Saturday, April 13, 2013

Tugas 3 MM Angkatan 32 2013: Kesalahan yang sering dilakukan Pemimpin

Coba amati apa yang terjadi di lingkungan kerja Saudara, atau kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar Saudara.

Kesalahan apa yang sering dilakukan oleh para pemimpin?

Dikumpulkan di sini sebagai COMMENT paling lambat Jumat 19 April 2013.


Mr.AP

36 comments:

  1. menurut saya kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemimpin adalah:

    1. terlalu baik sehingga terkadang karyawan yang tidak bertanggung jawab sering menyalah gunakan kebaikan tersebut. pemimpin yang tidak tegas seringkali membuat karyawannya tidak disiplin.
    2. terlalu keras terhadap karyawan juga tidak baik karena akan menimbulkan hubungan yang tidak harmonis antara pimpinan dengan karyawan sehinnga tidak terjadi kerjasama yang baik juga
    3. otoriter.. beberapa pemimpin hanya mengandalkan pemikiran dan keputusannya sendiri tanpa mau mendengarkan atau share pendapat dengan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan yang pada akhirnya target dari pekerjaan tersebut tidak tercapai
    4. kemampuan manajemen yang minim mengakibatkan seorang pemimpin tidak berhasil dalam menjalankan organisasi karena tidak semua pekerjaan teratasi secara efektif dan efisien, maka dari itu seorang pemimpin harus memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam melaksanakan pekerjaannya

    terima kasih..

    Leni Paramita/P2CC12066

    ReplyDelete
  2. menurut saya kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemimpin adalah:

    1. tidak tegas dan terlalu baik sehingga terkadang karyawan yang tidak bertanggung jawab sering menyalah gunakan kebaikan tersebut. pemimpin yang tidak tegas seringkali membuat karyawannya tidak disiplin.
    2. terlalu keras terhadap karyawan juga tidak baik karena akan menimbulkan hubungan yang tidak harmonis antara pimpinan dengan karyawan sehinnga tidak terjadi kerjasama yang baik juga
    3. otoriter.. beberapa pemimpin hanya mengandalkan pemikiran dan keputusannya sendiri tanpa mau mendengarkan atau share pendapat dengan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan yang pada akhirnya target dari pekerjaan tersebut tidak tercapai
    4. kemampuan manajemen yang minim mengakibatkan seorang pemimpin tidak berhasil dalam menjalankan organisasi karena tidak semua pekerjaan teratasi secara efektif dan efisien, maka dari itu seorang pemimpin harus memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam melaksanakan pekerjaannya

    terima kasih..

    Leni Paramita/P2CC12066

    ReplyDelete
  3. Yth. Bpk Agung

    Selamat malam,

    Menurut saya kesalahan yang dilakukan seorang pemimpin adalah :

    1. Memiliki moralitas/akhlak yang tidak pantas untuk dicontoh bawahannya.

    2. Memiliki idealisme yang berlebihan, sehingga mudah menyalahkan bawahan apabila mengerjakan sesuatu yang tidak sesuai dengan pola pikirnya.

    3. Memiliki sifat menang sendiri/merasa paling benar sendiri (egois), sehingga bawahan tidak memiliki otoritas dan tidak memiliki kepercayaan diri untuk berinovasi dan berimprovisasi dalam menjalankan pekerjaan yang diembankannya.

    4. Tidak mampu membangun dan menjalin komunikasi dengan bawahan secara efektif dan efisien, sehingga para bawahan dalam menjalankan kinerja perusahaan tidak terkoordinir dalam mencapai tujuan.

    terimakasih.


    Wirdasari
    MM32 / P2CC12055

    ReplyDelete
  4. Salam Sukses Pak!!

    Terkadang dalam seni memimpin ada beberapa kesalahan yang dilakukan, hal ini tentu akan mempengaruhi kepemimpinan seseorang. Diantara kesalahan yang nampak yaitu tidak ada komitmen untuk berbuat baik. Ketika pemimpin tidak berkomitmen dengan kebaikan, maka segala yang dilakukan tidak menghasilkan suatu kebaikan sehingga bawahanpun tidak akan merasakan suatu kebaikan dari pemimpinnya.
    Kesalahan lain yang sering dijumpai adalah yaitu dalam memberikan perintah. Terkadang pemimpin hanya bisa memberikan perintah saja, padahal ia sendiri kurang memahami esensi dari perintah tersebut. Jika demikian, bawahan akan merasa hambar dalam menjalankan tugas yang diberikan.
    Pemimpin kadang terlalu ambisius dalam menjalani kepemimpinannya. Dalam ambisinya terkadang tidak selaras dan harmoni dengan bawahannya. Bahkan buruknya, pemimpin menganggap bahwa bawahan tidak boleh “lebih” dari pemimpinnya. Hal demikian yang menyebabkan adanya jarak antara pemimpin dan bawahan.
    Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemimpin adalah dalam berkomunikasi. Terkadang komunikasi yang dilakukan tidak efektif. Informasi bias yang diberikan pemimpin kepada bawahan akan manghambat kinerja sebuah organisasi.
    Demikian beberapa kesalahan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam kepemimpinannya.

    Cindera SN/ P2CC12051

    ReplyDelete
  5. BUDI PRABowo

    NIM P2CC12060

    KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN PEMIMPIN DALAM PERUSAHAAN PERBANKAN KARENA YANG SAYA ALAMI SEHARI2 ADALAH PEMIMPIN TERLALU MENEKAN ANAK BUAH DALAM HAL PENCAPAIAN TARGET DAN KADANG TIDAK MAU MENDENGAR KESULITAN YANG ADA DI LAPANGAN,,

    ReplyDelete
  6. Salam pak Agung,

    Beberapa kesalahan yang sering dilakukan seorang pemimpin berdasarkan pengalaman yang saya dapat:
    1. Membuat keputusan sendiri tanpa mendiskusikan hal – hal yang seharusnya perlu didiskusikan bersama terlebih dahulu dengan karyawan/team;
    2. Tidak bersikap profesional, seringkali pemimpin mencampurkan masalah pribadi ke dalam ruang lingkup kerja membuat kinerja tidak baik dan berdampak tidak baik terhadap karyawan, sehingga lingkungan kerja menjadi tidak kondusif;
    3. Tidak peka terhadap karyawan dan lingkungan kerja;
    4. Tidak mampu mengembangkan inovasi, karena inovasi diperlukan untuk memaksimalkan kinerja team.

    Melati Ayu A./P2CC12047

    ReplyDelete
  7. Selamat malam,
    Coba amati apa yang terjadi dilingkungan kerja saudara, atau kejadian-kejadian yang terjadi disekitar saudara, kesalahan apa yang sering dilakukan oleh pemimpin?
    Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan terhadap gaya kepemimpinan dilingkungan kerja saya, maka kesalahan-kesalahan tersebut adalah
    1. Kurangnya profesionalitas  pemimpin cenderung mementingkan kepentingan pribadi dibandingkan kepentingan pekerjaan;
    2. Tidak proposional dalam memberikankan pekerjaan  pimpinan tersebut berorientasi kepada “like or dislike” dalam memberikan tugas, tidak sesuai pada kemampuan bawahan;
    3. Kurangnya kesejahteraan yang diberikan  beban pekerjaan yang besar tidak diimbangi dengan penghasilan yang memadahi.
    4. Komunikasi yang kurang baik  sering kali memberikan perintah melalui surel, sehingga tidak terjadi komunikasi personal yang baik, karena sering kali bahasa non-verbal dan tulisan berbeda makna dengan bahasa lisan.
    Jatmiko Hanggarjito (P2CC12056)

    ReplyDelete
  8. Salam Hormat Pa’ Agung,
    Kesalahan para pemimpin menurut saya umumnya karena kurangnya pemahaman tentang sistem manajemen,diantaranya:
    1.Seragam dalam mengelola orang.
    Banyak pemimpin yang mengelola anak buahnya dengan cara yang sama atau satu teknik saja sehingga kurang peka terhadap perbedaan dan kepribadian masing-masing staf.Ibarat dokter hanya memberikan satu resep untuk semua jenis penyakit.
    2.Terpaku pada persoalan,lupa tujuan.
    Pemimpin membuang-buang energi untuk mencari kesalahan orang lain bukan mencari solusi terbaik dari setiap kesalahan/kekurangan dalam mencapai tujuan organisasi.
    3.IQ dan EQ yang rendah.
    Tidak memiliki pendidikan yang sesuai sehingga tidak memiliki kapasitas,kapabilitas dan integritas yang tinggi untuk bisa dipercaya anak buahnya dalam memimpin.
    4.Tidak menetapkan target.
    Semua tujuan,visi dan misi hanya sebagai wacana saja tanpa realisasi,bisa dikatakan No Action Talk Only (NATO).
    5.Salah dalam pendelegasian,evaluasi dan apresiasi.
    Biasanya karena ada unsur like/dislike terhadap anak buah sehingga proses pendelegasian,evaluasi dan apresiasi tidak tepat sasaran.
    Demikian,terimakasih.
    Hormat Saya,
    Hermawan ( P2CC12039 )

    ReplyDelete
  9. Yth. Pak Agung

    Selamat Malam
    Beberapa Kesalahan yang dilakukan pemimpin dalah:
    1. Tidak Mau berubah dan tidak menciptakan perubahan
    2. Tidak memiliki kepribadian yang kuat
    3. Mengetahui untuk apa dia ada di posisinya

    Terima Kasih
    Mohamad Targib
    P2CC12039

    ReplyDelete
  10. Yth Pak Agung

    Salam Hormat,
    Kesalahan yang sering dilakukan pemimpin adalah:
    1.Kurang memahami dan tidak melaksanakan visi dan misi perusahaan dengan baik.
    2.Tidak mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk melaksanakan tugasnya
    3.Membuat keputusan tanpa dasar dan analisa yang akurat
    4.Menolak inovasi dan ide, saran membangun dari bawahan
    5.Resisten terhadap perubahan dan perkembangan Zaman
    6.Tidak memahami dan melaksanakan uraian tugas dengan baik
    7.Tidak mempunyai rencana strategis target yang jelas

    Terima Kasih
    Hormat Kami,
    Darmini
    P2CC12067

    ReplyDelete
  11. Mohon ma'af Pak Agung
    Salah menuliskan NIM seharusnya

    Mohamad Targib
    P2CC12068 bukan P2CC12039

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  12. Salam Hormat,

    Ada beberapa hal yang saya amati tentang kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pemimpin, diantaranya adalah :
    1. Kurang mengontrol dan kurang komunikatif terhadap staff dan karyawannya, sehingga muncul permasalahan kurang harmonisnya hubungan antara pimpinan dan staff dan berujung pekerjaan tidak selesai pada waktu yang telah ditentukan
    2. Kurangnya rasa terimakasih pimpinan terhadap staff dan kariawannya, sehingga menimbulkan keluhan-keluhan negatif, motivasi staff dan kariawannya berkurang dan semangat kerjapun menjadi berkurang.
    3. kurang berani menegur secara tegas kepada staff yang melakukan kesalahan, sehingga staff menjadi bertindak semaunya sendiri dan merasa bebas.

    Terimakasih.
    Hormat Saya,
    Arief Perdana Yulianto
    P2CC12045

    ReplyDelete
  13. Yth: Pak Agung

    Beberapa kesalahan yang sering terjadi di kalangan Top Manager adalah:
    1. Tidak menjadi CONTOH
    Leader yang berprilaku buruk akan melahirkan team work yang bermoral kerja buruk. Leader yang malas, sering datang terlambat bahkan berprilaku tidak terpuji.
    2. Suka dikelilingi oleh para PENJILAT
    Banyak Leader yang menghancurkan dirinya karena lebih senang dikelilingi oleh orang-orang yang pandai menjilat. Leader yang lebih senang mendengarkan apa yang ia suka dengar, ketimbang mendengarkan apa yang seharusnya ia dengar.
    3. SOMBONG
    Banyak Leader yang terlalu yakin ( over-confidence ) akan kemampuannya, sehingga tidak mau lagi belajar hal-hal baru, merasa dirinya senior, tidak mau lagi mendengar saran-saran orang lain, merasa dirinya sudah diposisi Manager.
    4. Menolak untuk BERUBAH
    Dunia dimana kita tinggal selalu melakukan perubahan secara rutin dan cepat. Bagaimana dengan diri kita semua? Banyak Leader yang menolak melakukan perubahan dengan alasan merepotkan, harus belajar hal-hal baru, tidak punya banyak waktu dan malas. Bila si pemimpinnya saja tidak mau berubah, bagaimana dengan anak buahnya?
    5. Selalu merasa dirinya BENAR
    Selalu merasa dirinya benar, selalu menunjuk orang lain dan menunjuk kondisi tertentu sebagai “biang keladi” suatu kejadian. Walaupun sudah melakukan kesalahan, sulit untuk mengatakan “Maaf”. Ia cenderung “defensive” dan memandang pihak lain sebagai penyebabnya, sedangkan ia adalah “Mr.No Problem”.
    6. Lambat ambil KEPUTUSAN
    Sikap lambat ambil keputusan ini terutama disebabkan ketidak beranian menanggung resiko yang mungkin terjadi, atau sikap selalu ragu-ragu dan takut salah, sikap yang mau main aman saja dan lemparkan resiko ini ke pihak lain atau bawahan.
    7. Kurang KOMUNIKASI
    Komunikasi sering kali diabaikan, sehingga hubungan baik antara bawahan dan atasan tidak terjalin baik. Leader hanya menuntut semua pekerjaan berjalan lancar tetapi tidak mau tahu dengan kendala dilapangan.
    8. Tidak bersikap TEGAS
    Seringkali Leader melihat ketidaksesuaian di lingkungan pekerjaan padahal ia tahu sebenarnya salah dan mengakibatkan mutu perusahaan menurun, tetapi tetap dibiarkan dan tidak diberikan teguran maupun sanksi.

    Terimakasih
    Tuti Herawati
    P2CC12041

    ReplyDelete
  14. KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN PEMIMPIN

    Nama : Purwoto
    NIM : P2CC12071

    Menjadi pimpinan dalam suatu perusahaan tertentu bukanlah suatu perkara yang mudah. Seorang pemimpin harus memegang tugas besar akan tangung jawab kepada semua bawahannya. Banyak pemimpin besar di dunia yang mampu bertahan lama, namun tidak sedikit pula pula pemimpin yang gagal dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai pemimpin.
    Menurut pendapat kami, kegagalan sebagai pemimpin disebabkan antara lain :

    1. Tidak mempunyai VISI dan MISI yang jelas. Seorang pemimpin seharusnya memberikan Visi dan Misi serta menanamkan nilai-nilai kepercayaan pada karyawannya.

    2. Bersifat otoriter, bahwa pemimpin selalu benar sedangkan bawahan mutlak harus selalu mengikuti perintahnya dengan mengabaikan masukan saran dan kritik bawahannya.Pemimpin yang otoriter ini adalah pemimpin yang kerap memberikan dua pilihan pada karyawannya ketika ia sedang membuat sebuah kebijakan baru. Mereka selalu dihadapkan dengan pilihan : IKUT atau KELUAR.

    3. Terlalu mengindetifikasi bahwa tidak adanya batasan antara kepentingan perusahaan dan Kepentingan Pribadi.

    4. Tidak mempunyai integritas.
    Beberapa anggapan menyuarakan – seorang pemimpin ideal adalah pemimpin yang memiliki kompeten yaitu pemimpin yang dinamis. Mereka mampu membuat keputusan dalam hitungan menit. Menghadapi banyak krisis secara bersamaan, dan membutuhkan satu detik untuk menyelesaikan situasi yang membuat bingung orang berhari- hari.
    Gambaran di atas adalah omong kosong! Pemimpin yang sangat tajam dan desisif cenderung menyelesaikan isu sangat cepat sehingga mereka tidak memiliki kesempatan untuk melihat percabangan masalah. Lebih buruknya lagi, pemimpin dengan karakter seperti ini merasa memiliki semua jawaban, mereka tidak terbuka dengan hal – hal yang baru.

    5. Seorang pemimpin yang beranggapan “Saya mengetahui semua jawaban” akan menutup sudut pandang semua orang. Yang artinya seorang pemimpin dengan karakter seperti ini tidak mau untuk mempelajari hal – hal yang baru karena ia menganggap mereka sudah mengetahuinya tanpa mempelajarinya.

    6. Remember! Jauhkan pikiran Anda untuk menjadi seorang “SUPER” yang selalu mengetahui segalanya, jika Anda ingin kepemimpinan Anda bertahan lebih lama.

    7. Para Pemimpin dengan mudah memecat orang- orang yang tidak memiliki pandangan yang sama dengan mereka. Ciri-ciri utama dalam melihat karakter dan sifat para pemimpin yang baik dan patut dijadikan panutan adalah yang bukan hanya mampu melakukan hubungan bisnis saja, tapi juga melakukan pendekatan secara persuatif kepada bawahannya. Dalam bukunya, Jhon C Maxwell, seorang ahli kepemimpinan, pembicara, dan penulis mengatakan, ” Rasa puas terhadap diri sendiri adalah hal yang seharusnya paling ditakuti bagi seorang pemimpin.” Tipe kepemimpinan seseorang mencerminkan karakter yang sesungguhnya, karena karakter menentukan apakah sebuah hubungan dengan bawahan bisa bertahan lama atau tidak.

    ReplyDelete
  15. Salam Sukses Pak

    Kesalahan yang sering dilakukan pemimpin:

    1. Terlalu over confidence di posisinya sehingga sering meremehkan masukan dari bawahan.
    2. Malas untuk mengadakan diskusi2 dalam pengambilan keputusan atas suatu persoalan atau sekedar untuk menggali kemauan bawahan
    3. Ragu untuk mengambil keputusan yang bersifat teknis maupun strategis
    4. Tidak membaur dengan bawahan untuk memahami psikologi masing2 anggotanya
    5. Tidak mempercayakan secara penuh tugas yang di berikan ke bawahan
    6. Tidak obyektif dalam melakukan penilaian atas kinerja bawahan
    7. Kurang melakukan identifikasi, analisa, dan inventarisasi permasalahn.
    8. Tidah mau melakukan mitigasi resiko
    9. Kurang memperhatikan promosi dan kenaikan gaji bawahan

    Terima kasih,
    Rizki Anggardewi
    P2CC12065

    ReplyDelete
  16. Selamat Malem Pak Agung Praptapa

    Setiap manusia baik itu pemimpin atau bawahan pasti tidak akan pernah luput akan kesalahan, selama kita bisa memaafkan/ mentolerir dan bisa memperbaiki kesalahan tersebut itu tidak menjadi masalah.
    Sejauh ini, saya(anak buah) mempunyai pemimpin dengan kesalahan (perilaku/sikap dan pekerjaan) yang dia lakukan masih dalam tahap wajar dan bisa diterima. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemimpin, bisa kita tutup dengan perilaku dan pekerjaan kita supaya pemimpin tidak melakukan kesalahan tersebut. Begitupun sebaliknya kesalahan saya merupakan tanggungjawab pemimpin (karena pemimpinlah yang membimbing kita agar anak buahnya bisa bertanggung jawab dengan pekerjaannya dan bekerja dengan baik dan benar/mematuhi peraturan perusahaan).

    Tq
    Adityo Wibowo Djohar/P2CC12070

    ReplyDelete
  17. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    WAHYU JATMIKO, MM 32,
    POCC12069

    Yth. P. Agung.

    Menurut saya, kesalahan pemimoin yang sering dilakukan oleh pemimpin adalah :
    1. Pemimpin terlalu percaya diri dengan kemampuannya (over self confident), tanpa melihat budaya, latar belakang yang dipimpinnya dan tidak mau mendengar masukan dari bawahnnya.
    2. Pemimpin yang terlalu percaya dengan informasi yang didapat tanpa ikut mendengar dan melihat langsung tentang keadaan yang sebenarnya.
    3. Tidak peka dengan sinyal-sinyal yang diperlihatkan oleh bawahannya, sehingga sering memberikan keputusan yang salah.
    4. Tidak adil, adil tidak harus sama, tetapi perlakuan dan reward yang mestinya didapat oleh karyawan harus adil sesuai keberadaan dan tanggung jawabnya.
    5. Lebih banyak menjadi " Hakim " yaitu hanya melihat salah dan benar dan kepada bawahan yang melakukan kesalahan, tidak dilakukan pembinaan dan perbaikan untuk perbaikan waktu yang akan datang tetapi diberikan sanksi tegas dengan dipindahkan pada level yang lebih rendah atau diturunkan pangkatnya bahkan dipecat.
    6. Terlalu menekan target yang harus dicapai tanpa memperhatikan sarana dan prasarana pendukung untuk pencapaian target tersebut.
    7. Tidak komitmen dengan peraturan yang dibuat.
    8. Tidak dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada bawahannya.
    9. Tidak mau belajar dengan kesalahan yang telah dibuat sebelumnya.

    ReplyDelete
  18. Esthi BudiningsihApril 17, 2013 at 4:08 PM

    Esthi Budiningsih, P2CC12044

    Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pemimpin :
    1. Tidak menguasai tugas atau bidang tugas organisasi
    Seorang Pimpinan hendaknya menguasai bidang tugas dan tanggung jawabnya, tidak harus menguasai secara detail tugas anak buahnya tapi harus tahu walaupun bisa saja secara supervisial, hal ini supaya Pimpinan tidak diatur/dikendalikan/dibohongi oleh anak buah.
    2. Kurang berjiwa pemimpin
    Seorang pemimpin harus bisa memberikanmenciptakan rasa aman, nyaman, terlindungi, terayomi dan situasi yang kondusiv bagi anak buahnya dalam melaksanakan tugas.
    3. Tidak kuat terhadap tekanan/stressor
    Dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin pasti banyak tekanan /stressor yang dihadapi, namun sebagai seorang pemimpin harus bisa menghadapi tekanan degan cara yang bijak.
    4. Mencari posisi aman/Nyaman
    Roda organisasi tidak selalu berjalan mulus dan bisa langsung berjalan dengan lancar, disaat ada hal-hal yang tidak kondisiv pimpinan tidak mau menerima berita yang tidak menyenangkan dan hanya menerima berita-berita baik yang belum tentu benar yang justru bisa menghancurka perusahaan/organisasi.
    5. Tidak Inovatif
    Seorang pemimpin hendaknya orang yang kreatif, mampu mencari terobosan dan cara-cara yang inovatif dan menarik untuk mencapai tujuan organisasi.
    6. Tidak Bertanggung jawab
    Seorang pemimpin dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab terhadap perusahaanorganisasi yang dipimpinnya. Bila ada komplain terhadap perusahaan/organisasinya maka pemimpin harus berani mempertanggungjawabkan walaupun barangkali hal itu bukan merupakan kesalahan pemimpin.
    7. Otoriter
    Pemimpin memaksakan anak buah melakukan segala perintahnya tanpa memberi kesempatan untuk berpendapat.
    8. Tidak Dewasa/Mature
    Seorang pemimpin/orang yang dewasa siap bertanggung jawab atas setiap keputusan yang dibuatnya. Seorang pemimpin yang tidak dewasa akan mencari alasan dan menyalahkan orang lain apabila ada kesalahan dari keputusan yang dibuat olehnya.
    9. Pilih Kasih
    Peraturan dan Hukuman hendaknya berlaku untk semua pegawai, tetap pemimpin hanya memberlakukan hal tersebut untuk pegawai-pegawai yang “dislike” dan tidak memerapakan untuk pegawai/anak buah yang disukainya “(like)”

    ReplyDelete
  19. Yth. Pak Agung

    kesalahan yang sering dilakukan pemimpin:
    1.Kurangnya komunikasi antar struktur organisasi
    2.Korupsi, sehingga merugikan organisasi dan perusahaan
    3.Mengutamakan kepentingan sendiri dibanding kepentingan organisasi

    MILA YUNIARTI
    P2CC12062

    ReplyDelete
  20. Pagi Pak Agung

    Pertanyaan mengenai "Kesalahan Apa yang sering dilakukan oleh para pemimpin?"

    Menurut yang sering saya amati di sekitar saya yaitu :

    1. Tidak bisa mendelegasikan pekerjaan kepada bawahannya, biasanya terjadi karena kurang percaya bawahannya bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
    2. Kurangnya kontrol terhadap pekerjaan yang sudah didelegasikan kepada bawahannya.
    3. Sikap arogansi yang berlebihan dan tidak bisa mengontrol emosi.
    4. Terlalu otoriter dan berfikir saya boss bukan pemimpin. Jadi semua karyawan atau bawahan harus melakukan semua perintahnya.

    Demikian Pak,

    Salam Hormat

    Oky Vanus Setianto, S.E
    P2CC12058

    ReplyDelete
  21. Selamat sore Bapak Agung

    Kesalahan apa yang sering dilakukan oleh pemimpin?

    1. Pemimpin merasa dia paling benar
    2. Pemimpin kurang peka terhadap bawahan
    3. Gila hormat
    4. Menganggap bawahan ya sekedar bawahan tidak lebih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riza Ardhi Febryan
      P2CC12048

      Delete
  22. Wahyu Budi LaksonoApril 18, 2013 at 7:25 AM

    Salam dahsyat Pak Agung Pratapa

    Menurut hemat saya kesalahan yang banyak dilakukan oleh pemimpin biasanya lebih mengutamakan kepentingan sendiri dari pada kepentingan bersama, semisal:
    1. Korupsi, hehehheee. korupsi mungkin sering kita liat di TV. Banyak kita lihat pemimpin yang lebih mementingkan kekayaan sendiri, sementara bawahan tidak diperhatikan/ masa bodoh
    2. Terjerumus dalam dunia hitam, semisal : selingkuh :D, judi, obat-obatan
    Selain itu secara teknis yang sering saya lihat :
    3. Rencana serta Kontrol kerja yang kurang, sehingga target/ mutu yang telah ditetapkan menjadi meleset
    4. Lupa akan visi dan misi yang telah dibuat
    5. Tidak bisa menjadi teman baik bagi bawahan/ team kerja, bahkan untuk memberi terimakasih saja susah
    6. Kurang inovasi dan konsistensi
    hormat saya
    Wahyu Budi Laksono
    P2CC12049

    ReplyDelete
  23. selamat malam pak Agung...
    Kesalahan yang sering dilakukan oleh pimpinan yang saya ketahui di tempat saya bekerja:
    1. Selalu mempertahankan tradisi lama. Tidak mau berubah atau tidak ada keberanian untuk membuat program yang lebih maju atau langkah-langkah inovatif maupun extrim untuk kemajuan bersama.
    2. Tidak tanggap/ lama dalam hal pengambilan keputusan-keputusan yang urgent/darurat.
    3. Masih dipengaruhi oleh like or dislike dalam mendengarkan ide-ide atau masukan dari bawahannya tanpa lebih mempertimbangkan bagus atau tidaknya suatu ide. Dalam peribahasa bahasa arab; undzur ma qoola wala tandzur man qoola (lihatlah apa yang dikatakan dan janganlah kamu melihat siapa yang mengatakan).
    salam, ahmad hermanto, P2CC12043

    ReplyDelete
  24. Selamat malam Pak Agung.
    Menurut saya, kesalahan yang sering dilakukan oleh pemimpin :
    1) Tidak amanah
    Pemimpin yang seharusnya menjalankan tanggung jawab untuk kepentingan umum, menjadi lebih mengedepankan kepentingan pribadi dan golongan.
    2) Tidak mau belajar
    Banyak tugas yang ada dilapangan bukan merupakan ilmu yang selaras dengan studinya, bila seorang pemimpin tidak mau belajar hal yang baru, maka organisasi tersebut cenderung akan jalan di tempat.
    3) Malas melihat kondisi lapangan
    Sering kali kondisi di lapangan berbeda jauh dengan output program. Bila ada masalah,akan cepat dideteksi dan diselesaikan apabila pemimpin mau ke lapangan.
    4) Tidak membina komunikasi
    Untuk menciptakan iklim organisasi yang baik perlu dilakukan komunikasi yang baik antar individu dalam organisasi tersebut. "Human is living social".
    5) Menutup diri dari kritik dan saran

    Terima kasih
    Edwin
    P2CC12040

    ReplyDelete
  25. Selamat malam,
    Kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang pemimpin :
    1. jarang/ tidak mau untuk menerima masukkan dari karyawannya (karena perbedaan status, jenjang pendidikan)
    2. mencampur adukkan hal pribadi dengan pekerjaan
    3. jarang/ tidak mau memperhatikan kepentingan karyawannya
    4. terlalu memikirkan resiko yang akan diterima, padahal belum mencoba
    5. kurangnya kemampuan untuk mengendalikan situasi yang sedang terjadi (apabila terjadi kepanikan, lebih panik dari pada karyawannya)

    Terimakasih,
    Indah W (P2CC12063)

    ReplyDelete
  26. Selamat malam Pak Agung,,

    Jika kita amati secara detail, mungkin kita akan menemukan banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh pemimpin. Namun secara garis besarnya adalah ketidakmampuan pemimpin tersebut untuk komitmen, konsistensi dan konsekuen dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

    1.Tidak Komitmen: lupa akan komitmen mengenai visi dan misi yang akan dicapai, sehingga mengesampingkan tujuan bersama.
    2. Tidak Konsistensi: tidak taat terhadap visi,misi, amanah, kebijakan atau aturan yang ditetapkan dan tidak dilaksanakan terus menerus
    3. Tidak Konsekuen: tidak bertanggung jawab terhadap semua resiko yang menjadi tanggung jawabnya sesuai komitmen awal.

    Terima kasih, salam hormat..
    Ajeng Trilaksono Ayusari/ P2CC12054

    ReplyDelete
  27. selamat pagi Pak Agung.
    menurut saya kesalahan yang sering dilakukan pemimpin antara lain:
    1. tidak dapat memimpin, mengayomi, dan kurangnya pengawasan kepada bawahannya sehingga banyak anak buah yang bekerja seenaknya (tidak sesuai tupoksi).
    2. bersifat otoriter dan tidak demokratis, sehingga keputusan dibuat sendiri tanpa mempertimbangkan masukan dari bawahan.
    3. kurangnya menjalin komunikasi efektif kepada bawahan sehingga kurang terjalinnya silaturahmi dan rasa kebersamaan yang baik.
    terima kasih.

    Putri Aryantiani Sukarna
    P2CC12064

    ReplyDelete
  28. Salam pak Agung...
    Ada beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pemimpin tapi kadang kita acuh tak acuk dalam menanggapinya, seperti kadang pemimpin kurang peka terhadap bawahannya, peka disini yaitu peka terhadap pekerjaan, biasanya pemimpin ingin tahunya pekerjaan beres selesai dengan memuaskan tetapi pemimpin dalam memberikan perintah kurang bisa mengkomunikasikan kepada karyawan apa yang sebenarnya dimaui perusahaan, kemudian dari ketidakbaikan komunikasi antara pemimpin dan karyawan biasanya akan timbul kecenderungan kesanggupan mau atau tidak karyawan dalam melaksanakan perintah itu. Ketika pemimpin memberikan tugas kepda bawahan kadang juga tidak melihat apakah karyawan tu mampu atau tidak melaksanakan pekerjaanny, jika mampu maka insya Allah hasil yang didapat memuaskan tetapi kalau karyawan itu tidak mampu maka hasil “seadanya” saja yang diterima.

    Kholis Abror (P2CC12046)

    ReplyDelete
  29. Selamat siang pak Agung......

    Menurut kesalahan yang dilakukan eorang pemimpin antara lain :

    1.Terlena dengan kekuasaanya
    2. Tidak mau menerima kritik dan saran terhadap kepemimpinanya
    3. Merasa paling berkuasa
    4. Bersikap tidak adil dan bijaksana
    5. lebih mementingkan pribadi/golongan dari pada organisasi
    6. tidak mau meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang Pak Agung...

      Menurut saya kesalahan yang sering dilakukan seorang pemimpin adalah
      1. Terlena dengan kekuasaannya
      2. Tidak mau menerima kritik dan saran terhadap kepemimpinanya
      3.Merasa paling berkuasa
      4 Bersikap tidak adil dan bijaksana
      5. Lebih mementingkan kepentingan pribadi/golongan dari pada kepentinga organisasi
      6. Tidak mau meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan

      SLAMET RIYANTO
      P2CC12059

      Delete
  30. selamat malam p. Agung

    Menurut saya kesalahan yang paling sering dilakukan seorang pemimpin adalah :

    1. Merasa paling pintar dan benar,
    2. merasa senior (biasanya pimpinan itu senior)
    3. otoriter dalam bertugas karena akibat poin 1 dan 2.
    4. kurang komunikasi, dalam arti kurangnya komunikasi informal antara atasan dan bawahan sehingga menimbulkan gap.
    5. . kurang memahami kebutuhan karyawanya untuk peningkatan kinerja,
    6. kaku

    Tiar Ungguh Permana
    P2CC12057

    ReplyDelete
  31. Kesalahan yang sering dilakukan seorang pimpinan:
    1. Arogansi, terkadang karena statusnya sebagai pimpinan dia berlaku arogan, tidak mendengarkan yang dipimpin, memerintah dengan ego yang sering membuat rasa ketidaknyamanan dilingkungan kerja sehingga effort anak buahnya rendah dan sering terjadi konflik.
    2. Konflik Kepentingan, seorang pimpinan sering terjebak pada situasi dimana konflik kepentingannya muncul, tidak mampu bersikap objektif dan memiliki standar kerja yang sudah ditentukan bersama.
    3. Menganggap rendah pertemuan dengan bawahan, dari waktu kehadiran dan sering tidak hadir padahal seorang pimpinan merupakan contoh dan panutan.
    4. Integritas, sering melakukan hal yang tidak sama antara perilaku baik secara managerial maupun perilaku sehari hari dengan apa yang sering disampaikan' orang jawa bilang jarkoni.

    Agung Yohanto B
    P2CC12042

    ReplyDelete
  32. Salam Pak Agung

    Banyak pemimpin lupa bahwa bawahan yang dipimpinnya adalah merupakan sekumpulan individu yang mempunyai perasaan, sehingga dalam pencapaian suatu tujuan/target perusahaan seringkali menggunakan cara-cara: otoriter,prinsip pemimpin selalu benar, menganggap bahwa karyawanlah yang memerlukan perusahaan, sehingga malah akan kontra produktif dalam pencapaian tujuan/target perusahaan itu sendiri.

    Agung Purniawan
    P2CC12052

    ReplyDelete
  33. Selamat sore Bp Agung,maaf baru dikirim tugasnya 3 semoga masih diterima terimakasih

    Kesalahan yang sering dilakukan oleh pimpinan/manager
    1 Bersikap arogansi terhadap bawahan. Merasa bahwa sebagai pimpinan tidak pantas berbincang dekat dengan bawahan dan selalu menjaga jarak pada bawahan.Pimpinan yang seperti ini tidak disukai anak buah
    2.Memiliki ambisi yang berlebihan ,sehingga sengat menekan pada bawahan baik tenaga dan waktu untuk bekerja guna mewujudkan ambisi pribadi sang manager.
    3.Pimpinan yang pilih kasih kepada bawahan, sehingga perhatian piminan tidak merata pada bawahan .
    4Pimpinan yang tidak tegas menerapkan aturan organisasi ,atau dengan kata lain plinplan.Membuat anak buah bingung mengikuti alur pikirannya.


    Nama: NANIK INDRIYATI
    NIM : P2CC11030

    ReplyDelete
  34. Selamat siang Pak Agung
    Kesalahan yang selalu dilakukan oleh pemimpin:
    1. Pemimpin tidak mengetahui bidang tugasnya karena lain latar belakang profesinya (kurang membidangi)
    2. Pemimpin tidak tahu kesulitan atau problem yang dirasakan anak buahnya
    3. Pemimpin tidak memberi kesempatan pada anak buahnya untuk maju, berprestasi dan meraih karirnya
    4. Tidak memberi motivasi atau dorongan dari berhasilnya prestasi
    5. Kurang komunikatif dengan anak buahnya
    6. Pemimpin yang tidak pernah menyampaikan visi dan misi dari organisasi yang dipimpinnya.

    SUTIYO
    P2CC12053

    ReplyDelete