Sunday, April 7, 2013

Tugas 1 MM Angkatan 32 2013: Pertanyaan tentang Bisnis dan Manajemen


Setelah kita membahas beberapa hal tentang bisnis dan manajemen, Saudara diberi kesempatan untuk menanyakan kepada dosen hal-hal yang berkaitan dengan bisnis dan manajemen, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan Saudara.

Pertanyaan minimal 1 pertanyaan, namun Saudara diperkenankan untuk bertanya lebih dari 1 pertanyaan.

Pertanyaan ditulis disini sebagai COMMENT.

Sukses selalu.

Mr.AP



34 comments:

  1. Salam hormat Pa' Agung,
    Pertanyaan saya adalah...
    Sebagai seorang pekerja apa yang harus kita lakukan agar perusahaan bisa keluar dari lingkaran setan supaya produktivitas meningkat sementara jajaran manajemennya bermental korup dan aksi ambil untung sendiri,
    terimakasih.
    Hermawan (P2CC12039)

    ReplyDelete
  2. Pertanyaan saya,
    Bagaimana cara menjalin komunikasi dan hubungan yang baik antara pimpinan dan bawahan agar tercapai suatu tujuan organisasi yang mampu bersaing dengan organisasi lain?
    Terimakasih..

    Arief P.
    P2CC12045

    ReplyDelete
  3. Selamat sore,
    Pertanyaan saya, apabila A sebagai seorang asisten manajer di suatu instansi, A memiliki beberapa atasan, fungsi manajemen seperti apa yang dapat A terapkan apabila beberapa atasan A mempunyai perbedaan pandangan terhadap suatu permasalahan yang sama? (Fungsi manajemen baik untuk A dan juga sikap A sebagai saran kepada atasan saya)
    Jatmiko Hanggarjito (P2CC12056))

    ReplyDelete
  4. Salam Sukses Pak!!
    Yang ingin saya tanyakan, bagaimana menciptakan iklim organisasi yang sehat yang dapat menunjang produktivitas karyawan?
    Sekian pertanyaan saya, terima kasih.

    Cindera Syaiful Nugraha/ P2CC12051

    ReplyDelete
  5. Selamat malam,
    Sebelumnya saya belum pernah terjun langsung ke dunia bisnis atau pun manajemen tapi lebih ke teknis. Saya ingin menanyakan:
    1. Bagaimana caranya kita bisa mengontrol, "memanage" diri kita supaya mampu menghadapi permasalahan dalam organisasi?
    2. Bagaimana cara saya memberikan kontribusi kepada organisasi untuk pengembangan bisnisnya? (karena saat ini kemampuan manajerial sy masih minim).
    Sekian dan terimakasih.

    Indah W (P2CC12063)

    ReplyDelete
  6. Selamat siang pak Agung
    Pertanyaan saya adalah
    1. bagaimana saya bisa memanage waktu saya sehingga semua pekerjaan saya bisa selesai dengan efektif dan efisisn? saya adalah seorang mahasiswa COASS kedokteran gigi pak, terus terang saya sedikit kewalahan dalam mengatur waktu saya dan seringnya planning saya tidak berjalas sesuai dengan apa yang saya harapkan..

    2. kemudian bagaimana cara meyakinkan dan menjalin komunikasi yang baik dengan pasien supaya pasien bersedia mendapatkan perawatan gigi dan mulut karena seringnya pasien merasa ragu untuk dirawat oleh coass..jangankan dirawat oleh coass pak, kadang dirawat oleh dokter gigi sekalipun pasien tetap merasa takut dan ragu..

    terima kasih pak..

    Leni Paramita / P2CC12066

    ReplyDelete
  7. Selamat malam pak Agung

    Yang akan saya tanyakan adalah :

    1. Variabel-variabel apa saja yang biasanya digunakan untuk menentukan besarnya target produksi target penjualan?

    2. Apabila beban target yang diberikan terlalu besar (jauh melampaui kapasitas pasar yang selama ini saya ketahui), maka langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan ? apakah saya tetap menjalani target, atau saya harus komplain ?

    Terimakasih pak Agung

    Wirdasari
    MM32 / P2CC12055

    ReplyDelete
  8. Selamat pagi pak Agung,

    Yang akan saya tanyakan adalah:

    Sebagaimana yang saya ketahui manajemen sebuah perusahaan diibaratkan kemudi bagi sebuah kendaraan, nasib perusahaan sangat ditentukan oleh keputusan dan strategi yang diambil oleh pihak manajemen perusahaan. Bagaimana cara kita untuk mengetahui seberapa bagus dan kuatnya manajemen sebuah perusahaan, apakah cukup dari bagaimana kita mengetahui visi dan misi perusahaan tersebut sebagai filosofi dari manajemen?

    Terimakasih pak Agung, Salam.

    Melati Ayu A./P2CC12047

    ReplyDelete
  9. Assalammualaikum wr wb

    Nama Budi Probowo
    NIM P2CC1206Se

    setelah mengikuti beberapa sesi perkuliahan pengantar bisnis manajemen saya ingin mengajukan pertanyaan,,
    perlukah seorang manager marketing di dalam perusahaan perbankan mempelajari atau memberikan coaching kepada tenaga pemasar bagaimana cara berkomunikasi dan menentukan cara mencapai target sales penjualan yang efektif

    ReplyDelete
  10. ama Budi Probowo
    NIM P2CC12060

    setelah mengikuti beberapa sesi perkuliahan pengantar bisnis manajemen saya ingin mengajukan pertanyaan,,
    perlukah seorang manager marketing di dalam perusahaan perbankan mempelajari atau memberikan coaching kepada tenaga pemasar bagaimana cara berkomunikasi dan menentukan cara mencapai target sales penjualan yang efektif

    pertanyaan ke 2
    Perlukah seorang pemimpin cabang bank mengambil kuliah S2???

    ReplyDelete
  11. Yth.P Agung P
    Selamat malam pak,Pertanyaan saya Bagaimana ya pak memanage waktu agar pekerjaan kita bisa selesai sesuai dengan target?karena saya kuliah S2 sambil bekerja(sebagai Pengawas SMA) sementara saya juga harus menyelesaikan Tesis saya(saya sebenarnya angkatan 29 ) tetapi hrs mengikuti matrikulasi bersama angkt 32 karena saya blm menempuh matrikulasi tsb sewaktu saya brkt haji,sehingga pulang kerja sudah lelahkehabisan tenaga untuk menulis tesis ,saya khawatir kalau tidak bisa sesuai target pak,atas saran dari Bpk diucapkan terima kasih

    Nanik Indriyati/P2CC11030/Prog MM

    ReplyDelete
  12. Semangat pagi pak Agung.. salam sukses!

    Pertama saya ucapkan terima kasih atas kesempatan untuk bertanya ini, pertanyaan yang saya ingin ajukan adalah:
    Apabila saya di terima sebagai karyawan baru di sebuah perusahaan dalam posisi sebagai salah satu first line manager, bagaimana jika saya menghadapi cases spt di bawah:
    1. Existing management yang berjalan di perusahaan ini tidak sesuai dengan pengalaman atau teori yng saya peroleh di MM, apakah langkah bijaksana yang perlu saya ambil?
    2. Perusahaan sedang melakukan efisiensi besar2an di segala bidang, saya sedang mengajukan budget se minimal mungkin sesuai kondisi di lapangan yang oleh perusahaan masih dianjurkan untuk di revisi. Apakah saya harus mengikuti program perusahaan supaya dianggap karyawan patuh dan posisi saya aman atau saya memaksakan budget yang saya ajukan?

    Terima kasih
    Rizki Anggardewi,
    MM32/P2CC12065

    ReplyDelete
  13. Selamat Siang Pak

    Ditengah tengah persaingan usaha yang semakin ketat dan perubahan - perubahan yang terjadi di Pasar. Kadangkala untuk tetap dapat eksis dan bertahan, suatu perusahaan atau bisnis harus melakukan perubahan yang cukup ekstrim (perubahan besar). Contohnya, di bisnis telekomunikasi saat ini dimana biaya telepon dan sms yang semakin murah, tentu harus diimbangi dengan pengetatan biaya operasional agar dapat tetap eksis dan bersaing dengan kompetitor lainnya. Pengetatan biaya operasioanal biasanya merupakan kebijakan yang kurang populer di kalangan karyawan, dan seringkali menyebabkan adanya kubu yang pro dan kontra terhadap perubahan itu. Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Bagaimana seorang manajer memanage kubu yang pro dan yang kontra terhadap perubahan tersebut, agar tetap dapat mencapai target atau hasil yang telah ditentukan.
    2. Apakah ada kiat kiat khusus yang bisa dilakukan untuk mengurangi kubu yang kontra terhadap perubahan, apabila suatu perusahaan terpaksa harus mengambil tindakan yang tidak populer (tindakan mengurangi fasilitas untuk karyawan, seperti meniadakan lembur, penghematan biaya perjalanan)

    Demikian pak, beberapa pertanyaan yang saya ajukan. Mohon arahan dan bimbingannya.


    Hormat saya,
    Oky Vanus Setianto, S.E
    P2CC12058

    ReplyDelete
  14. Yth: Pak Agung

    Untuk memanage sesuatu terkadang tidak semudah dengan yang kita harapkan. Tentu banyak sekali kendala yang muncul ketika akan melangkah, khususnya memanage orang dengan berbagai macam sifat dan karakter dan egonya masing-masing.
    Saya pernah membaca artikel tentang salah satu perusahaan di Jepang yang membutuhkan tenaga kerja untuk dijadikan tim yang kuat dan solid, mereka merekrut pekerja baru berdasarkan golongan darah, katanya dari golongan darah dapat menentukan mana pekerja yang individualis dan mana yang solid untuk dijadikan tim.
    Saya melihat bahwa tim yang solid menjadi suatu hal yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan perusahaanya.
    Pertanyaan saya:
    Bagaimanakah langkah-langkah membentuk tim yang kuat dan solid dengan pekerja yang berbeda sifat dan berbagai karakter.

    Terimakasih
    Tuti. Herawati
    P2CC12041

    ReplyDelete
  15. Yth. Pak Agung

    Selamat Malam Pak
    Manajemenkalimat yang sangat populer saat ini dari tukang bakso sampai dengan presiden sering mengungkapkan hal ini, tapi ibarat angin kita dapat merasakan kadang bisa mencium baunya,tapi sampai saat ini tidak ada kata yang begitu sempurna dan lengkap tumtas menjelaskan kalimat atau makhluk yang bernama manajemen ini, mengatur? mengelola atau merusak sistem? jadiarti dan maksudnya tergantung dari siapa yang mendefinisikannya?


    Terima Kasih
    Mohamad Targib
    P2CC12068

    ReplyDelete
  16. Yth. Pak Agung

    Salam Hormat,
    Terkait dengan unsur-unsur sarana di dalam manajemen yaitu khususnya Man(Manusia), faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yang berkerja sama untuk mencapai tujuan.
    Yang ingin kami tanyakan adalah :
    1. Bagaimana mengatasi terjadinya "Burn out" ataupun "Work Load" pada karyawan/petugas yang setiap hari selalu berhadapan dengankejadian/situasi yang menimbulkan stress baik disadari maupun tidak apalagi dengan sistem kerja shift yang mengganggu irama sirkardian tubuh?
    2.Bagaimana menciptakan Komunikasi yang efektif dan efisien baik antara atasan - bawahan, pelayanan pelanggan internal dan eksternal?
    3.Bagaimana menciptakan budaya organisasi yang baik dan situasi yang kondusif di dalam pekerjaan?

    Terima Kasih
    Hormat Kami,
    Darmini
    P2CC12067

    ReplyDelete
  17. Nama : Purwoto
    NIM : P2CC12071

    Assalamu’alaikum Wr.Wb…Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua

    Bpk Agung yang kami hormati dan kami banggakan, pertanyaan saya cukup sederhana :

    Bukan rahasia umum lagi bahwa dalam dunia birokrasi sering terjadi perbedaan antara teori dan praktek pelaksanaannya. Disatu sisi kita ingin melaksanakan pekerjaan tersebut sesuai ketentuan, norma dan aturan, namun disisi lain sering pula kita berhadapan dengan perintah pimpinan yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut. Apabila kita menolak sudah barang tentu dianggap tidak loyal dan dengan segala risiko yang akan dihadapi, sedangkan kita mengharapkan adanya jalinan hubungan baik dan harmoni antara atasan dan bawahan sehingga dengan demikian hasil pekerjaan diharapkan optimal. Bagaimana cara tepat strategi untuk mensiasati hal tersebut agar tidak DILEMATIS?

    Tks. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  18. Yth. Pak Agung Praptapa

    Malem Pak,
    Saya ada pertanyaan, ada seorang pegawai kantoran (volume kerja tinggi) hari kerja Senin - Jumat, saat ini sedang kuliah (Sabtu – Minggu) S2 juga dan ingin mencoba berbisnis.. Kira-kira jenis bisnis apa yang cocok untuk Ybs? Bagaimana manajemen waktunya, supaya pekerjaan kantor, kuliah dan bisnisnya dapat berjalan dengan baik dan lancar?
    Mohon pencerahannya.hehe

    Tq
    Adityo Wibowo Djohar/P2CC12070

    ReplyDelete
  19. Assalamu'alaikum Wr.Wb.
    Wahyu Jatmiko P0CC12069
    Tugas I.
    Yth. P. Agung P.
    Pertanyaan yang saya ajukan adalah :
    Bagimanakah sikap yang sebaiknya dilakukan oleh seorang middle manager ketika ketika level yang lebih atas dan (bukan atasan langsung) selalu memberikan komentar yang negatif kepada "middle manager" tersebut, sementara atasan langsung ybs dan direktur utama selalu memberikan apresiasi dengan apa yang telah dikerjakan ?

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  20. Esthi Budiningsih, P2CC12044

    Selamat Pagi pak Agung,
    1. Dalam Instansi Pemerintah yang strukturnya sangat panjang, SDM nya heterogen, adanya aturan-aturan Pemerintahan maupun Hukum yang sangat banyak (birokrasi) ditambah lagi SDM manajernya yang bukan "The right man in the right place",manajemen seperti apakah yang efektif diterapkan?
    2. Bagaimana cara pengukuran kepuasan kerja internal organisasi dan menyampaikan ketidakpuasan kerja internal terhadap unit/bagian lain dalam suatu organisasi?

    DEmikian pak Agung, Terimakasih

    ReplyDelete
  21. Yth. Pak Agung

    1.Bagaimana cara seorang manajer mengeloa suatu konflik yang terjadi antar anggota organisasi yang justru dapat menguntungkan organisasi dan membuat organisasi menjadi lebih solid?
    2.Dari sudut pandang manajemen apa yang dimaksud dengan kepuasan konsumen dan apa yang harus dilakukan manajer untuk mencapai tujuan tersebut?
    3.Apa yang dimaksud dengan efisiensi dan efektivitas?

    MILA YUNIARTI
    P2CC12062

    ReplyDelete
  22. Selamat siang Pak Agung, pertanyaan saya :
    1) Bagaiamana seorang pekerja harus bersikap apabila dalam organisasi, manajemen atasannya adalah manajemen pemimpin "dinasti", yang mana manajemen dinasti tersebut tidak sesuai antara tuntutan pekerjaan dengan kapabilitasnya?
    2) Bagaimana sikap yang harusnya diterapkan dalam menciptakan ilkim organisasi yang efektif antara atasan-bawahan ataupun antara sesama rekan kerja?
    Terima Kasih

    Edwin
    P2CC12040

    ReplyDelete
  23. Selamat sore Bapak Agung,
    Saya mau bertanya
    1. Kenapa sampai saat ini saya belum menemukan pekerjaan yang bisa saya jalankan dengan enjoy.Padahal saya sudah mencoba untuk mencintai pekerjaan saya saat ini.
    2. Bagaimana sikap karyawan agar dapat bekerja dengan maksimal tanpa dia merasa terpaksa ataupun dipaksa sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal.terimakasih selamat sore

    Riza Ardhi Febryan
    P2CC12048

    ReplyDelete
  24. wahyu budi laksonoApril 18, 2013 at 3:32 AM

    Salam dahsyat Pak Agung Pratapa
    1.Kadang saya berpikir kalau rejeki itu datangnya tidak dapat diperkirakan (cool banget-lah), itu artinya sebetulnya kita tidak perlu berpikir sistematis mengenai hasil yang akan kita peroleh, tapi saya berpikir kalau yang namanya sistematis/konsistensi juga sangat diperlukan, jadi dualism deh, :D. Apabila dua hal ini di aplikasikan ke dunia bisnis akan seperti apa? Manakah yang harus di prioritaskan? maturnuwun
    2.Hal-hal apa saja yang harus dipersiapan dalam usaha manufaktur dan usaha perdagangan?
    Wahyu Budi Laksono
    P2CC12049
    Email : flaxx_tp05@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  25. Selamat Malam Pak Agung,,

    yang ingin saya tanyakan adalah
    1. Ketika terjadi perselisihan antara atasan dg bawahan, bagaimana manajemen konflik masalah tersebut agar tidak mempengaruhi kinerja atau profesionalitas di lingkungan kerja?

    2. Sebagai atasan, ketika harus mendelegasikan suatu urusan namun kita tidak yakin pekerjaan tsb akan selesai dg maksimal oleh orang lain, apakah harus dikerjakan sndiri atau tetap menyerahkan tugas tsb kepada bawahan?

    terima kasih pak, salam hormat..
    Ajeng Trilaksono Ayusari/ P2CC12054

    ReplyDelete
  26. selamat malam Pak agung,.
    pertanyaan saya adalah;
    1. bagaimana menjaga konsistensi kinerja karyawan agar mampu bekerja stabil dan selalu meningkatkan hasil kerjanya? mengingat mereka (karyawan) selalu punya masalah-masalahnya masing-masing.
    2. apakah couching itu? memaksimalkan bakat maksimal yang terpendam pada seseorang bagaimana caranya?
    saya Ahmad hermanto/P2CC12043

    ReplyDelete
  27. Selamat malam,
    1. Bagaimana caranya "mengikat" karyawan yang memiliki potensi yang besar, tetapi karyawan tersebut tidak merasa "diikat" oleh organisasi?
    2. Cara untuk memunculkan potensi karyawan secara maksimal, yang tentunya bertujuan untuk kepentingan organisasi?

    Terimakasih
    Indah W (P2CC12063)

    ReplyDelete
  28. Selamat pagi pak Agung,pertanyaan dari saya:
    1. bagaimana cara memanage waktu yg tepat dari padatnya aktivitas,agar semua tujuan dapat tercapai dengan baik?
    2. bagaimanakah cara menyampaikan informasi kpd masyarakat awam yg bersifat persuasif dan menarik sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan dan masyarakat dpt tergugah untuk merawat giginya?(saya sekarang mahasiswa profesi kedokteran gigi masih merasa kesulitan ketika menawarkan perawatan gigi kpd teman atau orang sekitar)
    terima kasih pak.

    Putri Aryantiani Sukarna
    P2CC012064

    ReplyDelete
  29. Salam sukses pak...
    Pertanyaan saya, bagaimana menginspirasi teman-teman karyawan agar mereka optimal dalam bekerja sehingga mampu mencapai produktifitas perusahaan dg maksimal? Terima kasih.

    Kholis Abror (P2CC12046)

    ReplyDelete
  30. Yth Pak Agung

    1. Bagaimana caranya memanage staf yang beragam jenjang pendidika dan karakter sehingga menjadi suatu kekuatan yang luar biasa dalam organisasi.?

    2. Gaya kepemimpinan seperti apa yang baik diterapkan dalam organisasi rumah sakit yang mempunyai staf dengan beragam di siplin ilmu?

    Slamet Riyanto
    P2CC12059

    ReplyDelete
  31. Salam sukses Pak Agung..
    Pertanyaan dari saya bapak:
    Bagaimana caranya menumbuhkan semangat yang sama di setiap unit/bagian, untuk tercapaianya suatu target bisnis sehingga semangat dan ritme pekerjaan karyawan menjadi seirama dengan pencapaian target bisnis secara keseluruhan


    Agung Purniawan
    P2CC12052

    ReplyDelete
  32. di sebuah perusahaan2 sering terdengar management konflik..saya ga tau apa artinya itu, dan semakin kesini saya sedikit tahu kalo management konflik di perusahaan yaitu adanya aturan dari 2 pihak, yaitu pihak bisnis dan operation yang bersinggungan. pertanyaan saya kenapa di sebuah perusahaan ada istilah2 seperti itu dan ada aturan2 yang dibuat seolah2 menyebabkan terjadinya konflik antara kedua belah pihak, ?apakah ini memanag sengaja diciptakan ataukah salahnya penafsiran atas aturan2 yang dibuat oleh pegawai yang di lapangan?

    Tiar Ungguh Permana
    P2CC12057

    ReplyDelete
  33. Ketika pimpinan perusahaan belum memiliki pemikiran bahwa SDM adalah asset perusahaan dan perlu dikembangkan baik dengan diklat maupun tingkat kesejahteraannya, bagaimana kiat kiat kita sebagai HR Manager untuk dapat membangun stigma positif tentang hal tersebut kepada pimpinan perusahaan

    Agung Yohanto B
    P2CC12042

    ReplyDelete
  34. Tolong carikan 2 tokoh yg 1 dia bergerak dalam bidang jasa atau berbentuk orang dan yg ke 2 manufaktur dalam bentuk benda dan harus di cari kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dari masing-masih tokoh. apa ya?? kalau tau tolong kasih tau ke denuverlierer@gmail.com terima kasih. Atau denuverlierer.mywapblog.com

    ReplyDelete