Sunday, April 7, 2013

Tugas 2 MM Angkatan 32 2013: Pemimpin Sukses


Silakan berkontribusi dengan memberikan pendapat "bagaimana menjadi pemimpin yang sukses".
Tulis disini sebagai COMMENT.
Paling lambat dikumpulkan hari Jumat 19 April 2013.

Mr.AP

32 comments:

  1. menurut saya, untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses kita harus memiliki kemampuan manajemen diri yang baik kemudian mampu memanage karyawan sehingga mampu mengembangkan sumber daya yang ada dengan tepat agar setiap target dari pekerjaan dapat tercapai secara efektif serta efisien. untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses tidak hanya memberi perintah kepada karyawannya tapi dia juga harus mau dan mampu bekerjasama serta bertukar fikiran atau pendapat dengan timnya dalam menyelesaikan pekerjaan. Seorang pemimpin harus menciptakan suasana yang nyaman bagi karyawan atau tim kerja sehingga terjalin hubungan yang baik antara atasan dan bawahan. Hubungan yang baik dapat menciptakan kerjasama yang baik juga..

    terima kasih pak

    Leni Paramita / P2CC12066

    ReplyDelete
  2. Kepada
    Yth. Bpk Agung
    Selamat malam Pak

    Menurut Saya seorang pemimpin dikatakan sukses apabila memiliki kriteria :

    1. Memiliki kepribadian (moral/akhlak) yang paling baik dari semua anak buah (bawahan)yang dipimpinnya.
    2. Memiliki kepercayaan diri dan kemauan yang kuat untuk memimpin dan mengambil keputusan.
    3. Mampu menginspirasikan dan fokusing terhadap komitmen dan kerjasama team yang sinergis.
    4. Selalu optimis memandang masa depan dengan penuh harapan, walaupun di depan terbentang rintangan berat yang harus dihadapi.
    5. Tidak gampang/mudah menyalahkan oranglain.
    6. Rasa ingin tahu yang tinggi.
    7. Memberikan kepercayaan kepada bawahan selama bawahan telah menjalankan sesuai dengan koridor kewenangannya /job discription.
    8. Mampu mengkoordinir bawahan dengan komunikasi yang membangkitkan semangat agar setiap bawahan mampu melakukan improvisasi untuk mencapai tujuan perusahaan/organisasi.

    Demikian jawaban dari saya, terimakasih.

    Wirdasari
    MM32 /P2CC12055



    ReplyDelete
  3. Salam Sukses Pak!!

    Pemimpin yang sukses adalah ia yang mencintai bawahannya, dan bawahannya pun mencintainya. Kriteria ini yang sangat penting bagi pemimpin dan oarang yang ada dibawahnya. Manakala pemimpin mencintai orang yang ada dibawahnya, maka segala usaha yang dilakukannya adalah untuk kebaikan semua yang ada di bawahnya.
    Untuk menjadi pemimpin yang bisa mencintai bawahannya, ia tidak rela dan tidak akan membiarkan bawahannya menderita sementara ia dalam keadaan senang. Pemimpin yang mencintai bawahannya akan selalu berusaha memenuhi hak-hak bawahannya. Tegasnya, pemimpin yang mencintai bawahannya adalah pemimpin yang mau melayani dengan sebaik-baiknya, sehingga sebagai bawahan dapat menjalani aktivitas kerjanya dengan baik. Karena itu, pemimpin yang mencintai bawahannya tidak mungkin tidak memenuhi hak-hak orang yang dipimpinnya itu.
    Manakala pemimpin telah menunjukkan kecintaan kepada bawahannya, tidak ada alasan bagi bawahan untuk tidak bisa mencintai pemimpinnya. Karena itu, bila bawahan mencintai pemimpinnya, sebagai bawahan akan selalu memberikan dukungan atas kepemimpinan yang dijalankan, bawahan taat kepada pemimpin dalam perkara-perkara yang benar dan mereka tidak ragu-ragu dan tidak takut-takut untuk menegur, menasihati, atau mengkritik pemimpinnya bila melakukan tindakan yang salah. Bawahan yang mencintai pemimpinnya tidak ingin melihat pemimpinnya melakukan kesalahan dan ia akan selalu bersama pemimpin dalam suka dan duka.
    Ketika telah tercipta kondisi demikian, maka kinerja suatu organisasi akan harmonis. Pemimpin dapat melakukan amanjerial dengan baik, mengetahui kondisi dan situasi bawahannya. Jika ia menambil keputusan, maka ia akan melakukannya tepat waktu dan pada waktu yang tepat. Pada kondisi seperti inilah, seorang pemimpin dapat dikatakan pemimpin yang sukses.

    Cindera SN/ P2CC12051

    ReplyDelete
  4. BUDI PRABOWO
    NIM P2CC12060

    PEMIMPIN YANG SUKSES ADALAH PEMIMPIN YANG MAU MENDENGAR MASUKAN SARAN KRITIK DARI BAWAHAN,, SERTA MEMILIKI JIWA KOORDINASI DALAM PEKERJAAN YANG BAIK

    ReplyDelete
  5. Salam pak Agung,

    Menjadi seorang pemimpin yang baik dan sukses bukanlah suatu hal yang mudah. Kepemimpinan yang baik dan benar haruslah dilatih dan membutuhkan pengalaman dalam sebuah organisasi. Pemimpin yang baik menurut saya adalah:

    Pertama – tama seorang pemimpin harus amanah dengan begitu mereka akan bertanggung jawab dalam mengemban tugas dengan baik. Seorang pemimpin harus mampu membangun integritas diri, karena integritas diri sebagai karakter; kepribadian; dan gaya hidup. Maka dari itu mereka harus memiliki kejujuran, keteguhan hati, ketulusan, dan keramah-tamahan sebagai integritas agar menjadi panutan yang baik. Seorang pemimpin harus mampu membangun hubungan yang harmoni. Menjadi pemimpin tidak berarti menguasai melainkan sebaliknya, berarti melayani. Menjadi pemimpin tidak selalu memaki-maki melainkan sebaliknya, memberikan motivasi dan menyuntikkan semangat kepada karyawannya. Seorang pemimpin harus mampu mengenali kelebihan dan kelemahan karyawannya, dengan begitu pemimpin dapat mengetahui potensi yang dimiliki oleh karyawannya dan membantu menggali potensi mereka menjadi lebih baik dengan memberikan pelatihan/training, hal ini dapat membantu pemimpin untuk membentuk sebuah tim kerja sesuai potensi tiap – tiap karyawan. Seorang pemimpin tidak boleh bersikap egois atau hanya mendahulukan kepentingan diri sendiri sebagaimana yang dapat kita tauladani dari kepemimpinan Rasulullah, jadi akan lebih baik jika seorang pemimpin juga dapat mengutamakan kepentingan karyawan agar karyawan memiliki loyalitas kerja yang tinggi terhadap perusahaan. Dengan memahami dan melaksanakan tentang kunci sukses dan mengetahui bagaimana cara menentukan tujuan yang sebenarnya akan mengkondisikan sebuah manajemen memiliki kemajuan yang pesat dan kesuksesan dalam mencapai tujuan.

    Melati Ayu A./P2CC12047

    ReplyDelete
  6. Selamat malam,
    Bagaimana menjadi pemimpin yang sukses?
    Menurut pendapat saya pemimpin yang baik tercermin pada perilaku atau sikap, perhatian pada bawahan, interaksi dan dalam pengambilan keputusan. Untuk menjadi pemimpin baik yang sukses diperlukan:
    1. Visi yang jelas  visi harus jelas di masa yang akan datang dan dikomunikasikan dengan cara-cara tepat dan visi tersebut dapat mempengaruhi orang lain/ bawahan untuk mencapai hasil yang dituju;
    2. Gaya kepemimpinan menunjukkan tingkat kemampuan seorang pemimpin dengan yang lain dan membangun hubungan berkelanjutan;
    3. Komunikasi yang baik ketrampilan mengirim dan menerima pesan verbal, non-verbal dan tulisan;
    4. Pemecahan masalah  menggunakan metode analisis berdasarkan fakta dan logika untuk menemukan apa yang dibutuhkan suatu pekerjaan.
    Jatmiko Hanggarjito (P2CC12056)

    ReplyDelete
  7. Salam Hormat Pa’ Agung,
    Menjadi seorang pemimpin yang sukses harus memiliki tanggung jawab lebih untuk menyelesaikan suatu tugas dengan baik secara efektif dan efisien.Untuk menjadi pemimpin yang baik dan sukses diperlukan;
    1.Karakter yang kuat.
    Seorang pemimpin harus memberikan contoh yang baik terhadap bawahan,jujur,terpercaya dan amanah.
    2.Harus memiliki tujuan dan target.
    Memastikan dari awal semua bawahan memahami maksud dan tujuan organisasi dengan target yang telah ditetapkan.
    3.Mampu berkomunikasi.
    Memastikan bawahan memahami semua informasi yang disampaikan dengan komunikasi dua arah,selain harus dapat berbicara dengan baik,juga harus dapat mendengarkan pendapat bawahan dengan baik pula.
    4.Mampu mendelegasikan tugas,mengevaluasi dan mengapresiasi.
    Memastikan pendelegasian tugas dengan tepat kepada bawahan,evaluasi apa saja yang sudah dikerjakan oleh bawahan,cari solusi terbaik jika terdapat kekurangan untuk melakukan perbaikan,jangan lupa untuk memberi penghargaan bagi bawahan yang bekerja dengan baik.
    Demikian,terimakasih.
    Hormat Saya,
    Hermawan ( P2CC12039 )

    ReplyDelete
  8. Salam sukses selalu..

    Bagaimana menjadi pemimpin yang sukses:

    1. Mempunyai dan memahami ilmu management profesional dan mengaplikasikannya dengan percaya diri sehingga dapat mengambil keputusan, menganalisa permasalahan, mengambil langkah penyelesaian dengan cepat dan cermat. Mempunyai wawasan yang luas dan pandangan jauh ki depan.
    2. Memahami kondisi perusahaan, client, dan karyawan yang lain
    3. Memberikan kepercayaan penuh kepada team untuk tugas yang didelegasikan dengan tetap mengontrol dan mengevaluasi progress pekerjaan
    4. Dapat membangun lingkungan kerja yang nyaman sebagai upaya untuk membangun komunikasi yang baik secara internal dan external
    5. Membangun sistem komunikasi vertikal dan horisontal yang cerdas. Berkomunikasi di dalam team dengan diskusi dan menjadi juru bicara saat berhadapan dengan atasan (perusahaan) dan client dengan penuh rasa tanggung jawab
    6. Selalu mendengarkan dan memperhatikan kesejahteraan bawahan

    Terima kasih,
    Rizki Anggardewi
    MM32/P2CC12065

    ReplyDelete
  9. Yth.Pak Agung

    Selamat Malam Pak,
    Menurut saya pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang menciptakan perubahan terlepas dari baik atau buruknya perubahaan itu terjadi. Tergantung dimana dia memposisikan dirinya dan dengan tujuan apa dia ada disana.


    Terima kasih
    Hormat Kami
    Mohamad Targib
    P2CC12068

    ReplyDelete
  10. Yth. Pak Agung

    Salam Hormat,
    Bagaimana Menjadi Pemimpin yang sukses
    1. Visioner dan mampu menyatukan visi seluruh jajarannya, menggerakan dan menggunakan seluruh sumber daya yang ada untuk mencapai visi secara efektif dan efisien.
    2.Pemimpin yang amanah
    3.Mampu bersikap adil, tegas, berani dan selalu membuat keputusan dengan dasar analisa yang akurat
    4.Selalu mempunyai inovasi dan mampu menciptakan keunggulan kompetitif dan handal
    5. Pemimpin adalah bukan bagaimana memimpin tapi bagaimana melayani (Not Lead it But Serve it).
    6.Mampu Mengelola kelemahan menjadi peluang
    7. Mampu menciptakan saluran komunikasi efektif di seluruh jajaran staf( baik dari atasan, bawahan maupun dengan sesama staf)
    8.Mampu Menciptakan budaya organisasi yang baik

    Terima Kasih
    Hormat kami,
    Darmini
    P2CC12067

    H

    ReplyDelete
  11. Salam Hormat..

    untuk menjadi pemimpin yang sukses itu memiliki beberapa kriteria, diantaranya sebagai berikut :
    1. Cerdas dan Berilmu : pemimpin harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas agar mampu membawa kemajuan organisasi serta cerdas dalam berkomunikasi kepada bawahan dan klien.
    2. Jujur : dimana pemimpin yang jujur akan selalu berada dalam ketenangan dalam menjalankan tugasnya dan akan memberikan contoh yang baik bagi bawahannya.
    3. memiliki Moral yang baik : pemimpin yang baik akan selalu menaati segala peraturan, norma-naorma dan kaidah-kaidah yang ada. dengan memiliki moral yang baik pemimpin akan senantiasa mampu mengendalikan diri agar kesejahteraan terwujud dan memiliki naluri kebersamaan.
    4. Tegas : pemimpin memiliki ketegasan disini maksudnya tegas dalam menentukan sebuah keputusan yang berdasarkan/ berpegang teguh kepada kebenaran. tegas mengatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah dan selalu mentaati hukum yang ada.
    5. memiliki Visi dan Misi : Pemimpin yang baik harus memiliki pandangan jauh kedepan dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing sebuah organisasi yang memiliki kompetensi yang baik.
    6. memiliki toleransi dan selalu berterimakasih kepada rekan kerja atas kerjasamanya dalam membangun organisasi.

    Terimakasih
    Hormat Saya,
    Arief Perdana Yulianto
    P2CC12045

    ReplyDelete
  12. Kepemimpinan merupakan bagian penting dalam manajemen, karena pemimpin dianggap sebagai seseorang yang mempunyai kemampuan lebih untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran.
    Untuk menjadi pemimpin yang sukses tentunya harus mempunyai sifat-sifat tertentu yang tampaknya penting dimiliki sebagai berikut:

    1. Kemapuan dalam kedudukannya sebagai pengawas (supervisory ability) atau pelaksanaan fungsi-fungsi dasar manajemen, terutama pengarahan dan pengawasan pekerjaan orang lain.
    2. Kebutuhan akan prestasi dalam pekerjaan, mencakup pencarian tanggung jawab dan keinginan sukses.
    3. Kecerdasan, mencakup kebijakan, pemikiran kreatif dan daya pikir serta kedewasaan dan keluasan hubungan sosial.
    4. Ketegasan (decisiveness) atau kemampuan untuk membuat keputusan-keputusan dan memecahkan masalah-masalah dengan cakap dan tepat.
    5. Kepercayaan diri atau pandangan terhadap dirinya sebagai kemampuan untuk menghadapi masalah.
    6. Inisiatif atau kemampuan untuk bertindak tidak tergantung, mengembangkan serangkaian kegiatan dan menemukan cara-cara baru atau inovasi.

    Terimakasih
    Tuti Herawati
    P2CC12041

    ReplyDelete
  13. BAGAIMANA MENJADI PEMIMPIN YANG SUKSES


    Nama : Purwoto
    NIM : P2CC12071

    Pada hakekatnya manusia adalah makhluk Tuhan yang paling tinggi dan mulia dibanding makhluk Tuhan lainnya. Manusia di anugerahi kemampuan untuk berpikir, kemampuan untuk memilah & memilih mana yang baik & mana yang buruk. Dengan kelebihan itulah manusia seharusnya mampu mengelola lingkungan dengan baik, tidak hanya lingkungan yang perlu dikelola dengan baik, kehidupan sosial manusiapun perlu dikelola dengan baik dan benar. Untuk itulah dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya yang berjiwa pemimpin, paling tidak untuk memimpin dirinya sendiri.

    Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri, kelompok & lingkungan dengan baik. Khususnya dalam penanggulangan masalah yang relatif pelik & sulit. Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik.


    Pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal (leadership from the inside out).

    Secara teoritis untuk menjadi pemimpin yang baik paling tidak menurut beberapa ahli diantaranya :


     Menurut Prof. Maccoby, Pemimpin pertama-tama harus seorang yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya. Pemimpin yang baik untuk masa kini adalah orang yang religius, dalam artian menerima kepercayaan etnis dan moral dari berbagai agama secara kumulatif, kendatipun ia sendiri mungkin menolak ketentuan gaib dan ide ketuhanan yang berlainan.

     Menurut Lao Tzu, Pemimpin yang baik adalah seorang yang membantu mengembangkan orang lain, sehingga akhirnya mereka tidak lagi memerlukan pemimpinnya itu.

     Sedangakn menurut Pancasila, Pemimpin harus bersikap sebagai pengasuh yang mendorong, menuntun, dan membimbing asuhannya. Dengan kata lain, beberapa asas utama dari kepemimpinan Pancasila adalah :

    4. Ing Ngarsa Sung Tuladha : Pemimpin harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang – orang yang dipimpinnya.
    5. Ing Madya Mangun Karsa : Pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang – orang yang dibimbingnya.
    6. Tut Wuri Handayani : Pemimpin harus mampu mendorong orang – orang yang diasuhnya berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab.
    Seorang pemimpin boleh berprestasi tinggi untuk dirinya sendiri, tetapi itu tidak memadai apabila ia tidak berhasil menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Pemimpin yang baik dan sukses adalah orang yang mendapat amanah serta memiliki sifat, sikap, dan gaya yang baik untuk mengurus atau mengatur orang lain, yang professional dan akuntabel, demokratis dengan misi dan visioner jauh ke depan yang dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain yang dipimpinya.


    ReplyDelete
  14. Yth Bapak Agung P,
    Selamat malam P.Agung

    Tugas 2 Pengantar Bisnis &Manajemen.
    Oleh :NANIK INDRIYATI/NIM P2CC11030/MM

    Menurut saya menjadi Pemimpin yang sukses adalah
    1. Seorang pemimpin harus bisa memanusiakan anak buahnya, dari lapisan yang paling bawah,hingga lapisan atas. Seorang pemimpin harus sadar sepenuhnya bahwa kesuksesan dari suatu organisasi adalah andil dari semua unsur yang ada dalam organisasi tersebut.
    2. Seorang pemimpin harus belajar mendengarkan bawahan,menjadi pemimpin bukan bisa memutuskan segalanya, masukan bawahan juga sangat bermanfaat bagi kemajuan organisasi.
    3. Seorang Pemimpin harus bisa memberi contoh kepada bawahan.Dari segala segi seorang pemimpin akan menjadi anutan anak buahnya.Dari sikap,tutur kata ,perilaku, kedisiplinan dan lain sebagainya.
    4. Pemimpin harus bisa mengenali kekurangan dan kelebihan pada dirinya.Pemimpin harus sadar bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna,bila hal ini dilakukan oleh pemimpin maka ia akan disegani anak buahnya,dan juga mengenali kelebihan dan kekurangan anak buahnya untuk kemajuan organisasinya.
    5. Pemimpin harus bisa bertindak tegas,dengan memberi reward bagi anak buah yang berprestasi dan memberi panism bagi yang melanggar aturan organisasi.
    6. Pemimpin harus bisa membaur,jangan sombong,karena sombong adalah sikap yang tidak tepat,dan tidak menyenangkan bagi anak buah,dan akan dijauhi anak buah.
    7. Pemimpin seharusnya tidak menunda-nunda penyelesaian masalah yang terjadi.


    ReplyDelete
  15. Yth. Pak Agung Praptapa

    Pemimpin yang Sukses,,

    Menjadi seorang Pemimpin mungkin adalah cita-cita setiap pegawai/manusia yang ingin terus maju dalam karirnya, manusia pasti akan berusaha keras mencapai titik tertinggi tersebut (menjadi pemimpin). Banyak orang yang beranggapan kesuksesan seseorang adalah ketika sudah berdiri menjadi seorang pemimpin, tanpa memikirkan “Bagaimana menjadi seorang Pemimpin yang sukses?”
    Menurut saya Pemimpin yang dikatakan sukses adalah Pemimpin yang dapat memahami dan menguasai job desk nya sebagai seorang pemimpin, serta dapat membentuk tim yang solid dengan bawahannya. Yang efeknya tercapainya visi, misi dan target perusahaan.


    Best regard
    Adityo Wibowo Djohar/P2CC12070

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    WAHYU JATMIKO POCC12069 MM 32
    TUGAS II.

    Pemimpin adalah seorang atau dapat dikatakan sebagai sosok yang selalu menjadi harapan, panutan, pelindung, dan menjadikan lebih baik dalam segala hal kepada yang dipimpin, sehingga seseorang dapat dikatakan sebagai pemimpin yang sukses bila "sosok" tersebut dapat berlaku sebagai hal tersebut. Untuk menjadi seperti tersebut diatas, seorang pemimpin harus tahu persis apa yang menjadi harapan, panutan dan pelindung dari yang dipimpinnya, dengan cara harus banyak melihat, mendengar baik yang sudah baik maupun yang belum baik. Kemudian dari hasil temuan tersebut dianalisa bersama dengan orang yang benar-benar ahlinya dalam bidang masing-masing dan oleh orang-orang yang memang mempunyai komitmen untuk membantu pemimpin tersebut dalam mewujudkan hal tersebut. Pada hal tertentu harus bersikap tegas dan siap menaggung resiko yang mungkin ditimbulkan dari keputusan yang diambilnya.Goalnya adalah selalu berusaha untuk menyejahterakan orang-orang yang dipimpinnya, sejahtera dalam segala hal : secara finansial sesuai dengan tanggung jawabnya, dan membuat aman, dan nyaman dalam bekerja sehingga yang dipimpinnyapun akan dapat berkarya dengan kemampuan terbaiknya.

    ReplyDelete
  17. Esthi BudiningsihApril 17, 2013 at 3:13 PM

    Esthi Budiningsih, P2CC12044

    Selamat Pagi,
    Menjadi seorang pimpinan adalah bukan hanya memiliki jabatan tinggi, mempunyai kukuasaan, mempunyai anak buah dan memiliki penghasilan yang lebih tinggi, akan tetapi sebagai seorang pimpinan harus bisa menjadi pemimpin yang “sukses”atas jabatan yang diamanhkan ataupun diperolehnya tersebut. Pemimpin hendaknya tidak beranggapan bahwa jabatannya adalah alat untuk menjalankan kekuasaan dan kewenangan tanpa tanggung jawab, tetapi hendaknya menyadari bahwa kekuasaan, kewenangan, penghasilan yang lebih tinggi adalah sarana untuk menjalankan tugas, dan tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin. Seorang pipinan yang bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya belum tentu dianggap sebagai pemimpin yang sukses.
    Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mampu menggunakan segala daya dan upayanya untuk melaksanakan tugas dan tanggng jawabnya secara bermartabat. Bermartabat dalam hal ini adalah bisa membawa dan memberikan kebaikan kepada semua hal/pihak, tidak menggunakan cara-cara kotor untuk mencapai tujuan, tidak menggunakan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi, mampu membuat orang lain (anak buah) loyal tanpa paksaan.

    ReplyDelete
  18. Yth.Pak Agung Praptapa

    Menurut saya seorang pemimpin yang sukses itu:
    1.Dapat menjalin komunikasi yang baik antar struktur organisasi
    2.Dapat melaksanakan prinsip efisien dan efektivitas dalam organisasi
    3.Mempunyai jaringan komusikasi yang luas baik ekstral maupun internal
    4.Berwibawa dan bertanggung jawab


    MILA YUNIARTI
    P2CC12062

    ReplyDelete
  19. Pagi Pak Agung

    Mengenai Pertanyaan "Bagaimana Menjadi Pemimpin Yang Sukses", menurut saya agar dapat menjadi pemimpin yang sukses, seorang yang menjadi pemimpin harus memiliki kemauan untuk terus belajar, mengembangkan diri dan kemampuannya.
    Jadi setiap orang itu sebenarnya bisa menjadi pemimpin yang sukses, asalkan dia mau belajar dan mengembangkan diri serta kemampuannya.

    Selain itu untuk menjadi pemimpin yang sukses,diperlukan juga tekad dan semangat pantang menyerah. Karena menurut saya kesuksesan tidak bisa diperoleh secara instan, perlu perjuangan dan kadangkala dihiasi dengan kegagalan-kegagalan. Kegagalan itu bukan akhir tapi kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.


    Salam Hormat,
    Oky Vanus Setianto, S.E
    P2CC12058

    ReplyDelete
  20. Selamat sore Bapak Agung

    "Bagaimana menjadi pemimpin yang sukses"
    Menurut saya pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mampu melayani apa yang diinginkan oleh bawahan ataupun masyarakat,
    Sepengetahuan saya banyak pemimpin yang mempunyai pikiran bahwa semakin tinggi kedudukannya semakin banyak pelayannya, itu yang terbalik. Seharusnya semakin tinggi kedudukan seorang pemimpin, semakin banyak pelayanan yang dapat diberikan ke masyarakat. Terimakasih

    Riza Ardhi Febryan
    P2CC12048

    ReplyDelete
  21. Selamat Malam Pak Agung..

    menurut saya PEMIMPIN atau LEADER yang sukses itu harus bisa menerapkan "LEADER" :

    Listening; pemimpin harus bisa mendengarkan dan memahami kemauan dari orang lain termasuk bawahannya.
    Empowering; pemimpin harus bisa memberdayakan segala hal baik SDM, keuangan, sarana-prasarana untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan dan dpt bertanggung jawab.
    Ambition; punya tujuan, visi, misi, dan ambisi
    Desire; giat dalam memberikan semangat dan dorongan kepada anggotanya.
    Example; menjadi role model dengan memberi contoh teladan kepada bawahannya
    Respect; cepat ketika memberikan pujian, namun lembut ketika memberikan kritik, menghormati orang lain dan membangun harga diri mereka.

    Terima Kasih, Salam Hormat..
    Ajeng Trilaksono Ayusari/ P2CC12054

    ReplyDelete
  22. wahyu budi laksonoApril 18, 2013 at 6:49 AM

    Salam dahsyat Pak Agung Pratapa

    Semua orang tentu ingin menjadi pemimpin yang sukses, paling tidak memimpin dirinya sendiri, :D, keluarga, atau sesuatu yang lebih besar tentunya.
    menurut hemat saya, seorang pemimpin yang sukses tentunya berawal dari seorang yang dapat dipercaya (jurur, berani, bertanggung jawab,)yang dapat bersinergi dan berteman baik dengan team kerjanya, sehingga dapat mencapai visi dan visi yang diinginkan, tentunya melalui rencana yang jelas serta kontrol secara terus menerus.
    Wahyu Budi Laksono
    P2CC12049

    ReplyDelete
  23. selamat malam pak Agung....
    Cara menjadi pemimpin/manejer yang sukses;
    1. Berperilaku/akhlak yang baik, sanggup menjadi contoh/teladan bagi bawahannya.
    2. Perilaku pimpinan harus konsisten dengan apa yang dikatakan sehingga terjadi pemupukan rasa saling percaya antar karyawan. (Pratapa, A, the art 0f controlling people, 2009)
    3. Memiliki ketrampilan kepemimpinan; Pemberdayaan, Intuisi, Pemahaman diri, Visi, kongruensi nilai. (Rosyidi, K. MN, manejemen Kepemimpinan dalam keperawatan, 2013)
    4. mempunyai karisma, melakukan motivasi inspirasional, stimulasi intelektual dan memberi contingent reward kepada bawahannya. (Rosyidi, K. MN, manejemen Kepemimpinan dalam keperawatan, 2013)
    dari; ahmad hermanto/P2CC12043

    ReplyDelete
  24. Selamat malam Pak Agung.
    Menurut saya, menjadi pemimpin yang sukses :
    1) Menjadi pemimpin merupakan Tugas dan Amanah
    Seorang pemimpin harus menyadari lebih dahulu kalau jabatan pimpinan merupakan tugas dan tanggung jawab, bukan sekedar jabatan tinggi, sehingga kedepannya seorang pemimpin mampu mengemban tugasnya dengan penuh tanggung jawab.
    2) Menguasai manajemen
    Seorang pemimpin, baiknya menguasai manajemen baik internal (dirinya sendiri,seperti manajemen waktu) maupun eksternal (pemimpin dengan bawahan ataupun pekerjaannya) agar mampu menciptakan pekerjaan yang efektif dan efisien.
    3) Komunikatif
    Seorang pemimpin harus membina suasana kerja yang kondusif,dan hal tersebut dapat terbina ,salah satunya dengan komunikasi efektif yang baik dengan seluruh elemen organisasi.
    4) Mau mendengar
    Seorang pemimpin harus mau membuka diri terhadap kritik dan saran yang datang, baik dari atasan maupun bawahan.

    Terima kasih
    Edwin
    P2CC12040

    ReplyDelete
  25. Selamat malam,
    Menjadi pemimpin yang sukses, menurut saya harus memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh organisasi/ lingkungannya, seperti
    1. kemampuan untuk bisa mengendalikan orang lain yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi,
    2. kemampuan perencanaan penggunaan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi,
    3. kemampuan untuk menggerakkan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien
    4. kemampuan untuk bertanggung jawab atas segala sesuatu yang menjadi tanggung jawabnya (tidak melemparkan tanggung jawab kepada orang lain)
    5. bisa mengendalikan berbagai macam situasi, yang bisa mempengaruhi kinerja organisasi

    Terimakasih
    Indah W (P2CC12063)

    ReplyDelete
  26. Selamat pagi Pak Agung..
    menurut saya menjadi pemimpin yang sukses itu memiliki kriteria sebagai berikut:
    1. memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) yang baik, dimana sebagai pemimpin dapat membawa dan mengarahkan timnya agar dapat mencapai tujuan bersama secara maksimal.
    2. dapat membangun rasa solidaritas di lingkungan kerjanya sehingga menjadikan teamwork yang solid atau kompak.
    3. dapat memanage seluruh anggota timnya sesuai SDM yang dimiliki masing-masing, sehingga penempatan posisi secara tepat guna.
    4. memiliki sifat demokratis dimana pemimpin menerima dan mendengarkan pendapat dari setiap anggota timnya dan menjadikan semua masukan tersebut sebagai kritik membangun agar dapat meningkatkan kinerja.
    terima kasih

    Putri Aryantiani Sukarna
    P2CC12064

    ReplyDelete
  27. Menurut saya, menjadi pemimpin yang sukses itu harus mampu merencanakan tujuan perusahaan, mengorganisasi/mengendalikan perusahaan, mengarahkan karyawan dan mengawasi/meng-control perusahaannya untuk mencapai tujuan (target) bersama dengan efektif dan efesien serta mampu menjadi contoh yang baik bagi para bawahannya baik di lingkungan perusahaan maupun di kehidupan sehari-hari.

    Kholis Abror (P2CC12046)

    ReplyDelete
  28. Selamat siang Pak Agung

    Menurut saya pemimpin yang sukses adalah

    1. Mempunyai dasar pendidikan yang sesuai dengan bidangnya
    2. Mempunyai moral dan ahlak yang baik
    3. Bisa menggali kekuatan dan kelemhan stafnya
    4. Dapat menjadi Contoh yang baik bagi stafnya
    5. Bersikap adil dan Bijaksana terhadap stafnya
    6. Dapat mengatur waktu dengan baik
    7. Mempunyai motivasi untuk selalu meningkatkan pengetahuan
    8. Menerima kritik dan masukan untuk kemajuan organisasi

    SLAMET RIYANTO
    P2CC12059

    ReplyDelete
  29. Menurut saya pemimpin yang sukses itu adalah
    1. mampu mengorganisir bawahanya dengan baik
    2. murah senyum, senyuman menciptakan aura positif yang juga mempengaruhi kinerja karyawannya
    3. konsisten. Konsisten terhadap apa yang dikatakanya sehingga tidak membuat bingung karyawannya
    4. tegas, keputusanya adalah final, tentunya setelah melalui pertimbangan2 yang matang
    5. adil, memberikan perlakuan yang adil sesuai dengan porsi masing2 karyawan.
    6. bijaksana, bijaksana dalam bertuturkata dan dalam mengambil keputusan dan juga bijaksana dalam menyelesaikan masalah
    7. cukup umur., tentunya kebijaksanaan seseorang tumbuh seiring dengan bertumbuhnya umur manusia.
    8. bisa menjadi teladan.
    Tiar Ungguh Permana
    P2CC12057

    ReplyDelete
  30. Pimpinan yang Sukses adalah :
    1. Memiliki kemampuan managerial yang baik
    2. Right man on the right place
    3. Mengerti kebutuhan stafnya
    4. Memiliki kestabilan emosi yang baik
    5. Memiliki kemampuan komunikasi yang yang baik, dengan bahasa sederhana, jelas dan dan mudah dimengerti.
    6. Memimpin dengan rendah hati tanpa ego serta tidak merendahkan yang dipimpin.

    Agung Yohanto B
    P2CC12042

    ReplyDelete
  31. Salam sukses Pak Agung

    Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang dapat menyampaikan dan mewujudkan visi dan misi perusahaan menjadi semangat dan tujuan semua lini perusahaan tanpa keterpaksaan.

    Agung Purniawan
    P2CC12052

    ReplyDelete
  32. Selamat siang Pak Agung
    Pemimpin yang baik
    1. Mengetahui karakter anak buahnya
    2. Memiliki kemampuan dan kemauan yang diharapkan oleh anak buahnya
    3. Pemimpin harus siap menjadi tauladan anak buahnya dalam segala hal
    4. Mengetui ilmu kepemimpinan (memejemen) sesuai dengan bidang yang dipimpin
    5. Memperhatikan anak buahnya yang mempunyai kesulitan (ikut membentu)
    6. Tidak lepas selalu memberi hadiah atau pujian atau sanjungan kepada anak buah yang berprestasi dan selalu memberi bimbingan pada anak buah yang mengalami kesulitan dalam tugasnya
    7. Tidak membeda-bedakan status sosial (kaya-miskin) atau tinggi rendah pendidikan dan jabatnnya
    8. Selalu adil dalam berbagai tugas sesuai dengan bidangnya
    9. Dapat mengkondisikan suasana hangat “at home” atau betah ditempat kerja
    10. Tidak gaptek (dapat mengikuti teknologi

    SUTIYO
    P2CC12053

    ReplyDelete