tempat di pulau Jawa, terutama di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Awalnya Pringgading, berdiri pada tahun 1987 dan menjadi pionir dari Pringsewu Group. Hampir setiap tahun Pringsewu mendirikan cabang baru di Yogyakarta, Baturaden, Pekalongan, Pemalang, Cirebon, Sumpiuh, dan yang terakhir adalah Pringsewu Indramayu yang dibuka 15 September 2009 lalu. Untuk ke depannya, Pringsewu Group masih akan melakukan ekspansi sampai ke Jawa Timur.
    Pringsewu merupakan restoran yang sangat mengutamakan strategi customer intimacy. Dengan strategi ini, Pringsewu bisa dengan mudah mendekatkan diri kepada konsumen. Strategi marketing diarahkan ke sana, dengan adanya database. Di Pringsewu orang tak hanya makan, tapi juga bisa mendapatkan experience. (Majalah MARKETING/Leonardus Meta Noven)

    ReplyDelete
  50. Nama : Rhesi Titasari
    NIM : P2CC14036

    PT. DJARUM, Tbk
    Kita semua pasti mengenal PT. DJarum, icon produk rokok Indonesia yang sudah mendunia dan menjadi kebanggaan di negeri sendiri. Berawal dari perusahaan keluarga di kota Kudus Jawa Tengah milik Oei Wie Gwan yang awalnya hanya membeli usaha kecil dalam bidang kretek bernama Djarum Gramophon pada tahun 1951 dan mengubah namanya menjadi Djarum dengan 10 orang pekerja dan memasarkan rokok kreteknya dengan merk “Djarum” di sekitar Kudus yang ternyata sukses di pasaran. Sayangnya, perjalanan perusahaan ini tidak berjalan mulus begitu saja, pada tahun 1963 PT. Djarum hampir habis dilalap api. Kebakaran ini tidak membuat pemiliknya putus asa, PT. Djarum kembali bangkit dan mulai memodernisasikan peralatan di pabriknya. Hingga pada tahun 1969 Djarum mulai mengekspor produknya ke luar negeri. Sekarang, di Negara-negara maju seperti Amerika Serikat & Jepang pun perusahaan rokok ini memilki pangsa pasar yang besar. Dan di negeri asalnya sendiri, Indonesia, produksi rokok Djarum mencapai 48 milyar batang pertahun atau 20% dari total produksi nasional. Bahkan sekarang PT. Djarum yang dipimpin Budi Hartono dan Bambang Hartono anak dari Oei Wie Gwan telah menjelma menjadi group bisnis yang menguasai banyak sektor bisnis di negeri ini, antara lain perbankan, properti, agrobisnis, elektronik dan multimedia, internet consumer, hiburan, dll.
    Di sector perbankan PT. Djarum menjadi pemegang saham utama, mengendalikan 51% saham, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia saat ini. Berdasarkan data Bank Indonesia pada Desember 2011 nilai aset BCA sebesar Rp. 380,927 triliun. Di sector Properti yang paling besar nilainya adalah mega proyek Grand Indonesia yang ditantangani pada tahun 2004 dan selesai pada tahun 2008. Proyek ini mencakup hotel (renovasi dari Hotel Indonesia), pusat belanja, gedung perkantoran 57 lantai dan apartemen. Total nilai investasinya 1,3 Triliun rupiah. Di Sektor Agribisnis dengan paying Hartono Plantations Indonesia Budi bersama Bambang memiliki perkebunan sawit seluas 65.000 hektar yang terletak di provinsi Kalimantan Barat dari tahun 2008. Sektor Elektronik dan Multimedia dengan mengusung merk Polytron yang bergerak di bawah bendera Hartono Istana Teknologi. Perusahaan ini telah beroperasi lebih dari 30 tahun. Tak hanya memproduksi AC, kulkas, produk video & audio, dan dispenser, kini Polytron juga memproduksi smart phone. Sektor bisnis yang baru mulai berkembang di Indonesia adalah bisnis online. Group Djarum pun tertarik untuk “menikmatinya” lewat perusahaannya Global Digital Prima Venture (GDP Venture). Dibawah naungan GDP Venture, ada beberapa perusahaan online & e-commerce yang kini terus berkembang, diantaranya adalah Kaskus.com, Blibli.com, Lintas.me, Semut Api Colony Adv, Daily Social, Klix Digital, Infokost.net, Kaspay, Mindtalk, dll. GDP Venture dikomandani oleh Martin Hartono, putra kedua Budi Hartono. Di Sektor Hiburan, Djarum Group pun memiliki sebuah Event Organizer profesional yang aktif membuat pertunjukan musik skala nasional, nama EO-nya Megapro Communications. Djarum juga sangat aktif mendukung berbagai perhelatan musik tahunan seperti Java Jazz Festival, Java Soulnation, LA Lights Indiefest, Bandung Berisik, Jakarta Blues Festival, Djakarta Warehouse Project, dan masih banyak lagi event besar lainnya.

    ReplyDelete
  51. Nama : Rhesi Titasari
    NIM : P2CC14036

    PT. DJARUM, Tbk
    (Part II)

    Tidak selalu mencari keuntungan, Djarum Group pun mendirikan Djarum Foundation sebagai bentuk tanggung jawab social perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan atau Coorporate Social Responsibility (CSR) guna membangun negeri ini dengan memiliki banyak program dan dikerucutkan ke dalam 5 kategori yaitu: Djarum Bakti Sosial, Pendidikan dengan memberikan beasiswa bagi pelajar berprestasi, Budaya, Lingkungan, dan Olahraga. Djarum juga dikenal aktif terlibat dalam dunia bulu tangkis dengan mendirikan lapangan hingga GOR PT. Djarum Bhakti Bangsa guna merekrut pemain bulu tangkis yang handal. Selain itu, dalam bidang lingkungan PT.Djarum membuat program penghijauan “Trees for Life” sebagai kelanjutan program Djarum Bhakti Lingkungan sejak tahun 1979. Dibawah payung Djarum Bakti Lingkungan telah melakukan aksi pelestarian lereng Gunung Muria dengan tanaman peneduh maupun pohon bernilai ekonomi, sehingga mampu mempertahankan kawasan penting resapan air kota Kudus. Selain itu sejak tahun 2008 Djarum BaktiLingkungan bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kanwil Jawa Tengah, turut serta dalam program pelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo dengan komitmen 700.000pohon.
    Kesuksesan ini tidak diraih begitu saja, sejak berdirinya hingga saat ini PT. Djarum memiliki, 5 nilai-nilai inti atau budaya dalam pengembangan perusahan. Nilai-nilai itu adalah fokus pada pelanggan, Profesionlisme, Organisasi yang terus belajar, Satu Keluarga, Tanggung Jawab Sosial.
    Pelanggan merupakan bagian yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan, tanpa ada pelanggan, tanpa ketertarikan pelanggan terhadap produk yang telah diproduksi, perusahan akan mandek. PT.Djarum selalu mengutamakan agar pelanggan selalu puas terhadap produknya, dengan memberikan harga yang relatif rendah meskipun keuntungan yang dicapai berkurang, hal ini diatasi dengan peningkatan hasil yang baik dan jumlah penjualan, selain itu juga PT.Djarum memberikan dana kepada beberapa pelanggan untuk memasarkan produknya sehingga tercipta hubungan yang sangat dekat.
    Profesional dalam membangun perusahaan secara baik, dimulai dengan perekrutan karyawan-karyawati yang potensial dari dalam negri, inovasi secara terus menerus, profesional dalam mengimplementasikan strategi-strategi yang telah dirancang dengan penuh optimis. Dengan profesionalisme tersebut semuanya dapat tercapai. Saat ini, PT. Djarum yang berkonsen dalam proses pembuatan dan pengolahan rokok baik cerutu maupun kretek saat ini telah mengeluarkan beberapa produk diantaranya Djarum Super, Djarum Coklat, Djarum 76, Djarum Istimewa yang kesemuanya berjenis kretek. Tapi, Djarumpun melihat pangsa pasar saat ini yang menyukai rokok berjenis Mild dengan memproduksi L.A Light, L.A Menthol, Djarum Super Mezzo, Djarum Black dan Djarum Black Menthol. Selain itu Djarum mengembangkan cita rasa yang lebih varian dengan mengkombinasikan cita rasa cappucino, dan Teh yang dikenal dengan nama Brand Djarum Black Tea dan Djarum Black cappuccino. Walaupun produk-produknya terkesan western, namun PT. Djarum tetap berkomitmen untuk menggunakan produk dalam negri. Tembakau dan cengkeh sebagai bahan utama pembuatan rokok didatangkan dari sekitar Jawa Tengah dan Luar Jawa dengan standart mutu yang tinggi. Untuk pembuatannyapun masih ada yang dibuat manual dengan tangan, dan ada juga yang menggunakan mesin guna menjaga kualitas rokok yang di produksi. PT Djarum untuk produksi tahun 2006 menyentuh 6,99 milyar rupiah yang diperoleh melalui omset perbungkusnya mencapai angka 23,66 milyar rupiah/perhari. Sementara itu, produksinya tahun lalu tercatat sekitar 38,36 unit milyar dengan asumsi sekitar 127,87 batang/perhari, karna sasaran penjualanya tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di Austria, Polandia, Prancis, Spanyol, Portugal, Turki, Belgia, Belanda, Luxemburg, Jerman, Brazil, Jepang, Malaysia, Kanada, Usa dll

    ReplyDelete
  52. Nama : Rhesi Titasari
    NIM : P2CC14036

    PT. DJARUM, Tbk
    (Part III)

    PT.Djarum telah meraih beberapa penghargaan antara lain, Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tahun 2002 (Zero Accident Acknowlegment), Audit Exterl Keselamatan Kerja tahun 2004 dengan hasil 87%. Tahun 2005 berhasil mendapatkan Bendera Emas (Bendera Emas : Pemberian penghargaan untuk perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang baik bagi perusahaan dengan produksi bersih) dan Tahun 2007 mendapat hasil 93%. Penghargaan lain Certificate of Compliance ISO 9001-2000, medali emas untuk Indonesia Quality Convention (IQC) dan masih banyak lagi. Dengan keberhasilan yang diperoleh dan produk-produk yang inovatif, PT.Djarum tidak berpuas hati, dengan keberhasilan tersebut, selalu belajar keberhasilan itu. Tidak hanya selalu menilai perusahaannya sendiri. Melakukan sharing dengan perusahaan lain berbagi pengetahuan.
    Selain itu budaya kekeluargaan juga diterapkan dalam lingkungan PT.Djarum, ini terlihat ketika pada waktu istirahat, terkadang para direksi bergabung bersama karyawan,berbagi cerita, bercanda, ini menciptakan kesenangan bagi para karyawan.Disinilah kekompakan dari segenap jajaran manajemen dan karyawan. Mereka bersama-sama untuk memajukan perusahaan,dengan dukungan organisasi yang solid,serta kerja keras dari semua karyawan. Selainitu, PT.Djarum sangat memperhatikan karyawannya dengan memberikan jaminan sosial berupa jaminan kesehatan,hadiah tahunan, tunjangan, jaminan kecelakan,jaminan pensiun. PT.Djarum juga memberikan beasiswa pendidikan pada anak-anak karyawan sehingga dapat melanjutkan pendidikannya dengan baik. Dengan ke lima nilai pengembangan tersebut, membuat PT.Djarum semakin memantapkan perjalanannya dalam industri rokok murni pribumi, tanpa tersentuh oleh aset-aset asing. Semangat Nasionalismelah yang semakin membangkitkan perusahaan ini namun tetap berlandaskan pada budaya perusahaan yang tetap dipegang teguh.
    Melihat prestasi dan kiprah PT Djarum terhadap masyarakat dan lingkungannya kita dapat mencontoh bahwa saat kita benar-benar memegang teguh budaya dan nilai-nilai yang menjadi landasan perusahaan maka tidak hanya tujuan perusahaan dan keuntungan saja yang tercapai, namun kebermanfaatan terhadap masyarakat dan lingkunganpun dapat kita raih.
    Sumber :
    1. http://www.djarum.com/
    2. http://www.kaskus.co.id/thread/515d6935e574b47269000002/tentang-pt-djarum-amp-kiprahnya-yang-luar-biasa
    3. http://areairwan.blogspot.com/2012/10/profil-pt-djarum-dan-etika-bisnis-yang.html

    ReplyDelete
  53. Tugas 2
    Aniqotul Milla Zakiyyah, S.S
    P2CC14010
    Kesuksesan Manajemen Operasional APPLE Inc.
    Apple, mungkin merupakan salah satu perusahaan yang paling fenomenal saat ini. Ketika Apple membuat produk MacBook, ada masalah penggunaan aluminium casing dimana secara fisik tidak mungkin membuat bersinar melalui metal pada saat kamera dalam posisi “on”. Dari tim developer Apple, akhirnya menemukan cara menggunakan laser untuk membuat lubang kecil di aluminium, sehingga tidak dapat terlihat mata manusia namun cahaya mampu lewat lubang tersebut. Awalnya ini menjadi salah satu masalah yang ditemukan oleh perusahaan Apple. Permasalahan terjadi jika dalam produksi masif, dimana Apple butuh Laser dalam jumlah sangat besar. Apple akhirnya mampu menemukan sebuah perusahaan yang dapat membuat peralatan Laser tersebut, Lalu, Apple menandatangani perjanjian eksklusif dengan pembuat peralatan laser tersebut untuk memberikan “lubang kecil” pada casing aluminium untuk produk MacBook Air, Wireless Trackpad, iPad, iPhone, dan produk Apple lainnya.
    Sejak pengalihan kepemimpinan dari Steve Jobs ke Tim Cooks sebagai CEO, Apple telah mampu membangun sebuah ekosistem yang luar biasa , yang melibatkan puluhan supplier maupun vendor mulai dari desain sampai dengan toko ritel. Karena volumenya permintaan yang semakin banyak dalam jumlah besar, Apple mendapatkan diskon yang cukup tinggi dalam komponen parts, proses manufaktur maupun pengiriman komponen. Apple dapat dikatakan sebagai salah satu perusahaan yang menggunakan operasional ekselen pada level yang belum digunakan perusahaan manapun di dunia.
    Proses operasional yang ekselen ini, sangat menunjang keberhasilan Apple dalam menjual produk dengan harga yang cukup tinggi, namun tetap saja sulit bagi kompetitor untuk bersaing dengan memberikan produk selengkap dengan fitur seperti produk Apple. Bahkan sejauh ini Apple ,mampu untuk menjual dan melayani permintaan besar, tanpa harus memangkas margin mereka. Selanjutnya, di tahun 2000, ketika kebanyakan produsen komputer menggunakan angkutan laut sebagai alat transportasi untuk pengiriman produk karena lebih murah, Apple justru membuat alternatif luar biasa untuk memutuskan membooking penuh dan membayar dimuka 50 juta USD layanan pengiriman airfreight selama liburan, demi memastikan bahwa produk Mac biru yang translucent sudah tersedia pada Natal berikutnya. Hal inilah yang menyebabkan competitor mereka belum mampu menandinginya.
    Cara pandang tersebut, telah menjadi jiwa dan budaya Apple sampai saat ini, jika memang perlu menyediakan dana besar demi manfaat yang lebih besar lagi dan untuk memperoleh keuntungan dalam volume besar dalam jangka waktu panjang, telah terinstitusionalisasi di perusahaan Apple. Para ahli dari perusahaan Apple seringkali bekerja di hotel, bertemu dengan vendor dan supplier, melakukan rekayasa pada proses manufaktur mereka agar mampu menghasilkan produk sesuai dengan karakter dan ciri yang Apple inginkan. Mereka juga bekerja sama erat dengan supplier dalam merekayasa pada alat proses, membuat tool baru pada proses kerja, sehingga Apple benar benar memiliki strategi rantai logistik terpadu untuk proses manufaktur mereka.
    Melihat manajemen operasional Apple dengan segala kesuksesannya, dapat disimpulkan, ada tiga poin penting kesuksesan Apple yaitu mereka mampu memberikan pembayaran di muka terhadap pemasok agar dapat memenuhi permintaan produk secara jangka panjang demi manfaat perusahaan yang lebih besar.kedua, Apple Mampu Mengembangkan kemitraan dengan bekerja sama kepada pemasok menangani masalah dalam produksi termasuk memodifikasi produk, tools atau proses bisnis mereka. Terakhir Apple mampu membangun ekosistem tertutup dalam pemenuhan pasokan komponen produk mereka, inilah yang pada akhirnya mampu menjamin keberhasilan jangka panjang terhadap kualitas dan kuantitas pasokan produk merek.






    ReplyDelete
  54. Nama : Anisya Sukmardhani
    NIM : P2CC14026


    TAMAN PINTAR JOGYAKARTA,SARANA TEPAT UNTUK BERMAIN DAN BELAJAR

    Siapa yang tak kenal Taman Pintar? Seperti namanya taman ini adalah taman yang pintar karena sebagai sarana belajar sains yang dikemas apik dalam arena bermain yang menyenangkan. Di Indonesia ada beberapa tempat yang menggunakan nama Taman pintar,salah satunya adalah Taman Pintar Jogyakarta.
    Taman Pintar merupakan gagasan pemerintah kota Jogyakarta untuk memfasilitasi besarnya minat masyarakat terhadap dunia ilmu pengetahuan. Gelar kota pelajar sedikit banyak mempengaruhi pendirian tempat wisata dan belajar Taman Pintar di Jogyakarta ini.
    Sasaran utama dari pembangunan Taman Pintar adalah mendukung program pembelajaran regular di sekolah sejak dini dengan mengasah kreativitas anak didik sedini mungkin dengan harapan akan semakin banyak inovator teknologi yang muncul dari Indonesia.
    Dengan segmentasi utama pelajar pra-sekolah hingga sekolah menengah yang bisa leluasa mendalami sainsdisekolah melalui pengamatan langsung. Taman Pintar adalah laboratorium dengan kemasan rekreasi.
    Grand Opening/peresmian besar-besaran dilaksanakan pada 16 Desember 2008 oleh Presiden RI saat itu yaitu Soesilo Bambang Yudhoyono, setelah dilakukan relokasi area yang dimulai pada tahun 2004 dengan beberapa tahap pembangunan.

    Keunggulan Taman Pintar Jogjakarta
    Sebagai tempat yang dirancang untuk memumbuhkan sekaligus mengasah kreativitas pelajar,taman pintar menyediakan beberapa program menarik yang didukung oleh pengelolaan manajerial yang bagus sehingga taman pintar Jogyakarta ini tak pernah sepi oleh pengunjung.
    Keunggulan-keunggulan Taman Pintar Jogjakarta antara lain :
    1. Lokasi yang strategis dan bisa dikunjungi kapan saja. Taman pintar dibangun dikawasan bekas pusat perbelanjaan dengan pertimbangan adanya keterkaitan yang erat antara taman pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada disekitarnya seperti taman budaya,benteng Vrederburg,Societiet Militer dan Gedung Agung.
    2. Adanya program-program unggulan seperti penyiar (presenter) TV dan animasi,kunjungan terkemas,Rumah Batik,program Kreativitas dan Rumah Gerabah.
    3. Memiliki wahana-wahana yang asyik dan menarik serta mendidik ,antara lain Memorabilia,Planetarium,Gedung Oval Kotak,Simulator Gempa,Playground,Teater 3 Dimensi, Program Kreativitas.
    4. Memiliki permainan yang menarik dan mendidik dengan nama yang menggelitik,seperti koridor air,parabola berbisik,dinding berdendang,pipa bercerita,cakram spectrum warna,air menari,forum batu,Tapak pintar,Desaku permai,Sistem katrol,Rumah Pohon,jembatan goyang,Jungkat-Jungkit,Istana Pasir,
    5. Adanya fasilitas-fasilitas pendukung yang lain yang membuat pengunjung merasa betah dan nyaman,antara lain: taman dan pohon-pohon yang rindang, foodcourt dengan harga terjangkau.
    6. Harga tiket yang dibandrol sangat terjangkau,seperti :
    Playground : gratis
    Gedung PAUD : Rp.500,-/anak (2-7 tahun)
    Gedung Oval dan kotak : Rp.5.000,-/anak dan Rp.10.000,-/dewasa

    Secara keseluruhan.Taman Pintar ini cukup representative dan cukup mendidik,sehingga layak menjadi salah satu alternative tempat wisata keluarga dan anak-anak.




    ReplyDelete
  55. Nama : Sri Wahyuni
    Nim : PC2214020

    PT RITA RITELINDO merupakan peruasahaan yang bergerak di bidang ritel. Menyediakan semua kebutuhan masyarakat sari segi sandang, pangan, elektronik, kebutuhan sekolah, hiburan, dan lain-lain. PT RITA RITELINDO berdiri pada tanggal 1 Februari 1997. Awal berdirinya perusahaan ini di rintis oleh Tn Lim Bun Jung/Buntoro, dimana pada tahun 1982 membuka toko eceran pertama dengan pola swalayan di Jalan Jendral Suprapto Purwokerto. pola swalayan ternyata mendapat sambutan baik oleh masyarakat dan itu mendorong Tuan Bun untuk membuka outlet yang lain. sampai saat ink PT RITA RITELINDO terus melakukan ekspansi usaha yang bergeraksi beberapa bidang yaitu
    1. Ritel
    saat ini telah memiliki sembilan outlet pasar swalayan dan empat outlet minimarket tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah.
    2. Seveloper dan kontraktor
    3. Fast food dan bakery
    saat ini memiliki beberapa outlet Rita Bakeryu dan buntos chcken.
    4. Property (mall)
    5. minimarket
    6. wahana permainan.

    Di setiap outletnya selalu berada si tempat yang strategis ( di tengah kota) dan tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah. mematok harga yang sangat terjangkau sehingga dapat di jangkau semua lapisan masyarakat.

    outlet outlet PT RITA RITELINDO memiliki banyak peminat dan menjadi pusat perbelanjaan ternama di jawa Tengah. ada di seluruh daerah JATENG, lengkap, murah, dan Mudah di jangkau. itulah yang menjadi daya tarik utama Perusahaan ini.

    ReplyDelete
  56. Nama : KUSTOMO/MMAngkatan 35
    NIM : P2CC14021

    PT BANK SINARMAS Tbk.
    Sinar Mas Land Plaza, Tower 1, Lantai 8
    Jl. MH. Thamrin No. 51 – Jakarta 10350

    Pada tahun 2005 PT. Sinar Mas Multiartha, Tbk yang merupakan kelompok usaha Sinar Mas yang berada di bawah kelompok usaha Financial Services mengambil alih PT. Bank Shinta Indonesia yang didirikan pada tahun 1989 yang memulai operasionalnya sejak Maret 1990. PT. Bank Shinta Indonesia mengalami perubahan nama menjadi Bank Sinarmas pada Desember 2006.
    Sebagai upaya untuk memenuhi arahan Bank Indonesia yaitu agar bank-bank umum segera menjadi perusahaan Go Public sehingga sebagian sahamnya dapat dimiliki oleh masyarakat umum, maka pada tahun 2010 setelah mendapatkan pernyataan efektif dari otoritas yang berwenang, tepatnya pada tanggal 13 Desember Bank Sinarmas mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia sehingga meningkatkan struktur permodalan sebesar Rp. 160 miliar, dari sebelumnya Rp. 568 miliar menjadi Rp. 728 miliar.
    Minat masyarakat untuk memiliki saham Bank Sinarmas cukup tinggi, hal ini dikarenakan oleh pertumbuhan usaha yang cukup menggembirakan dan cukup signifikan, hal ini dapat dilihat pada total aset pada akhir Desember 2010 sebesar 11,2 triliun, jaringan kantor bertambah menjadi 110 Kantor yang tersebar hampir di seluruh propinsi di Indonesia dan telah terhubung secara real time on-line dan teknologi informasi perbankan yang telah dicapai.
    Sebagai bank swasta nasional, Bank Sinarmas secara konsisten mengembangkan pangsa pasarnya ditengah tantangan pasar yang sedang berkembang di Indonesia. Usaha dan inisitatif diperlukan untuk memenuhi kebutuhan para nasabah dan masyarakat, maka kegiatan usaha yang awalnya pada pasar pembiayaan usaha kecil, menengah dan mikro berkembang pada pembiayaan konsumer dan komersial.
    Tuntutan fasilitas teknologi informasi yang serba canggih di masa kini dan masa depan menjadi tantangan perbankan untuk menyediakan layanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu tahun 2007 Bank Sinarmas memfasilitasi teknologi perbankan terintegrasi yang tidak terbatas ruang dan waktu yakni Phone Banking, Internet Banking, dan Automatic Teller Machine (ATM). Keperluan di bidang IT ini dari waktu ke waktu terus dikembangkan seiring dengan keperluan bisnis.
    Bank Sinarmas melangkah maju mengembangkan diri secara berkesinambungan dengan semangat dan komitmen yang tinggi dari pemegang saham, pengurus dan karyawan Bank untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan standar yang paling tinggi kepada para nasabah dan disertai dengan struktur keuangan yang kuat maka akan menjadikan Bank Sinarmas sebagai Bank Terkemuka di Indonesia.

    ReplyDelete
  57. Penerapan Service Excellent Di lingkungan RS Ananda,
    Sebagai perusahaan di bidang jasa kesehatan, maka salahsatu yang menjadi bagian penting dalam menyelenggarakan jasa kesehatan adalah dengan menerapkan konsep pelayanan prima atau service excellent. Di era sekarang ini, pelayanan prima menjadi syarat penting untuk memenangkan persaingan bisnis di bidang kesehatan untuk bisa dijadikan sebagai pilihan utama masyarakat dalam memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan.
    RS Ananda sejak 2010 telah menerapkan program service excellent untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dalam hal ini adalah pasien dan keluarga pasien. Baik yang terkait dengan perbaikan fasilitas, pembenahan sistem pelayanan, memperbaiki kualitas SDM dalam hal pelayanan, melengkapi layanan rumah sakit hingga memperbaiki sistem pelayanannya.
    Dalam hal ini saya akan mengangkat tentang peran Sumber Daya Manusia dalam meningkatkan mutu pelayanan di lingkungan RS Ananda.
    1. Standar rekruitment
    2. Program pelatihan softskill
    3. Pendampingan tatacara pelayanan oleh pimpinan unit
    4. Penerapan standar operasi pelayanan prima
    STANDAR REKRUITMEN
    Rekruitmen menjadi awalan dari program pelayanan prima, karenanya seleksi karyawan berdasarkan karakter menjadi penentu wajib penerimaan pegawai setalah kompetensi pegawai. Untuk mendapatkan karyawan yang siap melayani maka rekruitmen selain di fokuskan terhadap kompetensi juga dengan melihat karakter dasar pegawai.
    Karakter dasar yang diharapkan adalah yang sesuai dengan 5 nilai inti perusahaan, yaitu integritas, kejujuran, kerjasama, profesional, dan loyalitas yang tinggi.
    PROGRAM PELATIHAN SOFTSKILL
    Program pelatihan difokuskan kepada service excellent, serta instrumen pendukungnya diantara instrumen pendukungnya yaitu pegawai diberikan pelatihan terkait dengan pengenalan perusahaann, product knowledge, komunikasi, teamwork, charater dan tentu saja adalah SOP pelayanan prima seperti, phone service sama complain management.
    PROGRAM PENDAMPINGAN PELAYANAN
    Pegawai yang telah diberikan pelatihan dinilai performa kinerjanya secara berkala, hal ini dilakukan untuk memastikan keberhasilan pelatihan sekaligus sebagai evaluasi penerapan standar pelayanan prima yang diterapkan di lingkungan perusahaan.
    PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PRIMA
    Pegawai diberikan guidance SOP pelayanan sebagai panduan dalam melakukan standar pelayanan, dilengkapi dengan Key Performace Indikator sebagai standarisasi dan evaluasi penerapan standar pelayanan.
    Demikian sekilas mengenai operasionalisasi pelayanan konsumen yang diterapkan di RS Ananda. Terimakasih...
    NAMA : RYAN MARTIAN, SP
    NIM : P2CC14006

    ReplyDelete
  58. NAMA : ONNENG PURWATI
    NIM : P2CC14013
    MM ANGKATAN 35

    LAPORAN OBSERVASI

    MANAJEMEN PENGELOLAAN PENELITIAN DI LPPM UNSOED

    Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) sebagai unsur pelaksana akademik yang melaksanakan dua darma dari tiga darma Perguruan tinggi Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) mempunyai tugas Pokok dan fungsi di bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat dan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), serta publikasi hasil penelitian. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, LPPM terus menerus melaksanakan kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kualitas penelitian, kualitas pengabdian kepada masyarakat, Kuliah Kerja Nyata (KKN), publikasi hasil penelitian dan aplikasi serta pemanfaatan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan lembaga terkait dengan 2 (dua) pilar pengembangan pendidikan tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, yaitu:
    1. Peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing
    2. Peningkatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik

    Lembaga Penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dalam mengemban dua tugas pokok yaitu darma penelitian dan darma Pengabdian kepada masyarakat , melaksanakan tugas memberikan pelayanan, baik bagi Dosen, mahasiswa, Instansi Pemerintah, swasta maupun masyarakat

    LPPM Unsoed mengelola seluruh proses penelitian mulai dari penawaran dan sosialisasi skema penelitian, seleksi proposal penelitian baik administratif maupun substantif, pengumuman hasil seleksi proposal penelitian, monitoring dan evaluasi pelaksanaan penelitian, seminar hasil penelitian, hingga pelaporan hasil penelitian. Sebelum penawaran skema penelitian disebarluaskan, proses diawali dengan penyusunan buku panduan penelitian untuk skema lokal Unsoed. Buku panduan penelitian berisi metode penulisan dan aturan penyusunan proposal penelitian sesuai dengan skema masing-masing yang direncanakan. Setiap proposal penelitian yang diajukan dalam kompetisi harus mengacu kepada buku panduan yang telah disusun. Sedangkan skema penelitian dari luar Unsoed, buku panduan tidak disusun oleh LPPM tetapi oleh penyandang dana. Setelah buku panduan siap, LPPM menawarkan kompetisi proposal penelitian dengan tenggat waktu yang berbeda-beda untuk masing-masing skema penelitian. Penelitian dari luar Unsoed ditawarkan setelah adanya surat resmi penawaran pengajuan proposal penelitian dari instansi yang bersangkutan.

    Sebelum batas waktu penyerahan proposal penelitian berakhir, LPPM memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan penunjang penelitian. Pelatihan penunjang penelitian diselenggarakan dalam bentuk pelatihan penyusunan proposal penelitian dan pendampingan penyusunan proposal penelitian. Pelatihan ini ditujukan bagi para dosen yang belum mendapatkan pemahaman dan kemampuan menyusun proposal penelitian agar dapat turut berkompetisi baik untuk pendanaan lokal maupun nasional. Pendampingan penyusunan proposal dilakukan oleh para dosen Unsoed yang telah berpengalaman dalam kompetisi nasional maupun para reviewer tingkat nasional. Pendampingan dilakukan pada saat pelatihan maupun setelah pelaksanaan pelatihan berakhir. Berdasarkan hasil pelatihan yang telah diselenggarakan, banyak para dosen terutama dosen muda yang dapat memperoleh penelitian melalui skema Riset Pemula dana lokal Unsoed. Sedangkan dosen yang pernah memperoleh Riset Pemula dan telah dilakukan pelatihan dan pendampingan dapat berkompetisi di tingkat nasional. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya skema Hibah Bersaing, Hibah Pekerti, dan Penelitian Fundamental dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi - Kementerian Pendidikan Nasional.

    ReplyDelete
  59. NAMA : ONNENG PURWATI
    NIM : P2CC14013
    LANJUTAN ..........

    Seluruh proposal penelitian yang diajukan oleh dosen Unsoed diseleksi melalui proses seleksi administrasi (desk evaluation) untuk mengetahui kelengkapan proposal penelitian yang diajukan secara administratif. Proposal yang lolos seleksi administrasi dikirimkan kepada para reviewer/penelaah untuk dievaluasi isi proposal sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. Pengumuman pemenang sesuai hasil evaluasi dari reviewer/penelaah diumumkan kepada para peneliti baik melalui surat resmi maupun upload di website Unsoed. Setelah pengumuman, para peneliti langsung melaksanakan proses penelitiannya. Monitoring dilakukan pada pertengahan penelitian guna mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penelitian, dan pada akhir penelitian diwajibkan untuk melaksanakan seminar hasil penelitian untuk mendapatkan masukan yang bermanfaat bagi penyusunan laporan akhir penelitian.

    Skema-skema penelitian merupakan pendanaan baik dari lokal Unsoed maupun dari luar Unsoed. Sampai dengan tahun 2013 pendanaan dari Unsoed meliputi dua sistem pendanaan yaitu anggaran PNBP dan Rupiah Murni (RM). Pendanaan PNBP meliputi : Riset Kerjasama Internasional, Riset Percepatan Guru Besar, Riset Unggulan, Riset Institusional, Riset Pemula, Anggaran Rupiah Murni (RM) merupakan desentralisasi pendanaan penelitian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi meliputi : Penelitian Fundamental, Hibah Tim Pascasarjana, Disertasi DOktor, Hibah Bersaing, Hibah Pekerti, dan Unggulan Perguruan Tinggi. Sedangkan skema penelitian dari luar Unsoed tahun 2013 berasal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Riset dan Teknologi. Pada tahun 2013 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan hibah penelitian dengan sumber dana BOPTN yang khusus diperuntukkan skema Unggulan Perguruan Tinggi.

    Seiring dengan meningkatnya kualitas dan kemampuan para peneliti serta meningkatnya dana penelitian, meningkat pula jumlah proposal yang diusulkan dikarenakan LPPM selalu memberikan motivasi dan fasilitasi kepada para peneliti melalui pelatihan penunjang penelitian.

    Pada dasarnya seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh LPPM dalam rangka memberikan motivasi dan fasilitasi kepada para dosen adalah untuk menuju sasaran yaitu meningkatkan kualitas hasil penelitian. Pencapaian sasaran tersebut dapat dilakukan melalui implementasi program-program. Faktor-faktor yang mendorong tercapainya kinerja sasaran tersebut adalah:
    1. meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia dan
    2. meningkatnya diversifikasi sumber dana dari luar.
    3. meningkatnya alokasi dana penenlitian dari DIPA (PNBP).

    ReplyDelete
  60. NAMA : ONNENG PURWATI
    NIM : P2CC14013
    LANJUTAN .............

    Pada tahun 2011 berdasarkan kebijakan rektor khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan pengembangan melalui peningkatan jumlah dana, pengembangan jumlah skema, dan penjaminan mutu. Jumlah dana dan skema penelitian yang bersumber dari dana PNBP (dana masyarakat) bertambah menjadi 5 skema yaitu semula hanya skema DIPA menjadi skema Riset Pemula, Riset Unggulan, Riset Institusional, Riset Percepatan Guru Besar dan Riset Kerjasama Internasional. Pada Tahun 2012 jumlah skema bertambah lagi yaitu RUKU, Riset Non Kompetitif, dan Riset Pengembangan Pusat Unggulan guna membantu seluruh dosen Unsoed. Sebagai upaya peningkatan dan penjaminan mutu penelitian maka penetapan untuk lolos pendanaan dilakukan melalui kompetisi dan reviewer dari luar Unsoed.

    Pengelolaan penelitian saat ini mengalami peningkatan dalam hal kecepatan, keterbukaan, dan kemudahan akses informasi penelitian melalui website LPPM Unsoed mulai dari proses penawaran proposal penelitian, pengumuman pemenang kompetisi, serta pengumuman yang lain. Dimulai Tahun 2012 skema penelitian yang dikelola oleh LPPM Unsoed semakin variatif dibandingkan tahun sebelumnya. Variatifnya skema penelitian merupakan upaya LPPM guna memfasilitasi kegiatan penelitian seluruh dosen Unsoed. Semakin banyaknya skema penelitian diikuti pula dengan peningkatan jumlah dana yang terserap. Perolehan skema penelitian Hibah Kompetensi dan MP3EI menunjukkan keunggulan peneliti Unsoed dalam kegiatan penelitian yang terarah, berkesinambungan, hingga memperoleh produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. LPPM Unsoed memberikan penghargaan kepada peneliti yang melakukan kegiatan penelitian secara berkesinambungan hingga memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas produk yang dihasilkan.

    ReplyDelete
  61. Nama : Misbakhul Munir
    NIM : P2CC14031
    Strategi Bisnis Dan Pemasaran Perusahaan Coca-Cola
    Perusahaan Coca cola merupakan salah satu perusahaan minuman yang cukup mendunia dengan penguasaan pasar yang sudah cukup merata diseluruh dunia. Siapa orangnya yang tak kenal dengan produk-produk minuman dari perusahaan coca cola tersebut seperti sprite, fanta dan berbagai produk minuman baru yang beredar di pasaran.
    Sejarah Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei tahun 1886 oleh seorang ahli farmasi asal Atlanta, Georgia di Amerika Serikat bernama John Styth Pemberton. Jhon yang pertama kali mencampur minuman sirup karamel yang selanjutnya dikenal sebagai Coca-Cola tersebut.
    Sementara Frank M. Robinson sebagai sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan agar nama minuman tersebut diberi nama Coca-Cola, dengan alasan bahwa dua huruf C akan tampak lebih menonjol untuk periklanan dan mudah diingat konsumen. Selanjutnya, ia pun menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, lalu lahirlah logo perusahaan paling terkenal di dunia tersebut.
    Dr. Pemberton lalu menjual minuman ciptaannya tersebut dengan harga 5 sen saja per gelas di apotiknya. Jhon berupaya mempromosikan produknya dengan membagi –bagi ribuan kupon yang bisa ditukarkan untuk mencicipi satu minuman hasil temuannya secara cuma-cuma. Inilah awal dari perkembangan perusahaan coca cola yang sudah cukup mendunia tersebut.
    Sebagai perusahaan minuman terbesar di dunia, perusaan coca cola tidak hanya memiliki banyak keunggulan, namun juga mulai muncul sisi kelemahannya yang berindikasi pada larinya para konsumen meninggalkan produk minuman dari perusahaan tersebut. Ada banyak kelemahan dan ancaman terhadap perusahaan coca cola tersebut, berikut ini diantaranya:
    1. Secara internal, perusahaan coca cola memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah bentuk inovasi serta ekspansi yang lambat dari perusahaan dalam mengatasi pesaing serta upaya memenuhi keinginan dari pasar yang terus meningkat, Coca Cola saat ini hanya berbasis pada kategori produk minuman saja dan belum merambah ke sektor yang lain, bagan struktur dari organisasi perusahaan yang tidak mencakup seluruh jabatan yang ada.
    2. Ancaman eksternal yang akan dirasakan oleh pihak perusahaan coca cola diantaranya adalah; menurunnya konsumsi pasar terhadap produk minuman berkarbonasi, beberapa negara seperti misalnya India melarang produk minuman coca cola beredar, berbagai konflik timur tengah dan invasi peperangan yang dilakukan oleh Amerika dan Israel secara langsung mengurangi secara drastis tingkat penjualan coca cola terutama setelah adanya seruan boycot terhadap produk-produk coca cola oleh seluruh muslim di dunia.
    Ancaman lain yang bisa mengganggu perusahaan coca cola adalah semakin tingginya harga bahan mentah sehingga akan semakin berdampak pada peningkatan harga jual produk, sementara permintaan konsumen yang semakin berkurang.
    Perluasan anak cabang perusahaan di seluruh dunia yang semakin membesar juga menjadi kendala bagi perusahaan coca cola untuk mengaturnya. Hal ini akan berefek pada penurunan kualitas kerja perusahaan yang akan berdampak pada penurunan kualitas produk.
    Beberapa kelemahan dan ancaman yang dialami oleh perusahaan coca cola di atas juga diimbangi dengan berbagai keunggulan perusahaan yang satu ini. Beberapa hal yang menjadi modal kekuatan perusahaan coca cola diantaranya adalah telah menguasai pangsa pasar di dunia, telah beroperasi lebih dari 200 negara di dunia, telah memproduksi 400 merk produk yang terdiri atas 2600 produk minuman di dunia. Kekuatan ini juga dibarengi dengan berbagai prestasi yang diraih oleh perusahaan coca cola sebagai perusahaan soft drink tingkat dunia.

    ReplyDelete
  62. TUGAS 2
    NAMA : KUKUH PAMBUDI
    NIM : P2CC14024

    Artikel diambil dari facebook inspiratif

    TOYOTA PART 1

    Reputasi Toyota sebagai perusahaan otomotif yang sangat istimewa dalam hal inovasi terbukti membawa perusahaan ini ke tataran perusahaan yang sangat "profitable" dan mengatasi sejumlah produsen otomotif dunia lainnya, seperti General Motor, Ford, DaimlerChrysler, dan Honda.
    Keistimewaan Toyota terutama bersandar pada inovasi sebagai salah satu pilar yang paling kritikal dari keunggulan bersaingnya serta sistem pengembangan produk maupun filosofi desain yang berorientasi pada kualitas, cost reduction, dan kemampuan untuk menerobos pasar secara kreatif dan cerdas
    Bahkan, dalam majalah Fortune edisi Februari 2006 dikatakan, Toyota is becoming a double threat: the world’s finest manufacturer and a truly great innovator…that formula, a combination of production prowess and technical innovation, is unbeatable recipe for success….
    Seperti lazimnya perusahaan Jepang pada umumnya, kehadiran Toyota ternyata tidak semata menjadi mesin uang, tetapi malah lebih daripada itu, Toyota ikut memberi kontribusi dengan pola pikir lean production, sebuah istilah yang ditampilkan dalam buku The Machine That Changed The World yang mengubah paradigma manufaktur mass production dari Ford. Bahkan, belakangan ini ekspresi yang lebih sering kita dengar tentang kiprah Toyota adalah pernyataan bahwa "Kami (Toyota) bukan hanya menghasilkan mobil, tetapi talenta yang berkualitas". Setiap program pengembangan produk baru, setiap kualitas yang cacat dalam pabrik, dan setiap aktivitas kaizen merupakan peluang untuk mengembangkan talenta yang ada dalam perusahaan.
    Manajer sekaligus guru
    Ketika ditanya tentang apa tantangan yang terbesar sewaktu mengajarkan Toyota Way kepada para manajer Amerika, mantan Presiden Toyota Motor Manufacturing North America Atsushi Niimi mengatakan, "Mereka ingin menjadi manajer dan bukan guru." Di Toyota setiap manajer harus menjadi seorang guru. Mengembangkan manusia-manusia unggul merupakan prioritas nomor satu di Toyota.
    Memang tidak pernah terbayangkan bahwa cikal bakal Toyota yang digagas oleh seorang sederhana bernama Sakichi Toyoda yang bekerja di daerah pedalaman di Jepang dan sekarang ini dikenal sebagai Toyota City in Japan justru telah mengubah secara radikal wajah manufaktur yang selama ini ada. The Toyota Production System (TPS) menjadi salah satu landasan sangat penting dari keunggulan bersaing Toyota dan yang membuat Toyota mencetak prestasi yang konsisten sejak perang dunia ke-2 sampai sekarang ini.

    ReplyDelete
  63. TUGAS 2

    NAMA : KUKUH PAMBUDI
    NIM : P2CC14024


    TOYOTA PART 2

    Bahkan, pada tahun 1994- 2007, Toyota mampu menggandakan jumlah model mobil yang diproduksinya dengan tetap mempertahankan pengeluaran R & D sekitar 4 persen dari pendapatan. Sebuah prestasi yang telah menjadi bahan kajian yang tidak habis-habisnya oleh berbagai konsultan mancanegara dan sering kali dijadikan sebagai business case oleh berbagai perusahaan dari lintas industri. Tidak terhitung pula perusahaan yang mengopi TPS dengan harapan akan memperoleh daya saing serupa dengan Toyota.
    Kalau ditelusuri, informasi tentang TPS secara luas telah ada sejak 30 tahun lalu, tetapi tidak satu pun perusahaan yang dapat sempurna menduplikasi keberhasilan Toyota. Apa rahasianya? Ternyata, penampilan yang luar biasa konsisten dari kinerja Toyota merupakan hasil dari keunggulan manusia yang ditunjang oleh sistem yang mumpuni bagi talenta-talenta yang ada dalam perusahaan tersebut. Adalah pengetahuan dan kapabilitas dari orang yang membedakan satu perusahaan dari perusahaan lainnya. Tetapi, pertanyaan yang selalu menggelitik adalah mengapa begitu sulit sekali mengopi Toyota?
    Dalam bukunya Building the Bridge as You Walk on It, Robert Quinn menunjukkan bahwa tidak mungkin menduplikasi keberhasilan dari sebuah perusahaan lain hanya semata dengan melakukan imitasi pada tekniknya. Menurut dia, dalam mendiskusikan teknik, kita sering kali melupakan pentingnya relasional. Mungkin itu sebabnya banyak management fads yang gagal.
    Orang cenderung melakukan imitasi pada teknik, tetapi gagal untuk menjalani dan menghayatinya dalam suasana seperti halnya yang dilakukan oleh sang penemu. Teknik memang bernilai, tetapi orang tidak dapat membuat teknik itu berguna kalau tidak tertantang dan didukung oleh proses pembelajaran sehingga teknik tersebut menjadi berdaya guna. Dilemanya adalah orang cenderung ingin cepat mengopi penampilan prima dari Toyota, tetapi mereka tidak mau bekerja keras untuk mengubah perilakunya dengan mereplikasi budaya dan infrastruktur yang ada di Toyota.
    Pengembangan talenta
    Dalam buku ini, Profesor Jeffrey K Liker, Direktur The Japan Technology Management Program, University of Michigan, dan David Meier, Presiden Lean Associate serta mantan Group Leader Toyota Manufacturing, selama 10 tahun, keduanya juga merupakan penulis dari buku best seller The Toyota Way, mengeksplorasi proses utama yang digunakan oleh Toyota sebagai sarana mengajar dan mengembangkan talenta.

    ReplyDelete
  64. TUGAS 2

    NAMA : KUKUH PAMBUDI
    NIM : P2CC14024

    TOYOTA PART 3

    Pengembangan talenta di Toyota semuanya berangkat dari core concepts dan filosofi yang dibangun dari TPS. Dari 14 prinsip TPS, ada enam prinsip dalam filosofi Toyota yang berhubungan dengan pengembangan manusia. Keenam prinsip ini merefleksikan pentingnya people management, seperti setiap keputusan manajemen harus berdasar pada filosofi jangka panjang sekalipun akan mengorbankan tujuan finansial jangka pendek.
    Standardisasi proses merupakan landasan untuk perbaikan yang berkesinambungan. Setiap leaders harus memahami sepenuhnya pekerjaan dan menghayati filosofi serta mampu mengajarkannya pada yang lain. Kembangkan talenta yang istimewa dan tim yang mengikuti filosofi perusahaan. Jalinlah hubungan dengan pemasok dan selalu memberikan tantangan dan membantu mereka untuk perbaikan, Serta jadilah organisasi pembelajar melalui refleksi yang tiada henti dan perbaikan terus- menerus.
    Di Toyota, kalau seorang manajer tidak mampu menciptakan suasana belajar, kinerja kelompoknya akan merosot. Toyota bekerja keras untuk menciptakan budaya di mana proses belajar mengajar sangat dihargai dan dilihat sebagai kunci sukses jangka panjang. Kenyataan seperti yang biasa kita lihat, manakala talenta tak dikembangkan dengan memadai, maka keseluruhan sistem akan menjadi pincang.
    Melalui buku ini, kedua penulis mempunyai intensi untuk mengeksplorasi hubungan antara upaya Toyota yang tidak kenal lelah dalam pengembangan manusia dan hasil yang dicapainya. Rahasia kesuksesan Toyota terletak pada kenyataan bahwa Toyota hanya merekrut talenta yang terbaik.
    Mungkin ada yang memperdebatkan apakah seseorang dilahirkan dengan talenta tertentu atau apakah talenta itu dibentuk? Pendirian Toyota jelas, berikanlah pada kami bibit talenta yang ada, kami akan menanamnya, memberikan pupuk, air, dan memelihara serta merawatnya, dan pada waktunya akan memanen buah-buah dari pekerja kami.
    Analogi ini lazim di dalam Toyota karena kalau kita melihat ke belakang pendiri perusahaan ini berasal dari komunitas petani. Analogi ini juga mengajarkan pada kita bahwa sekalipun seorang petani yang cerdas memilih bibit yang baik, bibit itu tidak dengan sendiri akan tumbuh dengan baik kalau tidak ada upaya dan kerja keras untuk merawatnya.
    Dan kunci sukses Toyota di sini adalah mengembangkan dan merawat talenta-talenta yang ada dalam sebuah atmosfer kerja yang menghargai proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. STRATEGI BISNIS Mc.DONALD
    Success = Dream + Work + System

    Saya bekerja di rumah sakit, terlepas dari pendapat bahwa makanan cepat saji kurang baik untuk kesehatan, ada hal yang bisa kita petik dari membaca kisah sukses Mc Donald's ini. Yang bisa kita petik antara lain kecepatan pelayanan, kemudahan, kenyamanan, nilai tambah dan sebagainya dengan tujuan kepuasan pelanggan. Membaca artikel dengan judul seperti diatas kami membuat tugas 2 : tentang Manajemen Operasional yang inspiratif.
    Restoran waralaba Mc Donald's di manapun memiliki Kualitas fastfood yang standar, keramahan pelayanan, kebersihan restoran dan nilai tambah lainnya. Standar operasional sehari-hari Mc Donald's menerapkan suatu sistem yang dikenal sebagai "QSC&V", yaitu Quality (kualitas), Service (pelayanan pelanggan), Cleanliness (kebersihan) dan Value (nilai tambah yang diberikan ke pelanggan). Produk Mc Donald's manapun di Indonesia akan sama rasanya, karyawan Mc Donald's harus mempunyai jiwa "melayani". Kebersihan juga sangat diperhatikan di Mc Donald's. Di setiap gerainya tersedia lokasi bermain yang aman dan nyaman.
    Lantas nilai tambah apa saja yang bisa diperoleh ? Jika kita memesan baik drive thru maupun makan langsung di resto dengan pelayanan lebih dari 1 menit maka kita akan mendapatkan bonus free soft drink atau es krim. Kita bisa memesan melalui Mc Donald's delivery service ke rumah. Bila pesanan tidak seperti yang dipesan, complaint langsung ke Mc Donald's akan segera disesuaikan pesanan, ditambah member card Mc Donald's. Ini suatu upaya Mc Donald's agar tidak kehilangan pelanggannya.

    Proses rekrutmen dan sistem pengembangan SDM
    Mc Donald's memiliki standar "QSC&V" sehingga membutuhkan karyawan yang mau bekerja keras. Rekrutmen karyawan melalui proses seleksi, Setelah lolos tes tertulis calon karyawan akan melalui tahap seleksi OJE (On the Job Experience) atau bekerja langsung di lapangan, semua calon karyawan harus memulai dari fondasi paling bawah. Di sini akan diuji apakah benar-benar calon karyawan ini mau bekerja keras dan siap melayani. Dalam jenjang karir melalui kriteria sehingga benar-benar akan menghasilkan karyawan yang tangguh. Karyawan yang kinerjanya bagus dia bisa dipromosi sampai menjadi trainee manager. Untuk posisi ini dia diharuskan mengikuti pelatihan management development program (MDP).
    Dalam pelatihan MDP seorang trainee akan mengikut pelatihan 1) basic operation (membersihkan meja, cara memasak, mengatur suhu minyak dsb) ; 2) operation administration (menghitung stock, mencatat penjualan, mengatur jadwal pelatihan dsb.) ; 3) training system; dan 4) managerial training sebagai store manager yang mencakup aspek marketing, training, operation dan profit.
    Mc Donald's juga peduli masalah sosial, tuna rungu, tuna grahita dan cacat tubuh diberi kesempatan menjadi karyawan.

    ReplyDelete
  68. Nama : Yohan Parulian
    NIM : P2CC14028

    Managemen revolusioner “ From Zero to Hero”
    Pada tahun 1999, Nissan sebagai suatu perusahaan yang memproduksi mobil pada saat itu sedang mengalami kondisi titik terendah dalam sejarah perusahaannya. Lini produknya mulai ditinggalkan orang karena produk-produknya yang kurang menarik perhatian, dan setiap tahun terus didera kerugian demi kerugian. Begitu pula dengan kinerja keuangannya yang sama sekali tidak sehat.
    Pada tahun 1998, hutang Nissan sudah mencapai Rp. 200 Trilyun, hal ini membuat para petinggi-petinggi Nissan menyerah dan tidak dapat melakukan apapun untuk menyelamatkan perusahaannya. Hingga akhirnya pada pertengahan tahun 1999, perusahaan mobil Renault setuju untuk membeli 37% saham Nissan dan menggelontorkan dana segar untuk menyelamatkan Nissan dan disepakati juga bahwa jabatan CEO Nissan dipegang oleh Renault. Padahal perlu diketahui sebelumnya di Jepang belum ada seorang CEO berasal dari orang non Jepang. Namun pada akhirnya Renault mengutus seorang eksekutif terbaiknya yang bernama Carlos Ghosn untuk mengisi posisi CEO Nissan.
    Segera setelah itu, Carlos melakukan serangkaian langkah kunci untuk merevitalisasi permasalahan besar Nissan. Yang pertama dilakukan adalah building sense of urgency untuk berubah. Pilihan bagi Nissan saat itu memang hanya dua hal, berubah atau mati. Dan fakta serta data yang ada memang mampu membuat segenap pekerja Nissan percaya bahwa kondisi Nissan sudah berada pada titik kritis, dan mereka harus segera bangkit dari keterpurukan tersebut.
    Langkah berikutnya adalah meluncurkan apa yang disebut sebagai Nissan recovery plan. Dalam rencana inilah kemudian dibuat pemetaan rencana secara detail dan jelas mengenai apa saja yang perlu dilakukan untuk mentransformasikan Nissan. Dalam recovery plan ini terdapat dua strategi kunci yaitu segera melakukan revitalisasi produk-produk baru Nissan dan melakukan efisiensi biaya secara besar-besaran. Dalam proses pengembangan produk baru harus dipercepat dan ditingkatkan kapabilitasnya. Disini Nissan merekrut salah satu desainer mobil top Jepang, Shiro Nakamura, untuk menjadi chief design Nissan, dan keputusan ini kelak terbukti amat vital untuk merevitalisasi lini produk Nissan.
    Strategi kedua dilakukan dengan cara menutup pabrik-pabrik yang tidak produktif, dan mensentralisasi proses purchasing secara global agar lebih efisien, serta mengeliminasi pekerjaan-pekerjaan yang non value-added.
    Langkah terakhir yang dilakukan Carlos Ghosn yaitu dengan membuat suatu tim inti yang langsung diketuai oleh Carlos. Tim ini bertugas untuk memastikan bahwa semua yang tercantum dalam recovery plan tadi dapat di eksekusi dengan sempurna. Carlos bukanlah tipe pemimpin yang hanya bicara visi, saja tapi dia merupakan seorang eksekutor sejati. Carlos selalu focus pada hasil dan berorientasi pada bagaimana menuntaskan proses eksekusi. Sikap inilah yang penting dalam memastikan semua recovery plan dapat terlaksana secara sempurna.
    Serangkaian langkah kunci yang dilakukan Carlos membawa keajaiban. Pada tahun 2001 Nissan kembali meraih keuntungan, dan terus mengalami pertumbuhan yang mengesankan hingga hari ini. Melalui tindakan eksekusi yang terukur dan brilian ini Carlos dapat menuntaskan misi yang menjadi tujuan utamanya yaitu menyelamatkan Nissan dan mengembangkannya menjadi sebuah perusahaan yang besar.

    ReplyDelete
  69. Nama : Tiara Melodi Megantara
    NIM : P2CC14027
    Barbie

    Barbie adalah fashion doll yang diproduksi oleh perusahaan mainan Amerika yaitu Mattel, Inc. Pengusaha Amerika yang bernama Ruth Handler dikreditkan dengan penciptaan Barbie dengan menggunakan boneka Jerman yang bernama Bild Lilli sebagai inspirasinya.
    Diberitakan pada waktu itu, Ruth Handler sedang melihat putrinya yang bernama Barbara bermain boneka kertas yang diperankan sebagai orang dewasa. Pada masa itu mainan anak perempuan direpresentasikan sebagai boneka bayi. Ruth melihat adanya sebuah peluang yang dapat diambilnya untuk membuat boneka dengan figur orang dewasa. Ide ini disampaikannya pada suaminya Elliot, yang merupakan co-founder perusahaan mainan Mattel, namun sayangnya ide ini ditolak oleh Elliot.
    Pada tahun 1956 saat melakukan perjalanan ke Eropa dengan menyebrangi Jerman, Ruth Handler bersama anaknya Barbara dan Kenneth menemukan boneka yang disebut Bild Lilli. Bild Lilli merupakan boneka dengan figur orang dewasa seperti yang ada dalam pikiranny, kemudian ia membeli tiga boneka tersebut dan dua dari tiga boneka tersebut dibawa ke Mattel. Boneka Lilli pertama kali dijual di Jerman pada tahun 1955 dan terjual habis oleh orang dewasa, dan popular dikalangan anak-anak dengan memainkan atau mengganti pakaian-pakaian boneka yang waktu itu dijual terpisah.
    Setelah kembali dari perjalanannya, Ruth melakukan perubahan desain boneka tersebut dan diberikan nama Barbie berdasarkan nama putrinya Barbara dan dijual pertama kali pada 9 Maret 1959 di New York pada acara American International Toy Fair. Beberapa tahun setelah melakukan debutnya, Mattel, Inc mendapatkan hak atas boneka Bild Lilli pada tahun 1969 dan produksi boneka Lilli tersebut dihentikan. Tahun pertama penjualannya, boneka Barbie terjual sebanyak 350.000.
    Barbie adalah mainan pertama yang menggunakan strategi merketing dengan melakukan pengiklanan di televisi yang kemudian mulai ditiru dengan mainan-mainan lainnya. Boneka Barbie ini sekarang telah terjual jutaan di 150 negara dan diperkirakan bahwa dalam tiap detiknya 3 boneka Barbie terjual. Barbie tidak hanya seputar boneka saja, tetapi juga aksesoris utnuk boneka seperti baju, sepatu, rumah, mobil dan lain sebagaianya yang dijual terpisah dan sangat digemari tidak hanya oleh anak-anak perempuan tetapi juga orang dewasa. Selain itu Barbie juga diproduksi sebagai icon seperti di buku, kosmetik, video games dan film.
    Pintarnya Ruth dalam melihat peluang pada masa itu dimana mainan hanya berwujud bayi, dan melihat banyaknya orang dewasa yang menyukai boneka dengan figur orang dewasa di Jerman, membuat ia memiliki ide untuk membuat boneka dengan figur orang dewasa yang terinsipirasi dari boneka lain. Selain itu ia juga memanfaatkan pemasaran mainan dengan menggunanakan televisi sebagai salah satu media pemasaran yang membuat produk ini dikenal luas dan menjadikan ia sebagai mainan pertama yang melakukan pengiklanan dengan televisi yang pada akhirnya menjadi contoh oleh perusahaan mainan lainnya untuk mengiklankan mainannya di televisi. Melihat tingginya minat terhadap Barbie, Mattel, Inc juga melakukan pemasaran yang baik dengan menjual aksesoris boneka lainnya secara terpisah dan menjadikan Barbie sebagi icon untuk produk-produk lainnya selain boneka seperti video games, film, buku dll. Sekarang boneka Barbie telah tersebar untuk dijual di lebih dari 150 negara dan digemari tidak hanya oleh anak perempuan saja tetapi juga orang dewasa.

    ReplyDelete
  70. Nama : Arif Noviardiansyah, ST.
    NIM : P2CC14002

    Nama Perusahaan : Agoda (www.agoda.com)

    Deskripsi Singkat : Agoda merupakan salah satu platform hotel online dengan perkembangan terpesat di seluruh dunia dengan daftar ratusan ribu hotel dan layanan dalam 38 bahasa yang berbeda.

    Sejarah : Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 oleh dua veteran dari bisnis perjalanan online dan pada tahun 2007, Agoda diakuisisi oleh Priceline Grup, penjual kamar hotel online terbesar. Priceline Grup diperdagangkan di NASDAQ (Nasdaq: PCLN) dan merupakan bagian dari S & P 500.

    Strategi : Menggunakan layanan internet yang menyediakan layanan reservasi properti hotel atau resor secara online yang mewakili lebih dari 20 negara. Agoda memiliki wilayah operasional yang besar meliputi Singapura, Bangkok, Kuala Lumpur, Tokyo, Sydney, Hong Kong, dan Budapest, dengan tambahan kota-kota besar lainnya di seluruh Asia, Afrika, Timur Tengah, Eropa dan Amerika.

    Keunggulan : Sangat cepat, mudah digunakan, dan menggunakan teknologi berkelas dunia untuk memberikan konfirmasi instan untuk setiap pemesanan dari ribuan hotel yang terdaftar. Layanan bantuan pelanggan 24 jam dalam berbagai bahasa juga disediakan untuk memberikan bantuan dengan cepat dan dapat diandalkan.

    ReplyDelete
  71. Nama : Adhitya Rully Nugroho
    NIM : P2CC14025

    Irwan Hidayat dan PT. Sido Muncul

    Pendidikannnya hanya SMA, tetapi di tangannya Sido Muncul yang tadinya hanya usaha jamu tradisional rumahan tumbuh menjadi usaha besar, modern, dan dinamis. Intinya, ia adalah manusia pembelajar yang selalu beradaptasi dengan perubahan.

    Untuk merubah image masyarakat yang tidak menyukai jamu karena pahit, kotor, dan lain sebagainya, Irwan mulai membenahi produk. Dia memilih bahan-bahan yang berkualitas dan bersih, serta petugas yang bersih dan tempat yang juga baik. Ia menerapkan standar tinggi di atas CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) yaitu CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), ini adalah standar perusahaan farmasi.

    Sejak itu produknya diterima pasar, ia mengubah logo, kemasan, dan cara-cara komunikasi serta memakai artis terkenal dalam promo iklannya. Produknya pu dikembangkan, dari Tolak Angin yang serbuk pahit menjadi Tolak Angin cair dengan rasa mint dan madu yang tidak pahit, serta Tolak Angin anak-anak dan permen Tolak Angin. Produk Kuku Bima dikembangkan menjadi minuman energi Kuku Bima Energy. Sekarang Sido Muncul berevolusi dari sekadar produsen jamu menjadi produsen makanan, Sido Muncul mulai membuat mie instant, kecap, dan sebagainya. Semua ini dipasarkan melalui jaringan Multilevel Marketing 3S (Sugih, Sehat, Sejahtera).

    Irwan adalah seorang pembelajar yang mengembangkan perusahaan melalui Sembilan Langkah, yaitu :
    1. Pengembangan produk dilakukan sedekat mungkin dengan perubahan pelanggan. Artinya Sido Muncul harus tahu kebutuhan pelanggannya yang juga hidup dan punya masalah di Indonesia.
    2. Mengendus pasar dengan intuisi yang dibangun karena berada sedekat mungkin dengan pelanggan. (Irwan mengunjungi warung-warung jamu secara rutin dan mengantar mereka mudik saat lebaran).
    3. Membangun hubungan dengan hati, bukan semata-mata dengan akal.
    4. Bukan semata-mata mencari uang. Perusahaan harus membangun masyarakat bukan semata-mata menjadi binatang ekonomi.
    5. Komunikasi ditujukan untuk membangun kepercayaan. Caranya adalah dengan mengkomunikasikan bahwa :
    a. Pabriknya bersih, didukung oleh laboratorium pengujian dan pabrik yang besar.
    b. Rasional, buan mengada-ada dan didukung bukti hasil penelitian.
    c. Menciptakan berita, bukan semata-mata iklan yang menyesatkan atau insinuatif.
    6. Bekerja dengan cepat. Baginya waktu memang tak bisa dibeli, tetapi kecepatan bisa diciptakan. Cepat dalam mengambil keputusan, meluncurkan produk, dan menariknya kembali bila diperlukan.
    7. Mengaitkan jamu dengan pariwisata.
    8. Membangun institusi. Dunia farmasi memerlukan pabrik obat, tukang obat, dan pengobat. Dalam dunia jamu pengobat tidak ada sehingga harus diupayakan agar dokter mau menulis resep jamu dan sekolah kedkteran memperhitungkan jamu sebagai bagian dari pengobatan naturapati.
    9. Terus menerus membangun mutu SDM. SDM yang bagus, jujur, pintar, dan loyal dapat membantu mendeteksi peluang dan ancaman-ancaman.

    ReplyDelete
  72. Alhadi
    P2CC14044

    PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan perusahaan yang bergerak di jasa pengiriman salah satu layanan terbarunya yaitu Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara) untuk meningkatkan lalu lintas pengiriman barang. Dengan asumsi JNE adalah market leader di Indonesia maka dengan diluncurkannya layanan pesona, maka JNE dalam menghadapi kompetisi menggunakan strategi agresif yaitu meningkatkan pasar (Expanding Total Market), dimana JNE memperluas target customer yang dapat dilayani dan menambah layanan dengan diperkenalkannya layanan Pesona. Dengan produk PESONA ini JNE menarik konsumen yang baru (new customer) sekaligus juga meningkatkan pemakaian (more usage).
    Meskipun JNE adalah perusahaan jasa, namun jika dilihat dari product differentiation, JNE menggunakan product differentiation berikut:
    Form: Pesona memberikan layanan pembelian ‘oleh-oleh’ yang berasal dari lokasi yang jauh dan ‘oleh-oleh’ itu sendiri memiliki nilai sentimental. Nilai sentimentil ini dapat terbentuk karena ‘oleh-oleh’ berasal dari berbagai daerah dan merupakan ciri khas dari daerah tertentu sehingga sulit untuk diperoleh di daerah lain.
    Customization: Pesona menerima pesanan di luar katalog, semua jenis kuliner di pelosok desa dilayani.
    Performance quality: Kehandalan JNE juga telah dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan yang telah diberikan. Selain dilihat dari Product Differentiation, JNE juga menggunakan Service Differentiation, dimana JNE memberikan value added service dengan mengeluarkan JNE. Value added artinya nilai tambah, karena differensiasi ini merupakan tambahan dari layanan yang telah ada, tidak menggantikan.
    Ordering Ease : menunjukkan seberapa mudah konsumen melakukan pemesanan dari suatu organisasi. Pesona memberi kemudahan dalam memesan dibanding pelanggan datang langsung ke toko karena lokasi-lokasi toko yang jauh di luar kota. Bentuk kemudahan yang ditawarkan Pesona terdiri dari berbagai pilihan, yaitu: telepon ke 021-5665262 ext 217 atau e-mail ke pesona@jne.co.id, bisa juga berteman dengan Pesonajne di situs jaringan sosial media Facebook.
    Delivery mengukur seberapa baik produk atau layanan dibawa ke konsumen. Pesona menyediakan tiga layanan pengiriman pesanan yang berbeda dari sisi lokasi pengiriman tetapi juga waktu/kecepatan pengiriman, yaitu: Super Speed yang memungkinkan barang sampai di tempat tujuan di hari yang sama dengan hari pemesanan; YES (Yakin Esok Sampai): dimana pesanan akan sampai di tempat tujuan sehari setelah tanggal pemesanan; Reguler: barangnya baru dikirim sehari setelah tanggal pemesanan. Bahkan JNE merekomendasikan layanan pengiriman yang sebaiknya dipilih pelanggan sesuai makanan yang dipesan.
    Menerapkan Value pricing dengan menerapkan harga rendah untuk barang/jasa dengan kualitas yang tinggi, namun tidak semata-mata harga yang rendah, harga yang rendah ini dicapai melalui effisiensi operasional tanpa mengorbankan kualitas. Hal ini tampak jelas dari PESONA yang tidak menaikkan harga makanan yang dibeli pelanggan melainkan hanya mengenakan biaya kirim saja, hal ini dimungkinkan oleh operasional JNE yang sudah effisien. Secara ekstrim bahkan dapat dikatakan pelayanan PESONA dalam membeli oleh-oleh ini malah cenderung GRATIS, oleh karena itu value pricing sangat sesuai dengan metode pricing yang diterapkan oleh JNE.
    Pesona juga menjalankan taktik promosi harga dalam bentuk pemberian jaminan jika terdapat keterlambatan atau tidak sampainya pesanan ke tujuan, dengan kembalinya uang ke konsumen.

    ReplyDelete
  73. benza asa dicaraka
    P2CC14042

    Mark Cuban, Dallas Maverick, and more

    Mark Cuban adalah seorang pengusaha terutama di bidang IT dan broadcasting melalui AXS TV dan Landmark Theatres sekaligus pemilik tim basket NBA asal texas, Dallas Mavericks. Beberapa waktu yang lalu dia menerbitkan e-book berjudul How to Win at the Sport of Business sesuai pengalaman yang dialaminya. Tulisan kali ini saya kutip dari beberapa sumber dari inet, terutama dari blog milik Mark sendiri: http://blogmaverick.com/ langkah-langkah manajerial inspiratif yang saya dapat dari Mark diantaranya:
    1. memulai dengan obsesi atau cinta terhadap pekerjaan
    2. membuat strategi untuk mewujudkan dua hal di atas
    3. memekerjakan orang yang senang bekerja di tempat usaha kit
    4. mengetahui secara jelas tentang penjualan kita
    5. mempekerjakan orang terbaik di setiap bagian perusahaan dan mempunyai kesamaan visi, misi, dan prinsip kerja
    6. mempergunakan waktu sebaik mungkin, 24/7
    7. membuat fasilitas terbaik untuk para karyawan agar mereka merasa nyaman dan lebih kreatif inovatif produktif, misal menyediakan mesin espresso dan minuman bersoda
    8. menciptakan sebuah kantor yang transparan dan terbuka sehingga semua unit perusahaan mengerti semua yang terjadi dalam perusahaan
    9. selalu menyesuaikan fasilitas perusahaan dengan perkembangan teknologi yang ada
    10. jangan pernah mencuri hak cipta. Contoh: jangan memakai logo perusahaan, usahakan selalu menciptakan logo sendiri dalam setiap project atau section
    11. jangan menyewa perusahaan public relation

    Mark Cuban mencontohkan dalam salah satu event di pertandingan basket antar SMA, beberapa hal yang harus dilakukan menurutnya adalah:
    1. pertandingan pertama setiap musim adalah momen penting dimana seluruh penggemar dari berbagai kalangan dan usia datang untuk menonton langsung tim bermain, maka yang harus dilakukan adalah menyediakan t-shirt supporter tim secara Cuma-Cuma kepada para pendukung
    2. memberi perhatian lebih pada pemegang tiket musiman, karena mereka adalah salah satu sumber terbesar pendapatan ticketing tiap musimnya
    3. memberi harga yang lebih menarik pada pemegang tiket musiman. Dasar dari hal ini adalah TV yang lebih menarik disbanding menonton langsung, di satu sisi supporter yang mendukung langsung adalah SIXTH man yang mendorong tim pada kemenangan di lapangan, dan di sisi financial, dan ini dibutuhkan secara konsisten mengingat tim memainkan 82 pertandingan regular tiap musimnya. Pemegang tiket musiman adalah ‘raja’ dari konsisten partai ke partai
    4. perluasan jaringan penjualan tiket secara online di banyak portal, karena supporter membutuhkan kemudahan untuk menjadi lebih konsisten datang ke tiap match
    5. carilah sponsor sebanyak-banyaknya dengan harga ikatan kerja yang luar biasa dan berikan timbale balik yang luar biasa pula. Sediakan space dan fasilitas untuk para sponsor berpromosi maksimal. Pada dasarnya anda tidak bisa menjual olahraga, namun olahraga membutuhkan penjualan
    6. pastikan partai home adalah taman rekreasi untuk para fans yang datang mendukung langsung. Anda tidak dapat memaksakan para fans datang ke tiap laga dari 82 pertandingan, apalagi pada pertandingan away yang harus menempuh ribuan mile. Maka buatlah partai home senyaman mungkin bagi fans, seperti mengadakan mini game, menyediakan slot-slot kursi khusus untuk sasaran fans tertentu, misal militer

    ReplyDelete
  74. Nama : Pramudito Arif Sulistyanto
    NIM : P2CC14038

    NOKIA
    Siapa kira produsen Handphone dari Finlandia ini awal mulanya adalah pabrik kertas si tepian sungai Nokianvirta, Finlandi Barat. Kesuksesan perusahaan Nokia ini berawal dari tahun 1865 oleh Fredrik Idestam, seorang insinyur pertambangan, Fredik Idestam sukses dengan membangun pabrik pulp kayu (proses pemisahan serat dari bahan baku kayu berserat maupun non kayu). Kemenangan Fredrik Idestam adalah medali perunggu di Paris World Exposition pada tahun 1867, dengan industry kertas terbesar di Finlandia. Pada tahun 1871, Fredik Idestam menamai perusahaainnya Nokia Ab. Pada tahun 1967, Nokia Ab bergabung dengan Finnish Rubber Works dan Finnish Cable Works, dan menamai dengan Nokia Corporation. Untuk Finnish Rubber Works merupakan pabrik karet, dan Finnish Cable Works merupakan perusahaan kabel dan elektronik. Nokia Corporation sukses dengan membuat perangkat elektronik pertama dalam rumah tangga, yaitu penganalisis getaran yang dirancang untuk digunakan dalam pembangkit listrik tenaga nuklir. Selain itu juga membuat televise terkemuka, Finlandia Salora. Nokia semakin eksis untuk membangun era ponsel dengan peluncuran Nordic Mobile Telephone pada tahun 1981. Kemudian The Mobira 450, suatu perangkat telepon mobil, dan dikembangkan menjadi Mobira Talkman Portable. Pada masa ini bentuk ponsel sangat besar, berat, dan biasanya permanen terpasang di mobil. Kesuksesan selanjutnya berawal dengan membuat ponsel panggilan GSM pertama di dunia.
    Pada tahun 1992, Nokia memutuskan untuk berfokus pada bisnis telekomunikasi, dengan memanufaktur ponsel serta memanufaktur sistem telekomunikasi. Sampai tahun 2000an, Nokia menjadi Ponsel terkemuka di dunia, dengan ponsel ‘snake game’. Banyak inovasi Nokia membangun sebuah perangkat Handphone, dari ponsel pertama di dunia WAP (Wireless Application Protocol), ponsel dengan jatingan 3G pertama. Banyak inovasi dari nokia, tipe-tipe nokia yang stylish yang unik dari yang besar sampai yang terkecil. Nokia menamai Ponselnya dengan 4 digit angka, tapi tanpa angka 4 (empat) diawalan digit, seperti 1112, 2310, 3310, 5610, 6650, 7810, 8800, dan 9590. Selain menamai dengan 4 digit, nokia juga memanjakan dengan perangkat Nseries, seperti N-Gage, ponsel dengan fitur mobile gaming multiplayer. Ponsel Nokia memakai Sistem Operasi Symbian. Nokia juga bergabung dengan produk pesaingnya yaitu Siemens, dengan Nokia Siemens Networks meluncurkan Ovi, merek baru layanan internet. Tapi bergabungnya dua produsen telpon ini mematahkan persaingan, dengan munculnya Sistem Operasi yang lebih menarik dan kalah bersaing, yaitu Sistem Operasi Android. Android sangat genjar, dengan ponsel open source yang memudahkan untuk memainkan dan memakai aplikasi besutan dari Google. Android lebih mudah digunakan, seperti merk yang sudah memasuki era Android adalah Samsung, dan Sony. Nokia tetap tidak mau beralih ke Android, dan ternyata saham semakin menurun. Para konsumen yang awalnya memiih nokia kini berpindah ke ponsel Android.
    Tahun 2011, pertama kalinya Nokia memutuskan untuk beralih dari Symbian, dan memilih Windows sebagai Sistem Operasinya. Nokia resmi dibeli Microsoft dengan harga USD 7,2 Milyar atau sekitar RP 79,7 Triliun. Microsoft mengambangkan dengan Operasi Sistem Windows Phone, sesuai perjanjian nama ‘Nokia’ masi tetap digunakan, dengan embel-embel Lumia untuk merk dengan Operasi Sistem Windows Phonenya. Untuk tipe terbaru sudah ada Nokia Lumia 620, Nokia Lumia 710, Lumia 820, lumia 900 dan banyak lagi. Dengan Windows Phone menjadi kan peringkat empat jajaran Operasi Sistem didunia, pertama IOS, Android, Miui, dan Windows Phone.

    ReplyDelete
  75. NAMA: NUR WIGIASTUTI
    NIM : P2CC14011

    PT. Sophie Paris Indonesia didirikan sejak tahun 1995 oleh seorang pengusaha berkebangsaan Perancis yaitu Mr. Bruno Hasson. Dia adalah seorang president director PT. Sophie Paris Indonesia, dahulu kita kenal dengan PT. Sophie Martin Indonesia. Sophie Paris merupakan perusahaan fashion no. 1 di Indonesia yang berbasis network marketing. Perkembangan Sophie Paris sangatlah pesat, diawali dari home industri dengan produk hanya beberapa macam tas dan dompet saja, namun kini sudah banyak yang mereka jual seperti tas, dompet, baju, sandal, sepatu, jam tangan, kaca mata, aksesoris, souvenir, kosmetik, dan produk home living. Saat ini Sophie Paris juga sudah merambah ke manca negara, diawali dari pada tahun 2002 Sophie Paris membuka cabang di Manila, Filipina yaitu negara pertama di Asia yang dipilih oleh Sophie Paris. Tahun 2008 Sophie Paris resmi dibuka di Casablanca, Maroko. Tahun 2010 di bulan November Sophie Paris membuka cabang lagi di Ho Chi Minh, Vietnam. Tepat di bulan Januari 2012 Sophie Paris membuka cabang di Malaysia. Terbukti bahwa Sophie Paris berkembang sangat pesat, dari tahun 1995 sampai sekarang Sophie Paris telah dikanal di beberapa negara dan di beberapa kota bahkan daerah-daerah di Indonesia. Saat ini Sophie Paris di Indonesia memiliki lebih dari 400 Business Center (BC) yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti halnya pada perusahaan lain, Sophie Paris juga mempunyai Visi dan Misi, dan saat ini Visi terbaru yang mereka rumuskan telah melahirkan 5 Core Values yang merupakan prinsip yang harus dimiliki dalam upaya menjalankan visi tersebut.
    Visi Sophie Paris yaitu Together We Will Be Number 1 in The World, menjadi perusahaan Multi Level Marketing (MLM) fashion no. 1 di dunia yang mendukung SDM profesionalisme. Untuk mempersiapkan menghadapi tantangan yang akan datang dalam mencapai kesuksesan dan kebahagiaan, kini Sophie Paris telah merumuskan satu visi baru yaitu Sophie Delivers Happiness, maknanya adalah keluarga besar Sophie Paris percaya bahwa kebahagiaan di Sophie berawal dari semangat karyawan yang tercermin dari hasil kerja dan antusias mereka. Sophie Paris selalu memberikan kejutan yang positif kepada setiap pelanggan dengan produk terbaik yang bervariasi dan pengalaman yang luar biasa. Member Sophie Paris mendapatkan kesempatan untuk mengubah hidup mereka, meningkatkan taraf hidup dan memperoleh penghasilan yang lebih baik. Sophie Paris juga menjalin kerjasama jangka panjang yang saling menguntungkan dengan supplier dan tumbuh besar bersama mereka.
    5 Core Values yang dilahirkan dari Visi terbaru Sophie Paris adalah sebagai beikut :
    1.Sophie Family Spirit With Passion and Fun. Semangat kekeluargaan Sophie yang penuh antusiasme dan menyenangkan.
    2.Extreme Customer Centric. Mengutamakan kepuasan pelanggan.
    3.Focus, Accurate, Simple, Time. Fokus, Akurat, Simpel, Tepat Waktu.
    4.Be Open Mind and Eager to Learn. Berpikir terbuka dan ingin terus belajar.
    5.Teamworks is the Rule. Kerjasama tim adalah kuncinya.
    Sedangkan Misi dari Sophie Paris adalah :
    1.Menyediakan produk yang berkualitas, design terkini dan harga terjangkau.
    2.Memberikan pelayanan yang terbaik bagi member.
    3.Menciptakan peluang usaha untuk semua member.

    ReplyDelete
  76. Lanjutan...Sophie Paris (WIGI - P2CC14011)
    Proses produksi Sophie Paris dikerjakan sesuai standar ISO 9001:2000 tentang Management Quality. Brand Sophie Paris kini tidak hanya Sophie Martin Paris, yang mengedepankan desain yang “chic”, “simplicity” dan “classic”. Namun sekarang brand Sophie antara lain:
    - S.A.S (Son Altesse Sophie), dengan mengusung desain yang “edgy”.
    - Sophie Martin Paris Signature, mengedepankan desain yang sederhana namun dengan detil yang luar biasa. Signature merupakan favorit dari band Sophie Martin.
    - Sophie Martin Paris Classic, menghadirkan koleksi busana “wearable” untuk kesempatan formal.
    - Sophie Martin Paris Casual, koleksinya lebih berani dengan warna “permen” yang dipadu dengan desain yang feminine.
    - B & G (Boys & Girls and More),label unisex ini mengusung desain kontemporer bergaya “hidh street”.
    - A.L.I.V.E (Alternative Living In Violent Environment) Paris est.1996, satu lagi brand unisex ini mengusung gaya casual.
    - Skin Care Series, Make Up Decorative Series, Body Care Series, Kosmetik, Hair.
    Berdasarkan hasil survey dari Majalah SWA, Majalah Marketeers & Markplus Inc dan Majalah Marketing, Sophie Paris sering sekali meraih penghargaan sebagai Brand Terfavorit dari tahun 2010 sampai sekarang. Selama 5 tahun berturut-turut, Sophie Paris memperoleh Top Brand Award dengan Kategori Tas Kerja Wanita Tahun 2010-2014. Bisnis Sophie Paris kini sudah online, Sophie Online merupakan gabungan dari beberapa situs jejaring sosial yang digunakan Sophie Paris sebagai salah satu media komunikasi dan interaksi antara BC, Member dan Konsumen. Beberapa situs yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengembangkan jaringan dan bisnis Sophie Paris, diantaranya Facebook, Twitter, YouTube dan Tumblr serta media lainnya
    Selain Sophie Paris, Mr. Bruno Hasson dibantu oleh beberapa penasihat yang memang mempunyai perhatian tinggi terhadap masalah social, yaitu : Oppie Andaresta, Becky Tumewu dan Baby Jim Aditya. Meraka bersama-sama mendirikan suatu Yayasan Sosial Independen yang Non Profit. Yaysan tersebut didirikan pada tahun 2010 dengan nama Yayasan Helena. Tujuan dari yayasan tersebut adalah memasikan bahwa semua anak mendapatkan pendidikan dasar dan keterampilan, agar nereka semua mempunyai kehidupan yang produktif dan bermakna ke depannya. Dengan harapan mereka punya bekal untuk hidupnya, sehingga tidak berpikir untuk lari ke jalan. Sedangkan Misi dari yayasan Helena adalah tidak hanya memberikan beasiswa kepada beberapa siswa, tetapi juga menawarkan kepada mereka manfaat dri “Rumah Belajar Helena” dengan memberikan peljaran keterempilan, seperti music, menjahit, olah raga, mekanik dan masih banyak lagi.
    (sumber: Buku Panduan Member 1, 2, 3 dan Katalog Sophie Paris)

    ReplyDelete